Follow:
Beauty, Skin Care

[REVIEW] The Bath Box Pure Squalane 100%, Moisturizer Tanpa Bikin Iritasi!

Mengawali tahun, saya mau membahas satu face oil terfavorit selain Indoganic Rosehip Oil, yaitu The Bath Box Pure Squalane! Alasan paling utamanya itu karena bisa dibilang ini salah satu face oil yang 100% tidak menyebabkan iritasi dan hampir tidak comedogenic. 

Kok bisa?

Simak lanjutannya di bawah, ya!

The Bath Box Pure Squalane 100%

Kamu pastinya tahu ya kalau sekarang face oil yang lagi nge-hype itu squalane.  Saya kurang tahu juga gimana ceritanya bisa terkenal parah kayak gini.  Yang pasti banyak orang yang memuji bahwa squalane ini menghidrasi kulit dan lebih stabil dibanding squalene. 

Nah lho, apalagi nih squalene?

Sekalian yuk nyebur ngomongin bahan satu ini!

Ingredients

Squalane (100% dari tebu untuk produk The Bath Box)

How To Use

Sama seperti semua jenis face oil lainnya, sangat disarankan untuk dipakai di tahap terakhir skincare.  Karena ini oil based, dikhawatirkan nantinya akan ngeblok materi dari skincare kamu yang water based jika pakai oil based duluan.  Beberapa tetes (tiga tetes cukup semuka!) bisa digunakan untuk wajah dan leher.

 

What You Should Know About The Ingredients

  1. Squalene sudah ada sejak abad 16.  Masyarakat di China, Jepang, dan Korea terbiasa mengonsumsi minyak hati ikan hiu.  Nah, penamaan squalene sendiri berasal dari Tsujimoto, ahli kimia dari Tokyo Industrial Testing Station. Keluarga hiu memiliki nama Squalidae, maka minyak hati itu diberi nama squalene

  2. Squalene dan squalane itu berbeda.  Meski squalene kaya dengan antioksidan, namun sifatnya amat sangat tidak stabil.  Karena itulah akhirnya tercetus ide untuk melakukan proses hidrogenasi terhadap squalene, sehingga jadilah squalane yang kita kenal sekarang

  3. Saat ini, sebagian besar squalane dihasilkan dari olive oil (46% market share pada tahun 2015), bioteknologi squalene dari tebu (10%), dan masih ada juga yang didapatkan dari minyak liver hiu di laut dalam (40%).  Beruntunglah kita karena  The Bath Box Pure Squalane ini 100% vegetable source!

  4. Terus gimana cara ngeprosesnya, apakah halal?  Jadi squalane tebu ini dihasilkan melalui derivasi dari fermentasi sukrosa.  Tahu kan kalau sebagian besar gula yang kita konsumsi sebetulnya terbuat juga dari tebu?  Maka sebetulnya The Bath Box Pure Squalane ini berasal dari gula tebu.  Proses ini juga melibatkan Saccharomyces cerevisiae sebagai ragi yang membantu proses fermentasi sukrosa. Tapi tenang saja, nantinya ragi ini enggak bakal nyampur ke hasil produk akhir, jadi buat yang fungal acne:  PAKAILAH THE BATH BOX PURE SQUALANE!

  5. Konklusi:  Produk ini statusnya insyaAllah halal!  Saya belum tahu apakah The Bath Box Pure Squalane sudah mendapatkan lisensi dari LPPOM, berhubung di update Halal Corner, The Bath Box masih belum terdaftar resmi

  6. Kamu perlu tahu bahwa squalane yang dihasilkan dari tebu itu punya kualitas lebih baik dibanding squalane yang terbuat dari olive oil.  Ini diungkapkan oleh SVP Personal Care dari Amyris.  Amyris sendiri merupakan suatu perusahaan yang bergerak di bidang produk yang menyediakan alternatif baru bagi produk bersumber minyak dan bahan langka

  7. Squalene dan squalane itu sebetulnya secara natural ada lho di minyak alami wajah.  Yup, ada di sebum!  Jadi pada sebum itu sebetulnya terkandung triacylglycerides, free fatty acids (57%), wax esters (26%), dan squalene sebanyak 12%

  8. Squalene termasuk rentan mengalami oksidasi pada kondisi tertentu.  Maka beauty guru Liah Yoo pernah bilang bahwa kamu rentan jerawatan ketika kamu pakai sunscreen.  Squalene yang teroksidasi akan memiliki nama SQOOH. Paparan sinar UVA bisa menyebabkan peroksidasi squalene.  Kamu tentu tahu bahwa sebum kita juga mengandung squalene. Ketika oksidasi terjadi dengan kondisi tertentu, maka oksidasi yang terjadi pada sebum menyebabkan inflamasi dan comedogenesis

  9. Hal yang sangat disayangkan adalah, fungsi squalane cuma satu: sebagai emollient.  Makanya kamu enggak akan mendapatkan manfaat seperti squalene yang diklaim memiliki antioksidan yang bisa menjadi UV filter. Jadi mirip dengan Hyaluronic acid dan mineral oil, fungsi squalane itu cuma satu.  Tapi percayalah, ini termasuk jenis moisturizer yang absorpsinya lebih baik dibanding oil lain yang pernah ada!

  10. Sudah disahkan bahwa squalane ini tidak menyebabkan iritasi.  Jadi buat kamu yang memang sensitif, kulitnya kering, punya masalah kulit dermatitis dan juga fungal acne, udah, beralih aja pakai squalane.  Squalane for president! 

What You Should Know About The Product

Kenapa sih harganya bisa beda beda antara squalane satu dengan yang lain?

Baca Juga:  [REVIEW] Rivera Cosmetics, Bedak Tabur Juara untuk Kulit Berminyak!

Misal nih, jujur aja saya ngerasa harga The Bath Box Pure Squalane lumayan mahal, haha.  Tapi ya itu, ada harga, ada kualitas.  Dan sebetulnya untuk ukuran 30 ml (produk The Bath Box Pure Squalane yang terbaru 30 ml, sementara di foto saya masih pakai yang 20 ml), The Bath Box Pure Squalane ini masih dalam range harga kompetitif.

Contoh lain produk squalane itu ada di Timeless Pure Squalane, produk asal Inggris.  Ini harganya 14,99 poundsterling, atau setara dengan Rp 280.000 (harga 3 Januari 2019).  Ada juga dari The Ordinary 100% Plant Based Derived Squalane dengan harga kisaran di bawah Rp 200.000.  Namun mereka tidak secara terbuka menyebutkan asal dari squalane yang mereka pakai.  Bisa saja campuran dari olive oil, sugarcane, rice bran, dan lain-lain. Ada juga dari Biossance 100% Pure Squalane seharga $58 atau setara dengan Rp 840.000 (harga 3 Januari 2019).

Baca Juga:  Apa Penyebab Jerawatmu Bandel? Kenali Hiperandrogen Lebih Dekat!

Saya termasuk orang yang memilih kualitas namun sebisa mungkin terjangkau (wkwk), jadi di antara semua jenis squalane yang ada, saya tetap memilih beli The Bath Box sampai kapan pun. Kecuali kalau ada dari sugarcane murni tapi lebih murah, wkwk (anaknya mudah berkhianat kalau ngomongin harga).

Alasan lain tentunya karena produk ini asli Indonesia.  Pabrik pembuatnya pun lokasinya di Indonesia, tepatnya di Jakarta Utara.  Jadi saya pikir, mumpung ada brand lokal yang sedang mengepakkan sayapnya, kenapa enggak coba dibantu aja dengan beli produk asli Indonesia?

Nah, produk ini memiliki masa pakai hingga setahun, jadi memang harus segera habis. Saya saat ini masih mencoba menghabiskan botol pertama yang saya beli pada pertengahan tahun kemarin. Tapi saya udah punya persediaan botol kedua!

Squalane ini enggak ada wanginya sama sekali.  Cocok buat yang sensitif dengan fragrance atau parfum.  Warnanya bening.  Berhubung stabil, tidak masalah jika kamu tidak menaruhnya di kulkas seperti oil lain. Tapi kalau kamu ingin juga enggak masalah!  Setelah sekitar setengah tahun pakai, warnanya masih belum berubah dan tidak berbau aneh.

Saya pakai ini sebagai pengganti moisturizer.  Jadi misal saya lagi enggak mau terlalu banyak tahapan skincare, biasanya saya pakai toner lalu langsung pakai squalane.  Enak banget :(, pagi-pagi muka terasa kenyal.

Kamu perlu tahu kalau saat ini The Bath Box menjual dua jenis squalane lainnya.  Kamu perlu tahu perbedaannya supaya enggak sia-sia berinvestasi sesuai dengan kebutuhan.

via thebathbox.co.id

Untuk anti-ox, mereka menggunakan marine algae extract sebagai antioksidan.  Apakah bagus?  Saat ini marine algae extract memang digadang sebagai salah satu antioksidan yang cukup menjanjikan.

Tapi berhubung ada Capric triglyceride adalah fatty acid dengan rantai karbon bisa mencakup 6-12, saya tidak menyarankan jika kamu punya penyakit kulit yang disebabkan malassezia: fungal acne  salah satunya.

via thebathbox.co.id

Sunflower seed oil pun termasuk “musuh fungal acne.” Jadi saya tidak begitu menyarankan meski terlihat menggiurkan.  Buat kamu wahai pejuang fungal acne, pakai saja pure squalane!

Price

Harga produk ini Rp 179.000. Untuk anti-ox dan lupin memiliki range harga yang berbeda.  Kamu perlu rajin pantengin IG mereka supaya tahu kapan ada diskon.

Will I Repurchase?

Enggak perlu nanya lagi, kan? Saya udah punya punya botol kedua soalnya.

Rating

6/5

Resources: 

Deriving Renewable Squalane from Sugarcane, Derek McPhee et.al. 2014, Cosmetics & Toiletries Magazine, Vol 129. No 6

Squalene Extraction: Biological Sources and Extraction Methods, Teresa Rosales-Garcia et.al. 2017, International Journal of Environment, Agriculture and Biotechnology (IJEAB), Vol.2, Issue 4. DOI: http://dx.doi.org/10.22161/ijeab/2.4.26

Final Report on the Safety Assessment of Squalane and Squalene, CIR (Cosmetics Ingredients Review).

Share:
Previous Post Next Post

You may also like

10 Comments

  • Reply Ruth

    OMG kebetulan aku emang mau purchase ini buat restock face oil yang udah mau abis, senang bisa stumbled upon this post! Aku bahkan baru tahu kalo squalane itu lagi in, soalnya aku sebenarnya penasaran aja sama review produk TBB ini yang bagus-bagus, hehe. Thank you for sharing!

    Januari 4, 2019 at 12:34 pm
  • Reply Erny K

    Huah, penjelasanmu bikin aku langsung pengen purchase. Sejauh ini aku belum begitu tertarik dengan minyak-minyakan. Tapi tergoda sama klaim bikin kenyal dan menghidrasinya. Somehow aku suka sekali kulitku lembab.

    Januari 5, 2019 at 10:42 pm
  • Reply Swastikha

    Selalu suka baca reviewnya mia, lengkap dan dapat ilmu tambahan. Setelah nyobain grapseed oil, kok saya pengin coba face oil lainnya ya

    Januari 7, 2019 at 8:02 am
  • Reply mrsdirman

    Saya baru buka squalane TBB minggu lalu setelah berjuang ngabisin rosehip oilnya TBB setelah errr 3 bulanan… artinya saya lumayan boros ya pakenya?
    Btw, browsing2 di shopee banyak rosehip oil versi china yg murmer, 30 ml harganya 58rban, 100ml malah ada yg jual 120rb. Ada juga rosehipnya The Ordinary harganya 120rb… wkwkwk kira2 asli gak ya?

    Januari 12, 2019 at 10:14 am
    • Reply Azzahra R Kamila

      Nggak sih Mbak, akunya ngawet ngawet hehe. Bisa asli bisa palsu, tapi biasanya bagus atau enggaknya dipengaruhi asal muasal di mana rose-nya dipetik, jadi aku pikir mending beli yang udah pasti pasti aja, Mbak. Semakin mahal, kualitasnya makin bagus 😀

      Januari 14, 2019 at 8:14 am
  • Reply Nizmi Nasution

    Cara penyimpanan face oil thebathbox pure squalane gimana ya kak? Apakah harus dimasukin kulkas?

    Februari 19, 2019 at 10:38 pm
    • Reply Azzahra R Kamila

      Aku sih masukin kulkas. Nggak juga gak papa sih selama bau, warna, konsistensi gak berubah

      Februari 27, 2019 at 3:24 pm

    Leave a Reply