Follow:
Beauty, Skin Care

[REVIEW] Iunik Calendula Complete Cleansing Oil

Melanjutkan battle dengan Biore Cleansing Oil Makeup Remover , sekarang saya akan bahas Iunik Calendula Complete Cleansing Oil!  Yes, saya sengaja membuat postingan terpisah supaya enggak terlalu panjang, hehe. Nah mari kita mulai bahasannya!

Iunik Calendula Complete Cleansing Oil

Intermezzo. Di video pertama saya soal basic skincare, saya menggunakan Iunik!

Nah, saya mendapat kesempatan mencoba produk dari Iunik.  Sebetulnya ini sudah dikirim dan saya terima awal November kemarin, tapi baru sempat saya bahas sekarang, wkwk. Iunik merupakan brand Korea indie yang mengusung tema minimalis, mulai dari packaging hingga komposisi produk yang benar-benar natural.  Bikin saya skeptis, haha.

Saya sudah cukup lama kepo dengan produknya Iunik. Kemasan mereka minimalis, plus enggak terlalu banyak cingcong.  Walaupun packaging lucu itu menarik, saat ini saya lebih tertarik melihat fungsinya.  Kalau enggak guna kan ngapain, wkwk.

Seperti apa sih, komposisi dari produk ini?

Ingredients

Helianthus Annuus (Sunflower) Seed Oil,  Canola Oil, Calendula Officinalis Flower extract, Sorbeth-30 Tetraoleate, Simmondsia Chinensis (Jojoba) Seed Oil, Macadamia Ternifolia Seed Oil, Cananga odorata flower oil, Sorbitan Sesquioleate

What You Should Know About The Ingredients

  1. Hal yang cukup disayangi, sunflower seed oil, jojoba seed oil, macadamia seed oil, dan Sorbitan esquioleate bisa jadi musuh kamu jika kamu punya fungal acne.  Fungal acne bukan jerawat ya, hanya saja memang bentuknya menyerupai jerawat.  Bahkan saat kamu pakai obat jerawat mana pun, fungal acne ini akan tetap stay.  Fungal acne disebabkan oleh Malassezia, bukan P.acnes yang biasanya penyebab jerawat.  jadi kamu perlu mencari produk yang cocok untuk melawan Malassezia!
  2.  Produk ini mungkin kurang cocok untuk kulit sensitif, karena terdapat Cananga Odorata Flower Oil, atau dikenal juga sebagai Ylang Ylang. Jika kulitmu mengalami inflamasi atau dermatitis yang cukup parah, disarankan tidak memakai ini

How To Use

Basahi wajah dengan air.  Tambahkan beberapa pump, kemudian gosok ke area wajah beberapa menit.  Pastikan agak lebih lama jika kamu seharian di luar dan pakai makeup. Setelah itu bilas bersih, dan jangan lupa pakai face wash sebagai second cleanser.

What You Should Know About The Product

Produk dengan ukuran 200 ml ini disimpan dalam botol plastik. Karena tidak terdapat bahan pengawet sama sekali, maka sangat disarankan untuk menghabiskannya dalam waktu kurun waktu 6 bulan.  Saya butuh waktu 3 bulan untuk menghabiskan produk Biore, jadi sepertinya Iunik bertahan sekitar 4 bulan. Produk ini jauh lebih banyak dari Klairs, tapi harganya cukup murah.

Baca Juga:  [REVIEW] The Bath Box Pure Squalane 100%, Moisturizer Tanpa Bikin Iritasi!

Untuk setiap cleansing oil yang pernah saya coba seperti Biore, Avene, dan Klairs, biasanya selalu ada pelindung yang dibuat agar isinya tidak tumpah atau meluber ke mana-mana.  Bahkan Avene sendiri mengklaim bahwa bentuk botol mereka, meski tidak menggunakan bahan pengawet, dianggap aman karena menggunakan teknologi tinggi. Menurut saya ini memang wajib sih, karena memudahkan kita saat memakai produk.

Nah, gimana sih setelah ngebandingin dengan Biore, Avene, dan juga Klairs?

Di antara semuanya, urutan oil yang paling ringan adalah:

  1. Klairs

  2. Biore

  3. Iunik

  4. Avene

Jenis solvent yang dipakai pun cukup mempengaruhi alasan mengapa masing-masing produk memiliki tingkat keringanan yang berbeda-beda.  Solvent merupakan zat kimia yang sifatnya melarutkan atau mengencerkan zat kimia lain.  Ini salah satu alasan mengapa tingkat keringanan setiap produk beda-beda.  Boleh dites kalau mau.

Apakah produk ini safe untuk semua kulit?  Sayangnya, enggak sama sekali.

Untuk Klairs, jenis solvent-nya enggak cocok untuk fungal acne, so say goodbye, kamu enggak bisa nyoba produk ini. Untuk Biore, surfaktannya yang merupakan musuh utama fungal acne. Namun jenis solvent-nya, isododecane, biasa digunakan dalam lipstik, dan memang memiliki sifat weightless.  Sementara Iunik, musuh utama fungal acne adalah oil itu sendiri.  Untuk Avene, musuh utamanya adalah evening primrose oil dan surfaktan; jadi bahkan sekelas Avene pun kurang cocok untukmu.

Baca Juga:  [REVIEW] Indoganic Rosehip Oil: Cara Ampuh Menghilangkan Bekas Jerawat dalam 2 Minggu

Tapi jika kulitmu baik baik saja, maka insyaAllah kamu mungkin cocok dengan produk ini.  Lebih baik patch test dulu, ya, siapa tahu enggak cocok.

Dari segi performansi gimana?  Buat saya B aja, sih.  Sama saja seperti Biore.  Efek akhir setelah memakai ini juga enggak bikin wow banget, atau ngerasa kulit kenyal seperti setelah saya pakai Avene dan Klairs.  Entah jenis oil, entah alasan lain, yang pasti Iunik ini standar banget setelah saya pakai sendiri ke muka.

Untuk wanginya sendiri agak mengganggu; mungkin kalau kamu suka wangi natural enggak masalah.  Saya lebih suka produk yang wanginya soft atau enggak ada sama sekali. Tapi setelah lama kelamaan, udah enggak begitu tercium.

Saya menguji dengan jenis kosmetik yang sama di bahasan Biore Cleansing Oil Makeup Remover, dan hasilnya sama saja dengan saat saya menguji coba Biore.

Dan yes, produk yang agak susah hilang adalah maskara waterproof dari PAC. Harus digosok sabun cuci muka dulu baru hilang.  Ini alasan kenapa saya bilang performansinya B aja, sama seperti Biore. Jadi memang ada alasannya kenapa Klairs dan Avene mahal, wkwk.

Ini foto setelah saya mencuci dengan sabun cuci muka. Kalau kamu perhatikan baik-baik, masih ada sedikit garis bekas maskara waterproof.  Hmm, apakah saya mengolesnya terlalu banyak, atau memang produknya gitu gitu aja?  Entahlah, ya.

Price

Harga di tiap online shop bervariasi.  Namun saya lebih cenderung merekomendasikan kamu membelinya di Beauty Glowing, The Naked Series, dan Schminkhaus. Kisaran harga sekitar Rp 200.000 ke atas.

Will I Repurchase?

Saya lebih tertarik membeli Biore.

Rating

3/5

 

Share:
Previous Post Next Post

You may also like

No Comments

Leave a Reply