Follow:
Beauty, Skin Care, Sponsored

[REVIEW] So Beauty Care Exfoliant Night Cream 8% AHA

Dua minggu lalu, saya mendapat produk terbaru dari So Beauty Care Skin Indonesia, alias disingkat SBC Skin untuk dicoba. Yang pertama adalah So Beauty Care Exfoliant Night Cream 8% AHA.

Lalu yang kedua adalah So Beauty Care Skin Exfoliant 2% BHA Toner. Nah, saya mau kasih insight saya soal produk AHA cream-nya dulu, simak review di bawah ini, ya!

[REVIEW] So Beauty Care Exfoliant Night Cream 8% AHA

So Beauty Care Exfoliant Night Cream

Kalau suka ngikutin IG story atau feed saya, pasti tahu ya kalau saya lebih suka pakai chemical exfoliator ketimbang physical exfoliator. Lebih enak aja sih soalnya enggak perlu ribet cuci muka, wkwk. Saya sudah pernah review beberapa chemical exfoliator seperti AHA, BHA, dan PHA bisa kamu cari sendiri di “Search” blog atau scrolling IG feed.

Nah, kebanyakan exfoliator yang saya miliki itu adalah AHA dalam bentuk toner dan serum.  Dulu, saya pernah beli PHA dalam bentuk cream dan saya lumayan suka. Tapi karena sulit dicari, jadi saya enggak beli ulang. Ini pertama kalinya saya nyoba AHA dalam bentuk emulsi, yaitu AHA cream.

SBC Skin meluncurkan produk SBC Skin Exfoliant Night Cream 8% AHA dalam bentuk jar kaca.  Buat yang belum SBC Skin, ini merupakan brand lokal yang mengusung konsep halal dalam produksinya. Sudah ada nomor registrasi BPOM juga! Minimalis, travel friendly, sayangnya kurang higienis. Saya enggak keberatan kalau SBC Skin menjual spatula terpisah, atau harganya agak mahal sedikit karena diberi spatula untuk colek produk.

Ingredients

So Beauty Care Exfoliant Night Cream

Aqua, Cyclopentasiloxane, Dimethicone/Vinyl Dimethicone Crosspolymer, Cetyl Alcohol, Glyceryl Stearate, PEG-75 Stearate, Ceteth-20, Steareth-20, Stearic Acid, Glycolic Acid, Lactic Acid, Arbutin, Vitis Vinifera Seed Extract, Lecithin, Linoleic Acid, Tocopheryl Acetate, Sodium Ascorbyl Phosphate, Glutathione, PEG-40 Hydrogenated Castor Oil, Tocopherol, Glycerin, Alcohol, Glyceryl Stearate SE, Cetearyl Alcohol, Propylene Glycol, Phenoxyethanol, Ethylhexylglycerin, Caprylic/Capric Triglyceride, Dipotassium Glycyrrhizate, Bisabolol, BHT, Disodium  EDTA, Xanthan Gum

What You Should Know About The Ingredients

  1. Mereka tidak hanya mencantumkan komposisi di kardus, tapi juga di kemasan, website, dan media sosial seperti Instagram. Pemaparan transparan dan ada di mana mana, perlu diapresiasi.
  2. Kalau dibilang apakah ini bumil dan busui friendly, itu benar. Karena AHA sejauh ini tidak dilarang untuk digunakan oleh bumil dan busui.
  3. Jenis AHA yang terdapat di sini adalah kombinasi antara glycolic acid dan lactic acid. Keduanya umum terdapat pada skincare yang mengandung AHA. Penggunaan glycolic acid jangka pendek bisa memicu sensitivitas kulit manusia terhadap Solar Simulated Radiation (SSR), dengan kata lain radiasi sinar UV. Karena itu, jika kamu memakai produk AHA baik di pagi dan malam hari, wajib memakai sunscreen, bahkan saat kamu berada di dalam ruangan yang dekat dengan jendela.
  4. Diketahui bahwa glycolic acid menyebabkan deskuamasi dan bisa menekan pembentukan melanin.  Sementara lactic acid dikenal sebagai jenis AHA paling gentle. Studi paling banyak dipelajari adalah glycolic acid, dan tidak begitu banyak studi mengenai jenis AHA yang lain. Tapi kurang lebih cara kerja AHA yang lain memiliki kemiripan dengan glycolic acid.
  5. Teksturnya yang cukup padat dipengaruhi keberadaan dimethicone dan cyclopentasiloxane sebagai silicone, dan xanthan gum. Silicone ini enggak bahaya kok, malah friendly terhadap kulit sensitif. Justru cyclopentasiloxane yang bikin produk ini memiliki tekstur yang enak dibaurkan ke kulit meski cukup thick.
  6. Produk ini dikombinasikan dengan antioksidan macam vit C (sodium ascorbyl phosphate) dan tocopheryl acetate (vit E).

How To Use

Oleskan secara tipis dan merata pada wajah setelah dibersihkan, tunggu hingga meresap lalu oleskan moisturizer sesuaikan dengan kebutuhan. Night cream ini dipakai 2-3x saja dalam 1 pekan atau sesuaikan dengan kebutuhan.

Baca Juga:  [REVIEW] The Ordinary Lactic Acid 5% + HA 2% (Bahasa Indonesia)

What You Should Know About The Product

So Beauty Care Exfoliant Night Cream

Perlu kamu ketahui bahwa pKa merupakan konsep yang penting jika produk yang mengandung glycolic acid dan lactic acid. Kalau mau agak puyeng kamu bisa baca di sini, ya: AHA, BHA, PHA, Apa Persamaan dan Perbedaannya? . Tapi yang saya mau bahas kali ini bukan pKa dari So Beauty Care Skin Exfoliant Night Cream 8% AHA.

Seperti yang sudah saya sebut sebelumnya, tekstur produk ini cukup tebal.

So Beauty Care Exfoliant Night Cream

Yang menarik, setelah saya pakai ke seluruh wajah (tidak termasuk area mata), sebetulnya finishing-nya itu matte.

So Beauty Care Exfoliant Night Cream

Kemungkinan ini terjadi karena teksturnya cukup pekat. Ini juga yang bikin saya enggak akan menjadikan ini sebagai basic moisturizer. Ya iyalah, AHA yang terkandung di sini itu actives. Buat yang enggak tahu apa itu actives, sesungguhnya actives adalah istilah bagi bahan dominan dalam suatu produk yang memiliki tujuan tertentu untuk memperbaiki atau merawat kulit. Jadi ini bukan basic moisturizer, ya.

Kalian butuh moisturizer tambahan saat memakai So Beauty Care Skin Exfoliant Night Cream 8% AHA. Di cara pemakaian yang dianjurkan oleh admin @sbcskin.official, kalian bisa pakai moisturizer setelah cream AHA. Tapi saya pernah coba metode ini dan malah jadi terasa gatal. Kemudian saya switch.  Setelah toner dsb, saya langsung lanjut dengan cream AHA, baru setelah itu moisturizer. Hasilnya sih enggak terasa gatal. Boleh emangnya?  Boleh boleh aja kok, enggak ada aturan saklek tentang bagaimana cara memakai skincare, tapi kamu perlu memahami ilmunya supaya enggak sembarangan. 

Baca Juga:  Perhatikan Ini Saat Mencari Produk Perawatan Anti Aging atau Penuaan Dini!

Oya, dianjurkan untuk memberi jeda waktu kira kira 5-10 menit jika kamu ingin menggunakan moisturizer setelah cream AHA. Tapi karena saya switch metode pakainya, saya mah langsung bobo aja, hehe.

Mungkin ada yang bertanya tanya juga, boleh enggak sih dipakai di pagi hari? Sebetulnya enggak masalah selama kamu pakai sunscreen. Tapi misalkan kamu pakai actives lain semacam vitamin C, lalu kulitnya enggak bisa memakai vitamin C dan AHA bersamaan, kamu bisa menggunakan AHA di malam hari, lalu vitamin C di pagi hari. Jadi sebetulnya vitamin C dan AHA bisa digunakan bersamaan dalam satu rutinitas selama diberi jeda waktu, misal jarak waktunya antara 5-10 menit.  Tujuannya lebih untuk membiarkan produk bekerja maksimal supaya bisa ditumpuk dengan actives lainnya.

Before-After Pemakaian So Beauty Care Exfoliant Night Cream  8% AHA

Kalau mau tanya hasilnya sih… saya lupa foto before-after. Hasilnya tapi ngefek. Saya punya bekas hiperpigmentasi karena sun spot dan bekas jerawat, bisa memudar cukup cepat dalam waktu dua minggu. Saya sangat menyarankan untuk tidak dipakai tiap hari, karena meski di saya enggak ada efek sting atau menyengat, kamu bisa mengalami eksfoliasi berlebihan. Dan saya udah pernah ngalamin. Bagian bawah hidung saya ngelopek cukup parah dan sakit.

Price

Untuk produk 20 g, buat saya ini memiliki harga yang cocok dengan manfaat yang ditawarkan. Di IG disebutkan bahwa harga aslinya Rp 170.000. Mungkin di online shop bisa berbeda beda tergantung kamu beli di mana.

Yang menarik, kamu bisa konsul dulu untuk mencari tahu kebutuhanmu seperti apa. Sila mampir Linktree SBC Skin . Mereka juga punya online shop resmi sebagai distributor produk di Shopee jadi insyaAllah kamu bisa mendapatkan produk asli yang tidak abal abal.

Will I Repurchase?

Saya suka dengan konsep AHA dalam bentuk cream, jadi lebih variatif. Jadi kalau ingin AHA dalam bentuk cream, saya akan mampir lagi ke lapak @sbcskin.official.

Rating

4/5

Share:
Previous Post Next Post

You may also like

2 Comments

  • Reply Fanny F Nila

    AHA kalo cocok di kulit , memang hasilnya bagus. tapi bagi yg alergi, breakout parah :(. aku salah satu yg alergi ama semua yg ada kandungan AHA.awal2 ga tau, trus kulit breakout parah , dan butuh setahun utk balik lagi. sediih, makanya aku selalu cek ingredients nya apa ada kandungan AHA ato ga mba. padahal pgn jg pake ini supaya freckles ku memudar :D.

    Desember 10, 2019 at 3:07 pm
  • Reply Azzahra R Kamila

    Kalo kurang cocok selalu ada alternatif lain Mbak :), misal PHA. Kalo masih gak bisa, ada vit C seperti ascorbic acid, atau arbutin, niacinamide, licorice root extract, kojic acid, hingga retinol. Kalo freckles-nya memang turunan susah ya, kecuali kalo ternyata freckles akibat kena paparan sinar UV bisa dihilangkan.

    Desember 11, 2019 at 10:02 am
  • Leave a Reply