Follow:
Beauty, Make Up, Sponsored

[REVIEW] Produk Makeup Artist untuk Pemula, PAC Cosmetics!

Buat yang suka makeup, pasti tahu dong produk makeup artist lokal: PAC Cosmetics!  PAC merupakan singkatan dari Professional Artist Cosmetics.  Martha Tilaar memang sengaja membuat PAC berada di tingkatan yang jauh berbeda dengan saudara-saudaranya. Yup, karena filosofi PAC Cosmetics lebih mengedepankan pada kualitasnya sebagai international cosmetics, bisa dipakai untuk stage makeup look,  namun cocok segala jenis warna kulit orang Asia; memberikan ruang bagi makeup artist profesional untuk berkarya!

Produk Makeup Artist, PAC Cosmetics!

Beberapa waktu lalu, Beautiesquad bersama dengan PAC Cosmetics mengadakan sebuah kejutan tidak disangka-sangka: kolaborasi untuk makeup!  Tantangan yang diberikan cukup menarik, karena temanya adalah two faces makeup.  Saya sudah upload sebelumnya di sini: Beautiesquad x PAC Cosmetics Make Up Challenge: Two Faces Make Up.

Apakah produk ini berbeda dengan produk-produk makeup pada umumnya?  Mari kita simak bahasan berikut!

Performansi dan Daya Tahan

Swatch di atas merupakan swatch dari:

  1. PAC Eyeliner – White
  2. PAC  District X Single Eyeshadow- Purple
  3. PAC  Blue District X Single Eyeshadow- Midnight Blue
  4. PAC Eyeshadow Pencil Glamour Black – Black
  5. PAC Eyeshadow Pencil Glamour Black – Gold

Untuk masing-masing produk sudah saya coba semuanya ketika membuat makeup challenge bulan kemarin.  Sejauh ini saya lumayan suka dengan produk-produknya.  Untuk kedua single eyeshadow, enggak perlu swatch berulang-ulang, sudah pigmented formula! Begitu juga dengan eyeshadow berbentuk pensil warna hitam dan emas.

Berikut merupakan hasil ketika saya bersihkan dengan micellar water. 

Semua bahan yang dipakai untuk eyeshadow plus eyeliner mudah dihapus.  Enaknya sih gitu, jadi enggak perlu hapus berkali-kali, huehehe.  Tantangannya justru ketika menghapus lip cream dan juga maskara. 

Swatch di atas merupakan swatch dari:

  1. PAC Waterproof Mascara – Black
  2. PAC Satin Matte Lip Cream – Silk Cherry
  3. PAC Satin Matte Lip Cream – Minty Chocolate

Sebelumnya saya sudah pernah review bagaimana hasilnya ketika saya mencoba menghapus PAC Waterproof Mascara dengan cleansing oil.  Hasilnya agak mengecewakan, tapi bisa dimaklumi karena cleansing oil memang agak susah dipakai saat menghapus produk waterproof.  Nah, ketika saya coba dengan micellar water, hasilnya seperti ini:

Sekali usap, waterproof mascara langsung terangkat.  Begitu juga dengan lip cream.  Namun bukan berarti sisa-sisanya langsung menghilang dari tangan:

Kalau diperhatikan baik-baik, masih ada sedikit warna samar-samar waterproof mascara dan juga lip cream.  Ini nih alasannya kenapa double cleansing itu penting!  Perkara mending pilih mana antara cleansing oil vs micellar water , itu tergantung mana yang lebih kamu sukai!

Untuk maskara sendiri awet banget, memang beneran tahan lama! Itu karena maskara emang lumayan susah digosok, huehehe. Kalau mau kelihatan lentik, bagusnya sih pakai penjepit bulu mata dulu, lalu diaplikasikan beberapa kali.  Saya pernah coba pakai buat ke kantor, hasilnya bagus! 

Untuk lip cream, warna yang lebih tua memiliki daya tahan yang lebih baik, as always, dibanding dengan warna yang lebih muda atau nude. Sebetulnya dua-duanya tidak membuat bibir kering dan ada weightless sensation, tapi sayangnya masih tidak transferproof.  Padahal sudah lewat sejam setelah pengaplikasian, lho.

Baca Juga:  [REVIEW] Lalawin Daily Defense Body Foundation

Kalau kamu pikir enggak masalah jika tidak transferproof, kedua lip cream-nya oke.  Seperti biasa, kalau kamu makannya barbar, lip cream dijamin hilang.  Tapi kalau berhasil makan cantik, atau cuma minum, lip cream stay sampai sekitar 5-6 jam. sebelum memudar di bagian dalam bibir.

Selain itu ada juga bedak tabur dari PAC yaitu PAC Loose Powder yang 03!  Loose powder satu ini ber-netto 25g.  Saya enggak yakin bakal habis secepat itu, lol.  Saya lumayan suka dengan bedak taburnya.  Hasilnya agak shimmer di kulit; karena memang seharusnya professional makeup panggung – tapi cukup baik dan long lasting.  Kira-kira 4-5 jam nampol di wajah.  Kulit saya kombinasi, jadi kalau mau pakai ini harus pakai primer dulu biar enggak langsung berminyak setelah 2-3 jam pakai.

Warnanya cocok banget sama kulit saya! FYI, skin tone saya NW 30. Pernah saya hanya pakai bedak saja (tanpa foundation), hasilnya cukup bagus, medium coverage. 

Untuk foundation, warnanya agak lebih terang sedikit dibanding warna kulit asli. Contohnya adalah sebagai berikut.

Saya enggak bisa bilang ini no cracky, karena kondisi kulit saya dehidrasi.  Sementara foundation ini tipenya cenderung kental dan mengering sangat cepat; istilahnya powdery kali, ya?  Jadi di sekitar hidung pasti deh ada celah, huehe.  Biasanya saya ngakalin dengan mencampurkan oil biar kulit terhidrasi.

Tapi untuk performansinya oke, ini ultra HD makeup. Untuk extra coverage saya enggak begitu menyarankan untuk di-layer, karena sekali aplikasi juga udah cukup menutupi bekas jerawat.  Mending tambah concealer aja kalau emang kurang tertutup. Ini lumayan long lasting, sekitar 5-6 jam.

 

Packaging 

Untuk eyeshadow seri District-X, sebetulnya PAC menyediakan palette khusus kosong untuk kita isi sendiri.  Tapi karena saya hanya memiliki single eyeshadow saja, maka kemasannya pun standar.  Tapi dengan ukuran kayak gini kayaknya enggak akan habis-habis, lol.  Saya suka dua-duanya karena matte; hampir semua eyeshadow yang saya punya ada shimmer-nya. Kedua produk ini longlasting formula, jadi mau dipakai seharian juga masih terlihat. Cocok deh buat dipakai style yang intense makeup. 

Saya agak menyayangkan eyeshadow pencil-nya.  Permukaannya cukup lunak sehingga tidak membuat mata seperti tertusuk saat mengaplikasikan ke bagian kelopak mata.  Tapi memang saat mau digunakan, baiknya itu enggak ditekan kuat-kuat agar tidak mudah patah.

Baca Juga:  [REVIEW] Sulwhasoo Cushion vs IOPE Cushion vs Innisfree Cushion

Saya pakai eyeshadow, dan ujungnya somplak.  Sedih.

Untuk eyeliner juga cukup empuk untuk digunakan, dan sebetulnya sama seperti eyeshadow pencil, saat digunakan sebaiknya jangan ditekan keras-keras.  Untuk keduanya diperlukan rautan ; kalau misal mau manual bisa pakai cutter.  

Untuk lip cream-nya sendiri, bentuknya tabung panjang seperti pada umumnya lip cream yang dijual di pasaran.

Setelah disapukan ke bibir, hasilnya adalah satin finish.  Warna yang saya pakai adalah Silk Cherry dan Minty Chocolate.  Saya biasanya mengaplikasikan dengan menyapukan keduanya bersamaan hingga membentuk ombre lips. 

Untuk bedaknya,  enggak ada kaca atau cermin di sini.  Tapi kalau dilihat dari tujuannya sebagai produk untuk makeup artist atau profesional, sebetulnya cermin yang digunakan bakalan beda sih.  Jadi tidak menyertakan cermin pun enggak begitu masalah.

Untuk foundation-nya berukuran 30 ml.  Pake beberapa dot juga udah cukup banget, jadi enggak paham lagi deh kapan ini bakal habis, haha.  Oya, karena botolnya kaca, harus agak hati-hati, ya.  Saya anaknya ceroboh, jadi suka takut sama tipe foundie kayak gini.

Makeup Look

Dan inilah hasil akhir ketika saya memakai PAC Cosmetics!  Emang bagus kalau kamu ingin mendapatkan hasil bold and expressive looks! 

Apakah Halal?

Yes, this is halal cosmetics! Saya sudah mengeceknya di salah satu website terpercaya nonpemerintah yaitu Halal Corner.  Mereka sendiri mendapatkan keterangan dari LPPOM MUI langsung. Kamu bisa mengeceknya di sini atau di web Halal Corner.

Price

Untuk harga kisarannya berbeda-beda, kamu bisa cek langsung di website-nya. Namun dari yang saya lihat di Martha Tilaar Shop, kamu harus mengeluarkan kocek mulai dari Rp 100.000 – Rp 300.000 perproduk.  Sebetulnya untuk ukuran luxury, premium, high end product macam ini wajar saja, sih, wong ini memang line yang sengaja dibuat khusus bagi kamu yang ingin belajar menjadi makeup artist atau makeup artist profesional.  Jangan lupa cek FacebookTwitter,Instagram, untuk mengetahui update produk terbaru!

Will I Repurchase?

Harganya cukup mahal, dan karena saya hanya butuh buat ke kantor, I think, no. Tapi saya merekomendasikan ini buat kamu yang memang ingin merintis karir sebagai makeup artist, terutama eyeshadow-nya!

Rating

  1. PAC Eyeliner – White   3/5
  2. PAC  District X Single Eyeshadow  5/5
  3. PAC Eyeshadow Pencil Glamour Black 4/5
  4. PAC Waterproof Mascara – Black  4/5
  5. PAC Satin Matte Lip Cream – Silk Cherry 4/5
  6. PAC Satin Matte Lip Cream – Minty Chocolate 3/5
  7. PAC Loose Powder 3/5
  8. PAC Liquid Foundation 2.5/5

 

Share:
Previous Post Next Post

You may also like

2 Comments

  • Reply Lulu Khodijah

    Bari tau euyy eyeshadow pencil. Lebih enakeun dipake ngga daripada yg biasa?

    Desember 11, 2018 at 10:33 am
    • Reply Azzahra R Kamila

      Aku lebih suka yang biasa, haha, soalnya kalo ini rada bingung mau nyerutnya gimana. Pakai cutter kayaknya bisa tapi belum nyoba

      Desember 11, 2018 at 12:50 pm

    Leave a Reply