Beautilogy, Beauty

Mengenal pH Kulit, AHA, BHA, dan Vitamin C

byAzzahra R Kamila-
mengenal-ph-kulit-aha-bha-dan-vitamin-c

Beberapa waktu lalu, ada teman bertanya pada saya tentang apa itu AHA dan BHA.  Dia ingin tahu karena saya udah lebih dulu nyoba COSRX BHA A-Sol dan BHA Liquid. Kita pasti sering banget dengar dua kata ini, AHA dan BHA.  Tapi bukan berarti benar-benar mengerti apa maksudnya ^^.  Sejak muncul flaky skin di mana-mana Desember lalu gara-gara perubahan cuaca lumayan ekstrim, saya mencoba cari tahu apa kira-kira solusi untuk memperbaiki kondisi kulit.

Ada banyak blog yang memuat informasi tentang pH kulit, AHA, BHA, dan vitamin C.  Tapi di antara semuanya, saya lebih suka membaca The Acid Queen Blog karena informatif, jelas, dan lengkap.  Apa yang saya tulis di sini berdasarkan dari informasi di blog ini ^^

Ada 6 bab terkait seputar actives, purging dan break out,  penjelasan tentang jerawat serta urutan pemakaian skincare yang saya tulis dan bisa diakses di sini (langsung klik link-nya):

Bab I: Mengenal pH Kulit, AHA, BHA, dan Vitamin C Secara Jelas (yang saat ini sedang kamu baca)

Bab II: Apa Bedanya Purging dan Break Out? Apa Kaitannya dengan AHA, BHA, Vitamin C?

Bab III: Urutan Pemakaian Skincare untuk Perawatan Wajah yang Tepat 

Bab IV: Kenali Jerawatmu!  Cara Lain untuk Mengobati Jerawat Tanpa AHA BHA

Bab V:4 Tips Memilih Produk Serum Vitamin C Serta Alternatif Bagi Kulit Sensitif!

Ada 11 sesi yang dibahas di BAB I.  Bagi yang nggak mau repot baca semua, bisa klik  langsung di bagian yang ingin dibaca di daftar isi sebagai berikut.

1. Alasan Kenapa Menjaga pH Kulit Itu Penting

Jadi, sebetulnya kebutuhan pH kulit kita itu harus seimbang.  Kalo nggak seimbang, apa nih akibatnya?

Rentan jerawatan

Kerut di sekitar mata dan area rawan lainnya

Kulit jadi sangat sensitif

Inflamasi atau radang dan iritasi

Oke, siapa sih yang nggak mau kulitnya tetap sehat?  Tapi kadang ada aja yang bikin kita males, ya, nggak sih?  Apalagi cara untuk menyeimbangkan pH kulit itu tricky.  Gampang-gampang susah. Normalnya, pH kulit kita biasanya lebih ke acidic scale dalam skala pH.

via thinglink.com

Sebisa mungkin, kita harus menjaga agar tidak masuk ke dalam alkaline scale.  Kenapa?

“The skin’s barrier, which is known as the acid mantle, is responsible for keeping in lipids and moisture while blocking germs, pollution, toxins, and bacteria.  To work its best, the acid mantle should be slightly acidic, at a 5.5 pH balance. When it’s too alkaline, skin becomes dry and sensitive; you may even get eczema. You may also experience inflammation, which inhibits the skin’s ability to ward off matrix metalloproteinases [MMPs], the enzymes that destroy collagen and cause wrinkles and sagging.” – Patricia Wexler, M.D., Dermatologist. [1]

Karena justru “sumber segala kejahatan “adalah waktu pH kulit jauh lebih tinggi dari yang seharusnya.  Acid atau asam dikenal sebagai pelindung dari polusi, bakteri, kotoran, dan racun.  Ketika kebutuhan pH kulit terpenuhi, maka wajah kamu akan bebas dari masalah seperti jerawat, kerutan, dan lain-lain.

Saat sifat kulit lebih basa, kulit akan menjadi lebih sensitif dan kering.  Bagi yang punya eczema seperti saya (cari tahu tentang eczema di sini!) maka ini kesempatan bagi jamur untuk tumbuh subur. Inilah yang bikin kulit saya  jadi bersisik dan kering banget di sekitar hidung dan mulut.  Apalagi waktu suhu udara tiba-tiba jadi panas banget atau dingin banget, malah makin parah!

Itu sebabnya kenapa saya tertarik  untuk mencoba AHA dan BHA, juga vitamin C.  Nah, apalagi tuh beda ketiga bahan tersebut?

2. Apa Itu AHA dan BHA?

Jika  berbicara soal acidity level atau tingkat keasaman terkait dengan skincare, maka sudah pasti akan berbicara mengenai AHA, BHA, dan vitamin C. Gampangnya, secara singkat bisa dijelaskan seperti ini:

  • BHA: pH ideal sekitar 3.0; saat keadaan netral berada di kisaran di atas 4.0
  • AHA: pH ideal mulai dari 3.0 – 4.0; saat keadaan netral berada di atas 4.5

Dulu sewaktu belajar Kimia di SMA nggak ngebahas terlalu dalam soal AHA dan BHA, sayangnya  (saya cuma inget belajar sukrosa, glukosa, dan rantai karbon C lainnya cikicikicikidung alala dung dung)  jadi baru ngeh kalau hydroxy acid sebetulnya AHA dan BHA.  Hydroxy acid (asam hidroksida) adalah asam karboksilat dengan satu atau lebih kelompok hidroksi. Ada dua jenis, yaitu α- (alpha-) hydroxy acid (AHA) dan β- (beta-) hydroxy acid (BHA).

AHA bisa didapatkan dari tanaman, buah, dan gula pada susu.  AHA paling populer adalah glycolic, lactic, malic, dan mandelic acid.  Kalau kamu tertarik pakai AHA yang versi mild, kamu bisa baca review saya terkait AHA: The Ordinary Lactic Acid 5% + HA 2% (Bahasa Indonesia).

via stylecraze.com

Contoh tanaman penghasil AHA adalah tebu.  Glycolic acid berasal dari sini.  Sementara lactic acid biasanya dihasilkan dari susu yang dimasamkan, contohnya adalah yogurt.

Karena AHA itu water-solulable atau larut dalam air, maka AHA digunakan dalam dua cara.  Jika tingkat konsentrasinya 4-10%, maka bisa jadi exfoliator yang ringan, sementara jika mencapai lebih dari 20%, maka dipakai sebagai chemical peeling.  Chemical peeling AHA cocok bagi yang memiliki bekas jerawat. Jika kamu ingin mengetahui AHA dan PHA lebih lanjut, bisa baca di sini lho: AHA, BHA, PHA.

Manfaat AHA itu ada banyak banget buat kulit di bagian dermis dan epidermis, yaitu:

    • Meningkatkan pertumbuhan sel
    • Mengurangi pertumbuhan melanin berlebih
    • Meningkatkan produksi kolagen
    • Meningkatkan produksi hyaluronic acid
  • Mengurangi kemungkinan terbentuknya tumor

Sementara BHA hanya memiliki satu jenis: salicylic acid.  Salicylic acid dihasilkan dari willow bark atau dari pohon willow. Yup, bagi yang punya kulit kombinasi – berminyak pasti akrab banget sama istilah ini.  BHA cocok juga bagi yang memiliki jerawat.  Nah, lho, terus kira-kira pakai yang mana, nih kalau berjerawat?

via medicaldaily.com

Perlu diketahui, bahwa salicylic acid (SA) bisa larut dalam minyak.  Ini menyebabkan BHA mampu bekerja lebih baik hingga lapisan terdalam kulit.  BHA bisa membantu membersihkan pori-pori.  Dan karena SA itu mengandung bahan antimikrobial, anti-inflamasi, antijamur, dan antikomedo, maka cocok banget deh buat pemilik wajah kombinasi-berminyak yang sedang berjerawat.

Setelah memakai AHA dan BHA, pengguna rentan dengan fotosensitivitas.  Itu sebabnya, setelah memakai AHA dan BHA, penting untuk memakai sunscreen sebelum memakai make up.

Untuk sederhananya, maka diketahui bahwa penggunaan AHA dan BHA yang tepat adalah sebagai berikut:

    • AHA: Untuk penggunaan setiap hari, konsentrasi yang cocok antara 4-10% dengan pH di bawah 4
  • BHA: Untuk penggunaan setiap hari, konsentrasi yang cocok antara 1-2% dengan pH di bawah 3.5

3. Vitamin C

Vitamin C merupakan antioksidan, anti-inflamasi, dan juga stimulasi peningkatan kolagen.  Fungsi vitamin C ada banyak sekali, antara lain:

    • Mengontrol sebum pada kulit kombinasi – berminyak
    • Melembabkan kulit
    • Melindungi dari sinar UV (tingkat lebih tinggi dibanding sunscreen biasa)
    • Mempercepat pemulihan bekas jerawat dan spot hitam
  • Mengurangi kerutan wajah

Penjelasan lebih lanjut mengenai vitamin C bisa dibaca di klik di sini -> vitamin C serum terbaik

Salah seorang teman saya pernah mencoba produk serum dengan tingkat persentase hingga 20%.  Karena masih baru dan belum tahu cara pakainya, biasanya akan terjadi break out.  Karena itu, penting banget buat tahu kandungan dari setiap skincare yang dibeli. Meski banyak beauty blogger yang memuji suatu produk, kita harus testing dulu untuk tahu cocok atau tidaknya di kulit kita.

Baca Juga:  Rekomendasi Face Wash Andalan untuk Kulit Kombinasi
contoh serum ramah kulit; via klairscosmetics

Perlu diperhatikan juga bahwa skincare yang mengandung vitamin C tinggi itu cenderung tidak stabil dan mudah kadaluarsa.  Oleh karena itu, penyimpanan juga harus cermat, sebaiknya simpan saja di lemari es.  Biasanya jika warna produk berubah menjadi agak lebih kuning (warna asal adalah bening) adalah tanda bahwa sudah terjadi oksidasi pada produk tersebut.  Tapi tenang aja sih, kalau konsentrasi rendah, masih bisa dipakai, kok.

Saran saya sih, buat yang pengen nyoba pakai skincare yang mengandung vitamin C, coba dengan tingkat konsentrasi 5-10%.  Di daftar produk selanjutnya akan dibahas tentang produk yang mungkin sesuai dengan kebutuhan kamu ^^

4. Ringkasan Perbedaan AHA dan BHA

AHABHA
Larut dalam airLarut dalam minyak
Untuk kulit normal - keringUntuk kulit kombinasi - berminyak
Membersihkan permukaan kulit sajaMembersihkan hingga ke pori pori
Baik digunakan pada kulit rusak karena sinar matahari, mengalami penebalan kulit, kulit kering yang tidak cenderung berjerawat (non acne prone)Baik digunakan untuk area wajah berkomedo dan berjerawat
Bekerja secara optimal pada konsentrasi 4 -10%, pH di bawah 4Bekerja secara optimal pada konsentrasi 1 - 2%, pH di bawah 3.5

5. Mengenal Perbedaan PHA dengan AHA dan BHA

via cosrx.co.kr

Baru-baru ini, pada April 2017, COSRX mengeluarkan produk terbarunya yang bernama COSRX PHA Moisture Renewal Power Cream. dan COSRX Triple C Light Lightning Liquid.  Sayangnya, untuk vitamin C baru dijual eksklusif di Sokoglam tahun ini :\, jadi kita-kita di Indonesia belum bisa nyobain *abaikan*

Yap, COSRX ingin merambah ke hal baru dalam hydroxy acid world.  PHA itu apa? PHA merupakan poly hidroxy acids yang disebut-sebut memiliki kemiripan dengan AHA.  Bedanya, PHA jauh lebih gentle dari AHA. Karena selalu ada kemungkinan bahwa pemilik kulit sensitif tidak akan cocok dengan AHA, maka alternatifnya adalah PHA. Contoh dari PHA adalah:

    • lactobionic acid (berasal dari laktosa susu sapi)  merupakan humectan, antioksidan, dan melembutkan kulit.
    • galactose merupakan gula yang diambil dari kolagen sintesis, sel bermigrasi,  dan glycosaminoglycan yang memberi efek penyembuhan.
  • gluconic acid (bahan dari sel), yang lebih dikenal sebagai gluconolactone pada produk skincare, memiliki kemiripan dengan AHA yang merupakan antioksidan dan antiinflamasi.

Siapa yang cocok memakai PHA? 

Semua jenis kulit, diutamakan bagi yang memiliki kulit kombinasi dan dehidrasi (saya banget!)

Dimana saya bisa beli produk PHA?

Setahu saya, sejauh ini hanya ada 2 brand Korea yang baru mengeluarkan produk ini (dan juga bisa dibeli di Indonesia), yaitu COSRX PHA Moisture Renewal Power Cream yang bisa kamu dapatkan dari Beautylink Sociolla dan  Make P:REM Peel Me Radiance Peeling Sleeping Pack dari Papuros Shop. Saat saya menulis ini, belum ada review dari Indonesia, sehingga jika ingin tahu mana yang cocok untuk kulitmu, coba cek postingan Camilla mengenai perbandingan dua brand ini di Graceful Face (klik di sini!) .

6. Masalah Kulit dan Pemecahannya dengan AHA, BHA, PHA, dan Vitamin C

Karena tingkat konsentrasinya lumayan tinggi, sebaiknya kita nggak nyoba-nyoba tanpa nyari tahu apakah sesuai dengan masalah yang kita alami. Berikut adalah daftar dari Fifty Shades of Snail yang disesuaikan dengan produk apa yang cocok sebagai solusi masalahmu:

    • Kerutan dan garis wajah (vitamin C, AHA, PHA)
    • Pori-pori besar, blackhead (BHA)
    • Break out, bruntusan (AHA, BHA, PHA)
    • Warna kulit kusam atau tidak merata karena pengaruh sinar matahari (vitamin C, AHA, PHA)
    • Hiperpigmentasi karena jerawat (vitamin C, AHA, PHA)
    • Bekas jerawat, jerawat cystic (vitamin C, BHA)
  • Mencegah jerawat (vitamin C, BHA)

7. Mitos Penggunaan 20 Menit

Buat yang udah kenal baik dengan AHA dan BHA, pasti tahu aturan ini.  Yup, banyak beauty blogger yang menyarankan untuk menggunakan produk yang mengandung AHA dan BHA 20 menit setelah mencuci muka.  Apakah benar begitu?

Berdasarkan keterangan di blog ini, maka diketahui bahwa normalnya kulit wajah baru akan kembali ke pH semula secara alami paling cepat 90-120 menit setelah mencuci muka. Wew, yang bener aja ya nunggu pakai skincare selama itu, lol.  Apalagi jika sabun cuci muka yang kita pakai itu kadar pH-nya lebih dari 7, berapa lama coba harus nunggu sampai pH wajah balik ke 5,5?

via acidqueenblog.com

8. Aturan Pemakaian AHA dan BHA

Yang paling penting justru jangan sampai kita menaikkan level pH sampai ke skala alkalin saat mencuci wajah. Saya sendiri termasuk yang percaya bahwa sabun cuci muka itu harus memiliki kandungan pH rendah (antara 5,5 – 7).

Cek postingan saya tentang merek sabun cuci muka yang bagus dan sesuai pH Kulit di sini.  Kalau ingin mencari tahu pH sabun cuci muka merek lokal dan drugstore yang gampang dibeli di minimarket, kamu bisa cek postingan pH sabun cuci muka merek lokal. 

Masalahnya, kita nggak pernah tahu berapa pH sabun cuci muka yang kita pakai. Males juga kalau harus nyoba satu-satu pakai kertas lakmus buat nguji.  Nah, buat pemalas macam saya, bisa coba akses dua blog berikut supaya bisa cari tahu apakah sabun cuci mukanya masuk dalam kategori pH aman:

Tapi kalau males pake banget ^^; nggak apa-apa sih nggak ngepoin kadar pH sabun cuci muka kamu.  Hanya saja perlu diketahui bahwa rata-rata sabun cuci muka itu pH-nya cukup tinggi, bisa di atas 7!  Dari daftar yang dibuat oleh Cat  di Snow White and The Asian White Pear, banyak juga ternyata produk skincare Korea yang memiliki tingkat pH yang cukup tinggi.  Sehingga kalau dijumlah-jamleh kayak rumus di atas, khawatirnya malah tingkat asam di muka jadi berkurang drastis.

Terus solusinya gimana?

Antara kamu ganti produk sabun cuci muka, atau memakai pH adjusting toner.  Apa itu pH adjusting toner?  Ini adalah toner  non-hydrating yang memiliki pH rendah.  Jadi jika kamu udah terlanjur suka banget sama sabun cuci muka kamu, sebaiknya tambah toner ini untuk tahap ideal selanjutnya.  Terus gimana kalau kulit mukamu kering dan perlu dilembabkan?  Kamu bisa memakai pH adjusting toner terlebih dulu.  Tunggu sekitar 15-20 menit (mitos sebetulnya bertujuan untuk membuat toner meresap dulu di kulit dan nggak bentrok), baru setelah itu pakai toner kamu yang biasanya.

via colorcrush.com

Ribet?  Emang. Tapi buat muka kinclong dan lebih pede keluar dengan make up tipis, kenapa nggak? .  Lumayan tuh ngurangin jatah jajan make up-nya, keh keh keh.

Cara memakai AHA dan BHA itu tergantung dari produknya.  Tapi buat saya, cara memakainya itu seperti yang disarankan oleh Jude Chao dari Fifty Shades of Snail:

Aturan Pemakaian BHA: Setelah mencuci muka, pakai serum yang mengandung vitamin C (ini nih alasannya vitamin C masuk bahasan saya!). Setelah itu aplikasikan layer tipis BHA dengan tangan atau kapas.  Tunggu 20 – 30 menit sebelum mengaplikasikan skincare lain agar bahan meresap dengan baik dan optimal.

Sementara untuk AHA:

Aturan Pemakaian AHA: Setelah mencuci muka, aplikasikan langsung pada wajah sebelum tahapan skincare lainnya.  Tunggu selama 20 – 30 menit, setelah itu bisa memakai tahapan skincare selanjutnya.

Nah, terus gimana kalau masalah kita itu bikin harus pakai AHA dan BHA sekaligus?  Apa nggak takut bentrok?  Berdasarkan review dari Fifty Shades of Snail, ia menyarankan untuk memakai dengan tahapan berikut:

Foam Cleanser / Oil Cleanser -> pH adjusting toner -> Vitamin C serum (tunggu 10 menit) -> BHA (tunggu 30 menit) -> AHA (tunggu 30 menit)

 9. Daftar Produk untuk Kulit Normal – Kering

Daftar ini saya buat bagi yang ingin mencoba produk mengandung AHA dari skincare Korea yang bisa didapatkan dengan mudah di Indonesia.  Saya yakin ada banyak yang belum benar-benar kenal dengan brand-brand yang saya sebutkan, kecuali kalau memang seorang K beauty junkie seperti saya :D.

FYI, COSRX adalah brand yang ngehits banget di luar negeri (ya, lebih terkenal dibanding di Korea Selatan),  karena COSRX membuat produk yang menjawab terhadap kebutuhan kulit kustomernya. Inilah yang membedakan COSRX dengan brand-brand lain, dan membuat mereka hanya membuat produk dengan bahan-bahan yang sedikit.  Kalau kamu coba cek daftar isinya, nggak akan berderet panjang banget.

Dear Klairs! sendiri merupakan mid end brand yang mengutamakan bahan-bahan alami.  Awal tahun 2018, mereka resmi menjadi brand yang vegan, ini artinya semua orang bisa menggunakan produk dari Dear Klairs!.  Dear Klairs! memang dirancang sebagai brand yang cocok bagi semua jenis kulit, terutama kulit sensitif.

C20 (TIAM) dahulu dikenal sebagai C20 OST Pure Vitamin C Serum.  Tahun 2016 lalu, pergantian nama ini dilakukan.  Setahu saya, online shop Wishtrend adalah mengakuisisi C21.5 (apa mungkin penyebab pergantian nama?).  Pergantian nama ini nggak berpengaruh terhadap bahan-bahan dalam produknya, tapi ini penting untuk diketahui jika ingin membeli.  Supaya nggak bingung nantinya kenapa namanya berbeda ^^

Brand lain yang bagus adalah Mizon.  Menurut Jade (Fifty Shades of Snail) dan Cat (Snow White and The Asian Pear), para suhu dalam AHA/BHA/PHA, produk Mizon AHA/BHA toner itu sudah menjadi holy grail mereka dan dipakai setiap hari.  Saya sendiri belum nyoba, tapi saya kira produk ini bagus untuk dicoba.  Apalagi harga produk Korea dibandingkan dengan Paula’s Choice jauh lebih murah, jadi buat yang ngirit, masih pemula dalam mencoba AHA, BHA, PHA, dan vitamin C, saya sarankan coba COSRX, Dear Klairs!, TIAM, dan Mizon. 

Nama ProdukKeterangan
COSRX AHA/BHA CLARIFYING TREATMENT TONERMerupakan pH adjusting toner. pH 3.5 - 4.5. Kadar AHA dan BHA sangat rendah sehingga bisa dipakai sebelum memakai produk AHA dengan tingkat konsentrasi tinggi
COSRX AHA 7 WHITEHEAD POWER LIQUIDMengandung glycolic acid 7%. pH 4.0 - 4.5. Cocok untuk semua jenis kulit, termasuk sensitif
MIZON AHA 8% Peeling SerumMengandung glycolic acid 8%. pH 4.0 - 4.5. Cocok untuk semua jenis kulit
MIZON AHA & BHA Daily Clean TonerPeeling toner yang aman dipakai sehari-hari. Mengandung AHA dan BHA dengan kadar rendah
COSRX NATURAL BHA SKIN RETURNING A-SOLMerupakan pH adjusting toner. Mengandung bahan propolis 60% serta AHAdan BHA kadar rendah. pH 4.0 - 4.5
COSRX MELA14 WHITE AMPULEMengandung AHA dan BHA untuk mencerahkan wajah. Digunakan hanya pada spot tertentu untuk treatment

10. Daftar Produk untuk Kulit Kombinasi – Berminyak

Daftar ini saya buat bagi yang ingin mencoba produk mengandung BHA dari skincare Korea yang bisa didapatkan dengan mudah di Indonesia. Saya yakin ada banyak yang belum benar-benar kenal dengan brand-brand yang saya sebutkan, kecuali kalau memang seorang K beauty junkie seperti saya :D.

FYI, COSRX adalah brand yang ngehits banget di luar negeri (ya, lebih terkenal dibanding di Korea Selatan),  karena COSRX membuat produk yang menjawab terhadap kebutuhan kulit kustomernya. Inilah yang membedakan COSRX dengan brand-brand lain, dan membuat mereka hanya membuat produk dengan bahan-bahan yang sedikit.  Kalau kamu coba cek daftar isinya, nggak akan berderet panjang banget.

Dear Klairs! sendiri merupakan mid end brand yang mengutamakan bahan-bahan alami.  Awal tahun 2018, mereka resmi menjadi brand yang vegan, ini artinya semua orang bisa menggunakan produk dari Dear Klairs!.  Dear Klairs! memang dirancang sebagai brand yang cocok bagi semua jenis kulit, terutama kulit sensitif.

C20 (TIAM) dahulu dikenal sebagai C20 OST Pure Vitamin C Serum.  Tahun 2016 lalu, pergantian nama ini dilakukan.  Setahu saya, online shop Wishtrend adalah mengakuisisi C21.5 (apa mungkin penyebab pergantian nama?).  Pergantian nama ini nggak berpengaruh terhadap bahan-bahan dalam produknya, tapi ini penting untuk diketahui jika ingin membeli.  Supaya nggak bingung nantinya kenapa namanya berbeda ^^

Brand lain yang bagus adalah Mizon.  Menurut Jade (Fifty Shades of Snail) dan Cat (Snow White and The Asian Pear), para suhu dalam AHA/BHA/PHA, produk Mizon AHA/BHA toner itu sudah menjadi holy grail mereka dan dipakai setiap hari.  Saya sendiri belum nyoba, tapi saya kira produk ini bagus untuk dicoba.  Apalagi harga produk Korea dibandingkan dengan Paula’s Choice jauh lebih murah, jadi buat yang ngirit, masih pemula dalam mencoba AHA, BHA, PHA, dan vitamin C, saya sarankan coba COSRX, Dear Klairs!, TIAM, dan Mizon. 

Nama ProdukKeterangan
COSRX AHA/BHA CLARIFYING TREATMENT TONERMerupakan pH adjusting toner. pH 3.5 - 4.5. Kadar AHA dan BHA sangat rendah sehingga bisa dipakai sebelum memakai produk AHA dengan tingkat konsentrasi tinggi
MIZON AHA & BHA Daily Clean TonerPeeling toner yang aman dipakai sehari-hari. Mengandung AHA dan BHA dengan kadar rendah
COSRX NATURAL BHA SKIN RETURNING A-SOLMerupakan pH adjusting toner. Mengandung bahan propolis 60% serta AHAdan BHA kadar rendah. pH 4.0 - 4.5
COSRX SALICYLIC ACID EXFOLIATING CLEANSERSabun cuci muka yang mengandung BHA (salicylic acid)
COSRX BHA SUMMER PORE MINISH SERUMMengandung BHA natural (Betaine Salicylate 0.5%) untuk menghilangkan sel-sel kulit mati tanpa iritasi, mengencangkan pori-pori
COSRX NATURAL BHA SKIN RETURNING EMULSIONMengandung BHA natural dan centella asiatica, cocok untuk kulit sensitif
COSRX ULTRA-MOISTURIZING LOTION WITH BIRCH SAPMengandung AHA, BHA, dan vitamin C. Lotion yang cocok untuk semua jenis kulit
COSRX MELA14 WHITE AMPULEMengandung AHA dan BHA untuk mencerahkan wajah. Digunakan hanya pada spot tertentu yang membutuhkan treatment

11. Daftar Produk Vitamin C

Daftar ini saya buat bagi yang ingin mencoba serum mengandung vitamin C dari skincare Korea yang bisa didapatkan dengan mudah di Indonesia. Saya yakin ada banyak yang belum benar-benar kenal dengan brand-brand yang saya sebutkan, kecuali kalau memang seorang K beauty junkie seperti saya :D.

FYI, COSRX adalah brand yang ngehits banget di luar negeri (ya, lebih terkenal dibanding di Korea Selatan),  karena COSRX membuat produk yang menjawab terhadap kebutuhan kulit kustomernya. Inilah yang membedakan COSRX dengan brand-brand lain, dan membuat mereka hanya membuat produk dengan bahan-bahan yang sedikit.  Kalau kamu coba cek daftar isinya, nggak akan berderet panjang banget.

Dear Klairs! sendiri merupakan mid end brand yang mengutamakan bahan-bahan alami.  Awal tahun 2018, mereka resmi menjadi brand yang vegan, ini artinya semua orang bisa menggunakan produk dari Dear Klairs!.  Dear Klairs! memang dirancang sebagai brand yang cocok bagi semua jenis kulit, terutama kulit sensitif.

C20 (TIAM) dahulu dikenal sebagai C20 OST Pure Vitamin C Serum.  Tahun 2016 lalu, pergantian nama ini dilakukan.  Setahu saya, online shop Wishtrend adalah mengakuisisi C21.5 (apa mungkin penyebab pergantian nama?).  Pergantian nama ini nggak berpengaruh terhadap bahan-bahan dalam produknya, tapi ini penting untuk diketahui jika ingin membeli.  Supaya nggak bingung nantinya kenapa namanya berbeda ^^

Brand lain yang bagus adalah Mizon.  Menurut Jade (Fifty Shades of Snail) dan Cat (Snow White and The Asian Pear), para suhu dalam AHA/BHA/PHA, produk Mizon AHA/BHA toner itu sudah menjadi holy grail mereka dan dipakai setiap hari.  Saya sendiri belum nyoba, tapi saya kira produk ini bagus untuk dicoba.  Apalagi harga produk Korea dibandingkan dengan Paula’s Choice jauh lebih murah, jadi buat yang ngirit, masih pemula dalam mencoba AHA, BHA, PHA, dan vitamin C, saya sarankan coba COSRX, Dear Klairs!, TIAM, dan Mizon. 

Nama ProdukKeterangan
DEAR KLAIRS FRESHLY JUICED VITAMIN DROPMengandung 5% Ascorbic Acid. Cocok untuk pemula
C20 PURE VITAMIN C21.5 ADVANCED SERUMMengandung 21.5% Vitamin C asli, untuk brightening
C20 ORIGINAL PURE VITAMIN C20 SERUMMengandung Vitamin C 20%, cocok untuk menghilangkan bekas jerawat dan blackhead

Tag: , ,
Share:

Azzahra R Kamila

Her blog has a concern for cruelty free and halal products. Her skepticism makes her doing research about science behind beauty, as she wants to educate readers to carefully choose cosmetics ingredients before buying. In addition to beauty, she also likes to discuss slice of life as well as book reviews.

    155 Comments

    1. jehanina

      thankyou info nya! 🙂

      28 . Mar . 2017
      • Azzahra R Kamila

        Sama sama ^^

        28 . Mar . 2017
    2. khoirunnisa

      kalo misalnya mau pake serum vitamin C kayak C20 tapi dibarengin dengan pemakaian exfoliating toner yg mengandung AHA/BHA seperti cosrx apakah boleh ?

      16 . Apr . 2017
      • Azzahra R Kamila

        Yup, boleh boleh aja. Tapi tergantung kulitnya terima atau nggak, jadi saya nggak bisa menganjurkan kosmetik apa yang dipakai. Kalau saya sebagai percobaan nyoba BHA Liquid sekali seminggu, setelah itu rutin jadi setiap hari. Biasanya akan terjadi purging saat kamu pakai BHA atau AHA, tapi perhatikan areanya di sebelah mana. Kalo muncul white head dan beruntusan di area yang memang sering muncul break out, tandanya purging dan bisa lanjutin pemakaian. Kalo nggak, kemungkinan besar break out dan mungkin ada skincare yang kurang cocok.

        16 . Apr . 2017
    3. MUN @vitamin C

      Helpful post. thanks for sharing.

      13 . Mei . 2017
    4. Rani

      Hai, makasih loh infonya lengkap bgt, jadi pengen nyobain make aha/bha gitu, kira2 produk cosrx bha yg cocok buat kulit bejerawat yg mana yah?

      31 . Mei . 2017
      • Azzahra R Kamila

        Hi juga, makasih ya udah mampir 🙂
        Produk COSRX itu rata-rata punya kandungan AHA/BHA, tapi memang kadar persennya beda-beda. Baru-baru ini COSRX ada PHA juga, tapi aku belum bahas sih di postingan 😀
        Untuk awal aku lebih saranin pake BHA A-Sol, itu berfungsi sebagai pH adjusting toner sekaligus exfoliator. Kandungan BHA-nya masih gentle. Tapi kalau mau coba BHA Blackhead Liquid juga bisa. Coba dulu beli sample-nya, di Tokopedia banyak yang jual dalam botol atau sachet. Kalau dalam waktu 2-3 minggu muncul jerawat atau bruntusan atau komedo di tempat yang biasanya nggak muncul masalah, kemungkinan nggak cocok.

        31 . Mei . 2017
    5. ines

      Kalo pake pixi glow tonic (AHA) trus dipakein ost C20 serum boleh gak? dan sebaiknya dipakein tonic dulu apa serum dulu?

      15 . Jun . 2017
      • Azzahra R Kamila

        Boleh boleh aja. Sebelumnya vit C dulu, tunggu sekitar 20 detik baru pakai AHA. Serum C20 sebetulnya active atau vit C, jadi bukan serum biasa 😀

        15 . Jun . 2017
    6. Alexandra Ayu

      halo Kak, infonya pas banget lagi saya butuhin.
      Kak, saya punya masalah jerawat dan bekas jerawat nih, bingung mau pake produk y apa. kulit saya cenderung berminyak kombinasi.
      saya memang mau coba produk Dear Klairs freshly juiced vitamin C drops, apakah itu saja cukup? ato perlu menggunakan AHA dan BHA seperti blog Kakak? menimbulkan purging g y Kak, takut bakal purging nih 🙁

      16 . Jun . 2017
      • Azzahra R Kamila

        Sebetulnya purging itu justru proses ketika seluruh toxin atau racun dari pemakaian skincare sebelumnya dikeluarkan. Jadi misal nih, sebelumnya pake skincare A, ternyata nggak begitu cocok sama kita, dan memutuskan pake AHA/BHA untuk membersihkan kulit. Biasanya muncul bruntusan berupa komedo atau jerawat. Tapi perlu diperhatikan, munculnya dimana? Kalo tiba-tiba muncul di bagian kulit yang nggak pernah jerawatan sebelumnya itu namanya break out dan pemakaian AHA/BHA harus dihentikan. Purging emang nyebelin awalnya, tapi setelah sekitar 4-6 minggu, kulit wajah bakal bersih lagi.
        Kalo mau coba disaranin pakai AHA untuk bersihin jerawat dan bekas jerawat. Coba dulu beli samplenya, takutnya zonk kalo misal langsung beli versi gede. Di Tokopedia banyak kok yang jual sample

        16 . Jun . 2017
        • Alexandra Ayu

          waaaah, g tau klo sudah dibalas >.<
          biasanya purging langsung keliatan y kak begitu pemakaian awal? iya sepertinya mau beli sample nya dulu,mau coba AHA 7 whitehead power liquid, bisa kan ya kak?
          enaknya coba beli berapa sample y kak AHA nya?

          06 . Jul . 2017
          • Azzahra R Kamila

            Hai, maaf ya telat bales. Iya, bisa kelihatan di awal-awal, biasanya bikin ragu buat nerusin. Tapi kalo emang benar-benar purging nggak apa-apa, terusin aja. Selama bukan breakout artinya kulit kamu lagi dalam masa-masa penyesuaian dengan produk AHA. Saya saranin coba 10 sample dulu aja, kira-kira bisa buat 2 minggu 🙂

            09 . Jul . 2017
            • Ayu

              hai Kak. iya saya akhirnya beli 10 sample, hehe.
              setelah baca2 ternyata aha 7 whitehead power liquid ini termasuk exfoliater ya. jadi penggunaannya g bole sering2 dong ya? klo coba 2 kali seminggu gitu gpp kali ya?
              kemarin uda coba sih penggunaan setelah cuci muka langsung dipakein ini, kemudian setelah 20 menit saya pakai serum wajah danmoisturizer seperti biasa. memang belum keliatan sekarang, we will see after 2 weeks lah 🙂

              10 . Jul . 2017
            • Azzahra R Kamila

              Iya, cobain dulu aja 2 kali seminggu. Kalo udah cocok bisa ditingkatin lagi 3 kali seminggu, bahkan setiap hari. Sebetulnya boleh-boleh aja kok kalau mau tiap hari, tapi kulit tiap orang beda-beda. Nggak semuanya cocok exfoliate tiap hari 🙂

              10 . Jul . 2017
            • Ayu

              hehe, iya kak.
              terima kasih banyak ya kak. semoga masalah jerawat ini tuntas. amin.
              have a good day kak 🙂

              12 . Jul . 2017
    7. efi fitriyyah

      Hai Mia. Salam kenal. Aku terdampar di blogmu dan nemu artikel keren ini. Pas banget sama masalah kulitku yang cenderung kering (tapi mudah jerawatan). Kayaknya butuh produk AHA, vitamin C dan adjusting toner. Tapi nama-nama brand yang disarankan aku kurang familiar nih. Artikelnya aku bintangin ah, masih ada informasi lainnya yang perlu aku baca ulang. Makasih ya buat sharingnya.

      19 . Jun . 2017
      • Azzahra R Kamila

        Sama sama :D, senang bisa membantu. Kalo mau tanya2 lebih lanjut bisa via komen atau email saya aja di mia@insommia.net. Saya bukan expert, tapi memang punya concern lebih ke arah sini, jadi semoga pengetahuannya berguna ya

        19 . Jun . 2017
    8. dwi handayani

      kak, klo purging itu biasa nya brp lama?? sya byk komedo entah whitehead maupun blackhead, bekas jerawat jg ada sma pori2 besar… kira2 cocok nya apa yh?? tp bingung purging atw break out,soalnya, byk bgt komedo nya..

      29 . Jun . 2017
      • Azzahra R Kamila

        Saran saya pake BHA sama AHA. Tapi gantian aja makenya, misal hari ini BHA, besok AHA. Urutannya itu pH adjusting toner -> Vit C -> BHA/AHA. Purging biasanya maksimal 8 minggu, kalo misal lebih dari 8 minggu masih muncul bruntusan sama jerawat, kemungkinan produknya nggak cocok. Break out itu kalo misalkan jerawat sama komedo muncul di tempat yang nggak biasa, misal dulunya cuma pipi malah muncul di dahi tiba-tiba.

        Whitehead itu komedo putih, yang biasa suka ada putih-putih di wajah, blackhead biasanya sekitar hidung, bintik-bintik hitam yang ngeganggu pemandangan (kalo ngacanya sampe close up banget keliatan :D)

        30 . Jun . 2017
        • dwi handayani

          sya blm pernah pke itu, kira2 utk pemula pke merk apa yh?

          30 . Jun . 2017
          • Azzahra R Kamila

            Coba lihat lagi ya postingan saya bagian awal. Itu udah lengkap lho ngejelasinnya. Ada daftar isi, kalo nggak mau repot baca yang lain, klik aja langsung untuk daftar produk untuk kebutuhan kulit kombinasi dan berminyak. Kalau ingin yang terpercaya, silakan ke Beautylink Sociolla, mereka jual produk produk yang saya tulis di daftar, sekarang lagi ada free sample untuk setiap pembelian. Bisa pake voucher saya kalo mau diskon Rp 50.000, SBNLAJGN pas checkout atau pembayaran 🙂

            01 . Jul . 2017
    9. PUTRI

      Halo, postingan kamu sangat membantu sekali. Aku mau nanya nih, aku lagi pakai Benton BHA Toner dan lain sebagainya, produk yang aku pakai hampir ada di tulisan kamu diatas. Nah, muncul jerawat di tempat aku gak pernah jerawat sedangkan tempat yang dulu banyak jerawat jadi halus banget. Intinya jerawat aku numbuh ditempat baru, bukan ditempat banyak jerawat. Yang tadinya banyak jerawat malah bersih banget. Menurut kamu itu purging / break out ya? 🙂

      08 . Jul . 2017
      • Azzahra R Kamila

        Kemungkinan besar break out. Saya banyak baca blog punya teman-teman lain, mereka juga kebanyakan kulitnya sensitif dengan bahan dari Benton. Jadi memang nggak selamanya produk itu cocok di kita. Oya, kalo boleh tahu udah berapa lama ya, muncul jerawat di tempat barunya? Kalo misal pemakaian udah agak lama, mungkin juga gara-gara terlalu sering pake, jadi exfoliate berlebihan. Saran saya kurangi intensitas pemakaiannya kalo itu kasusnya

        09 . Jul . 2017
    10. Diny Dian

      Hai Mia,
      Makasih ya buat infonya, cuman aku ada pertanyaan, aku lagi pengen nyobain 10 step korean skincare, aku udah pakai klairs vit C dan itu enak banget di muka, cuman aku masih bingung bwt milih hydrating toner, exfloating toner dan juga essence karena kulitku oily, cenderung berjerawat dan banyak bekas2 jerawat, kira2 mia ada saran ga yah apa yang sebaiknya aku pakai?

      11 . Jul . 2017
      • Azzahra R Kamila

        Hai juga 🙂
        Aku nggak tahu ya bakalan cocok atau nggak, tapi buat kulit oily sama kombinasi kurang lebih skincare-nya sama. Buat exfoliator disarankan BHA, tapi kalo masih belum pernah coba sebelumnya, coba beli sample dulu (COSRX BHA Liquid). Essence yang lagi ngehits itu yang mengandung hyaluronic acid, buat aku essence ini masih terjangkau kalo beli brand COSRX. Fungsinya buat hydrating kulit, cocok buat segala jenis kulit. Hydrating toner yang Mizon Camomile itu enak, harganya masih terjangkau juga, hehe. Bagus buat yang jerawatan.

        Di salah satu postingan aku pernah share jenis dan brand skincare yang aku pake awal tahun 2017, judulnya Korean Skincare Routine of Layering, kali aja bisa jadi referensi. Bab III nanti rencananya mau bahas skincare yang aku pake pertengahan tahun ini (beda sedikit), nanti segera dishare buat postingan minggu ini 😀

        11 . Jul . 2017
    11. Guest

      Kak mau tanya jadikan aku pake cosrx galactomyces essence yg mengandung niacinamide trs habis itu aku pake klairs vit c, nah kulitku tuh jadi bentol-bentol gatel bgt gitu. Setelah akubaca, niacinamide ngga boleh pake bersamaan sm vit C. Trs kalo mau pake scr bersamaan triknya gmn yaaaa?

      18 . Jul . 2017
      • Azzahra R Kamila

        Triknya itu harus nunggu jeda waktu, kalo misalkan nggak pakai AHA BHA jadi begini:

        a) Vitamin C -> jeda 30 menit
        b) Baru pakai COSRX Galactomyces Essence

        Kalo saya sih udah nyoba pake jeda kayak begini:

        a) Vitamin C -> jeda 10 menit
        b) BHA -> jeda 20 menit
        c) AHA -> jeda 20 menit
        d) Niacinamide -> jeda 10 menit, baru pakai hydrating toner

        19 . Jul . 2017
    12. Dilla

      Hello kak thanks before info nya sangat membantu. Saya punya kulit brntus dibagian jidat dan bekas jrwt di pipi tp bukan bopeng sya udh prnh cobain dear klairs dan cocok. rencananya sya pgn coba tiam c source/c20 buat bks jrwt sya, kira2 buat yg bagian kulit brutusan bklan breakout gak ya? Aku jga lg cari toner tp bingung mau yg mna soalnya kulit aku very sensitive

      30 . Jul . 2017
      • Azzahra R Kamila

        Coba tes kulit dulu, biasanya bagian siku yang suka dijadiin percobaan. Atau bagian belakang telinga. Dalam waktu 24 jam nggak ada reaksi, C20 TIAM bisa dipake. Kalopun nantinya bakal ada bruntusan itu kemungkinan lagi purging, kulit kamu lagi dalam proses pembersihan lemak dan kotoran dari bawah pori pori. Biarin aja. Perhatiin juga ya bruntusannya kayak gimana, kalo jerawatnya mendem di dalem kemungkinan break out.

        Kalo toner saya nggak bisa ngerekomendasiin, karena tiap orang beda beda. Tapi kalo nggak salah Innisfree kemarin ngeluarin seri khusus buat kulit sensitif. Ada toner, seri Innisfree The Minimum. Coba browsing aja ya buat reviewnya, saya belum nyoba soalnya.

        30 . Jul . 2017
    13. Nany handayani

      Kak aku lagi beruntusan di jidat dan di kanan kiri bibir, aku rencana nya mau pake klairs vitamin drop, tp aku takut beruntusan ku tambah parah.
      Atau ada rekomendasi produk lain kak?
      Makasih yaa

      31 . Jul . 2017
      • Azzahra R Kamila

        Hai, saya nggak bisa ngasih rekomendasi ya, karena kurang tahu kondisi kulitmu gimana. Saya bukan expert. Dear Klairs menurut saya termasuk vitamin C yang punya kadar persen terendah, cuma 5 persen. Kecuali kulit kamu sensitif, menurut saya nggak akan bruntusan parah. Kalau pakai chemical exfoliate semacam AHA BHA kemungkinan bruntusan, bisa akibat purging atau break out.

        31 . Jul . 2017
    14. Hanna Virginia

      Hai, gak sengaja mampir ke blog mu pas lagi nyari tau tentang aha/bha, sangat membantu sekali.
      Oh ya, aku mau tanya. Aku kan baru mau pake Cosrx BHA Power Liquid untuk ngebersihin jerawat disekitar chin, dagu sampai leher, tp pembersih muka yang aku pake itu Hadalabo Tamagohada AHA+BHA, kalo dipake bebarengan gitu bisa menyebabkan overexfoliating gak ya?
      Satu lagi, untuk Ph adjusting toner Hada Labo Gokujyun Ultimate Moisturizing Lotion itu bisa gak?
      Thankyou

      01 . Agu . 2017
      • Azzahra R Kamila

        Halo juga :), makasih ya udah mampir. Kalo aku baca keterangam di blognya Cat, facewash AHA+BHA itu gak masalah dipake, karena kadar persennya cuma sedikit. Tapi bukan berarti pH facewash yang itu di bawah 6, malah di atas 7. Jadi harus tetap pakai pH adjusting toner kalo nggak mau ganti sabun cuci muka.
        Hadalabo Gokujyun sayangnya nggak bisa dipake buat jadi adjusting toner, karena fungsinya lebih ke melembabkan dibanding menyeimbangkan pH. Setahu brand yang bagus itu Mizon AHA BHA toner dan COSRX AHA BHA toner, itu bisa jadi pH adjusting toner.

        01 . Agu . 2017
    15. Savira Asya

      Ka, kan kakak tulis ‘Aturan Pemakaian BHA: Setelah mencuci muka, pakai serum yang mengandung vitamin C (ini nih alasannya vitamin C masuk bahasan saya!). Setelah itu aplikasikan layer tipis BHA dengan tangan atau kapas.’
      Toner yang saya pakai itu mengandung BHA kak. Berarti saya seharusnya habis cuci muka lgsg pakai vitamin c gitu? Soalnya kalau saya baca dimana2 urutan skincare routine nya habis cuci muka mereka mengaplikasikan toner. Terimakasih kak.

      13 . Agu . 2017
      • Azzahra R Kamila

        Hai, tonernya itu apa ya? Soalnya meski mengandung BHA belum tentu kadar pH-nya stabil. BHA itu stabil di pH 3,5, itu artinya BHA baru bekerja kalau pH skincare itu 3,5. Itu yang disebut dengan actives skincare. Actives itu adalah bahan-bahan yang merupakan drug/obat-obatan dan atau bahan yang paling penting dalam suatu skincare.

        Kalau diberitahu brand-nya bisa dicari tahu apakah itu masuk actives atau nggak. Actives sendiri memang harus dipakai sebelum pakai hydrator. Lengkapnya baca sini ya kalo mau paham: Urutan Memakai Skincare.

        14 . Agu . 2017
    16. Riska nimas

      Hai kak, kalo diselingi sama first essence ngaruh gak ya kak? Misal tahapannya jd cleansing-toner-first essence-serum vit c-BHA-AHA. Gimana menurut pendapat kakak?

      16 . Agu . 2017
      • Azzahra R Kamila

        Hi, harusnya nggak. Vit C, AHA, BHA itu namanya active skincare ya. Artinya bahan-bahan mereka fungsinya hanya mengobati atau mempercepat regenerasi kulit, bukan untuk melembapkan kulit. Jadi harus dipakai duluan sebelum hydrator. First essence itu masuk kategori hydrator. Bisa baca urutannya di sini ya: Urutan Memakai Skincare.

        16 . Agu . 2017
        • Riska nimas

          Ooo begitu, kalo first essence termasuk ke dlm hydrator, berarti setelah pemakaian active skincare lanjut ke first essence-hydrating toner-serum-dst… Seperti itu kak?

          18 . Agu . 2017
          • Azzahra R Kamila

            Yap, ada jeda waktu ya kalo pake active skincare.

            Vitamin C -> Tunggu 10 menit
            BHA -> Tunggu 30 menit
            AHA -> Tunggu 30 menit
            Niacinamide -> Tunggu 10 menit

            Baru pake hydrator. Pake AHA BHA itu tergantung sama kulit. Kalau bisanya cuma 1 kali seminggu jangan paksain 3-4 kali seminggu. Soalnya ini chemical peeling, khawatirnya malah over exfoliate, mukamu jadi gampang break out, bukannya bersih. Tapi kalo rutin dipakai, hasilnya bisa bagus

            18 . Agu . 2017
    17. fira

      Hai kak miaa, aku lagi mau nyoba korean skincare dan mau lepas dari bedak2 dokter. Wajahku tipenya combination, T-zone ku parah bgt sama bruntusan whitehead dan pori besar. Liat banyak review malah makin bingung karna aku masih awam bgt. Mau minta rekomendasi dr kakak buat milih product yg baik dr hydrating & exfoliating toner, essence, serum, cream, dll hehe. Makasih sebelumnya:) btw, postingannya keren bgt

      17 . Agu . 2017
      • Azzahra R Kamila

        Hi, sayangnya bukan dokter, hehe. Takutnya salah ngasih rekomendasi. Kulit tiap orang kan beda-beda, ya, dan nggak semua tahapan skincare Korea perlu dicobain. Mahal lho beli sampai lengkap sampai 16 produk :). Paling saya cuma bisa ngasih saran begini:

        -> Exfoliating toner: Coba dulu beli sample yah. Jangan langsung botol gede. Yang lagi ngehype itu COSRX BHA (cocok buat kombinasi). Patch testing dulu di bagian belakang kuping, lihat selama 2 x 24 jam reaksinya kayak gimana. Kalau ternyata nggak cocok (kulit tiba-tiba gatal, merah, panas), jangan pakai brand yang itu.
        -> Hydrating toner: Disarankan pakai toner yang cocok untuk kulit kombinasi, sebisa mungkin pilih untuk kulit sensitif. Karena kita nggak tahu ya, bagus atau nggaknya produk sebelum nyoba. Tapi kalau aman buat kulit sensitif, artinya bisa dipakai untuk semua jenis kulit. Sejauh ini pengalamn nyobai produk Innisfree yang line Green Tea Balancing itu cukup bagus dan memuaskan
        -> Essence: Disarankan cari produk yang mengandung hyaluronic acid. Exfoliating toner itu sifatnya nggak menghidrasi kulit, jadi kulit butuh pelembap ya. Saran lain, kalau mau yang lebih murah, coba beli sheet mask. Sebetulnya sheet mask itu mengandung essence/serum (tergantung dari brand-nya). Konsistensi essence sama serum itu beda, kalau diurutkan itu first essence -> toner -> serum -> essence. Nah, ada lagi kan ya, first essence. Apa perlu dibeli? Tergantung maunya gimana. Sebetulnya essence atau serum yang masih tersisa dalam bungkus sheet mask itu bisa beberapa kali pakai, lho. Bagus untuk melembapkan kulit, jadi sayang buat dibuang.
        Sheet mask favorit saya sekarang itu Etude House yang Hyaluronic Acid
        -> Serum: Ingin fungsinya yang kayak gimana? Nggak perlu pakai serum kecuali kalau ada bagian wajah tertentu yang ingin diupgrade
        -> Cream: Saya sudah coba Innisfree Green Tea Balancing Cream, efeknya bagus, nggak bikin oily. Sudah jar ke 3, masih tetap puas. Teman pun nyoba, katanya ini lebih bagus dari Cetaphil yang dia punya (bukan promo lho, ya)

        Segini pun cukup, produk itu nggak perlu banyak-banyak :). Semakin banyak produk artinya kulitmu banyak masalah (atau hedon, jangan ditiru!). Kalau lagi rajin ya bisa kita ikutin urutannya tiap hari, tapi kalau lagi malas saya biasanya pakai sheet mask aja 20 menit saat malam, terus pijat lembut essence atau serumnya. Pagi pagi kulitnya masih kenyal dan lembap.

        17 . Agu . 2017
    18. Rifka

      Kak aku mau nanya klo pke serum c20 bkin kulit tambah kering ga? Soalnya wajah aku kering tp pgen nyobain serum c20 itu

      18 . Agu . 2017
      • Azzahra R Kamila

        Hi, harusnya sih nggak ya, tapi vitamin C fungsi utamanya bukan menghidrasi kulit. Tapi kadang dalam formulanya ditambahkan juga hyaluronic acid (tergantung brand). Di C20 TIAM tapi nggak ada ingredient dari hyaluronic acid.
        Kalo ada yang bikin kering itu produk AHA dan BHA (kalau nggak pakai pake kapas biasanya kulit tangan jadi kering.

        Habis pakai vitamin C tunggu 10 menit dulu habis itu pakai toner yang biasa ya, kulit soalnya butuh kelembapan juga

        21 . Agu . 2017
    19. Gradis

      Halo Mia, FYI aku juga bernasib sama kaya kamu..penderita dermatitis :'( jadi hati2 bgt kalo pake produk skincare. Akhirnya aku nemu produk yg cocok utk kulitku dan udah repurchase setahun terakhir ini yaituuu…illuminare acne defyer hydration lotion,mosturizer dan acne spot nya. Untuk sabun muka nya aku udah 3 bulan terakhir ini pake cetaphil. So far sih bagus2 aja tapi jerawat masih sering muncul di dagu kadang di jidat. Tapi sayangnya kulit aku kayanya msh dehidrasi krn ada dry patches dan selalu flaky kalo pake foundation di bagian hidung, dan sedikit di bagian bawah dagu. So i think i need mosturizer..dan setelah menelusuri internet sepertinya aku tertarik utk coba c20 Vitamin Sleep 9 to 5 crema. Kamu udah prnh coba belum Mia? thanks yahh 🙂

      23 . Agu . 2017
      • Azzahra R Kamila

        Hi, aku seneng ketemu yang senasib :’D

        Sayangnya belum pernah, tapi untuk kasus dry patches di dagu, sekitar hidung, dan dahi itu bisa diatasin kok. Aku biasanya nyari produk yang ada kandungan hyaluronic acid, karena penelitian sudah membuktikan kalau hyaluronic acid itu bisa bantu supaya meminimalisir sampai menghilangkan dermatitis. Nggak bener-bener sembuh, tapi bisa dikendaliin.

        Sayangnya belum pernah nyoba C20 Nighttime Cream itu ya, jadi nggak tahu seberapa bagus. Tapi kalo aku lihat ingredients-nya cukup baik, seenggaknya ingredients pemicu dermatitis itu nggak ada. Hindari aja produk-produk yang ada SLS, zinc, ragi (yeast), dan petroleum jelly karena 4 ingredients itu yang suka jadi pemicu kulit dehidrasi. Seenggaknya itu sih yang aku alamin, hehe 🙂

        24 . Agu . 2017
        • Gradis

          Ok noted Miaa, thanks a lot yaa..btw blog kamu helpful bgt buat aku lhoo! keep updating yaah 😀

          24 . Agu . 2017
    20. Linda

      Hai sis mnt rekomendasinya ya.. Kulit aku jarang jerawatan tapi berminyak di dahi, hidung sm pipi yg dkt idung tapi dagu sm pipi kering kdg flaky juga.. Nah concern aku kn bekas jerawat sm pori pipi aku agak gede.. Aku mw coba Cosrx itu pake BHA aja apa gimana y bgsnya? Trs utk sabun low PH yg cosrx low ph gel cleanser tu oke kah tanpa adjusting toner? Thankss

      28 . Agu . 2017
      • Azzahra R Kamila

        Kalo sudah low pH itu nggak perlu adjusting toner. Kecuali suka pake sabun cuci muka yang pH tinggi, baru pakai adjusting toner.

        Sejauh ini nyoba pake BHA lumayan sih, tapi kalo blackhead nggak segitunya ampuh. Kombinasi vitamin C + BHA itu bagus, tapi kata saya sih, soalnya pengalaman saya begitu 🙂

        Banyak yang bilang BHA COSRX nggak segitu bagus kayak Paula’s Choice, tapi kalo kata saya, andai terlalu oily, Paula’s Choice formulanya lebih cocok buat yang rada banyak masalah sih. Tapi, tetap tergantung setiap orang ya, cocok atau nggaknya di kulit

        30 . Agu . 2017
    21. Linda

      Thanks buat jwbnnya sis.. Aku mau minta masukan lg… Jd kn skin regimen aku skrg tu cleanser cosrx low ph, laneige white plus skin refiner, emulsion, original essence sm cream nya.. nah kan aku baru nambahin cosrx bha blackhead power liquid ama baru beli serum vit c yg ost 20 itu.. kalo serum vit c tu blh pake tiap hari atau bagusnya cuma barengan bha aj.. aku pake bha cuma 2x sminggu.. tkss

      02 . Sep . 2017
      • Azzahra R Kamila

        Tergantung beli yang mana Sis, soalnya sekarang ada kan yang Tiam My Signature C Source itu 100% vitamin C. Kalau beli yang itu mendingan jangan pakai AHA/BHA supaya nggak bermasalah, tapi kalau pakai yang persentasenya masih 20% nggak apa-apa. Urutannya itu clenaser-> vitamin C (tunggu 10 menit)-> BHA (tunggu 30 menit)->Laneige products.

        08 . Sep . 2017
    22. sisi

      Hi ka aku mau tanya. Aku uda lepas krim dokter ni ka gara2 pake aloe vera natur republik jd keracunan mau coba kosmetik korea lain. Hehe. Ka jenis muka ku berminyak,sedikit berjerawat itupun kecil, dan berkomedo. Kira2 toner yg bagus untuk di mix ost vit c20 apa ya ka? Niatny mau beli cosrx aha bha clarifying treatmen toner / benton aloe vera toner ya? Kedua toner itu boleh ga dipake tiap hri pagi sore? Trus untuk moizturizernu aku pake natur republik aloe vera gpp? Tolong dijawab ya ka bingung ni masi newbie bgd abis byk byg prodakny .

      06 . Sep . 2017
      • Azzahra R Kamila

        Saya nggak bisa jawab bahwa produk yang nanti kamu pakai bisa bantu masalah ya, kulitmu itu bukan kulit saya, jadi saya cuma nyaranin aja. Mending pilih salah satu deh, COSRX atau Benton? Keduanya itu masuk kategori exfoliate chemical toner, dan yang namanya chemical toner itu bisa jadi memiliki bahan yang berbeda, menyebabkan bentrok, dan ternyata nggak sesuai dengan kulitmu.

        COSRX AHA/BHA itu merupakan pH adjusting toner, jadi kalau misal sabun cuci mukamu itu kadar pH-nya di atas 7, saya saranin pakai. Tapi kalau ternyata pakai COSRX Low pH cleanser, nggak usah beli yang AHA/BHA, toh tujuannya itu kan buat nyeimbangin pH kulit wajah. Dilihat dari deskripsi jenis kulitmu sih kayaknya nggak perlu pakai Benton (BHA) dulu. Buat pemula mending nyoba pH adjusting toner dulu, soalnya BHA dan AHA itu bahannya lumayan keras di kadar normalnya yaitu 3% sampai 10%. Nggak usah beli banyak produk walaupun saya tahu pasti pengennya beli ini itu, nanti nggak cocok dan breakout susah lagi ya ngurusnya.

        Kalau mau pakai Ost Vit C 20, pertama cari dulu yang sejenis namun serum yang kadarnya rendah, misal 5-10%. Jangan sampai beli full product ternyata nggak cocok. Atau coba beli sample aja (Tokopedia banyak yang jual), coba tes dulu di bagian siku atau daun telinga. Kalau nggak ada reaksi selama 24 jam ke depan, berarti bisa pakai. Cara pakai skincare yang benar itu coba scrolling lagi di postingan saya, baca Bab III untuk urutan pemakaian skincare, itu udah dijelasin lengkap. Kalau ada reaksi, mending jangan beli dulu. Vit C serum bisa dipakai setiap hari kok, dipakainya malam, ya.

        08 . Sep . 2017
        • sisi

          Halo ka ,makasih uda dijawab hehe.
          Aku skrg pake facial foam cetaphil ka.
          Jdi untuk awal pake cosrx aha bha claryfing toner dulu ya ka? Tonerny dipakai tiap pagi sore boleh kah ? Trus abis pake cosrx aha bha pake serum vit c tiap malam hari gpp kan ya berarti?
          Soalny di pipi byk bekas hitam2 dan pori2 yg gede jd pengen bgd nyobain vit c untuk hilanginnya k :(. Oh iya satu lg ka boleh kah abis pake vit c aku pake innisfree green tea seed serum?
          Iya ka abis bingung klo satu brand pake yg mana aj trus baca review lain ngasi tau byk produk sekali step ._.

          15 . Sep . 2017
          • Azzahra R Kamila

            Kalo jenis kulitmu oily disarankan nggak pakai COSRX AHA BHA toner sih, soalnya tipe kulit oily itu acidic alias terlalu asam. Tujuannya adjusting toner dipakai itu kalau misalkan pH sabun cuci mukanya itu di atas 7, maka fungsinya adalah untuk menetralkan kulit wajah ke pH 5,5. Kalo dari sepengetahuan saya Cetaphil foam itu pH 6.7, jadi pake itu pun cukup. Habis cuci muka, bisa langsung pakai vitamin C serum.

            Oya, ini saya ada saran kalau mau nyobain vitamin C, bisa baca ini ya: Vitamin C Serum Terbaik.

            Setelah pakai Vitamin C, tunggu 10 menit. Kalau misal sudah terbiasa dengan vitamin C serum (cobain dulu pakai 1 bulan buat lihat reaksinya), selanjutnya kamu bisa nyobain Benton yang BHA.

            Setelah active skincare, lanjut aja ya ke first serum (kalau punya) -> toner -> essence, dll. Coba lihat ya itu Innisfree Green Tea Seed Serum dipakainya pas kapan, biasanya di botol suka tertulis aturan pemakaiannya. Kalau misal nggak punya first serum, toner, dan essence, bisa langsung pakai serum Innisfree. Saya sih nggak nyaranin semua jenis skincare dibeli ya, secukupnya aja. Saya juga sekali pakai untuk pagi/malam nggak terlalu banyak tahapannya

            16 . Sep . 2017
    23. selsa

      kalo The Ordinary Glycolic Acid 7% Toning Solution itu termasuk exfoliator kan ya? perlu pake adjusting toner ga kalo sebelumnya pake hada labo gokujyun facewash? trs aman ga sih kak sebenernya kalo dipake tiap hari? terutama buat acid virgin kaya aku kak (belom pernah pake produk acid sebelumnya). aku baca review di websitenya sih banyak bgt yg pake daily and its fine…
      btw sorry bgt banyak nanya masih newbie nih di dunia perskincare-an

      14 . Sep . 2017
      • Azzahra R Kamila

        Glycolic Acid itu termasuk salah satu jenis AHA. Normalnya, AHA yang dijual bebas itu yang punya kadar 4-10%, stabil di pH 4 (yang ini pH 3,6) masih masuk aman.

        Haladabo Gokujyun Facewash itu kadar pH-nya setahu saya 5.5, jadi nggak perlu pakai adjusting toner. Setelah itu bisa lanjut langsung pakai glycolic acid. Kalo sebelumnya nggak pernah pakai disarankan untuk patch testing dulu ke bagian siku atau belakang daun telinga, kalo nggak ada reaksi dalam 2×24 jam harusnya aman sih. Tapi frekuensi pakainya itu nggak tentu buat tiap orang, bisa jadi ada yang baik-baik aja dipakai tiap hari. Jadi mending tes dulu dipakai 1-2x seminggu, terus nanti bisa ditingkatin frekuensinya.

        15 . Sep . 2017
    24. selsa

      wah makasih bgt ka udah dijawab, tp masih ada pertanyaan lain lg nih ehehe
      btw kulit aku kan oily combination tp kalo masalah jerawat emg jarang bgt, nah gamasalah kan pake GA yg emg sebenernya lebih concern ke dry/sun damage skin, karna setau aku kalo oily/combination skin lebih dianjurin pake BHA/Salycilic Acid ya?
      trs katanya kalo GA itu kan lebih hydrating drpd BHA, nah boleh ga kalo abis pake GA aku layering skincare yg contain HA? i mean apakah itu malah too much hydrate buat oily/combination skin kaya aku? walaupun ini bagian pm routine aku, takutnya malah nambah oily gitu kak…
      YAALLAH maaf bgt ka ini banyak banget nanyanya, tp serius aku emg suka bgt sm blog kaka karena emg most helpful! trs ngebahasnya praktis bgt bikin gampang paham plus authornya ramah abis! thanks anw ya kak!! XOXO

      15 . Sep . 2017
      • Azzahra R Kamila

        Ya nggak apa-apa, senang bisa bantu 🙂
        Jadi ada masalah kulit apa dulu, nih? Ini pemecahannya:

        -> Kerutan dan garis wajah (vitamin C, AHA, PHA)
        -> Pori-pori besar, blackhead (BHA)
        -> Break out, bruntusan (AHA, BHA, PHA)
        -> Warna kulit kusam atau tidak merata karena pengaruh sinar matahari (vitamin C, AHA, PHA)
        -> Hiperpigmentasi karena jerawat (vitamin C, AHA, PHA)
        -> Bekas jerawat, jerawat cystic (vitamin C, BHA)
        -> Mencegah jerawat (vitamin C, BHA)

        Kalau memang masalahnya itu membutuhkan AHA sebagai solusi, GA itu bisa dipakai. Kalau nggak terlalu bermasalah GA bisa tetap dipakai, tapi jangan sering-sering. Soalnya chemical exfoliator itu kan pada dasarnya memaksa kulit regenerasi lebih cepat, keseringan pakai nanti menggerus jaringan kulit, malah jadi kelihatan lebih tua nantinya.

        Kalau misalkan tipe skincare yang mengandung HA itu bukan termasuk chemical exfoliator bisa bisa aja sih. Konsentrasinya biasanya kecil, nggak stabil, jadi harusnya nggak bentrok.

        16 . Sep . 2017
    25. selsa

      wahh makasih kak lengkap bgt infonya! jd pengen pake vitC deh sebelum si GA karna kulit aku emg slighty dull hehe
      btw masalah Hyaluronic Acid (HA) nya aku masi bingung sih pgn pake Hadalabo Gokujyun Lotion (contain less HA) atau The Ordinary Hyaluronic Acid 2% + B5 (so much more HA) tp intinya ga masalah ya yg mana karena emg both of em fungsinya cuma sbg hydrator bukan exfoliator lagi.
      Ok thank u shooo much for all the answers, ive never felt helped this quickly and clearly abt skincaring before ehehhe, pokonya sekali lg makasih ya kaaaaa ♡♡♡♡♡

      16 . Sep . 2017
    26. Sarah Fauzia

      Hai, seneng banget nemu tulisan ini. Terimakasih banget! 🙂
      Aku udah baca semua plus tanya jawab di komentarnya juga tapi tetep masih bingung. Bisa bantu jawab pertanyaan aku ini?
      1. Acnes facial wash
      2. COSRX AHA/BHA Clarifying Treatment Toner
      3. Etude Wonder Pore Fresher
      4. TIA’M My Signature C Source C20 Serum
      5. Secret Key Snail Repairing Essence
      6. Secret Key Snail Repairing Gel Cream

      Urutan pakainya rekomendasi dari kamu gimana ya baiknya? COSRX AHA/BHA Clarifying Treatment Toner itu bukan termasuk exfoliating toner ya? Jadi aku perlu pakai COSRX AHA 7 Whitehead Power Liquid atau COSRX BHA Blackhead Power Liquid lagi exfoliating tonernya?

      23 . Sep . 2017
      • Azzahra R Kamila

        AHA/BHA Toner itu sifatnya buat penetral pH kalau misal facial wash kamu itu pH di atas 7. Jadi persentase AHA/BHA yang terkandung itu nggak stabil (ada persentase dan pH tertentu yang harus dicapai supaya hasilnya efektif).

        Nah, terkait facial wash, tahu cara ngukur pH-nya gimana? Pake kertas lakmus. Sayangnya yang brand lokal belum saya bikin list-nya (karena ada banyak banget jadi harus nyoba satu-satu), jadi saya nggak tahu pH dari Acnes Facial Wash berapa. Kalau males, pakai aja langsung COSRX AHA/BHA, insya Allah nggak ada apa-apa nantinya.

        Kalau saya lihat urutannya udah bener kok :), tapi kalo mau pakai COSRX AHA dan atau COSRX BHA disarankan tidak dibarengin, kalau mau pakai semua harus dikasih jeda waktu. Vitamin C -> 10 menit, BHA -> 30 menit, AHA -> 30 menit, baru pakai hydrator yang no 3,5,6. Tapi kalau misal nggak cocok dengan urutan exfoliate toner yang tadi, mending selang seling pemakaiannya, misal vitamin C itu dipakai pagi hari, BHA/AHA baru pas malemnya.

        24 . Sep . 2017
    27. raditanmp

      halo kak, sebelumnya makasi atas penjelasan diatas. Saya jadi sedikit tercerahkan tentang bha aha dan vit c. Saya 4 bulan belakangan ini pake cosrx one step pimple yg ada kandungan bhanya. Saya ngga seberapa paham berapa persen kandungan bha di one step pimple ini, tapi selama pemakaian selama 4 bulan kerasa banget perubahannya. Bekas2 jerawat mulai ilang dikit2 dan muka jadi agak cerah hehe, terus komedo juga berkurang. Karna saya pengen ngilangin bekas jerawat secara total, saya pengen coba serum vit c20. Udah order tp belom dtg dan bingung gimana makenya kalo dibarengin sama cosrx tadi. Mungkin kakak punya sedikit pencerahan? oiya, tonnernya aku pake viva yg green tea buat kulit berminyak karna kulit aku ini rawan jerawatan. ditunggu kak responnya :’)

      10 . Okt . 2017
      • Azzahra R Kamila

        Hi Radita,

        Kalo untuk COSRX One Step Simple itu bahannya bukan pakai salicylic acid, sebetulnya BHA terbaik itu pakai salicylic acid. Tapi ada juga jenis jenis lain yang bisa dipakai sebagai bahan aktif kalau memang nggak cocok dengan SA, contohnya betaine salicylate (coba cek deh pasti ada di ingredients yang COSRX punya kamu). BS itu mengandung niacinamide atau vitamin B3 yang memang fungsinya mencerahkan, juga ada kandungan hyaluronic acidnya juga, yang memang sedang ngehype banget buat jadi pelembap wajah. Sifatnya lebih gentle daripada SA.

        Saya kurang tahu bagaimana reaksinya kalau dipakai bareng dengan vitamin C serum, tapi sebaiknya sih tetap ikutin aja langkah aslinya. Pertama itu, pakai sabun cuci muka -> pH adjusting toner (kalau ada) -> vitamin C (tunggu 10 menit) -> COSRX One Step Pimple Clear Pad (tunggu 20-30 menitan supaya bahan meresap) -> Viva Green Tea toner. Karena lebih gentle harusnya secara teori nggak masalah ya. Patch testing dulu sebelumnya vitamin C itu ke siku atau bagian belakang daun telinga, tunggu 1×24 jam dulu ya. Saya tahu pasti pengen buru buru make ya, hehe, tapi daripada kenapa kenapa patch test aja, kalo cocok bisa ikutin langkah tadi.

        11 . Okt . 2017
        • raditanmp

          halo kak, makasi jawabannya. ini uda dateng serum vitc nya lgsg aku coba di belakang telinga dulu huhu. iya kak, ternyata di one step pimple ini adanya yg betaine salicylate(?) ituuu…cocok engga nya itu ngefeknya gimana kak dibelakang telinga/siku?

          12 . Okt . 2017
          • Azzahra R Kamila

            Eh sori, maksudnya lipatan siku ya. Kalau nggak ada reaksi, harusnya aman digunakan di kulit wajah.

            13 . Okt . 2017
    28. Reddishtown

      Hi kak, aku juga baru mengenal skincare dan uda tes beberapa share in jar dr skincare korea supaya bs liat cocok atau tidak. Jadi selama ini aku pakai urutan produknya begini: cosrx low pH good morning cleanser- cosrx one step clear pimple pad – cosrx aha/bha clarifying toner – c20 vit C serum – cosrx oil free moisturizer.
      Menurut sis urutannya sudah benar atau salah ya? Karena selama ini aku pakai juga belum terlalu ada perubahan yg signifikan (1.5 bulan) tapi aku bs liat kalau bekas jerswat sudah agak cerahan. Mohon bantuannya kak

      13 . Okt . 2017
      • Azzahra R Kamila

        Hi,
        Sejauh ini sih memang kita baru bisa lihat perubahannya kalau sudah sekitar 8 minggu, walaupun ada yang ngeklaim 4 minggu juga berubah. Tergantung kondisi muka aja sih. Kalau memang jerawatan parah, bakal lama perubahannya, kalau misal nggak ada masalah tapi mau nyoba pakai, harus tahu dulu: tujuannya itu apa dengan memakai active skincare?

        Kalau saya lihat harusnya sih low pH -> AHA/BHA -> C20 vit C (diemin 10 menit) -> One Step Clear (diemin dulu 30 menit biar meresap) -> Oil Free Moisturizer. Salah urutan pemakaian actives itu bisa ngaruh loh, tapi kalau urutan pemakaian occlusives (kayak toner sampai moisturizer) sembarang masih nggak apa-apa, sih.

        13 . Okt . 2017
    29. Fitri sulis

      Halo Ka Mia salam kenal, aku baru sekali ini mampir ke blog kaka. Ini artikel panjang banget, tapi aku bacanya ngga ada yg diskip sampe ke komen2nya karena informatif banget jadi takut ada yg kelewat #thumbsup. Trus akhirnya jadi nyadar kalo di bagian akhir itu ada pengulangan #CMIW. Nyesel banget kenapa baru baca artikel ini sekarang. Cosrx BHA power liquid aku udah mau abis ternyata selama ini salah urutan huhu. Aku make nya cetaphil cleanser – Cosrx BHA power liquid – Hadalabo shirojyun lotion – TFS myeonghan miindo essence – moisturizer. Huhuhu kupikir Cosrx BHA power liquid itu acid/exfo toner makanya aku makenya duluan baru kutimpa hadalabo. Beberapa blogger nyaranin buat pake skincare itu dalam kondisi kulit masih basah,jadi jangan nunggu rangkaian sebelumnya menyerap dan kering. Ah sebenernya yang bagus yang mana ya ka mohon pencerahan. Galau akyuuu. Takut salah kaprah malah percuma skincare ngga ada yg ngefek. Kasian duit huhuhu. Thanks yaa sebelumnya

      18 . Okt . 2017
      • Azzahra R Kamila

        Kalau saya lebih suka pakai BHA saat kulit muka kering, tujuannya biar kulit bisa menyerap formula lebih baik. COSRX BHA Blackhead itu memang exfo toner, makanya karena sifatnya buat exfoliate urutannya jangan salah, karena bisa ngefek. Tapi itu tergantung masing-masing sih, apa mau diapply saat basah atau kering. Saya sendiri apply di kulit kering, nunggu 20-30 menitan sebelum pakai toner biasa.

        20 . Okt . 2017
    30. hani

      hai kak, mau tanya untuk pemakaian PHA bolehkan dibarengin dengan pemakaian Vit C?
      pengen coba cosrx PHA renewal cream 😀

      18 . Okt . 2017
      • Azzahra R Kamila

        Hi, boleh boleh aja kok. PHA itu sebetulnya alternatif lain dari AHA, sifatnya lebih gentle. Cara pakainya sama ya, pertama vitamin C dulu dan tunggu 10 menit, baru bisa pakai PHA cream. Kalau cream sudah meresap, bisa diikuti dengan toner -> moisturizer.

        20 . Okt . 2017
    31. Ineza

      Sis, kalo pake benton snail bee high content skin dan vitamin c. Pemakaiannya yg mana dulu ya? Produk snail dan vitamin c kalau digabung apa benar malah tidak ada efeknya?

      20 . Okt . 2017
      • Azzahra R Kamila

        Vitamin C dulu ya, sebetulnya kalau punya kertas lakmus bisa kok kelihatan mana yang duluan. Selalu dahulukan yang pH rendah, yaitu vitamin C (misalkan pakai yang ascorbic acid). Tapi kalau vitamin C yang kamu punya itu pH di atas 3.5, maka dipakai di tahap terakhir exfoliate sebelum lanjut memakai occlusives yang sifatnya menghidrasi kulit. Saya kira Benton Snail Bee masuk ke occlusive. Kurang tahu ya efeknya apa, kulit tiap orang beda beda

        20 . Okt . 2017
    32. Hilma Fauzia Ulfa

      Halo ka salam kenal ya, aku seneng bgt baca tulisan kaka krna penjelasannya tuh detail bgt

      Aku mau tanya ka, kan dlunya aku tuh perawatan ke dokter dan sebulanan ini aku udh lepas dr krim dokter itu dan pengen mulai cari” skincare yg pas buat aku (Oh ya, jenis kulit aku tuh kombinasi dan gampang banget jerawatan). Awal aku lepas krim dokter tuh lngsung coba dlu facial washnya pake sabun bayi dan pelembabnya pake nature republic aloe vera shooting gel, tp setelah itu muka aku tuh malah kering bgt, bersisik trus jd kemerahan gtu. Setelah itu aku ganti lg lah pake hadalabo gokujyun series starter pack nya tuh, selama pake itu sih enak muka jd haluss bgt tp stelah 2 minggu pemakaian malah tumbuh jerawat” gede lg di pipi dan di dagu, aah so sad

      Aku kira mungkin ga cocok ya, jd aku ganti lg pake pake acness facial wash dan moisturizernya pake nature republic lg, tp bru bbrapa hari pakai mulai tumbuh beruntusan di sekitaran pipi aku. Tp smpe skrg ttp aku terusin pemakaiannya, krna aku ngira sih itu purging kali ya. Tp skrg aku tambahin pke benoson cream juga biar ngeredain kemerah”an itu. Menurut kka gimana ya? Kira” aku harus pake skincare apa ya?

      Dan klo ada skincare lokal yg bagus untuk jenis kulitku ini apa ya? (klo skincare korea kan lumayan mahal ka )
      Mkasiiih ka, ditunggu balesannya ya

      20 . Okt . 2017
      • Azzahra R Kamila

        Hi. Pertama tama saya mau bilang saya BUKAN expert. Saya nggak tahu yang cocok di kulitmu apa, jadi tidak bisa merekomendasikan secara spesifik.

        Kulit yang gampang jerawatan bisa jadi karena pengaruh hormon, kalau sudah bicara hormon, saya nggak bisa ngasih alternatif apa-apa. Satu-satunya cara itu perbaikan pola makan (saya yakin dokter pun nganjurin ini). Dulu teman saya diminta untuk berhenti makan daging-dagingan, tapi karena pada dasarnya jadi vegan itu sulit kecuali ada niat, jadi saya cuma bisa nawarin alternatif ini -> Cara Menghilangkan Jerawat dengan Cepat.

        Satu lagi bisa cek di sini-> Rosehip Oil dan Bekas Jerawat.

        Sejauh ini belum ada keluhan terkait penggunaan face oil, bahkan untuk kulit sensitif sekalipun. Kalau mau nyoba skincare lokal, bisa lihat postingan ini -> Face Oil untuk Rutinitas Skincare

        20 . Okt . 2017
    33. rini pipit

      Kalo aku baca di bungkusnya TIAM Csource itu gaboleh nyampur penggunaannya sama AHA dan BHA kalo gasalah. Itu gimana ya Ka?btw kalo toner hada labo gokujyun itu masuknya toner biasa ato bukan?dipakenya setelah ato sebelum BHA ya ka?tengkyuu

      20 . Okt . 2017
      • Azzahra R Kamila

        Iya, karena tingkat konsentrasi TIAM C Source itu 20%, ada juga yang 21,5%. Pakai vitamin C di awal-awal itu agak perih di muka, karena muka kita belum terbiasa dengan tingkat konsentrasi L-AA sebanyak itu. Selama purging di tempat yang sering jerawatan, dan purging itu bukan berupa jerawat bernanah, sebetulnya masih bisa disebut aman.

        Alasannya nggak boleh nyampur itu, selain karena konsentrasinya, juga supaya nggak bentrok dengan AHA/BHA. Tapi sejauh ini masih bisa diatur selama jangka waktu pemakaiannya itu berjauhan. Makanya di aturan yang saya tulis itu ada jeda, vitamin C 10 menit, lalu BHA/AHA. Tapi nggak semuanya cocok dengan aturan ini, bisa aja kamu pakai vitamin C pagi, BHA/AHA malam hari, supaya mencegah bentrok.

        Toner Hadalabo Gokujyun masuk toner yang sifatnya menghidrasi kulit ya, setelah BHA.

        20 . Okt . 2017
    34. Wika

      Haii kak Mia salam kenal. Aku lagi mau coba produk Cosrx karena sebelumnya aku pake rangkaian produk laneige utk kulit berminyak hasilnya ga maksimal.
      Kulit wajahku itu berminyak banget n ada bruntusan n komedo juga, kalo jerawat besar sih jarang, paling kalo mau menstruasi aja ada 1 biji hehe.
      Yang aku mau tanyakan:
      1. Kalo pake low ph gel cleansernya cosrx itu perlu pake AHA/BHA clarifying treatment toner lagi ga?
      2. Ada yg bilang setelah pake BHA blackhead power didiamkan 30 menit harus pke hydrating toner, nah kalo produk cosrx sendiri punya hidratong toner kah?
      3. Kakak ada rekomendasi produk apa setelah menggunakan BHA Blackhead Power Liquid? Misalnya serum atau mousturizer atau night krim apa mungkin?
      Makasi banyak sebelumnya untuk infonya yaa kak, ditunggu jawabannya

      26 . Okt . 2017
      • Azzahra R Kamila

        1) Sebetulnya nggak sih, soalnya pH udah 5,5. Jadi kulit berminyak itu karena sifat kulitnya sendiri terlalu asam, malah kalau bisa jangan terlalu bikin kulit makin asam, harus diseimbangkan sama produk yang agak tinggi pH-nya, misal 7 (7 itu netral)
        2) Kurang tahu sih, tapi saya nggak pakai hydrating toner brand mana pun. Lebih suka pakai produk COSRX Hyaluronic Acid Hydra Essence buat melembapkan wajah, dilanjut sama moisturizer
        3) Tergantung butuhnya apa sih, kalau saya sekarang rutinitasnya ganti, vitamin C serum sebelum BHA Blackhead. Lanjut ke COSRX HA, The Ordinary Niacinamide (udah mau habis), moisturizer Innisfree, sama ngeramu face oil sendiri, dari rosehip sama orange essential oil. Yang penting sebetulnya bikin kulit lembap sih, soalnya BHA sendiri nggak melembapkan, kecuali kalau Benton BHA toner katanya sih bisa dobel, ngelembapin sekaligus jadi exfo toner. Belum pernah nyoba jadi kurang tahu gimana ngebandinginnya sama COSRX

        26 . Okt . 2017
    35. Alda Dwi

      Halo kak Azzahra, terima kasih sekalii sudah membuat info aha bha vitC sangat komplit dan jelas.

      Aku mau tanya, kemarin aku beli Cosrx salicylic acid exfoliating cleansing wash. Nah ternyata ph nya tinggi banget untuk kulit ku. Biar seimbang ph nya apa aku harus beli COSRX AHA/BHA CLARIFYING TREATMENT TONER? Dan bagaimana cara pemakaian nya?
      Memakai toner cosrx -cleansing wash salicylic acid
      Atau sebaliknya?

      Terima kasih kak

      31 . Okt . 2017
      • Azzahra R Kamila

        Jenis kulitmu apa ya? Karena gini, secara teori memang pH COSRX Salicylic Acid tinggi, tapi kalau tipe kulitmu berminyak banget itu artinya pH kulit kamu terlalu asam. Nah, dengan pH tinggi (basa), sebetulnya akan bisa menyeimbangkan dengan kadar pH muka, jadi sepertinya nggak masalah. Kecuali kalau tipe kulit wajahmu itu kombinasi, saya saranin pakai yang AHA/BHA Clarifying Treatment Toner. Jadi setelah pakai sabun cuci muka, langsung apply aja pH adjusting toner-nya, setelah itu bisa lanjut sama rutinitas skincare biasa

        01 . Nov . 2017
    36. Nizmi Nasution

      halo kak 🙂
      aku belum pernah pake BHA/exfoliating toner. jadinya masih agak bingung sama penjelasan di atas. aku tergiur mau make BHA /exfoliating toner karena kulitku berminyak, kusam, dan banyak komedo di hidung. aku baru tau kalau pake BHA harus diiringi dengan serum vitamin c. awalnya aku pikir kalau pake hydrating toner aja udah cukup setelah pake BHA/exfo toner. nah kira2 kalau makenya gak diiringi sama serum vit c gimana ya kak? apakah wajib pake serum vit c?

      02 . Nov . 2017
      • Azzahra R Kamila

        Sebetulnya nggak sih, kalau nggak pakai vit C serum/BHA/AHA juga nggak masalah. Beli 1 yang sesuai concern juga cukup. Tapi hype-nya emang begitu, dipakai semua, tapi aku sendiri nggak terlalu menyarankan karena buat sebagian orang, kandungan BHA, vit C sama AHA itu keras. Buat aku, AHA dari COSRX malah bikin timbul kulit merah-merah, aku kurang tahu apa ini maksudnya cocok atau nggak, tapi mending berhenti aja. Jangan beli gara-gara ikut-ikutan orang 🙂

        03 . Nov . 2017
    37. Nizmi Nasution

      ((jangan beli gara-gara ikut-ikutan orang))
      damn it’s true, hahahaha. soalnya gara2 sering mampir ke femaledaily dan blog para beauty blogger, aku jadi terkena racun skincare, kak. pengen banget nyobain ini itu segala macem, apalagi usiaku udah memasuki angka 20. khawatir juga:( tapi akhirnya sadar diri kalau aku masih mahasiswa, kantong masih sangat terbatas wwkwkwk 🙁

      03 . Nov . 2017
    38. Eka Susanti

      Hi salam kenal… senengnya bisa nemu blog yg bahas skincare sampe detail. Aku nubie didunia per skincare-an, which is telat banget hiksss.
      Baru mulai 1 bulan ini jlnin skincare rutin. Mau nanya krn sempet bingung dgn bnyknya referensi dr internet. Kondis kulitku kombinasi oily dan gmpang berjerawat. Saat ini aku pake skin care urutannya begini, butuh saran udh bener atau belum. Cetaphil cleanser – cosrx one step pimple pad – benton bha toner – hydrating toner – serum -vit c – moisturizer.
      Awal pake cosrx one step pimple bikin kulitku purging tp gak parah, hanya bruntusa. Didaerah yg sering muncul jerawat saja dan gk ada jerawat yg meradang. Mulai rajin skincare rutin mksdnya utk menghilangkan noda bekas jerawat, blackhead, mengecilkan pori2 dan pingin meratakan skintone wajah yg gak rata krn ada bbrp noda diwajah. Mungkin bisa dibantu kasih referensi produk apa lgi yg masih harus ditmbahkan biar bikin kulit muka flawless.

      05 . Nov . 2017
      • Azzahra R Kamila

        Hi,
        Yang namanya merawat kulit itu butuh waktu, tapi saya juga tipe yang suka nggak sabaran, hehe. Cuma emang sih kalau kita nggak selalu merhatiin perubahan wajah di kaca biasanya bakal kaget sendiri pas beberapa bulan kemudian ngaca lagi secara detail.

        Saya lihat urutannya masih salah, harusnya setelah Cetaphil cleanser -> vit C (tunggu 10 menit) -> COSRX One Step Pimple Pad -> Benton BHA Toner -> serum (tergantung tekstur, kalau lebih cair dari toner, dahulukan toner) -> hydrating toner, moisturizer.

        Saya kurang tahu kandungan di COSRX One Step Pimple Pad itu berapa BHA-nya, tapi kandungan aktif BHA toner di Benton juga sebetulnya sudah cukup memadai. Setahu saya yang one Step Pimple Pad bukan pH adjusting toner yang fungsinya buat menyeimbangkan pH kulit menjadi 5,5. Kalau pas pemakaian nggak pernah ada masalah, nggak apa-apa pakai urutannya sesuai yang udah saya deskripsikan.

        06 . Nov . 2017
    39. Eno

      Kak, ak kan kulitnya termasuk yang berminyak dan sensitif banget, sama snail atau aloe yg bentuknya gel (hydrate nya tinggi) ak selalu gak cocok, nah bha mana ya kak yg pas buat kulit ku, soalnya ak takut salah beli bha dan taunya itu terlalu strong di mukaku yg udah sensitif bgt.. Soalnya ak pernah baca2 bha blackhead cosrx itu tinggi kadarnya, terus klu mau beli yg aha/bha ak pengen lebih concern sesuai kulit aja yg butuh nya bha.. Kira2 yg mn ya kak?

      05 . Nov . 2017
      • Azzahra R Kamila

        Saya bukan expert jadi nggak bisa nentuin mana yang cocok sama kulit muka seseorang. Malah kalau sensitif tidak disarankan memakai BHA yang mengandung salicylic acid. COSRX One Step Pimple Pad bisa jadi alternatif solusi karena BHA yang dipakai bukan salicylic acid, itu juga saya masih belum bisa menjamin cocok bagi kulit. Lactic acid molekulnya lebih kecil dari glycolic acid (ini dua jenis bahan AHA yang beredar di pasaran), tapi lagi-lagi saya nggak bisa saranin mending yang mana.

        Kalau memang nggak butuh-butuh amat terhadap BHA (misal masalahnya cuma berminyak tapi jerawatan cuma tiap datang tamu bulanan) nggak perlu pakai BHA. Lebih baik cari sabun cuci muka yang cocok. Kulit berminyak biasanya karena pH kulit kamu itu terlalu asam, jadi cari sabun cuci muka yang pH 6-7. Lalu walaupun berminyak kulit perlu tetap lembap ya, jadi harus pakai moisturizer, cari skincare yang kandungannya water based.

        Saya lebih menyarankan pakai face oil karena sejauh ini belum ada keluhan, kandungannya lebih alami dan bukan jenis bahan aktif. Bisa baca ini ya: Face Oil untuk Rutinitas Skincare

        06 . Nov . 2017
    40. Nancy

      Isi blognya bagus bangetttt… tapi asli jadi bingung nih, tanya-tanya boleh gak?
      Aku ada concern pori-pori di pipi lumayan terlihat besar, dan terlihat ada blackhead. Kalau di hidung tidak terlalu banyak, meskipun kalau ngaca dekat banget ada beberapa blackhead.
      Baca-baca banyak yg saranin untuk deep pore cleansing area itu pakai produk mengandung BHA. Tp masalahnya kulit aku ini bukan oily, tapi termasuk kering dan agak sensitif kemerahan. Jadi solusinya gimana ya, bingung… 🙁

      09 . Nov . 2017
      • Azzahra R Kamila

        Sebetulnya secara teori BHA memang bagus untuk deep cleansing dan lebih dianjurkan buat yang kombinasi-berminyak. Tapi bisa dibaca lagi ya di atas terkait problem dan pemecahannya dengan active skincare :D, kalau ingin mengecilkan pori-pori dan menghilangkan blackhead bisa dengan BHA. AHA sendiri sifatnya hanya untuk surface skin, atau mengatasi misalkan bekas jerawat, warna kulit tidak merata, dll.

        Kalau mau nyoba mending beli yang sample dulu soalnya kalau nggak cocok sayang kan beli yang full product. Di Tokopedia ada banyak kok yang jual, bisa nyoba beli yang BHA 🙂

        09 . Nov . 2017
    41. Athri Kasih

      Ah lengkap sekali,
      saya kebantu banget dengan artikelnya mbak.

      Kebetulan emang lagi pelajarin skincare yang cocok sama kulit juga ini.

      13 . Nov . 2017
      • Azzahra R Kamila

        Sama sama, seneng bisa bantu, hehe 🙂

        14 . Nov . 2017
    42. Farah Vany

      Haii sangat membantu sekali info nya. Aku mau tanya keluhan aku kan bekas jerawat dan bruntusan. Aku skrg sdg menggunakan produk c20. boleh ga sih c20 di gabung pemakaiannya dengan produk yg ada bha nya. Krn aku baca di blog mu untuk bruntusan produk yg ada kandungan bha nya bagus buat ilangin bruntusana. Dan kalo bisa step nya apa dulu. Dan satu lagi dpt info katanya kalo pake serum vit c itu sblm essence ya? apa benar? soalnya normal nya yg saya tau penggunaan serum setelah essence. Mohon di bantu jelasin ya mia hehe. thank you

      13 . Nov . 2017
      • Azzahra R Kamila

        Hi, saya jawab pertanyaanmu via email aja, ya, hari ini paling lambat saya jawab 🙂

        14 . Nov . 2017
    43. eka susanti

      Halo mba, aku mau nanya lagi boleh ya 🙂
      to be honest blog kamu ini aku pake utk referensi skincare aku, yg sebelumnya gk ngerti apa2 soal kandungan didlm tiap product yg mau dibeli. masalah kulitku itu jerawat kecil/whitehead di area pipi dan skin tone yang tidak merata karena ada noda bekas jerawat dan melasma. Sekarang aku lagi mau coba nambahain bahan active di skincare rutin, kemarin sudah beli The Ordinary yg Niacin, Alpha arbutin dan cosrx returning A-sol. Boleh dikasih saran gak, urutan pemakaiannya gmn (buat pagi dan malam) ?

      15 . Nov . 2017
      • Azzahra R Kamila

        Hi, makasih ya udah baca blog 🙂

        U/ COSRX Returning A Sol karena merupakan pH adjusting toner bisa dipake kapan aja, pakai setelah cuci muka.

        Alpha Arbutin bisa dipakai setelah hydrating toner (sesuaikan tekstur dengan skincare yang dimiliki, thin -> thick), Alpha Arbutin, Niacinamide, baru moisturizer. Kalau saya lihat regimennya The Ordinary, AM PM bisa dipake, kok.

        15 . Nov . 2017
    44. Fatin

      Hi kak.. Aku mau tanya dong.. Kulitku tuh jenisnya oily acne ya.. Gampang jerawatan gt, trus susah ilang bekas jerawatnya. Sebelumnya aku pake etude ac clean up skin care (sabun, toner, lotion, cushion) tp lama ngilangin bekas jerawatnya. Akhirnya aku nyoba klairs supple preparatiom facial toner pas toner etude abis. Sama nyoba klairs freshly juiced vit C.
      Penggunaannya apa uda bener gini kak abis sabun- supple preparation facial toner- freshly juiced vit c – lotion – cushion?
      Trus aku dpt sample cosrx yg bha kan tuh kak.. Tp bingung makenya pas kapan.. Setelah toner apa setelah vit C? Makasih kak

      22 . Nov . 2017
      • Azzahra R Kamila

        Urutannya itu harusnya exfoliate products dulu ya, berarti Vit C dan BHA didahulukan sebelum hydrating products. Kalau dari pH maka setelah cuci muka dahulukan Vit C sebelum BHA, baru hydrating products

        22 . Nov . 2017
    45. Mpit

      Haii say…
      aku udah baca2 komen di atas, tp pengen make sure lagi urutan skin care yang aku pake udah bener atau belum 😀
      stlh cuci muka aku pake, ini rutinitas skin care malam:
      1. hydrating toner thayers/bioderma – klairs vit c – moisturizer – sleeping mask (gak setiap hari)
      2. hydrating toner thayers/bioderma – pixi glow tonic – serum – moisturizer
      kira2 udah oke belum yaaaa?
      makasiii

      23 . Nov . 2017
      • Azzahra R Kamila

        Hi juga,

        Sebelumnya itu pake exfo skincare dulu. Vitamin C disarankan lebih awal karena termasuk pH dependent, bisa ngaruh kalau misal diakhirkan. Jadi harusnya Vitamin C dulu sebelum ke hydrating skincare 🙂

        Untuk hydrating skincare sendiri kalo nggak dipake berurut juga nggak masalah sih, yang paling penting itu urutan exfo skincare, karena harus berurutan sesuai pH terkecil -> terbesar

        23 . Nov . 2017
    46. Angel

      Hi kak, ini aku mau nnya.
      Jadi ini, kulit aku udh tipis banget (sampai nampak pembuluh kapilernya) tapi berminyak. Jadi kalo pake produk yg ada AHA bha boleh ga? Aku ini mau pakai Low Ph cosrx cleanser- COSRX Natural BHA skin returning a-sol – blue calming cream klairs. Cocok ga ya ka? Terus produk blue calming cream itu memoisturizer ga ya? Soalnya katanya, kalo kulit tipis itu harus pakai produk moisturizer ya? Terima kasih

      10 . Des . 2017
      • Azzahra R Kamila

        Waduh say, kalau sampai terlalu tipis jangan ditipisin lagi. Maksudnya nampak pembuluh kapiler sebelah mana, hidung? Saya nggak mau ngeduga sih, apa mungkin kamu punya rosacea? Soalnya kalau di hidung kelihatan jelas pembuluh kapilernya, ada indikasi ke sana. Tapi saya nggak berani bilang iya, soalnya saya bukan dokter kulit.

        Klairs yang blue calming itu bukan moisturizer sih sifatnya, lebih ke arah membantu kulit inflamasi atau kemerahan membaik. Buat yang punya eczema dan rosacea juga bagus. Lebih thick dari moisturizer biasa, karena setahu saya moisturizer itu bahan utamanya dari water, jadi teksturnya juga nggak terlalu kental. Buat kulit berminyak bisa kok pakai yang Innisfree Green Tea Seed Cream, ya. Saya pakai yang balancing cream buat kombinasi juga bantu banget soalnya.

        10 . Des . 2017
    47. Ratih P

      Hi… mau nanya dong kalo cosrx aha/bha, mamonde rose toner, natural pacific herb serum yg kuning yg “katanya” ada sensasi tingling, sama benton aloe vera stepnya udh bener kan itu? Produknya klo aku campr kayak gitu ada boleh gak sis?? Ohya btw yg costx aha/bha harus water toner biasa apa klo ga pake juga gapapa? Thankyou 🙂

      15 . Des . 2017
      • Azzahra R Kamila

        Maksud campur gimana, semua bahan disatuin terus dipake? Janganlah, itu kan fungsinya beda beda. Terus maksudnya AHA/BHA gimana? Saya ngerasa penulisan COSRX AHA/BHA agak ambigu karena bisa jadi maksudnya AHA BHA Clarifying Toner, itu beda lagi lho ya. Harusnya karena Benton Aloe Vera itu punya active, dahulukan dulu Benton.

        COSRX (kalau maksudnya clarifying toner) -> Benton (tunggu 30 menit) -> Mamonde -> Natural Pacific

        15 . Des . 2017
    48. salmastz

      Terimakasih ifonya kak. Sangat bermanfaat 🙂

      21 . Des . 2017
      • Azzahra R Kamila

        Sama sama 🙂

        21 . Des . 2017
    49. Fitri

      Sedikit lebih ngerti setelah baca pengetahuan di atas, makasih banyaakk!
      Tapi yg jd pertanyaan, katanya biar c harus dipakai lgsg setelah cuci muka?
      Kalau urutannya begini:

      Double cleansing (sabunnya pake hada labo aha/bha)
      Terus pake tonner
      Essence
      Baru pake vit c, apa jadinya ga efektif

      23 . Des . 2017
      • Azzahra R Kamila

        Iya, emang harus setelah cuci muka. Soalnya urutan skincare itu selain thin -> thick, juga harus dari pH paling rendah, kalau misal vitamin C yang kamu pakai itu mengandung ascorbic acid, maka vitamin C yang paling pertama sebelum toner sama essence. Biar nyerap dulu ke muka, soalnya kalau setelahnya mah nggak seefektif itu, hehe

        25 . Des . 2017
    50. kepo

      aha dan bha itu boleh dipakai sama usia berapa ya kak?

      28 . Des . 2017
      • Azzahra R Kamila

        Kalau misal masih remaja sih nggak usah ya :D, concern-nya nggak terlalu banyak. Biasanya perubahan hormon bakal terjadi setelah dewasa, jadi tergantung masing masing orang, bisa jadi dulu kulitnya mulus pas remaja, ternyata jadi jerawatan setelah usianya 20-an ke atas. Jadi saya sih lebih nyaranin kalau memang butuh, dan untuk yang berusia 20 ke atas.

        28 . Des . 2017
    51. Nadia

      Hi, sorry kalo keluar topik.. aku masih pemula dan mau coba layering..
      Sebelumnya treatment PM aku cuma cleansing, toner Thayers dan Etude House white C double effect sleeping pack.
      Sekarang ada Lee Ji Ham vita propolis, Pixi glow overnight serum, dan Natural Pacific phyto niacin essence.
      Setelah aku coba single use masing2 seminggu (jadi keseluruhan 3 minggu), hasilnya positif semua sih, jadi akhirnya memutuskan buat coba layering.
      Jadi dari produk2 ini:
      1. Thayer’s rose petals (as toner)
      2. Lee Ji Ham vita propolis
      3. Pixi glow overnight serum
      4. Natural Pacific phyto niacin essence
      5. Etude House toning white c double effect sleeping pack
      Adakah kandungan yang ga boleh ketemu untuk layering? Terus urutan pakainya gmn ya? (aku masih bingung urutan nomor 2,3,4).
      Btw makasih banyak, tulisannya membantu banget :’)))

      31 . Des . 2017
      • Azzahra R Kamila

        Halo Mbak Nadia,

        Setahuku sih nggak ya, paling niacin essence itu memang mengandung niacinamide 5%, bagus buat brightening. Niacinamide itu active ingredients. Paling gini, kalau misal mau nyoba vit C, jangan dibarengin layeringnya sama niacinamide, karena bentrok dan bisa bikin kulit perih. Kalau urutan, sebetulnya dimulai dari yang pH rendah -> tinggi, itu yang paling penting. Ada juga yang bilang dari tipe skincare thin -> thick, tapi kalau nggak urut yang ini nggak apa-apa. Aku belum nyoba tes pH, tapi seingetku niacinamide itu pH-nya 6. Kalau mau pakai urutan thin -> thick juga bisa, karena niacinamide itu bukan pH dependent, atau ketergantungan dengan pH agar bisa bekerja dengan stabil.

        01 . Jan . 2018
    52. Dwi Rahmi

      Hallo kak,salam kenal nama aku Dwi Rahmi.mau nanya ni kak tentang skin care yg cocok untuk kulit muka kombinasi kering-berminyak ?
      Soalnya aku lagi bingung banget kak,karna udh 4 tahun ini aku pakek cream dokter dan mau coba lepas dari cream dokter, sekarang muka aku lagi banyak jerawat gede,bekas hitam jerawat nya jg banyak, trus iritasi 🙁
      Apa ya kak yang harus dilakuin buat ngurangin jerawatnya ?
      Terimakasih sebelumnya

      11 . Jan . 2018
      • Azzahra R Kamila

        Gini ya, saya bukan expert sebelumnya, jadi nggak bisa ngasih rekomendasi yang tepat. Biasanya orang itu ke dokter antara dia punya kulit sensitif, atau pengen perawatan yang cepat. Nah, setau saya karena orang Indonesia itu sukanya yang instan, maka krim dokter itu memang sengaja dibuat formulanya agar khasiatnya cepat muncul (saya belum pernah ke dokter jadi nggak tahu pasti, tapi denger denger ya begini). Nah, kalau mau tahu, skincare bukan satu-satunya solusi untuk memecahkan permasalahan. Apalagi kalau penyebabnya masalah hormon, yang ada itu paling dikendalikan. Saya nggak tahu masalahmu gimana karena nggak dijelasin lebih jauh.

        Kalau mau tahu, kamu bisa baca postingan saya di sini, ya soal jerawat, mungkin membantu: /Cara Menghilangkan Jerawat Cepat

        12 . Jan . 2018
    53. Dwi Rahmi

      iya kak,kulit aku dari dulu sebelum perawatan dokter udah sensitif jg mudah jerawatan,kalau pas lagi halangan lebih banyak jerawatnya bisa 2-5 jerawat yg muncul di sekitaran dahi,hidung dan dagu.aku udah coba seminggu ini pelan2 lepas cream dokter dan mencoba mengistirahatkan kulit muka aku dari cream dokter,sabun cuci muka sampe bedak gak aku pakek
      Kalau setelah itu,aku coba pakai produk yg ada BHA/AHA,apa baik untuk kulit sensitif aku ?
      terimakasih untuk jawaban pertanyaan aku kemarin kak 🙂

      12 . Jan . 2018
      • Azzahra R Kamila

        Saya saranin sebaiknya ganti sabun cuci muka juga, ya, cari yang pH friendly. Kalau mau sih dicoba beli yang versi sample dulu, di Tokopedia sama Shopee banyak yang jual. Sebetulnya yang paling bagus itu salicylic acid (BHA) dan lactic acid (AHA), tapi nggak semua orang cocok pakai dua jenis bahan ini. Jadi emang harus nyoba. Oya, sebelum langsung ke kulit muka, patch test dulu di daun telinga ya, coba sekitar 24 jam, kalau nggak ada reaksi berarti aman dipakai. Coba dulu pake 1-2x seminggu untuk membiasakan diri.

        13 . Jan . 2018
    54. Dwi Rahmi

      Iya kak, nanti aku coba cari produk yang pas untuk kulit aku
      Terimakasi banyak atas saran dah informasinya kak,sangat membantu aku yg lagi bingung cara perawatan kulit

      13 . Jan . 2018
    55. Eti77

      Hi kak! Tulisanmu bener2 keren dan lengkap.

      Aku mau tanya ya kak. Wajaku oily+acne prone. Wajahku sekrg jrwatan yg merah2 batu dipipi sama jidat, di kanan kiri dagu ada sedikit bruntusan. Aku sekarang lagi pake fw cosrx low ph good morning, fw teatree tbs, cosrx aha bha toner, cosrx snail essence, cosrx snail all in one cream, cosrx sunblock aloevera, aku juga kadang pake cosrx yg toner one step pimple itu. (serba cosrx hahaha).
      Pake fw pagi cosrx malem tbs, ini gimana?
      Fw cosrx ph rendah tapi setelah aku pake kulit mukaku agak ketarik gitu, padahal aku oily…
      Aku udah pake hampir sebulan, 2 minggu pake wajah mulus, bruntusan ilang, kulit berasa sehat, cerah, pori ngecil walau masih ada jwrt gede yg bandel. Tapi juga,,,,, ditempat bekas jerawat itu jerawat tumbuh lagi, tumbuhya jerawat batu gitu. Sampe hari ini masih ada, ini purging atau gimana ya? Aku jga mikirr apa ini jerawat period aku(ini minggu haid aku soalnya). Nah yg aku mau tanya, purging maks berapa lama ya kak? Kalo purging bisa jerawat batu ga? Setelah baca ini aku jd mikir apa step aku waktu make skincarenha yg kurang tepat(jeda waktu/urutan). Mohon jelaskan juga ya kak urutannya yg baik gimana. Makasih banyakk kak :))

      13 . Jan . 2018
      • Azzahra R Kamila

        Setahuku sih COSRX yang cleanser buat yang kulitnya dry. Aku sih nggak ketarik tapi jadi kering, makanya pemakaiannya aku stop. Kalau mau beda facial wash nggak masalah sih, asal pH kulitbisa diseimbangkan. Terakhir yang aku tahu, yang Tea Tree itu pH 6 🙂

        Malah lebih bagus jerawatnya tumbuh di tempat yang lama, berarti udah cocok sama produknya. Tapi kalau jerawat batu itu faktornya macem macem. Aku pun dulu pernah, itu gara-gara stres setengah mati, padahal dulu nggak pernah sama sekali tumbuh jerawat batu. Bisa juga karena faktor lingkungan, pola makan kurang sehat, dsb. Kalau ada perubahan lain (selain skincare) sebelum jerawat batu muncul, atau bisa jadi overexfoliate, siapa tahu itu pemicunya juga.

        Purging setahuku maksimal 8 minggu, dan bentuknya bukan jerawat batu. Kemungkinan ini bukan purging. Jerawat batu biasanya gara-gara perubahan hormon, kalau udah kayak gini ngobatinnya dari dalam, bukan skincare lagi. Waktu itu aku beli Blackmores yang Evening Primrose Oil dan rutin diminum setiap hari. Beberapa jerawat batu akhirnya kempes dalam waktu 1-2 bulan

        13 . Jan . 2018
    56. dwi rahmi

      Hai kak,maaf aku mau nanya lagi nih
      Kalau aku jadiin cetaphil gentle skin cleanser untuk pengganti sabun muka aku yg dari dokter boleh gak tu kak,di keterangan yang aku baca ph nya seimbang dan cocok untuk kulit sensitif
      Gimana tu ya kak ?
      Terimakasih sebelumnya kak

      14 . Jan . 2018
      • Azzahra R Kamila

        Bisa kok, itu pH-nya 5,5

        15 . Jan . 2018
    57. dwi rahmi

      Oke kak,terimakasih infonya

      16 . Jan . 2018
    58. Yuli Sartika

      Hallo kak, tulisan ini sangat bermanfaat dan buat aku mikir lagi dengan product yg sedang aku pakai. Jadi gini tipe kulit aku ini berminyak dan berjerawat. Aku udah ke dokter kulit bbrp kali dan ga ada perubahan. Akhirnya aku nyoba2 produk korea akhir2 ini. Dan aku baru beli Natural Pacific Fresh Herb Origin. Itu gimana urutan pemakaiannya ketika aku memakai produk facial wash dr dokter aku sebelumnya, trus Benton BHA Aloe Toner, Krim Kulit Manggis dr Herbeauty dan pelembab dari Nature Republic Aloevera Gel. Mohon dibales. Thank you kak.

      21 . Jan . 2018
      • Azzahra R Kamila

        Hi, jadi gini ya, kalau untuk kulit berminyak itu sebetulnya kulit kamu itu terlalu acid, alias low pH. Untuk bisa membuat kulit stabil, maka pH wajah itu harus seimbang. Seharusnya kalau dari produk dokter itu dikasih tahu level pH ya, apalagi kalau face wash dikasih dia juga. Aku saranin kamu pakai face wash yang memang benar-benar pH balance, coba cari yang pH-nya kira-kira 6-7. Percuma aja ya kalau beli skincare tapi pH kulit kamu nggak seimbang 🙂

        Setelah face wash baru BHA -> tunggu 30 menit -> Natural Pasific-> krim kulit manggis -> aloe vera.

        21 . Jan . 2018
    59. Dyll

      Halo kak, tulisannya sgt membantu terutama bgi sya beginner pake skincare. Ohya saya mau nanya, wktu nge-toning sy pake cosrx aha/bha toner buat exploitationnya dan buat hydrating itu sya pake hada labo yg didlmnya ada vit. C dan hylarunic acid . Ngomong2 boleh ga vit.c dan aha/bha dipake scra bersamaan? Jenis kulit sy bisa dianggap jenis kulit normal/kombinasi. Dan pertanyaan selanjutnya , ph huat second cleanser wardah gentle wash itu berapa ya kak? Mohon dijawab, terimakasih

      23 . Jan . 2018
      • Azzahra R Kamila

        OSRX AHA/BHA itu sebetulnya pH adjusting toner, jadi karena ada kandungan AHA dan BHA bersamaan sebetulnya tidak akan bekerja seefektif BHA dan AHA yang terpisah. Fungsinya itu menyeimbangkan pH kulit. Boleh boleh aja dikombinasikan, jadi misalkan COSRX AHA/BHA -> vit C. Saya belum nyoba sih yang Wardah Gentle Wash jadi kurang tahu juga. Kalau ingin tahu bisa coba sendiri beli kertas lakmus ya, ada kok dijual online dan harganya murah.

        23 . Jan . 2018
    60. Nia

      Hi Kak, seneng banget nemu artikel ini, udah baca pertanyaan ” sebelumnya juga sih. Tapi tetep pengen tahu nih, urutan skincare routinku sdh bener atau gak. Fyi kulit aku oily & bruntusan

      Skin care rutin pagi :
      1.facial wash (saat ini sih pake yg ada kandungan kojik acid ) apakah perlu diganti?
      2.natural pasific real calendula energy toner
      3.benton snail essense
      4.skin aqua moisturiser gel spf 30

      Skin care rutin malem :
      1.facial wash (kojik acid)
      2.Cosrx AHA-BHA clarifying toner
      3. Natural pasific real calendula energy toner
      4. Natural pacific fresh herb serum
      5. Nature Republic aloe shooting gel buat sleeping mask
      Menurut kakak, apakah urutannya sdh bener, klo belum tolong advice nya ya kak. Oh iya AHA-BHA clarifying toner saat ini aku pake seminggu 3kali aja. Klo lagi tidak pakai tonef AHA-BHA setelah facial wash langsung step ke 3. Terima kasih kak,

      25 . Feb . 2018
      • Azzahra R Kamila

        Hi Nia. Untuk occlusives sebetulnya urutannya itu enggak perlu diikuti banget ya, kalau mau acak juga gak masalah. Yang masuk occlusives itu yang 2-4 di skincare pagi, 3-5 skincare malam.

        COSRX AHA-BHA itu persentasenya enggak sampai 2-4%. BHA sama AHA baru efektif kalau persentasenya kisaran itu, jadi kalau dipakai tiap hari juga enggak masalah kok

        25 . Feb . 2018
    61. Ironcil

      Hai kak!
      Aku mau tanya, centella water alcohol free toner nya cosrx itu untuk ngembaliin pH kulit bukan? Bener ga kalo misal aku pakai setelah cosrx aha 7?
      Btw kulitku kering dan berjerawat,
      Oiya kalao cosrx galactomyces toner itu termasuk ke treatment toner kaya’ aha bha atau bukan kak?

      28 . Feb . 2018
      • Azzahra R Kamila

        1) Aku belum ngetes ya, jadi kurang tahu apakah ini pH adjusting toner. Lihat aja klaimnya, kalau misal dia bilang hydrating berarti bisa dipakai setelah AHA 7 itu
        2) Galactomyces itu katanya sih buat whitening ya, fungsinya lebih ke occlusives. Itu buat exfo toner kayak AHA BHA, bisa dipake setelahnya

        28 . Feb . 2018
    62. febby

      halo ka,
      aku mau tanya ttg kadar aha, bha dan pha di hadalabo tamagohadaku mild peeling dong, tau ga ka?
      aku baru berencana beli exfoliating toner, saat ini kandidatnya ada 3, antara hadalabo, pixi, sama benton bha.
      btw, masalah di muka aku cuma komedo sama ada sedikit flek gitu sih ka.
      menurut kaka gimana?

      trus kl misalnya stlh pake exfoliating toner ini aku lanjut pake face/starting treatment essence gtu, kemudian pake serum, itu ga masalah kan? soalnya aku pengen skip moisturizer nih, takut muka terlalu lembab.

      ditunggu balesannya ya.
      thanks a lot ^^

      28 . Mar . 2018
      • Azzahra R Kamila

        Hi, kalo untuk kadarnya berapa persen kurang tahu ya, itu harus diuji di lab dulu. Tapi setahuku untuk bisa bekerja dengan baik, AHA dan BHA harus ada di persentase dan pH tertentu. Menurutku Hadalabo Tamagohada persentasenya kecil, makanya dibilang mild. Boleh pakai tiap hari.

        Aku pikir kalau enggak terlalu butuh pakai, ya, masih normal permasalahannya. Buat kulit normal enggak terlalu butuh. Kamu bisa pakai produk mengandung niacinamide atau alpha arbutin buat mengurangi flek, dan pakai physical scrub semacam peeling gel seminggu sekali khusus area berkomedo.

        Kalau mau beli, cukup satu jenis exfo toner aja ya, kalau mau ngilangin komedo sama flek pakai AHA aja. Cari yang Lactic Acid dulu, itu versi mild dari jenis jenis AHA. Contohnya kayak COSRX, itu mild. Tapi kalo sebelumnya udah pernah nyoba Glycolic Acid dan cocok, bisa ya pakai exfo toner yang ada bahan itu.

        Tunggu maksimal 30 menit sebelum pakai tahapan tahapan skincare lain kalau pakai produk exfoliator. Setelah itu boleh pakai tahapan skincare buat melembapkan kulit. Enggak ada istilah muka terlalu lembap, karena gini, masing-masing produk punya kadar yang berbeda beda untuk bikin wajah lembap. Misal cuma pake toner aja, bakal beda dengan yang pakai toner + moisturizer, jauh lebih lembap dan sebetulnya itu bagus buat kulit. Kalau enggak mau semua jenis skincare untuk semua dipakai enggak apa-apa, sesuai kebutuhan aja.

        29 . Mar . 2018
    63. Shelly

      Hi, thanks banget blog ini nambah pengetahuan aku. Btw aku penasaran kalau utk pemakaian vit c serum sebelum toner aha/bha. Apakah toner aha/bha tetap dipakai menggunakan kapas? Atau pake tangan trs ditap aja. Krn biasanya aku masukin vit c setelah essence . Thankyouu

      29 . Mar . 2018
      • Azzahra R Kamila

        Toner AHA/BHA itu berarti ada AHA dan BHA ya? Itu bukan exfo toner, lebih ke pH adjusting toner. Buat menetralisir kadar pH wajah. Aku sih enggak pake kapas ya, soalnya aku mikirnya itu malah terserap ke kapas, mending pake tangan aja. Urutannya AHA/BHA -> vit C (maks 30 menit) -> baru tahapan skincare yang bikin kulit lembap

        29 . Mar . 2018
    64. febby

      thanks a lot atas fast response-nya ka.
      Kulit aku normal sebenernya, tp kadang cenderung kering, dan kl pake produk tertentu (yang aku blm tau krna kandungan apanya) jadi agak berminyak, cuma ya lebih sering cenderung kering.
      Aku blm pernah pake bahan berbau acid sebelumnya. Masker wajah juga yang biasa aja yang bisa dibeli dipasaran gitu, cuma ya komedonya tetep bandel. Makanya mau coba pake exfoliating toner. (aku blm pernah melakukan peeling juga btw)
      Kl urutan skincare ini, menurut kaka gimana?
      face wash : senka perfect whipe
      exfoliating toner : hadalabo/cosrx (yang mild aja pkoknya)
      hydrating toner + essence : avoskin perfect hydrating essence
      serum : innisfree green tea seed serum
      moisturizer : klairs freshly juiced vit E

      aku sebenernya mau menambahkan klairs freshly juiced vit C sebelum moisturizer, cuma kl pake exfoliating toner itu ga boleh ketemu sama vit c ya?

      29 . Mar . 2018
      • Azzahra R Kamila

        Boleh, justru urutannya itu begini -> FW -> Vit C aku pikir enggak butuh sih, kalau cuma komedo pakai AHA juga bisa. Vit C dari Klairs dipakai sebelum BHA dan AHA -> Hadalabo/COSRX ini yang AHA dan BHA sekaligus? Ini bukan exfo ya tapi pH adjusting toner. Kalau AHA aja atau BHA aja itu baru bisa disebut exfo toner. Kalau mau cari AHA yang mild, jangan COSRX karena jenis AHA-nya glycolic acid. Cari yang ada kandungan lactic acid, itu AHA yang mild. Karena kulitmu kering, lebih cocok pakai AHA -> lalu skincare yang fungsinya melembapkan kulit. Urutannya enggak terlalu ngaruh kalau sifatnya melembapkan, cream digabung sama toner dan serum juga bisa.

        30 . Mar . 2018
    65. febby

      Ah, oke.
      Kl pake facial wash senka yang katanya pH nya 7, masih perlu pH adjusting toner?
      Exfoliating toner AHA juga bisa ngilangin masalah komedo ya berarti ka? apakah pixi termasuk mild?

      30 . Mar . 2018
      • Azzahra R Kamila

        Aku udah tes, kalo di tempatku itu pH-nya 8. Tergantung dengan kondisi air masing masing rumah. Tapi rata-rata pH Senka itu 8, kalau aku lihat review. Jadi perlu pH adjusting toner.

        AHA bisa menghilangkan whitehead, tapi kalau butuh blackhead pakai BHA. Pixi enggak mild soalnya glycolic acid. Kalau kulitnya sensitif jangan pake ini, tapi kalau normal bisa kok

        31 . Mar . 2018
    66. jie

      Hai Mia! tulisannya sangat membantu sekali.
      Aku sekarang sdg pake mizon aha bha clean toner, tapi ga pake hydrating toner. Langsung pakai serum dari innisfree setelahnya. Apakah ttp harus menggunakan hydrating toner? by the way, mizon termasuk balancing pH toner juga kan?

      01 . Apr . 2018
      • Azzahra R Kamila

        Maaf ya telat bales! Iya, harus tetep pake. Karena itu sifatnya lebih ke pH adjusting/ balancing pH toner. Tapi tergantung ingredients, kalau misal glycerin ada di urutan teratas, sebetulnya kelembapan yang kamu perlukan sudah terpenuhi. Glycerin itu sifatnya melembapkan kulit

        05 . Mei . 2018
    67. DYS

      HAI Ka… makasih banget buat infonya, berguna banget buat aku yang baru banget blajar tentang skin care.
      ka aku kan pakai sabu cuci muka hadalabo yang mengandung AHA+BHA, nah apakah setelah itu masih di perlukan toner untuk exfoliating sama hydrating nya?
      terus ada saran gak buat toner merk dalam negri yang bagus apa ya?
      makasih kaka… 🙂

      21 . Apr . 2018
      • Azzahra R Kamila

        AHA kalau digabung BHA sifat exfonya nggak akan semaksimal AHA dan BHA yang terpisah. Tergantung kebutuhan kulitmu apa ya, kalau perlu exfo bisa beli, kalau nggak, ya nggak perlu. Aku nggak pernah ngerekomendasiin merek, bahkan ketika tahu jenis kulit dan permasalahannya, aku cuma bisa saran ingredients, bukan mereknya

        05 . Mei . 2018
    68. ratna

      kak mau tanyaa,, kulitku itu kulit berminyakk sama ada jerawat beberapa+bekas jerawat wkwk
      jd aku lg pake produk inii:
      facial wash : cosrx salicylic acid daily gentle cleanser
      toner : cosrx aha/bha clarifying treatment toner
      essence : cosrx advanced snail 96 mucin power essence
      itu aku juga pake urutannya gitu kak di malem harii
      nah skr aku lg mau beli juga : tiam vitamin c20 serum itu kak soalnya katanya bagus
      jd meskipun aku pake toner yg ada aha/bha tetep boleh pake vitamin c 20% itu kah kak?
      trus urutan pakenya nanti gimana?
      trus apa ada produk yg aku kurang pake lg? wkwkwk
      thankyou kakk,,maaf banyak tanya wwkwkkw

      23 . Apr . 2018
      • Azzahra R Kamila

        Tonermu itu gak sepenuhya exfo ya yang AHA/BHA, karena keduanya digabung sekaligus. Kalau mau ngefek, AHA dan BHA harus terpisah. Kalau mau pakai TIAM, pakai vitamin C dulu sebelum toner -> essence yang kamu beli. Tunggu maks 30 menit sebelum pakai skincare yang bersifat hydrator

        05 . Mei . 2018
    69. nadya

      kak, normal kombinasi lagi tertarik sama aha bha & vit. c, tapi ini aku udah hampir seminggu riset tentang komposisi bahan bahan skincare. nah masalahnya dari artikel2 yang aku baca rata-rata bilang kalau vit. c gak boleh digabung dengan AHA/BHA karena bakal over exfo. bener gak sih? kak, pengen tau dong kontradiksi AHA/BHA apa aja, aku riset sendiri malah pusing sendiri hehehe

      09 . Mei . 2018
      • Azzahra R Kamila

        Sebetulnya sih kontradiksinya lebih ke arah sensitivitas kulit, jangan langsung dipake begitu aja. Bisa jadi over exfo, bisa jadi nggak, tergantung intensitas. Kalo vitamin C, AHA, BHA bisa dipake tiap hari kalau misal memang kulitnya kuat, tapi aku pribadi pake vitamin C tiap hari, sementara AHA dan BHA diselang seling, sekitar 3x seminggu. Bagusnya dikasih jeda supaya bisa meresap lebih baik ke kulit, jadi kalo digabung antara vitamin C dan dan AHA dan juga BHA sebetulnya gak masalah.

        Sekarang emang hype banget ya, tapi aku gak begitu nyaranin kalau misalkan gak butuh butuh amat. Aku masih pake karena butuh hehe

        09 . Mei . 2018
    70. Firdha Farrani

      hai kak, makasih infonya aku jadi ngerti tentang AHA-BHA tapi sejujurnya aku masih bingung. aku baru banget mau coba AHA (glycolid acid TO) sama BHA (benton toner). kulit ku ini oily-acneprone yang dimana pasti aku butuhnya BHA ketimbang AHA(?) kalo misalkan nantinya BHA/AHA itu aku pakai berbarengan dengan niacinamide dan alpha arbutin boleh atau tidak? soalnya ada beberapa sumber yang bilang kalau alpha arbutin tidak bisa digabung dengan AHA-BHA. menurut kakak gimana? makasih 🙂

      27 . Jun . 2018
      • Azzahra R Kamila

        Buat oily aku cenderung nyaranin BHA. Katanya sih yang Benton bagus buat pemula, kalau masih ragu mending beli sample dulu. Boleh aja kok dibarengin, tapi nggak semua orang bisa pakai vit C sama niacinamide sekaligus. Jadi paling kasih jeda aja sekitar 10-20 menit, misal: vit C > niacinamide > alpha arbutin > hydrator, ex: toner, essence, moisturizer

        05 . Jul . 2018
    71. Iqlima Wilda

      Hai kak Zahra atau kak Mia, sebenarnya aku udah chat kakak di Line, tapi kayanya kakak lebih suka respon kalau disini. Artikelnya bagus banget, udah aku bookmark juga, dan share ke temenku, btw tipe mukaku kombinasi, mau tanya nih :
      1) Beberapa waktu lalu aku teracuni dengan artikel kakak tentang face oil, dan jadilah aku beli dan meracik face oil, lavender eo + rosehip co, peppermint eo + ricebran eo, takarannya 10 tetes eo dillute 30 mL co, apakah takaran itu konsentrasinya sudah benar?
      2) apakah face oil racikanku boleh dilayer dengan serum vitamin c seperti, probio C (kadar vitamin C 10%)?
      3) Aku punya Hada labo mild peeling lotion (ada aha/bha nya), hada labo shirojyun whitening lotion (ada vitamin c, hyaluronic acid) dan berencana make setiap hari, jika dilayer dengan rangkaian skin care ku di nomor 2 apa juga boleh?
      4) Kalau rangkaian skin care ku diatas boleh, bagaimana urutan yg benar? (selama ini aku facial wash > adjusting toner > hada labo mild peeling lotion > hada labo shirojyun > Probio c > face oil)
      5) aku beli chemical peeling tbs youth liquid peel, dan aku gunakan secara rutin 2x seminggu (tapi setelah peeling ini biasanya aku cuma pake ph adjusting toner + face oil) sdgkan hari lain waktu ga peeling aku tetep pake rangkaian skin care ku di nomor 3, apakah bisa menimbulkan over exfoliating?
      5) paginya aku pake ph adjusting toner, sunscreen innisfree (skip moisturizer karena sunscreen ini udah mengandung moisturizer), tapii waktu cuaca dingin kaya dalam ruangan ac area pipi jadi kering bersisik, dan saat dibawah panas matahari temenku bilang pipiku langsung jadi merah, apakah itu tanda over exfoliating?

      Mohon jawaban Kak Mia ya, aku pengen belajar. Terimakasih banyakk

      29 . Jun . 2018
      • Azzahra R Kamila

        1) Kalau soal takaran sebetulnya tergantung kebutuhan masing masing, saya udah lama enggak pakai face oil, haha. Paling tea tree aja sesekali buat jerawat. Yang penting EO itu jangan sampai melebihi yang CO-nya
        2) Sebetulnya gak papa, tapi kalo oil based kayak gini dipakai di paling akhir tahap skincare ya, soalnya khawatir vit C enggak meresap nantinya
        3) Boleh. Kalau pakai produk oil based, usahakan yang water based didahulukan supaya meresap, baru habis itu oil based
        4) Sebetulnya kalau buat hydrating urutannya enggak usah terlalu baku sih, paling macam acid atau exfoliator harus ngikutin sesuai urutan pH. Untuk Probio mending dipakai setelah face wash, tunggu 20 menit baru pakai yang hydrating skincare water based -> skincare oil based
        5) Over exfo itu yang tahu kita sendiri, saya enggak bisa mastiin. Yang pasti ketika sedang melakukan eksfoliasi, jangan lupa lembapkan lagi kulitnya, pakai produk hydrator atau moisturizer
        6) Tergantung, kalau misal selama ini di ruang AC aja yang bersisik berarti ada perubahan sama kulit kamu. Antara dry atau dehydrated. Over exfo itu langsung kelihatan tanpa perlu melihat suhu di suatu tempat, misal kulit tiba tiba merah dan kering banget. Saya enggak bisa mastiin sendiri apa yang terjadi ketika seseorang over eksfoliasi, karena reaksinya beda-beda. Paling kamu perlu stop produk yang kamu anggap mungkin bisa menimbulkan over eksfo. Saya sendiri menganggap sebaiknya kamu enggak terlalu sering pakai EO di wajah kecuali di titik-titik tertentu, soalnya tetep bisa bikin kulit iritasi

        05 . Jul . 2018
    72. Amanda

      Hai, kulit aku lg jerawatan bgt dan banyak bekas jerawatnya juga. Dan tipe kulit aku kombinasi. Trs aku coba pake facial foam dari Neogen yg Blueberry trs pake Niacinamide dari The Ordinary, trs lanjut ke COSRX BHA A-Sol, sm sunscreen jg dari COSRX. Menurut km step yg aku pake udh bener blm ya? Atau ada yg harus aku ganti atau gak aku pake? Makasih sebelumnya.

      10 . Jul . 2018
      • Azzahra R Kamila

        Selama itu cocok gak papa, stepnya udah bener

        12 . Agu . 2018
    73. Fauziah

      Terimakasih untuk artikel kerennya yg ngebahas ttg aha-bha. Sy tertarik dgn produk di tabel yaiti Cosrx white ampule yg klo ga salah dibuat dr apel. Itu sebenarnya kan teksturnya agak kental dan bening dan katanya untuk mengurangi spot hitam pd area tertentu. Klo dipakai tiap hari, setelah toner (misal pake beauty water dr Son&Park), terus pake cosrx white ampule ini, terus pake benton Snail Bee essence+benton steam cream. Itu bener ga ya urutannya?

      Dan kedua, apakah ada artikel terkait produk cosrx yg bola2 ulat sutra itu ga? Sy lupa nama produknya apa yg pasti dipakai d ujung jari, direndam air panas/hangat. Apakah efektif untuk kulit di pinggir bibir/hidung yg kering atau terkelupas?
      Terimakasih

      19 . Jul . 2018
      • Azzahra R Kamila

        Waduh maaf, kalo yang COSRX buat blackhead (yang bulet bulet sutra) aku gak ada. Jadi kurang tahu seefektif apa.

        Yup, urutannya bisa kayak gitu, tapi sebetulnya selama masuk ke kawasan hydrator dan occlusives yang bukan oil based, dipake gak berurutan juga gak papa, masih bisa berkhasiat

        12 . Agu . 2018

    Leave A Comment

    Your email address will not be published. Required fields are marked *