Beauty Make Up

[REVIEW] Wardah Instaperfect Porefection Skin Primer vs Emina Pore Ranger

Saya sebetulnya enggak begitu kepo dengan Wardah Instaperfect Primer ketika diluncurkan.  Lebih tertarik sama Emina Pore Ranger.  Selain karena Emina Pore Ranger sudah ada review-nya di mana-mana, saya tertarik dengan tekstur produk ini.  Makanya saya beli Emina Pore Ranger terlebih dulu.

Namun karena tahu sulitnya berburu di toko offline, terlebih karena saya lumayan sering jajan ke Watson atau Guardian, jadi saya kepoin juga Wardah Instaperfect.  Saya suka cukup cocok dengan Emina dan ingin repurchase.  Berawal dari nonton video seorang vlogger yang bilang kalau bahan bakunya sama persis, saya makin pengen membuktikan: apakah formulasinya memang sama banget?

Wardah Instaperfect Primer vs Emina Pore Ranger

 

Buat yang belum tahu, Wardah dan Emina ini kakak beradik. Mereka sama-sama diproduksi oleh PT Paragon Technology and Innovation.  Selain dua brand ini, ada juga Make Over, yang lebih dikhususkan untuk segmentasi perempuan yang memiliki banyak aktivitas seperti wanita karir.  Saya sudah pernah review salah satu produk highlighter-nya yang super kece yaitu Make Over Riche Glow.

Terus gimana nih, primer dari Wardah vs Emina? Dari segi size sama persis, sama sama 20 ml.  Bentuk tube-nya?  Sama persis.  Jadi, menurut vlogger yang sempat saya tonton videonya, enggak ada bedanya antara Wardah dengan Emina.  Itu yang bikin dia protes mati-matian di blognya. “Cuma beda packaging-nya aja, dong, tapi harganya dibedain!”

Jadi mari kita coba kepoin bagian belakang masing-masing box dari Wardah vs Emina ini.

Ingredients 

 

Cyclopentasiloxane, Dimenthicone/VInyl Dimenthicone Crosspolymer, Trisilloxane, Isododecane, Trimethylsiloxysilicate, Titanium Dioxide, Aluminum Hydroxide, Triethoxycaprylylsilane, CI77492, CI77491, CI77499

What You Should Know About The Ingredients 

 

  1. Ini merupakan silicon based primer, dan tidak mengandung water/aqua sama sekali.

  2. Sifat silikon itu sit on top of your skin, jadi salah kaprah kalau misalkan kamu menyebut silikon sebagai penyebab pori-pori tersumbat. Silikon memang memiliki fungsi untuk menyamarkan pori-pori.  Tapi bukan menutupi pori-pori dengan bahan silikon agar terlihat mulus. Jadi yes, produk ini sebetulnya aman untuk semua jenis kulit.

  3. Kecuali jika kamu punya alergi dengan salah satu jenis silikon, sangat mungkin kamu tidak cocok dengan produk ini. Jadi sebaiknya cari produk water based.

  4. Untuk masing-masing produk mengandung Titanium dioxide, sehingga ada UV filter di primer ini.  Hanya saja tidak diketahui berapa SPF terkandung pada produk.

What You Should Know About The Product

 

Baca Juga:  Kelamnya The Black Cat, Oleh Edgar Allan Poe

“Kalau misalkan bahan baku sama, ngapain juga sih dibikin dua versi, yaitu Wardah Instaperfect dan Emina Pore Ranger?  

Kenapa enggak satu aja, sih, kan cukup!”

Well, buat saya ini adalah strategi marketing yang cukup menarik.  Enggak semua orang mau mencoba produk dari Emina dan Wardah.  Saya kenal beberapa orang yang lebih setia dengan Emina atau Wardah karena menganggap bahwa mereka sudah cocok dengan produk yang dikeluarkan masing-masing brand.  Dan biasanya, manusia itu cenderung tidak mau beralih ke hal baru jika sudah menyukai satu hal.

Sama aja kayak ngincer gebetan, kemungkinan ngincernya satu aja, kan? *Eh, tapi kalau cowok mah bisa aja ya, ngincer beberapa, lol*

Oke, sebelum ngelantur lebih banyak, mari bahas lagi soal segmentasi.  Perlu diketahui bahwa Emina itu lebih cenderung diasosiasikan dengan image remaja yang baru mengenal makeup.  Sementara Wardah itu cenderung dikaitkan dengan image wanita yang memasuki masa young adult dan sedang menikmati hidup. Persepsi yang kuat ini cenderung membuat sebagian besar orang akan memilih produk yang sesuai dengan usianya.

“Terus ngapain kamu beli produk buat remaja, Mi?”

Saya tidak menganggap bahwa makeup dan skincare memiliki barrier.  Semua orang, dari berbagai kalangan,  bisa mencoba produk yang tersedia di pasar sesuka hati. Satu-satunya penghalang yang membuat saya tidak menggunakan makeup dan skincare dari brand tertentu adalah harga, LOL.  Kalau ada yang lebih murah dan sama-sama bagus, kenapa beli yang mahal?

Jadi, sebagai jawaban bijak atas “kontroversi” kedua produk yang “wagelaseh-sama-aja-dua-duanya”, inilah jawabannya.

Teruus, saya mau bahas perbedaan keduanya.

 

Saya sampai sangsi dan nyobain beberapa kali mengoles Wardah dan Emina ke tangan.  Oya, yang Wardah Instaperfect Primer itu yang sebelah kiri, sementara yang Emina Pore Ranger sebelah kanan. Setelah saya usapkan perlahan, beginilah hasil akhirnya.

Baca Juga:  Antara Batas Hidup dan Mati

Meski perbedaannya cukup tipis, sebetulnya konsistensi dari Emina Pore Ranger agak lebih liquid dibanding Wardah.  Dari segi tekstur, Wardah jauh lebih thick. Kamu baru merasakan setelah mengusapkannya ke tangan.

Jadi, buat saya sendiri,  ada perbedaan di antara keduanya.  Ketika saya mengaplikasikan Wardah Instaperfect ke wajah, hasilnya velvet, bikin kulit wajah lebih halus.  Apakah menutupi pori-pori?  Sebetulnya enggak kerasa bedanya sih.  Jadi untuk masalah menutupi pori-pori, itu so-so.

 

Sekitar 4-5 jam kemudian, beginilah kondisinya.  Mungkin agak kurang terlihat karena kamera depan saya enggak bagus-bagus amat. Tapi di bagian T-zone mulai mengeluarkan sebum.

Normalnya, kulit saya memang baru mengeluarkan sebum berlebih setelah 2-3 jam tanpa primer.  Jadi sebetulnya ini cukup membantu agar mengontrol jumlah sebum berlebih.  Saya tinggal blot saja dengan kertas minyak, setelah itu enggak touch up, huehehe.

 

Detailnya untuk lebih lanjut.  Bisa dilihat, kulit saya enggak glowing.  Tapi berminyak.

Tahukah kamu apa yang menarik dari dua produk ini? Sebetulnya saya sudah mendapatkan produk holy grail bernama Canmake Smooth Skin Primer. Sayangnya, produk ini tidak dijual di Indonesia.  Saya pernah beli ketika jalan-jalan di Jepang, dan dulu pernah ada yang menjual ini di Tokopedia. Begitu habis, udah enggak ada lagi yang bisa menyamai Canmake 🙁

Teksturnya jauh lebih thick daripada Wardah Instaperfect dan dan Emina Pore Ranger.  Menariknya, baik Wardah dan Emina hampir bisa menyamai Canmake.  Mungkin kalau diulik sedikit, nantinya akan bisa menemukan formulasi pas yang bisa menyamai Canmake.    Untuk detail lebih lanjut, kamu bisa lihat review Canmake di sini.

Price

Harga Wardah Instaperfect Porefection Skin Primer dan Emina Pore Ranger cukup berbeda jauh di official store.  Harga asli Wardah Rp 75.000, sementara Emina Rp 50.400. Namun jika kamu mencari di toko online shop lain, kamu bisa mendapatkan dengan harga lebih miring dengan kisaran harga mirip-mirip.

Will I Repurchase?

Yes!  Mari sebut ini sebagai dupe dari Canmake Smooth Skin Primer. Saya lebih suka Wardah karena teksturnya lebih menyerupai Canmake, jadi saya pasti akan beli Wardah lagi.

Rating

4.75/5

Loading...

4 thoughts on “[REVIEW] Wardah Instaperfect Porefection Skin Primer vs Emina Pore Ranger”

  1. Menarik sekali pembahasannya, saya sudah ingin sekali mencoba pore ranger emina karena beberapa review beauty vlogger, walau dari rekomendasi kamu lebih ke wardah. sebelumnya saya hanya pernah mencoba primer dari maybeline yang warna biru. Terimakasih informasinya, sangat membantu.

  2. Well, ingredients-nya hampir mirip dengan primer Make Over. Ini udah pernah kejadian juga dengan produk micellar water. Ketiganya punya ingredients yang sama (Wardah, Make Over, Emina). Saya masih pakai primer Make Over, lebih tertarik beli Wardah Instaperfect primer jika nanti sudah habis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *