Follow:
Beauty, Skin Care, Sponsored

Scarlett Acne Serum, Ampuhkah Basmi Jerawat?

Hi, guys! Kemarin saya sempat dikirim produk dari Scarlett, yaitu Acne Serum untuk wajah!  Nah, tentunya pasti tahu dong ya, produk ini kayak apa, hype banget di mana-mana.  Kebetulan saya punya jerawat sebelum menstruasi, yaitu jerawat hormon ketika saya mencoba Scarlett Acne Serum.  Kayak gimana keampuhannya?

Scarlett Acne Serum 

Scarlett Whitening merupakan brand lokal Indonesia yang dimiliki oleh artis ternama Felicya Angelista. Saya yakin udah banyak yang tahu brand ini, ya, followers di Instagram aja udah sampai 1 juta! Sesuai namanya, brand ini lebih banyak mengusung konsep produk untuk mencerahkan dan memutihkan kulit.

Untuk Scarlett Acne Serum ini merupakan salah satu produk terbaru! Yup, jika kamu selama ini lebih mengenal Scarlett Whitening dari bodycare-nya, mereka juga sudah merambah ke ranah skincare. Nah, produk berukuran 15 ml ini memiliki bentuk botol seperti botol serum pada umumnya, dan ini dari kaca. Jadi harus agak hati-hati saat memegang produk kalau kamu orangnya clumsy, hehehe. 

Nah, Scarlett Acne Serum ini insya Allah sudah mengandung BPOM dan bahan-bahannya halal, jadi enggak perlu ragu lagi, ya. 

Ingredients 

Aqua, Melaleuca Alternofilia (Tea Tree) Leaf Water, Annona Cherimola Fruit, Isopentyldiol, Centella Asiatica Extract, PEG-8, Phenoxythanol, Salicylic Acid, Ascorbyl Glucoside,  Aminomethyl Propanol, Hydroxyethylcellulose, 1,3 Butylene glycol, Pentane – 1,2-Diol, Disodium EDTA, Ethylhexylglycerin, Isostearamidopropyl Ethyldimonium Ethosulfate, Sodium Hydroxide, Sodium Citrate, 1.2 Hexanediol, Tamarindus Indica Seed Gum, Biosaccharide Gum-1,Phenylpropanol, Sodium Dehydroacetate, Propylene Glycol, Citric Acid, 2-Aminobutanol, Glycyrrhiza Uralensis(Licorice) Root Extract, Olea Europaea (Olive) Fruit Oil, Carthamus Tinctorius (Safflower) Seed Oil

 

What You Should Know About Ingredients 

  1. Scarlett sayangnya enggak menginformasikan persentase lebih lengkap, meski di botol produk tercantum beberapa bahan komposisi yang merupakan bahan aktif seperti tea tree, salicylic acid, liquorice extract, ascorbyl glucoside (salah satu jenis vitamin C), dan centella asiatica
  2. Semua bahan aktif yang disebutkan sudah teruji secara klinis dan memang terpercaya untuk bisa menjadi antimikroba dan antiinflamasi untuk meredakan jerawat
  3. Centella asiatica mengurangi peradangan, mencegah dan mengurangi kerusakan kulit dan mempercepat penyembuhan luka pada kulit
  4. Tea tree water melawan bakteri penyebab jerawat, mengatasi jerawat, melembabkan kulit, membantu mengurangi bruntusan & mengurangi minyak di wajah
  5. Salicylic acid meredakan peradangan yang terjadi saat jerawat muncul, mengangkat kotoran penyumbat pori pori yang berpotensi menjadi komedo
  6. Liquorice extract kaya akan vitamin dan mineral untuk menutrisi kulit, melindungi kulit dari pada paparan sinar matahari, mengatasi jerawat dan kulit kemerahan, mencegah hiperpigmentasi dan menyerap kelebihan minyak diwajah
  7. Secara keseluruhan, komposisi Scarlett Acne Serum bisa membantu kamu yang saat ini sedang berjerawat dan bisa dipakai untuk segala jenis kulit.  Busui dan bumil juga bisa pakai ya, enggak perlu takut!  Tetapi jika ada beberapa bahan tertentu yang kamu sendiri sadar bahwa kamu kurang cocok karena ada alergi, misalkan plant extract, saya tidak begitu menyarankan kamu memakai ini

How To Use

Aplikasikan 2-3 tetes ke tangan, usap ke wajah, terutama di bagian wajah yang mengalami peradangan jerawat.  Kamu bisa menggunakan produk ini 2 kali sehari pagi dan malam. 

Baca Juga:  Cream Collagen untuk Penuaan Dini Hanya Mitos! 3 Fakta Collagen yang Belum Diketahui

What You Should Know About the Product 

Scarlett Acne Serum, seperti serum pada umumnya, memiliki bentuk botol berpipet.  Untuk menjaga kehigienisan, saya enggak menyarankan kamu memakaikan pipet langsung ke wajah meski wajah kamu sudah bersih.  Lebih baik teteskan saja ke tangan, baru setelah itu aplikasikan ke wajah.  Di bagian belakang produk juga udah disebutkan cara yang benar kok! 

Meski tekstur cair, ini bukan water serum, ya.  Suka banyak salah kaprah hanya karena teksturnya runny begini.  Soalnya gini, salicylic acid itu terkenal sebagai oil soluble alias ia larut dalam minyak.  Terus kalau di produk ini ada salicylic acid, ini jadi gimana, dong?  Kok watery dan runny?  Karena pada produk ini ada emulsifier yang bertugas untuk “menyatukan” antara air dan minyak, maka akhirnya produk mengandung salicylic acid bisa memiliki tekstur semacam ini.  Itu alasannya kenapa sebutan water serum, menurut saya, kurang cocok. 

Tapi karena runny, memang jadi memudahkan dalam pemakaian.  Saya sendiri memakai ini pagi dan malam, atau terkadang pagi atau malam hari.  Bebas, terserah kamu mau kapan, karena enggak ada keharusan tertentu harus mengikuti aturan tertentu. Saya biasa memakai serum setelah menggunakan toner, lalu lanjut moisturizer.  Enggak perlu ribet banyak tahapan.  Apalagi jika concern kamu adalah jerawat, utamakan menjaga skin barrier

Baca Juga:  4 Cara Membaca Label Kosmetik, Sesuaikan dengan Kebutuhan Kulit!

Ini adalah penampakan hari ke-3 setelah menggunakan Scarlett Acne Serum.  Inflamasi akibat jerawat mulai terlihat.  Namun masih belum menunjukkan tanda-tanda bahwa akan muncul nanah. 

Setelah seminggu memakai produk, nanah dari jerawat baru muncul.  Bawaannya pengen meletusin aja sih ngeliat ini, wkwk. Tapi saya sabarin aja.  Selama seminggu, produk yang saya gunakan hanya toner biasa, serum, moisturizer yang terkadang saya tambahkan bakuchiol face oil.  Katanya sih bakuchiol ini juga punya efek untuk menenangkan peradangan pada jerawat, itu sebabnya saya masukkan juga sebagai komplementer dari rangkaian jerawat ini. 

Baru di hari ke-10 jerawat meletus dengan sendirinya dan kondisi kulit saat ini membaik.  Ada sedikit bekas kehitaman akibat jerawat, tetapi enggak terlalu kentara.   Lalu gimana pendapat saya tentang Scarlett Acne Serum? 

Jika melihat dari performansinya, produk ini memang lebih cocok menjadi komplementer untuk meredakan jerawat ketimbang membunuh jerawat secara langsung.  Saya butuh waktu 10 hari untuk bisa membuat jerawat pecah.  Apakah ini artinya produk ini kurang baik?  Jika kamu ingin segera membunuh jerawat sampai tuntas, kamu bisa menggunakan produk mengandung retinol dan benzoyl peroxide yang akan segera membasmi P.acnes penyebab jerawat. 

Tetapi jika kamu lebih membutuhkan produk yang gentle, Scarlett Acne Serum bisa jadi jawabannya.  Tetapi kamu butuh bersabar!  Selain itu, saya juga menyarankan agar kamu menggunakan produk komplementer lainnya seperti acne spot treatment untuk bisa membantu meredakan jerawat di kulit.  Jangan lupa pakai moisturizer untuk senantiasa menjaga kelembapan. 

Price

Semua varian face serum dari Scarlett Brightening ini Rp 75.000 – ini artinya jika kamu membutuhkan produk untuk mencerahkan bekas jerawat, kamu bisa gunakan juga rangkaian serum lain yaitu Brightly Ever After Serum agar bisa memudar lebih cepat. Kamu bisa order melalui LINE (@scarlett_whitening), Whatsapp ((+62) 877 0035 3000), dan Shopee (Scarlett Official Shop).  Kalau mau banyak promo, saya saranin kamu ke Shopee aja! 

Will I Repurchase?

Untuk kisaran harga Rp 75.000 untuk 15 ml, harganya lumayan juga, ya.  Saya pribadi lebih suka produk yang bisa langsung menuntaskan jerawat dengan cepat, jadi kalau Scarlett bikin retinol, mungkin saya akan coba. 

Rating 

3.5/5

 

Share:
Previous Post Next Post

You may also like

No Comments

Leave a Reply