Follow:
Beauty, Skin Care

[REVIEW] Elsheskin Normal Skin Cleanser Wash + Refresh Toner

Selamat berakhir pekan, semuanya!  Sebagai penutup akhir tahun, saya mau review produk Elsheskin Normal Skin.  Jadi, beberapa waktu lalu saya menerima box cantik dari Elsheskin.  Kalau kamu tahu brand lokal asal Yogyakarta ini, tentu kamu tahu satu strategi marketing-nya itu cukup unik. Staf Elsheskin akan membantu kamu untuk memilihkan produk mereka sesuai dengan jenis kulit kamu.

Dan yang saya dapatkan adalah Normal Skin!

Elsheskin Normal Skin Cleanser Wash + Refresh Toner

Sebetulnya, kulit manusia umumnya masuk ke kategori kombinasi.  Jadi yang dimaksud dengan kulit normal adalah kulit kombinasi, menurut Liah Yoo. Karena senormal-normalnya kulit, pasti kamu setidaknya memiliki minyak natural bernama sebum.

Nah, istilah kulit kombinasi sendiri sebetulnya agak kurang tepat.  Jadi lebih cocok disebut dry-oily, atau dehydrated-oily.  Karena kalau nyari jurnal, susah lho nyari jurnal ngomongin “combination skin.” Lebih gampang nyari “dry skin” atau “oily skin.” Jadi buat kita-kita yang kombinasi, artinya kita punya dua kategori berbeda secara bersamaan di satu wajah.

Itu yang bikin kita bingung mau milih produk macam apa yang cocok buat kulit, huahaha.

Tapi begitu kamu mengenali apakah kamu termasuk jenis dry-oily atau dehydrated-oily, kamu cenderung lebih mudah mengatasi masalahmu.  Pakai produk untuk dry/dehydrated skin di area kulit kering/dehidrasi, terus khusus bagian yang sebum berlebih pakai produk ramah untuk oily skin atau kulit berminyak. Tapi saat ini ada banyak produk khusus combination-oily skin, jadi bisa juga kok pakai itu!

Jadi, sudah cukup jelas kan kenapa Elsheskin memilihkan saya produk untuk normal skin?

Ingredients

Cleanser Toner: Aqua, Sodium Laureth Sulfate, Cocamideopropyl Betaine, Cocamide DEA, Sodium Chloride, Stearic Acid, Methylparaben, Citric Acid

Refresh Toner: Aqua, Propylene Glycol, Alcohol, Polysorbate 80, Methylparaben, Allantoin, CI 16255

What You Should Know About The Ingredients

  1. Perlu kamu ketahui kalau Refresh Toner mirip dengan makeup remover, tapi tidak sepenuhnya makeup remover.  Terdapat Polysorbate 80 yang merupakan surfaktan.  Tapi biasanya di makeup remover atau micellar water yang saya tahu, terdapat sekitar dua hingga tiga jenis surfaktan yang dipadukan untuk mengangkat makeup, kotoran, dan debu. Tapi nanti saya akan coba buktikan, apakah Refresh Toner ini cukup bagus untuk membersihkan wajah?
  2. Ada alcohol pada Refresh Toner. Kalau kamu sensitif sebaiknya hindari.  Yang masih saya pertanyakan adalah keberadaan allantoin.  Allantoin merupakan emollient yang cukup baik untuk kondisi kulit kering.  Jadi apakah dengan keberadaan alcohol + allantoin sebetulnya memberikan hasil seimbang?  Akan saya jawab di sesi berikutnya
  3. Sodium Laureth Sulfate (SLES) pada Cleanser Wash merupakan surfaktan anionik.  Surfaktan anionik biasanya menghasilkan busa yang cukup banyak.  Kalau kamu masih yakin jika sabun cuci muka berbusa = bersih, sebetulnya pendapat ini kurang tepat.  Ini tergantung dari masing masing karakteristik surfaktan; dan setiap surfaktan memang bisa menghilangkan sisa makeup, kotoran, dan debu
  4. Untuk mengatur viskositas Cleanser Wash.  Enggak enak kan, kalau kita pakai sabun cuci muka cair atau sabun cuci muka terlalu kental?  Maka ini alasannya mengapa terdapat surfaktan lain bernama Cocamideopropyl betaine yang berfungsi untuk bahan aditif fungsional
  5. Agar sabun cuci muka memiliki pH asam, maka terdapat pengontrol pH.  Di sini, bahan yang berfungsi untuk mengontrol pH adalah Citric acid.  Sodium chloride juga bisa dijadikan sebagai pH adjuster

What You Should Know About The Products

It’s a little bit dry for my taste. 

Sesungguhnya saya sempat berharap ini berada di standar yang kurang lebih mirip dengan Hadalabo yang biasa saya pakai.  Nyatanya… hmm, sayang banget.  Setelah saya cuci muka tiga kali dengan menggunakan Elsheskin Normal Skin Cleanser Wash, hasilnya tetap sama.  Agak sedikit keset.

Baca Juga:  [REVIEW] Innisfree No Sebum Toner, Cocok Gak Sih Buat Kulit Kombinasi?

Nilai plus dari Elsheskin Normal Skin Cleanser Wash ini adalah pH-nya yang cukup friendly dengan kulit.  Ketika saya cek, pH ada di kisaran 4.  Kulit kita memiliki pH di kisaran kuran lebih 4.2 – 5.9.  Jadi buat saya ini cukup banget.

Busa yang dihasilkan cukup banyak berkat SLES.  SLES beda ya sama SLS meski sama-sama di kategori anionik. SLES dinilai lebih gentle dari SLS.  Namun kalau kamu alergi dengan keluarga sulfate, sebaiknya kamu pakai produk sulfate free. 

Nah, ngaruh enggak sih, busa banyak dengan kemampuan membersihkan?  Semua jenis surfaktan pada dasarnya bisa bekerja ketika dicampurkan dengan berbagai jenis kategori air.  Dan bisa membilas kotoran dengan sempurna. Kalau kamu kebetulan pakai sabun cuci muka yang busanya kurang banyak, perlu dicari tahu, apakah surfaktan itu jenis anionik atau bukan?

Baca Juga:  [REVIEW] Laneige Layering Cover Cushion No #23 Sand Beige

Karena cuma itu saja alasan mengapa sabun kita berbusa lebih banyak.

Untuk Elsheskin Normal Skin Refresh Toner… sama saja, sih, agak keset setelahnya.  Biasanya saya langsung pakai toner dari Hatomugi Skin Conditioner setelah pakai ini.

Oya, saya belum pernah nyobain produk ini sebagai toner biasa sih, tapi pernah memperlakukannya sebagai makeup remover. 

Ki-Ka:

  1. Sariayu Jakarta Lip Cream J005
  2. Catrice Cosmetics Kohl Kajal 010
  3. PAC Cosmetics White Eyeliner
  4. PAC Cosmetics Intense Color Pencil Eyeshadow
  5. PAC Cosmetics Foundation

Ketika saya coba membersihkan dengan Elsheskin Normal Skin Refresh Toner, hasilnya adalah demikian:

Masih ada sisa residu lipstik dan eyeliner! Jadi ini memang kurang bagus buat dijadikan first cleanser.  Karena memang bukan, wkwk.  Tapi jika kamu merasa setelah cuci muka itu kayak kurang bersih, kamu bisa pakai Elsheskin Normal Skin Refresh Toner di tahap ketiga: toner persiapan.  Kalau terasa kering, tambahkan toner-mu yang biasa.

Kesimpulan: Saya bisa merekomendasikan ini untuk kulit dengan sebum wajah yang masih terkontrol.  Jika kamu dehydrated-oily kayak saya, jangan lupa pakai toner yang sifatnya hydrating untuk memberikan efek splash yang segar.

Price

Harganya cukup affordable untuk ukuran brand lokal. Kamu bisa membeli Cleanser Wash ini seharga Rp 60.000.  Elsheskin Normal Skin Refresh Toner juga Rp 60.000.  Lebih asyiknya lagi, kamu bisa menggunakan kode SQUADKAMILA untuk dapat diskon tambahan di website Elsheskin

Will I Repurchase?

Kayaknya enggak.  Tapi saya tertarik nyoba produk Elsheskin yang lain!

Rating

Elsheskin Normal Skin Cleanser Wash 3/5

Elsheskin Normal Skin Refresh Toner 3/5

 

Share:
Previous Post Next Post

You may also like

3 Comments

  • Reply Turis Cantik

    Aku juga pernah pakai tonernya elsheskin enang enak banget sih di kulit.

    Januari 2, 2019 at 2:16 pm
  • Reply Ulya

    Keren produknya ya mbak. Harganya juga keren. Wkwk

    Aku suka pake toner setelah cuci muka mbak. Biar lebih manteb dan makin seger aja.

    Januari 4, 2019 at 3:30 pm
    • Reply Azzahra R Kamila

      Sama. Aku juga langsung aplikasiin toner habis itu wkw

      Januari 7, 2019 at 10:37 am

    Leave a Reply