Beauty Make Up

[REVIEW] Wardah vs Emina BB Cushion, Battle Instaperfect dan Bare With Me!

Hype Wardah vs Emina emang enggak ada matinya.  Udah banyak banget yang membandingkan “kakak-adik”ini, mulai dari toner, bedak, hingga lip tint.  Saya saja sampai enggak habis pikir: PT Paragon Technology & Innovation ini beneran jor joran banget ngeluarin produk.  Selalu pengen beli soalnya, wkwk.

Wardah vs Emina BB Cushion 

wardah vs emina

Memang bedanya apa, sih antara kedua produk ini?

Yang pasti sih, segmentasi Wardah dan Emina sejak awal berbeda.  Jika Wardah lebih diperuntukkan young adult, 20 tahun ke atas, maka Emina cucok meong untuk remaja yang baru mulai mengenal makeup. Untuk komposisi ada beberapa bahan yang serupa.

Ingredients

Wardah Instaperfect Mineralight Matte BB Cushion SPF 29++

Water, Cyclopentasiloxane, Ethylhexyl Methoxycinnamate, Butylene Glycol, Isodecyl Neopentanoate, PEG-10 Dimethicone, Polymethylsilsesquloxane, Glycerin, Octyldocetyl Steaoryl Stearate, Lauryl PEG-9 Polydimethulsiloxyethyl Dimethicone, Disteardimonium Hectorite, Trimethylsiloxysilicate, Sodium Chloride, Magnesium Sulfate, Propanediol, Ethylhexyl Palmitate, Polysorbate 80, Zinc Oxide, Aluminum Hydroxide, Triehoxycaprylylsilane Acrylates/Stearyl Acrylate/Dimethicone Methacrylate Copolymer, Acrylates/Ethylhexyl Acrylate/Dimethicone Methacrylate Copolymer, Stearic Acid, Alumina, Caprylhydroxamic Acid, HDI/Trimethylol Hexyllactone Crosspolymer, Sodium PCA, Urea, Treahalose, Silica, Polyquaternium-51, Triacetin, Sodium Hyaluronate, CI 77891, CI 77492, CI 77491, CI 77499

Mari kita bandingkan dengan Emina:

Emina Bare With Me Mineral Cushion 

Water, Cyclopentasiloxane, Titanium Dioxide, Ethylhexyl Methoxycinnamate, Cyclohexasiloxane, Ethylhexyl Salicylate, PEG-10 Dimethicone, Cetyl Ethylhexanoate, SIlica, Pentylene Glycol, Syntethic Fluorphlogopite, Lauryl Phenoxyethanol, Aluminum Hydroxide, Stearic Acid, Triethoxycaprylylsilane, Dimethicone, Disteardimonium Hectorite, Ethylhexylglycerin, Disodium EDTA, BHT, CI 77947, CI 77491, CI 77499, CI 77492

Saya buat bold beberapa bahan komposisi yang mirip.  Saya analisis keduanya di Skincarisma.  Oya, buat kamu yang ingin analisis bahan-bahan kosmetik, kamu bisa mampir ke sini, ya.

What You Should Know About The Ingredients 

Ada beberapa jenis bahan yang menarik perhatian saya di Wardah, yaitu:

  1. Stearic acid, Ethylhexyl palmitate, dan Polysorbate 80 tidak cocok untuk yang memiliki fungal acne.  Jadi sebaiknya jangan pakai cushion ini ya
  2. Stearic acid, Ethylhexyl palmitate,  Butylene glycol, dan Zinc oxide termasuk bahan yang menjadi penyebab comedogenic sehingga tidak begitu disarankan bagi acne prone skin
  3. Meski judulnya matte, sebetulnya produk ini lebih cocok digunakan untuk dry skin dibanding oily skin

Untuk Emina, ada beberapa bahan yang menarik perhatian yaitu:

Baca Juga:  Perbandingan 8 Sunscreen Terbaik Brand Lokal dan Drugstore

  1. Terdapat stearic acid yang memiliki comedogenic rating 2-3, sehingga bila kamu acne prone tidak begitu disarankan mencoba ini

  2. Ada Synthetic Fluorgophite atau Syntethic mica.  Memang kabar baiknya apa?  Emina itu walaupun katanya hasilnya dewy matte, sebetulnya bisa menahan minyak lebih baik karena mengandung mica.

What You Should Know About The Products

Dari segi netto atau berat bersih, dua duanya sama sama 15 g.  Yang membedakan hanya ukuran cushion saja.  Wardah memiliki diameter yang lebih besar dan lebih berat, sementara Emina ringan karena terbuat dari plastik.

Terus dari segi sponge enakan mana, sih?

Udah jelas lebih enak Wardah sih, haha. Yang menarik, sponge Wardah ini agak serupa dengan sponge Innisfree cushion dari sisi kenyamanannya. Sementara sponge Emina agak serupa dengan sponge Missha yang M Cushion.  Ukurannya jauh lebih kecil dan agak tebal.  Saat diaplikasikan, tingkat kenyamanannya jelas lebih lebih enak Wardah.

Namun entah kenapa tidak disediakan stiker khusus yang melindungi kaca untuk Wardah.  Sementara untuk Emina, stikernya ini menempel dan belum saya buka.

Untuk Wardah disediakan empat jenis shade, yaitu:

  • 11 Fair

  • 12 Ivory

  • 13 Beige

  • 14 Creme

Untuk Emina disediakan tiga jenis shade, yaitu:

  • Light
  • Natural
  • Caramel

Nah, yang saat ini saya bandingkan adalah warna terakhirnya, yaitu 14 Creme dan Caramel.  Namun ternyata setelah saya swatch, keduanya berbeda:

Yang bagian bawah adalah Wardah, sementara bagian atas adalah Emina. Hasilnya agak keset untuk yang Emina, cenderung lebih dry tapi begitu nampol di muka hasilnya malah cenderung matte di kulit saya.  Sementara untuk Wardah, karena banyak mengandung humektan seperti glycerin, Sodium PCA, dan Sodium hyaluronate, maka saat diaplikasikan cenderung watery. 

Terus dari segi performansinya gimana?

Saya melakukan tiga kali percobaan.  Kulit saya itu tipe cenderung kering area sekitar hidung dan dagu, tapi berminyak di hidung dan dahi.  Bisa dibilang kulit kombinasi. Sebelum memakai makeup, saya biasanya memakai primer Emina Cosmetics Pore Ranger.

Baca Juga:  AHA, BHA, PHA, Apa Persamaan dan Perbedaannya?

Ini adalah percobaan tanpa bedak dan primer sama sekali.  Biasanya saya mengandalkan Wardah Everyday Shine Free BB Loose Powder atau Rivera Cosmetics Luminous Micro Powder 02 Natural. Terus kira kira daya tahannya berapa lama, sih?  Dengan naik busway kira-kira setengah jam ke kantor, plus panas-panasan jalan kira-kira lima menit, ketahannya itu sekitar 3-4 jam di dalam ruangan ber-AC.

Saya langsung bandingkan sekaligus dengan memakai setengah-setengah: Kiri itu Wardah, dan kanan itu Emina.  Sebetulnya bakal kelihatan belangnya, lho, kalau diamati baik-baik, wkwk. Untuk Wardah, dia cenderung cepat hilang setelah pemakaian lebih dari 6 jam, sementara Emina masih nampol cukup baik meski wudhu dua kali.

Terus gimana dengan kondisi lain?

Saya mencoba juga memakai  dengan mengandalkan bedak saja, tanpa primer. Ini fotonya:

Saya perhatikan sekitar 5-6 jam nampolnya cukup baik. Untuk yang ini saya pakai terbalik: Kanan Wardah, dan kiri adalah Emina. Lalu saya coba lagi dengan menggunakan primer dan bedak sekaligus.  Namun bedanya saya pakai saat sedang jalan-jalan di udara panasnya Jakarta.  Berhubung sehari-hari saya kena AC atau kipas angin, biasanya makeup masih terjaga dengan baik tanpa meleleh.  Nah, terus gimana kalau kena udara lembap?

Belum apa-apa, keringat sudah meluncur deras di area dahi. Saya memang tidak tahan dengan panasnya Jakarta. Hampir seharian saya berada di luar ruangan.  Mulai jam  3 sore sampai 6 sore saya jalan-jalan di mall.  Ajaibnya, sampai detik ini saya masih yakin bahwa Emina jauh lebih bagus dibanding Wardah dari segi formulasi.

So, pemenangnya siapa sih?  Yup, Emina!

Price

Dari segi harga, Emina juga lebih juara. Saya membelinya di online shop seharga Rp 110.000.  Untuk Wardah, saya membelinya seharga Rp 138.000.  Dua-duanya saya beli di online shop di Jakarta, bebas ongkir karena pakai Shopee.

Would I Repurchase?

Saya lebih tertarik membeli Emina!

Rating

Wardah: 3/5

Emina: 3.75/5

 

 

Loading...

13 thoughts on “[REVIEW] Wardah vs Emina BB Cushion, Battle Instaperfect dan Bare With Me!”

  1. Tadinya aku mau coba cushion Wardah yang baru ini. Setelah tahu ada kandungan yang gak boleh buat fungal acne dan teksturnya yang lbh bagus buat dry skin, jadi aku urungkan. Terima kasih buat review-nya, membantu sekali, Kak. 🙂

  2. Makasih mba reviewnya. Trutama penjelasan soal komposisinya. Jd blajar komposisi krn baca blog mba .

    Rasanya semua cushion dan bb cream serta cc cream semuanya mengandung bahan yg komedogenik yah.
    Hampir selalu ada stearic acid, ethyhexyl palmitat, butylene glycol, atau zinc oxide.
    Minimal ada yg cuma pke butylene glycol doang kaya di sariayu tinted moisturizer ( eh ini bisa diblg semacem bb cream nda sih?).
    Jd utk acne prone sulit yah mencari base make up yg pas .

  3. Waw keren teh…. detail banget reviewnya. Test produk ke wajah sendiri juga. Jadi udah berdasarkan praktek yak. Aku gak terlalu paham kosmetik nih teh, nanya yah… itu teh kaya pelembab tapi bentuknya powder atau memang bedak aja?

  4. Untuk sejauh ini aku masih suka pakai wardah,karena belum nyoba emina soalnya.wkkwk setuju klo wardah itu beneran cepat banget ilang nya.tapi aku suka banget sama sponge nya.hihi mau abisin wardah dulu baru beli emina ah nanti…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *