Follow:
Beauty, Skin Care

[REVIEW] Bravura London Salicylic Acid 2% untuk Mengatasi Jerawat!

Di episode Mengenal pH Kulit, AHA, BHA, dan Vitamin C saya pernah menyinggung soal BHA.  Nah, kebetulan Bravura London Salicylic Acid 2% ini memang sudah menjadi incaran karena memenuhi standar yang saya inginkan.

Bravura London Salicylic Acid 2%

Bravura London merupakan brand yang banyak menjual produk cocok untuk vegan asal Inggris. Mereka terkenal sebagai brand yang menyediakan actives seperti AHA, BHA, dan juga retinol dalam komposisi produk mereka.  Yup, bisa dibilang, mereka mirip The Ordinary dengan range harga serupa.

Tapi karena brand ini jarang terdengar, plus ongkos kirimnya muahal, jadi ketika saya beli, harganya naik jadi Rp 300.000.  Sebetulnya harga aslinya Rp 172.000 atau kisaran harga 9.59 poundsterling.

Ingredients

Distilled Water, Salicylic acid, Propylene Glycol, Hexylene Glycol, Sodium Citrate, Sodium Hydroxide.

How To Use

Saya biasa menggunakannya setelah face wash.  Karena pH-nya 3, maka urutan yang biasa saya pakai adalah sebagai berikut:

  1. Face Wash

  2. Bravura London Salicylic Acid 2%

  3. Serum X For Skin Sake atau The Ordinary Lactic Acid 5% 

  4. TMYS Thailand (vitamin C jenis MAP)

  5. Hydrating skincare

    Perlu diketahui bahwa urutan ini tidak mutlak harus sama seperti yang saya ikuti.  Kalau misal kulit kamu sensitif, atau merasakan sensasi cekit cekit, langkah untuk menguranginya adalah dengan mencoba pakai toner dan moisturizer dulu.  Diamkan beberapa menit (tergantung kamu maunya berapa menit), setelah itu baru pakai BHA. Jika masih tidak cocok, ganti.  Jangan pakai yang mengandung Salicylic acid.  Coba pakai yang mengandung Betaine salicylate.

What You Should Know About The Ingredients

  1. Salicylic acid termasuk pH dependent karena bisa bekerja ketika pH di bawah 4.  Normalnya itu dimulai dari pH 3

  2. Salicylic acid masuk kategori BHA.  Setahu saya, cuma salicylic acid saja yang masuk kategori beta hydroxy acid.  Salicylic acid juga bisa didapatkan dari sintesis Willow trees.  Willow bark extract berbeda dengan Salicylic acid. Meski bisa di-convert menjadi Salicylic acid, jumlah willow bark extract atau water ini tidak akan menyamai dengan formulasi Salicylic acid sesungguhnya.  Namun willow bark extract memang dipakai oleh COSRX karena memiliki efek menyembuhkan dan sebagai antiinflamasi

  3. Ada pun seperti Betaine salicylate yang merupakan derivatifnya sempat diperdebatkan apakah termasuk BHA atau bukan.  Saya sendiri menganggap Betaine salicylate bukan termasuk BHA.  Jadi jika kamu melihat produk dengan kandungan Betaine salicylate, sesungguhnya itu hanya alternatif BHA. Betaine salicylate biasanya bekerja jika pH lebih tinggi di atas 4. Namun Betaine salicylate dengan pH 6.5 ternyata bisa bekerja seefektif Salicylic acid dengan pH 3.12. Betaine salicylate jauh lebih gentle buat kamu yang kulitnya sensitif!

  4. Selain mengobati (lebih ke arah mencegah) timbulnya jerawat, Salicylic acid (SA) berguna juga untuk mengatasi hiperpigmentasi (misal bekas jerawat dan sun spot), juga ada benefit antiaging! Namun penelitian terkait antiaging ini masih belum terlalu diangkat.  Jadi jumlah penelitiannya tidak sebanyak penelitian terhadap jerawat dan juga hiperpigmentasi

  5. Jika kamu bertanya tanya kenapa krim dokter bisa sampai bikin kulitmu terkelupas, bisa jadi kamu diberi Salicylic acid yang cukup strong.  Di pasaran, kisaran Salicylic acid yang diperbolehkan tidak lebih dari 20%.  Jika ingin pakai yang strong, sangat disarankan konsultasikan ke dokter

What You Should Know About This Product

Buat saya ini termasuk jenis chemical exfoliator yang cukup mild.  Mungkin karena saya sudah terbiasa, jadinya saya enggak mengalami purging parah setelah ini.

Baca Juga:  [REVIEW] Althea Pore Purifying Serum Cleanser, Sensasi Minyak Dalam Air!

Enggak tahu bedanya purging vs breakout?  Mungkin ada baiknya kamu main ke sini! 

Saya hanya mengalami sedikit purging, yaitu muncul whitehead di beberapa area.  Itu pun mudah hilang karena memiliki kebiasaan memakai Salicylic acid membuat biang komedo tidak semudah itu muncul.

Bentuk produknya cair dan bening.  Setelah saya pakai kurang lebih tiga bulan, warnanya tidak berubah.  Sayangnya Bravura London Salicylic Acid 2% enggak ada bahan pengawet, jadi lebih disarankan untuk masuk kulkas. Kemungkinan PAO-nya kira-kira 6 bulan saja.

Gimana kalau dibandingkan dengan The Ordinary Salicylic Acid 2%?  Apa ada bedanya?

Saya sendiri belum pernah coba, karena kepo sama brand satu ini. Jadi enggak bisa bilang mana yang lebih baik.  Tapi beberapa teman saya sempat cerita kalau The Ordinary Salicylic Acid 2% yang mereka pakai, di awal awal itu berbusa.  Sementara kalau saya bandingkan dengan pengalaman pakai Bravura London Salicylic Acid 2%, enggak ada masalah apa-apa.

Baca Juga:  [REVIEW] Ingin Menghilangkan Bekas Jerawat? Cobain The Ordinary Azelaic Acid Suspension 10%!

Sejauh ini menurut saya, menggunakan BHA itu memang cukup membantu meredam munculnya jerawat.  Kalau dibilang bikin jerawat hilang total enggak mungkin, sih.  Munculnya jerawat itu dipengaruhi berbagai macam faktor. Biasanya jerawat bulanan saya selalu muncul (jerawat hormonal) karena menstruasi. Namun ukurannya memang jadi enggak seheboh dulu yang ngejendol gede banget.

Terus gimana dengan dengan blackhead? 

Terus terang, saya lebih suka ini dibandingkan dengan COSRX BHA Blackhead Power Liquid.  Mungkin karena lebih strong jadinya blackhead saya ngilang.  Hidung saya jadi bersih lagi :’).  Saya lupa foto hidung, lain kali saya upload!

Oya, blackhead dan sebacous filament itu berbeda, ya. Sebelum “menuduh” diri sendiri apakah kamu punya blackhead atau tidak, sebaiknya kamu cari di Google seperti apa rupanya.  Yang jelas, blackhead merupakan komedo yang terkena oksidasi, makanya menghitam.

Sementara sebaceous filament (SF) bukan bentuk formulasi komedo yang akan menjadi jerawat. Sebacous filament hanya bagian dari tubuhmu. Karena kebanyakan kelenjar minyak (sebaceous glands) itu ada di dahi dan hidung, maka yang kamu lihat bisa jadi berupa sebum yang dihasilkan dan keluar melalui folikel rambut. Jika pori-porimu secara genetik memang besar, you just can’t help it but to use Bravura London Salicylic Acid 2% atau produk mengandung BHA.  Cara lainnya adalah dengan mengekstrak dengan bantuan dokter kulit.

Jadi kalau dibilang apakah produknya bagus, buat yang kulitnya dehidrasi-berminyak kayak saya sih, iya!

Price

Harga aslinya 9.59 poundsterling.  Tapi kalau kamu cari di Tokopedia, Shopee, dan e-mall lainnya, kisaran harganya di angka Rp 250.000 – Rp 300.000.  Saya beli di Instagram @tokotujuhpuluh dengan Harga Rp 310.000 (termasuk ongkir).

Will I Repurchase?

Saya akan coba cari yang harganya murah. Tapi saya suka dengan produk ini!

Rating

5/5

Resources: 

Exfoliation for sensitive skin with neutralized salicylic acid?,  E. Merinville et.al. International Journal of Cosmetic Science, Vol. 11, No. 2, 2009. DOI: https://doi.org/10.1111/j.1468-2494.2009.00501_2.x

Share:
Previous Post Next Post

You may also like

No Comments

Leave a Reply