Follow:
Beautilogy, Beauty

Scrub Wajah Bahaya Enggak Sih Buat Kulit?

scrub wajah

Kembali dengan Beau Potray, kali ini saya mau motret soal isu yang sempat santer terdengar pada pertengahan 2019 lalu, scrub wajah!

Pertama tama, siapa sih yang enggak kenal Kylie Jenner?

Terus, apa hubungannya antara Kylie Jenner dengan scrub wajah?

Scrub Wajah Bahaya Enggak Sih Buat Kulit?

Pertengahan tahun lalu, media sempat dihebohkan oleh kabar bahwa Kylie Jenner mengeluarkan skincare line sendiri. Yang bikin heboh bukan dominasi warna pink lucu yang menjadi warna packaging khasnya Jenner. Bukan juga karena dia Kylie Jenner, meski dia emang suka bikin sensasi di media.

Tapi… karena Kylie Jenner mengeluarkan scrub wajah dengan bahan dari walnut.

Terus… masalahnya di mana, sih?

Baca Juga:  [REVIEW] Emina 2 in 1 Scrub Mask; Apakah Walnut Scrub Bahaya?

Jadi ternyata, pada 2017 lalu sempat ada kontroversi ketika St Ives dituntut karena produk apricot scrub yang dianggap bisa merusak kulit, dalam arti bikin iritasi dan kemerahan.

Dan dahulu sempat ada juga kasus dua orang yang menuntut sebuah perusahaan karena keberadaan walnut scrub pada produk. Ini dianggap bahaya sehingga peredarannya harus dikendalikan.

Buat saya sendiri, sebetulnya scrub wajah itu enggak bahaya, karena sampai saat ini perusahaan trading ternama masih memperjualbelikan scrub wajah. Pakai logic sederhana saja, kalau manufacturer masih jual, sebetulnya peredaran walnut scrub dan apricot scrub masih diperbolehkan sesuai aturan.

Kalau kamu baca, disebutkan bahwa jika berdasarkan tren dan analisis sebuah perusahaan supplier global asal Hongkong, Global Cosmetics, menyebutkan bahwa bahan natural yang biasa digunakan oleh brand untuk eksperimen, di antaranya adalah cangkang walnut, bubuk kopi, dan butiran kecil (bead) dari jojoba.

Baca Juga:  [REVIEW] Benton Fermentation Eye Cream

Jadi… meski walnut scrub “dikecam” oleh sebagian beauty enthusiast, sebetulnya penggunaan bahan natural ini berguna untuk mengurangi penggunaan bahan yang tidak bisa atau sulit dalam pengelolaan sampahnya (recycle). Tapi memang… di satu sisi ini jadi dilema, karena walnut scrub dan apricot scrub, meski natural friendly, memang bisa bikin kulit iritasi.

Karena itulah saya bikin penjelasan umum mengenai kontroversi walnut scrub di Youtube. Silakan tonton di bawah ini untuk tahu lebih lanjut, ya!

 

Share:
Previous Post Next Post

You may also like

2 Comments

  • Reply Hastira

    makasih sharingnya

    Desember 4, 2019 at 2:52 am
  • Leave a Reply