Beauty Make Up

[REVIEW] Sulamit Cosmetics Smart Stay Matte Lippaint

Baru baru ini, Sulamit Cosmetics melakukan  rebranding dengan melakukan perubahan logo.  Adakah yang menyadarinya, kira-kira?  Sulamit Cosmetics sendiri merupakan brand indie lokal baru berlogo MUI yang saat ini ikut terjun meramaikan dunia kosmetik makeup Indonesia.  Kira-kira, gimana, ya, performansinya?

[REVIEW] Sulamit Cosmetics 

Ini kali pertamanya saya mencoba memakai Sulamit. Sebelumnya, mungkin kamu pernah membaca review dari beberapa blogger yang sudah mencoba. Saya jadi agak penasaran ketika mendapat paket Sulamit x Beautiesquad. Nah, bedanya sih, tahun ini mereka melakukan perbaikan dari segi packaging.  Mungkinkah formulasinya juga jadi lebih baik?

Packaging

Yuk coba dibahas satu-satu, dimulai dari lip cream!  Entah kenapa, lip cream Sulamit ini masih belum ada matinya, ya.  Hampir setiap bulan, selalu saja ada brand baru, atau brand lama mengeluarkan lip cream lokal dengan berbagai variasi warna atau perbaikan formula.  Tak terkecuali, Sulamit juga begitu.  Nah, yang dikirimkan pada saya kali ini adalah Smart Stay Matte Finish Lippaint  Stay Bright – 15.  Ada 11 varian warna untuk Sulamit Cosmetics lip cream, yaitu:

  • Stay Happy – 30 (best seller)

  • Stay Bright – 15 (best seller)

  • Stay Gorgeous – 30 (best seller)

  • Stay Amazing – 22

  • Stay Fabulous – 20

  • Stay Pretty – 60

  • Stay Dazzling – 61

  • Stay Humble – 24

  • Stay Outstanding – 40

  • Stay Nice – 50

  • Stay Positive – 17

  • Stay Friendly – 16

Dari segi warna, hampir segala jenis warna mainstream ada di sini.  Mulai dari nude hingga warna magenta dan ungu.  Keunggulannya, karena ada banyak pilihan warna, kamu bakalan bingung mau milih beli yang mana, hehehe.

Untuk lip cream, tangkainya cukup panjang, dengan bentuk miring.  Sebetulnya ini cukup enak untuk digunakan ketika menyapukan lipstik ke bibir. Jadi, good job dalam hal ini!

Nah, untuk botolnya sendiri terbuat dari plastik dengan tutup berwarna putih.  Secara keseluruhan, benar-benar minimalis, dengan ukiran nama brand di samping.

Untuk lipstik berikutnya, Sulamit Smart Stay Velvet Lip Last yang Stay Sweet, merupakan lipstik bentuk putar yang konvensional.  Ada 7 varian untuk lipstik ini, yaitu:

  • Stay Lovely – 22 (best seller)

  • Stay Glam – 21 (best seller)

  • Stay Sweet – 20 (best seller)

  • Stay Gentle – 12

  • Stay Soulfull – 14

  • Stay Charming – 13

  • Stay Smiling – 10

Untuk lipstik velvet pun ada beragam variasi, hanya saja untuk lipstik genre ini, warna yang mendominasi adalah warna nude kecoklatan dengan berbagai tone. Warna tabungnya biru muda elektrik; di satu sisi saya menangkap kesan bahwa Sulamit lebih diperuntukkan bagi remaja atau menuju dewasa muda yang baru belajar menggunakan makeup. Tapi apakah benar demikian? Itu sesuatu yang bisa dijawab oleh Sulamit sendiri.

Baca Juga:  [REVIEW] Pyunkang Yul Essence Toner, The Korean Herbal Skincare

Formulasi, Daya Tahan, Pigmentasi 

Gimana sih, dengan formulasinya sendiri?

Sebetulnya dari segi formulasi, buat saya varian lipstik Velvet dari Sulamit lebih unggul.  Ini karena teksturnya jauh lebih creamy sehingga ketika disapukan ke bibir, tidak membuat kulit bibir terkelupas atau kering setelah pemakaian beberapa jam.  Untuk tipe velvet ini cukup sheer, sehingga jika kamu suka lipstik yang bisa menampilkan sisi glowy dari bibirmu, kamu akan cenderung memilih yang ini. Namun tentu saja, karena sifatnya yang velvet, maka daya tahannya tidak begitu lama. Terkena air juga gampang hilang.

Dibanding dengan lipstik Sulamit Cosmetics yang matte, daya tahannya ini lumayan banget.  Saya biarkan mulai dari jam 16.00 sore hingga 21.00, stain-nya enggak hilang-hilang.  Padahal saya sudah wudhu dua kali.  Namun tenang saja, pakai cleansing oil juga pasti hilang.

Yang kurang saya sukai adalah teksturnya yang cenderung berminyak saat awal pemakaian.  Saya jadi seperti baru makan gorengan dalam bentuk lipstik… secara berlebihan Sebetulnya untuk beberapa lip cream matte, memang biasanya ada sensasi “berminyak”atau glossy karena adanya kandungan cyclomethicone. Cyclomethicone memang akan memberikan sensasi glossy ini di bibir.  Jika sifatnya ringan sih, enggak masalah, tapi malah jadi cenderung heavy di bibir.

Namun yang agak disayangkan adalah setelah beberapa jam pemakaian, kulit bibir saya jadi mudah terkelupas. Sebetulnya Sulamit Smart Stay Matte Lippaint ini  mempunyai daya tahan cukup baik; dan kemungkinan seiring semakin tua tone warnanya, kemungkinan besar akan semakin lebih awet juga di bibir.

Adakah yang menyadari bahwa saya di sini pakai bulu mata palsu?  Haha.

Baca Juga:  [REVIEW] Lalawin Matte UV Shield SPF 50 PA+++

Selain lipstik, saya juga mendapatkan produk terbaru dari Sulamit, yaitu Sulamit Twinkle Twin Faux Eyelashes 02.  Tipe bulu mata ini cukup pendek.  Di satu sisi, jika tidak ingin pakai maskara namun bulu mata tetap terlihat natural. kamu bisa mencoba memakai ini.  Saya sudah coba juga menggunakan  ini + kacamata.  Enggak mentok, karena memang diciptakan pendek.

Namun rasanya kamu akan kurang suka jika selama ini lebih cenderung memakai bulu mata yang cukup cetar.  Nah, cara mengakalinya cukup gampang.  Saya jadikan dua pasang bulu mata ini menjadi satu.  Jadi kalau dibutuhkan di acara-acara tertentu, biasanya saya akan memakai bulu mata  semacam ini.  Hasilnya gimana, sih?

Ini adalah hasil dari menumpukkan dua pasang bulu mata untuk kolaborasi dengan makeup challenge Beautiesquad. Jadi lebih terlihat, kan?

Sementara ini adalah hasil ketika memakai dengan satu pasang bulu mata.  Oya, ada hasil akhir untuk setiap pemakaian setiap pemakaian kedua lipstik juga!

Smart Stay Matte Lippaint Stay Bright – 15

review sulamit cosmetics

Smart Stay Velvet Lip Last Stay Sweet – 20

Oya, sekedar info:  kulit saya adalah NW-30, dengan warm undertone.  Jadi saya kurang yakin untuk lip paint yang saya pakai cocok digunakan oleh kamu yang memiliki warm undertone.  Namun untuk lipstik satin velvet, warna ini masih cukup masuk ke ranah warm undertone.  Namun saya lebih cenderung menyarankan bagi cool hingga neutral undertone yang memakai kedua lipstik ini.

Price

Saat ini lagi ada diskon khusus Shopee, loh!  Sulamit memiliki official shop di Shopee, dan ada diskon hingga 59% hingga 11.11.18 berakhir.  Untuk harga aslinya, saya uraikan sebagai berikut:

Lippaint: Rp 140.000 -> jadi Rp 71.500

Lip Last: Rp 110.000 -> Rp 52.000

Twinkle Twin Faux Eyelashes: Rp 80.000 -> Rp 32.500

Kamu bisa cek lebih lanjut di:

Website dan Instagram.

Will I Repurchase?

I don’t think I’ll buy again selama formulasinya belum diperbaiki hingga mendapatkan tekstur yang pas.  Namun saya cukup suka dengan bulu matanya yang mudah dipasang dan tidak menusuk mata.  Will reconsider to repurchase!

Rating

Lippaint: 2.5/5

Lip Last: 3/5

Twinkle Twin Faux Eyelashes: 4/5

 

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *