Follow:
Beauty, Skin Care

[REVIEW] Emina 2 in 1 Scrub Mask; Apakah Walnut Scrub Bahaya?

Salah satu produk baru Emina yang belum muncul di toko offline (hingga awal Desember 2019) adalah Emina 2 in 1 Scrub Mask! Saya tahu keberadaannya dari @niputuchandra yang mendapatkan ini dari @tokopalugada Instagram. Seperti kemunculan produk Emina pada umumnya, tentu saya penasaran dan enggak mau ketinggalan.

Soalnya nih… kalau kamu ngikutin berita skincare terkini, pasti pernah dengar dong kontroversial produk Kylie Jenner yang walnut scrub. Sementara itu, Emina sendiri menggunakan walnut scrub sebagai bahan utamanya.

Bahaya enggak, sih?

[REVIEW] Emina 2 in 1 Scrub Mask

Emina 2 in 1 Scrub Mask

Produk ini dikemas dengan jar plastik minimalis.  Mudah dibawa ke mana mana karena ukurannya travel friendly.  Walnut sendiri berwarna coklat, sehingga kemasan Emina 1 in 1 Scrub Mask turut mempresentasikan isi dari kemasan.

Ini mirip, ya, sama kemasan  Emina Cosmetics Aqua Infused Sleeping Mask , namun sleeping mask-nya agak transparan.  Sementara yang ini enggak. Kayak biasa, kalau kamu ngintip foto pertama produk ini, Emina 2 in 1 Scrub Mask menyertakan spatula mini sehingga lebih higienis.

Ingredients 

Aqua, Propanediol, Glycerin, Kaolin, Dipropylene Glycol, Hydrated Silica, Glycereth-26, Jugians Regia (Walnut) Shell Powder, Sodium Polycrylate, Phenoxythanol, Silica, Xanthan Gum, Ammonium Acryloylmethyltaurate/VP Copolymer, Chlorphenesin, Sodium Hydroxide, Vaccinium Myrtillus Fruit Extract, Carbomer, Disodium EDTA,Saccharum Officinarum (Sugar Cane Extract), Butylene Glycol, Citrus Aurantium Dulcis (Orange) Fruit Extract, Citrus Lemon (Lemon) Fruit Extract, Acer Saccharum (Sugar Maple) Extract, Actinida Polygama Fruit Extract

What You Should Know About The Ingredients

  1. Walnut scrub memang kontroversial.  Komunitas skincare global menganggap produk ini terlalu kasar untuk digunakan di kulit. Pada 2017, sempat ada isu mengenai penggunaan St Ives yaitu apricot scrub, dan sempat ada kasus lain yang menuntut suatu perusahaan karena walnut scrub di suatu produk menyebabkan kulit iritasi. Meski kasus ini akhirnya tidak lagi diteruskan pada akhir 2018.
  2. Hal lain yang menyebabkan walnut scrub jadi pusat perhatian pada pertengahan tahun lalu adalah pernyataan Kylie Jenner yang mengatakan bahwa scrub tersebut aman digunakan setiap hari. Kenyataannya, ukuran partikel walnut scrub dan kulit kitalah yang menentukan apakah ini aman dipakai setiap hari. Berdasarkan dari keterangan dermatologist Dr Deanne Mraz Robinson, tips ini tidak valid mengingat eksfoliasi berlebihan menyebabkan kulit iritasi, kering, dan mengganggu skin barrier. 
  3. Terlepas dari isu kontroversinya, Emina 2 in 1 Scrub Mask ini aman dipakai untuk semua jenis kulit, termasuk jika kamu punya fungal acne.
  4. Sangat disarankan untuk digunakan 1-3 kali seminggu saja, karena ukuran partikelnya cukup besar.
  5. Memiliki wangi kacang yang khas, namun tidak mengganggu

How To Use

Jika ingin menggunakannya sebagai scrub, pijat lembut dengan gerakan memutar lalu bilas hingga bersih. Jika ingin menggunakannya sebagai masker, aplikasikan pada wajah, diamkan selama 10-15 menit, kemudian bilas. Gunakan 2-3 kali seminggu.

Baca Juga:  [REVIEW] Produk Makeup Artist untuk Pemula, PAC Cosmetics!

What You Should Know About The Product

Emina 2 in 1 Scrub Mask

Beginilah penampakan isi produk. Cukup kental karena keberadaan carbomer dan xanthan gum. Titik titik pada Emina 2 in 1 Scrub Mask adalah butiran scrub dari kacang walnut. 

Emina 2 in 1 Scrub Mask

Buat saya sih, ini ukuran partikelnya cukup besar. Saat saya coba oleskan ke tangan, sensasi gerinjel kasar langsung terasa di kulit.

Emina 2 in 1 Scrub Mask

Sejujurnya, ini mengingatkan saya akan muesli, lol. Bedanya, enggak bisa dimakan. Emina sendiri mengategorikan produk in 2 in 1, jadi sebetulnya kalau kamu enggak mau menggunakan produk ini sebagai scrub, kamu bisa kok pakai sebagai masker.

Ketika pertama kali saya menggunakan masker Emina, hal pertama yang saya sadari adalah gerakan memijit harus benar benar pelan dan enggak terburu buru. Soalnya nih, yang bikin kulit terasa kering dan iritasi setelah menggunakan scrub, salah satunya adalah metode pemakaiannya yang salah. Makanya, daripada ngegosok terlalu keras, lebih baik pijit secara santai saja. Baru setelah itu bilas dengan air bersih.

Baca Juga:  [REVIEW] Posy Beauty Lipstick Matte

Cara paling aman, jika kulit kamu cukup sensitif terhadap butiran scrub, kamu cukup menggunakan ini sebagai masker. Jadi jika kamu ragu tapi kepo, ya enggak perlu digunakan sebagai scrub. Pendekatan “2 in 1” di mana produk ini bisa jadi scrub dan mask sekaligus itu menarik. Jadi kita bisa milih mau menggunakannya sebagai apa.

Emina 2 in 1 Scrub Mask

Saya sendiri lebih suka pakai ini sebagai scrub dibanding mask, karena saya lebih suka masker yang bisa memberikan kelembapan dan kenyamanan. Ini cukup ok sih kalau dipakai sebagai masker sementara waktu. Cukup pijit setengah menit, lalu bilas dengan air.

Untuk metode penyimpanan, saya lebih suka menaruh Emina 2 in 1 Scrub Mask di suhu ruang, enggak di kulkas. Tapi jika kamu ingin sensasi cool saat memakainya sebagai masker, cukup taruh satu sendok makan di dalam kulkas, sebelum kamu memakainya ke wajah. Bikin seger juga, kan!

Price

Harga Emina 2 in 1 Scrub Mask cukup terjangkau.  Waktu saya beli November 2019, harganya masih Rp 37.000 di Toko Palugada. Di toko online lainnya, kira kira kisaran harganya sekitar Rp 35.000 – Rp 45.000.  Kemungkinan kalau ada di toko offline, harganya kisaran Rp 40.000 – Rp 50.000.  Untuk produk ukuran 50 ml, ini affordable dan memiliki konsep menarik.

Will I Repurchase?

Meski menarik, saya tetap lebih suka menggunakan peeling gel untuk physical scrub, karena lebih gentle. Physical scrub mampu mengangkat sel-sel kulit mati di permukaan kulit, namun karena keterbatasan itu jugalah yang menyebabkan physical scrub enggak sewow itu. Saya lebih suka mengombinasikannya bersamaan dengan chemical peeling. Kesimpulannya: This is a nice to try product but won’t repurchase. 

Rating

3/5

Share:
Previous Post Next Post

You may also like

5 Comments

  • Reply Dilla

    Berarti ini butirannya sama kasar seperti St. Ives apricot ya, Mia??

    Desember 9, 2019 at 9:22 am
    • Reply Azzahra R Kamila

      Iyaa, kalo aku bandingin sih sama. Sayang ya nggak bisa dipecah lagi jadi lebih kecil

      Desember 10, 2019 at 9:15 am
  • Reply Fazirotul Firdaus

    Aku udah coba pakai belakangan ini dan sejauh ini, aku lebih suka memakai produk ini sebagai masker karena butiran scrubnya jadi kayak lebih jinak kalau dipakai buat masker

    Desember 10, 2019 at 8:23 am
    • Reply Azzahra R Kamila

      Butirannya sebagai scrub soalnya lumayan gede sih yaa

      Desember 10, 2019 at 9:14 am
  • Reply Fanny F Nila

    waah ampir mirip ama st ives apricot yaaa. kalo mirip, kemungkinan besar ga bakal cocok di aku. kulitku sensi banget mba, trutama ama scrub gini :(. lgs bruntusan yg ada. jd hrs cari yg scrubnya halus, yg cocok utk kulit sensi.

    Desember 10, 2019 at 3:00 pm
  • Leave a Reply