Follow:
Beauty, Skin Care

[REVIEW] Biore Cleansing Oil Makeup Remover

Kebetulan banget, Biore Cleansing Oil Makeup Remover saya habis saat awal November. Kalau mau tahu, saya pakai ini sudah sejak Agustus 2018.  Yup, ditotal sekitar 3 bulanan waktu yang dihabiskan agar produk 150 ml ini tidak bersisa!

Sebagai penggantinya, saya mendapatkan Iunik Calendula Complete Cleansing Oil yang akan saya bahas di posting hari Kamis atau Jumat. Stay tune ya, buat battle-nya!

Biore Cleansing Oil Makeup Remover 

Kalau kamu ngikutin saya di IG story, kamu pasti tahu betapa cintanya saya dengan cleansing oil.  Yup, dibanding cleansing oil saya lebih suka ini dibanding micellar water!  Tapi bukan berarti saya jadi pilih kasih pas bahas Cleansing Oil vs Micellar Water, ya, hehe. Alasan kenapa saya lebih cinta sejenis oil akan saya bahas di sesi berikut!

Ingredients

Mineral Oil, PEG-12 Laurate, Isododecane, Water, Isopropyl Palmitate, Cyclopentasiloxane, Decyl Glucoside, Polysorbate 85, Glyceryl Oleate, Isostearic Acid, Isostearyl Glyceryl Ether, Isostearyl Glyceryl Pentaerythrityl Ether, Myristyl Alcohol, Alcohol, Citric Acid, Phosphoric Acid, BHT, Fragrance, Tocopherol

What You Should Know About The Ingredients 

  1. Jangan takut sama mineral oil. Enggak bikin pori-pori tersumbat.  Yes, jadi sebetulnya memang hanya mitos bahwa mineral oil bisa menyumbat pori-pori.  Karena meski terbuat dari petroleum oil, proses purifiaksi untuk produk kosmetik itu berbeda.  Enggak ada toxic sama sekali. Hasil purifikasi yang terbaik tidak membuat hasil akhirnya menjadi penyebab komedo muncul alias  comedogenic.
  2. Terdapat Polysorbate 85, Glyceryl Oleate, dan Isostearic acid yang merupakan musuh utama fungal acne. Saya lebih menyarankan kamu tidak menggunakan produk yang mengandung surfaktan yang berawalan dari “polysorbate”, “glyceryl -ate”, dan “isopropyl” atau “isostearic” karena bisa membuat kondisi lebih parah.
  3. Mungkin sebagian orang menganggap ini kesat, dan menyalahkan alcohol sebagai penyebab kesatnya itu.  Sebetulnya peran alcohol bisa macam-macam; bisa juga ini menjadi pelarut.  Jadi perlu dicermati lagi apakah memang alcohol memang penyebab kesat atau bukan.
  4. Isododecane menjadi alasan kenapa kamu merasa bahwa produk ini cukup light, enggak kerasa berat. Isododecane merupakan bahan yang bisa menyebabkan sensasi “weightless”

How To Use

Basahi wajah dengan air.  Tambahkan beberapa pump, kemudian gosok ke area wajah beberapa menit.  Pastikan agak lebih lama jika kamu seharian di luar dan pakai makeup. Setelah itu bilas bersih, dan jangan lupa pakai face wash sebagai second cleanser.

What You Should Know About The Product

Di Jepang, ini termasuk produk murah meriah.  Masuk sini, terutama jika beli di Watson atau Guardian, harganya rada mahal.

Baca Juga:  [REVIEW] Laneige Layering Cover Cushion No #23 Sand Beige

Tapi jujur saja, memang produk yang tidak terbuat dari air sebagai bahan pertamanya itu memang harganya tidak akan sama seperti face wash.  Kamu bisa mendapatkan face wash dengan harga belasan ribu karena bahan utamanya biasanya Aqua di list pertama.  Air itu murah meriah. Nah, karena ini terbuat dari oil, jadi sebetulnya harga Biore itu masuk akal.

Plus, sisi bagusnya adalah produk ini memiliki tutupnya sendiri.  Jadi saat kamu bawa travel ke mana-mana juga enak banget, enggak akan tumpah.

Teksturnya ringan banget, jadi memang weightless.  Kadang suka malas dengan hasil yang greasy setelah cuci muka, tapi ini wajar banget!  Setelah itu nantinya oil ini akan membuat kulit kita jadi terasa lebih lembut karena enggak menghilangkan natural oil alias sebum di wajah.

Tahu teori “like dissolve like?” Jadi jika kamu penasaran kenapa oil bisa menghapus makeup, karena makeup itu mengandung oil.  Kalau kamu perhatikan baik-baik, hampir segala jenis makeup itu berbasis oil.  Kenapa dibuat sedemikian rupa?  Supaya makeup itu sit on top, enggak menyerap ke kulit. Kan horor ya, kalau sampai foundation bisa menyerap ke kulit; bisa bisa masuk ke pembuluh darah dan dialirkan seluruh tubuh!

Jenis makeup yang saya uji coba:

  1. PAC All Liquid Foundation
  2. The Bath Box Lip Pigment Cheer Up
  3. PAC Liquid Mascara Black
  4. Catrice Calligraphy Ultra Slim Eyeliner Pen Black
  5. PAC Eyeshadow Pencil
  6. PAC Eyeliner White

Nah, gimana sih maksudnya “like dissolve like”?

Cara paling mudah menjelaskannya adalah:  Oil yang  bagus (cleansing oil) akan menghapus segala jenis oil di wajah kita.  Itu termasuk oil yang berada di makeup, plus kotoran-kotoran seperti debu dan lain sebagainya.

Baca Juga:  [REVIEW] Avene Xeracalm AD Lipid-Replenishing Cleansing Oil, Alternatif Produk Penderita Eczema?

Cara memerangkapnya justru ketika kita mencuci wajah dengan air. Surfaktan yang bekerja pada cleansing oil memiliki sifat yang sama dengan surfaktan pada micellar water.  Nantinya saat memerangkap kotoran, ia akan membentuk gumpalan dan akan ikut terbuang saat mencuci wajah dengan air.

Apakah bisa dengan kapas?  Kapas itu fungsinya mirip dengan sifat air (kamu bisa membaca penjelasan lebih lanjut di Cleansing Oil vs Micellar Water). Jadi yes, bisa kalau kamu enggak suka sensasi greasy setelah cuci muka dengan air.

Beginilah hasil dari teori “like dissolve like.”  Sesama oil bisa saling menghapus keberadaan satu sama lain.

Yang agak menarik, setelah digosok beberapa menit, maskara ini tetap menempel.  Jadi yes, untuk waterproof mascara, sebaiknya kamu pakai produk lain untuk meyakinkan bahwa produknya bisa menghilang.  Metode double cleansing juga sebetulnya cukup.  Tapi jika ingin lebih meyakinkan lagi, saya sarankan kamu memakai micellar water untuk menghapus eye makeup, lalu gunakan cleansing oil untuk membersihkan seluruh wajah. Tapi jika hampir seluruh produk yang kamu pakai itu waterproof, double cleansing is a must. 

Untuk rekomendasi sabun cuci muka pH friendly bisa kamu baca selanjutnya di Daftar Merek Sabun Cuci Korea yang Bagus dan Daftar pH Sabun Cuci Muka Merek Lokal dan Drugstore.

Price

Saya beli di Aeon BSD kira-kira Rp 90.000. Harganya bisa jauh lebih murah di Shopee, Tokopedia, atau e-commerce lainnya. Kalau nitip beli di Jepang, kamu bisa beli refill, jadi lebih ramah lingkungan.

Will I Repurchase?

Saya lumayan suka sama yang ini, tapi kalau beli lagi pun tidak dalam waktu dekat.  Sama masih punya Iunik yang ukurannya 200 ml, kayaknya buat 4-5 bulan cukup banget!  Setelah itu saya mengincar Hadalabo Cleansing Oil.  Mutiara (@kamu.skincare) berhasil ngeracunin saya untuk membeli Hadalabo masuk keranjang belanja di masa berikutnya.

Rating

4/5

 

 

Share:
Previous Post Next Post

You may also like

2 Comments

  • Reply Edwina

    Untuk eye makeup yang biasanya waterproof, ngga cukup pakai cleansing oil aja. Lebih nampol pakai oil based micellar water supaya bersih tuntas.

    November 28, 2018 at 11:31 am
  • Reply Nindy - SILVER TREASURE

    Iya betul, termasuk murah si Biore ini. Ada sih merk2 lokal gitu tapi masih ragu sama kualitasnya heuheu

    November 29, 2018 at 8:52 pm
  • Leave a Reply