Follow:
Beauty, Skin Care, Sponsored

[REVIEW] Elsheskin Protection Day Cream, Sunscreen dengan SPF 30!

Sebetulnya sudah lebih dari sebulan yang lalu saya mendapatkan Elsheskin Protection Day Cream. Tapi baru kali ini saya ulas, berhubung butuh waktu untuk menyebutkan gimana sesungguhnya kinerja produk ini.

Yang pasti, kalau saya sedang malas pakai sunscreen saya yang biasa dalam ruangan, biasanya saya pakai Elsheskin Protection Day Cream.

Elsheskin Protection Day Cream, Moisturizer dengan SPF!

Saya sempat menyangka ini moisturizer dengan SPF, tapi ternyata bukan, wkwk.  Ini memang sunscreen, setidaknya menurut klaim Elsheskin. Kandungan SPF-nya 30.  Hmm, sayang banget deh enggak ada keterangan PPD atau PA di sini.

Nah, kalau kamu ngikutin IG story saya di highlight (tentang skala Fitzpatrick), tentu kamu tahu bahwa rata-rata orang Indonesia butuh perlindungan dari sinar UV dengan kisaran SPF minimal 15 dan 30.  Tergantung kamu termasuk jenis kulit yang mana.  Ini sebetulnya enggak mutlak sih, cuma bisa dijadikan basis saat kamu memutuskan beli sunscreen atau moisturizer dengan SPF. Oya, pakai sunscreen di atas SPF 30 enggak bahaya, kok. Justru bisa memberikan proteksi hingga  98% (meski enggak menjamin berapa lama kamu mendapatkan proteksi).

Ingredients

Aqua, Ethylhexyl Methoxycinnamate, Propylene Glycol, Caprylic/Capric Triglyceride, Cetearyl Alcohol, PEG-20 Stearate, Stearic Acid, Benzophenone-3, Carbomer, Cetyl Alcohol, Tocopheryl Acetate, Panthenol, Methylparaben, Propylparaben, Disodium EDTA, BHT, Imidazolidinyl Urea, Aloe Barbadensis Leaf Extract, Hamamelis Virginiana Extract

What You Should Know About The Ingredients

  1. Terdapat sunscreen agent berupa octinoxate dan benzophenone-3. Nama lain benzophenone-3 ini adalah oxybenzone.  Sedangkan nama lain octinoxate adalah Ethylhexyl methoxycinnamate. Di luar negeri banyak yang cenderung menghindari produk mengandung octinoxate dan benzophenone-3… jadi agak kocak juga sih dua bahan ini disatukan dalam satu produk.  Perkara apakah aman atau enggak, saya pernah share cheat sheet sunscreen agent di sini Sunscreen yang Bagus: 8 Hal yang Perlu Kamu Ketahui Sebelum Memilih Sunscreen Terbaik

  2. Hal yang saya sayangkan adalah kemampuannya dalam absorpsi.  Keduanya mampu menangkal UVB dan UVA-2, namun tidak dengan UVA-1.  Kamu akan lebih mengerti soal panjang gelombang UVA-1 dan UVA-2 kalau membaca lebih lanjut artikel saya berjudul: “Sunscreen yang Bagus.” Namun kalau kamu memang yakin akan seharian di dalam ruangan, jauh dari jendela, pakai ini sudah cukup.

  3. Yang punya fungal acne, menyerahlah dan cari sunscreen yang lebih cocok dengan kondisi mukamu.  Keberadaan stearic acid dan PEG-20 stearate sudah menegaskan ketidakcocokan produk ini dengan kulitmu.

  4. Hal yang menarik, saya sama sekali enggak ngalamin ketidakcocokan dengan produk ini.  Padahal saya lumayan ketar ketir pas tahu ada Imidazodinyl urea, soalnya pernah pakai produk dengan bahan pengawet ini, dan enggak cocok.  Tapi mungkin karena persentasenya sangat kecil jadinya enggak ngaruh apa apa ke kulit.

What You Should Know About The Product

Saya suka karena bentuknya pump, jadi memudahkan untuk dipakai.  Lebih higienis juga jadinya.   Sebetulnya secara tekstur lebih seperti day cream (emang day cream sih), ketimbang sunscreen yang biasa saya pakai.  Kalau kamu belum tahu, saya sempat membandingkan Purito vs Klairs, dua sunscreen yang saat ini sedang saya pakai di postingan bulan lalu. Teksturnya lebih thin (yang ini lebih thick) dan gampang diratakan.

Baca Juga:  [REVIEW] Laneige Layering Cover Cushion No #23 Sand Beige

Kayak ginilah.  Begini hasilnya ketika saya coba ratakan.  Memang harus diaplikasikan dengan baik supaya enggak sampai nyisa putih putih di wajah.

Sebetulnya untuk kulit saya yang oily di bagian T-zone, dan dehidrasi di sekitar mulut dan hidung, viskositas produk ini cukup enak.  Maksudnya, kalau saya lagi males pakai apa-apa, cukup pakai Hatomugi Skin Conditioner dan sunscreen ini saat berada di kamar. Meski kamar saya menghadap arah barat, karena lagi mendung, jadi pancaran sinar matahari enggak menyemburat kayak biasa.

Kalau kamu kepo apakah ini menyebabkan white cast, sebetulnya enggak sih.  White cast biasanya disebabkan oleh bahan sunscreen bernama zinc oxide dan titanium dioxide yang memang memiliki warna putih sejak awal, jadi saya pikir inilah penyebab white cast.  Sementara sunscreen ini jenis organik alias chemical sunscreen seratus persen.

Baca Juga:  Perlukah Penggunaan Face Oil Ditambahkan Pada Rutinitas Skincare?

Banyak yang menghindari produk mengandung octinoxate dan oxybenzone.  Rumornya, octinoxate ini akan kehilangan keefektifannya ketika terekspos sinar matahari. Selain itu octinoxate juga dikatakan menyebabkan kanker diakibatkan oleh penelitian terhadap tikus yang diberi makan octinoxate. Well… masalahnya adalah kita bukan tikus, dan kita tidak makan octinoxate langsung.  Ada aturan yang perlu dipatuhi juga soal persentase penggunaan UV filter ini. Jadi saya pikir masih aman, kecuali kamu alergi dengan octinoxate. Dan perkara jika octinoxate ini mengalami degradasi, biasanya ia memang tidak berdiri sendiri.  Ada bahan sunscreen lain yang biasanya dicampurkan, dalam hal ini adalah oxybenzone. 

Nah, kalau oxybenzone ini gimana statusnya?

Oxybenzone bisa menyebabkan iritasi JIKA KAMU ALERGI.  Kebetulan saat saya coba enggak mengalami apa-apa. Namun saya emang agak menyayangkan saja bahwa Elsheskin hanya menggunakan dua jenis bahan sunscreen ini tanpa melengkapi perlindungan terhadap UVA-1.

Price

Harganya Rp 85.000 untuk ukuran sekitar 15 ml.  Mahal, sih. Kamu bisa beli di Shopee, Tokopedia, atau di website langsung.  Jangan lupa pakai kode SQUADKAMILA supaya kamu dapat potongan saat belanja di website resmi!

Will I Repurchase?

Sebetulnya untuk moisturizer dengan SPF ini cukup, sih.  Tapi karena ia menyatakan diri sebagai sunscreen dengan SPF 30, agak kurang puas karena tidak melindungi terhadap spektrum UVA 1 sekaligus. Untuk ukuran 15 ml lumayan mahal, lho.  Jadi saya enggak akan beli (Produk ini diberikan pada saya dalam rangka endorsement).

Rating

2.75 / 5

 

Share:
Previous Post Next Post

You may also like

No Comments

Leave a Reply