Follow:
Beauty, Skin Care

[REVIEW] Althea Pore Purifying Serum Cleanser, Sensasi Minyak Dalam Air!

Tahu enggak sih, Althea ini punya produk khusus buatannya sendiri?  Salah satu yang sempat dikirim oleh pihak Althea adalah Althea Pore Purifying Serum Cleanser. Ini bisa dibilang first cleanser, karena ketika melihat daftar bahannya, saya menyimpulkan demikian.  Gimana performansinya?

Althea Pore Purifying Serum Cleanser, Sensasi Air Dalam Minyak!

althea-pore-purifying-serum-cleanser

 

Ada alasan tersendiri kenapa saya memutuskan membandingkan Garnier Oil Infused Cleansing Water dengan Althea Pore Purifying Serum Cleanser. Dua duanya sama-sama terdiri dari oil dan water, hanya berbeda persentase saja. Jadi secara tekstur, saya sempat berpikir bahwa keduanya mirip. Ternyata…

Ingredients

Water, Peg-7 Glyceryl Cocoate, Cyclomethicone, Isononyl Isononanoate, Dipropylene Glycol, 1,2-Hexanediol, Melaleuca Alternifolia (Tea Tree) Leaf Extract, Simmondsia Chinensis (Jojoba) Seed Oil, Mentha Arvensis Leaf Extract, Glycerin, Citric Acid, Hydroxyacetophenone, Disodium Edta, Ethylhexylglycerin, Sodium Citrate, Butylene Glycol, Fragrance

What You Should Know About The Ingredients

  1. Dengan jumlah rantai karbon 8-16, PEG-7 Glyceryl Cocoate termasuk surfaktan yang perlu kamu hindari bagi kamu yang punya fungal acne.  PEG-7 Glyceryl Cocoate terbuat dari glycerin dan coconut oil.  Seperti yang sudah saya bahas sebelumnya di Punya Bruntusan dan Jerawat Parah Susah Hilang?, fungal acne rentan terjadi ketika kamu menggunakan surfaktan dengan rantai karbon tertentu.

  2. Satu lagi yang juga bisa jadi penyebab fungal acne adalah jojoba seed oil. Jadi hilangkan keinginanmu menggunakan produk ini, masih ada yang lebih safe.

  3. Hal yang  menarik dari produk ini adalah kesamaannya dengan Garnier yang sama-sama mencampurkan minyak dan air.  Tapi bedanya, kalau pada Garnier terlihat jelas batas antara minyak dan air, sementara di sini kamu enggak akan melihat unsur airnya sama sekali.  Padahal air adalah bahan pertama dengan persentase paling banyak dalam produk.  Kamu akan terkejut dengan teksturnya saat mencoba.

  4. Saya menebak bahwa yang membuat tekstur Althea Pore Purifying Serum Cleanser ini menjadi sesuatu yang cukup menarik adalah PEG-7 Glyceryl Cocoate.  Jika kamu tahu viskositas, maka tentu memahami bahwa ada ukuran untuk menentukan ketahanan fluida diubah dengan tekanan dan tegangan.  Paling gampang, kenapa air bisa encer?  Karena viskositas rendah.  Kenapa madu bisa “tebal”?  Karena viskositas tinggi.  Untuk Althea Pore Purifying Serum Cleanser, saya cenderung bilang bahwa ini minyak yang encer, atau air yang tebal.  Mulai bingung?

What You Should Know About The Product

althea-pore-purifying-serum-cleanser

Garnier memiliki viskositas yang rendah, karena terdapat viscocity decreasing agent di komposisinya.  Saya menduga (kalau memang benar), ini yang membuat ketebalan teksturnya lebih cenderung encer dibanding berminyak.  Makanya hasilnya adalah seperti ini.

Baca Juga:  [REVIEW] ZOYA Cosmetics Lip Scrub Summer Edition

althea-pore-purifying-serum-cleanser

Kalau kamu coba sendiri, maka ketika kamu teteskan Garnier ke tangan, akan terasa seperti sedang meneteskan air.  Tapi ketika kamu pegang, ada sensasi minyak terasa, namun cukup tipis. Pengalaman menggunakan Garnier berbeda dengan Althea Pore Purifying Serum Cleanser.

althea-pore-purifying-serum-cleanser

Ini contoh tekstur dari Althea Pore Purifying Serum Cleanser. Teksturnya lebih tebal.  Meski kamu bisa langsung merasakan bahwa produk ini berminyak, tapi kamu akan menganggapnya seperti minyak yang encer.  Padahal ketika saya bahas cleansing oil seperti Dear Klairs Gentle Black Deep Cleansing OilAvene Xeracalm AD Lipid-Replenishing Cleansing Oil,  Calendula Complete Cleansing Oil,dan Biore Cleansing Oil Makeup Remover, cleansing oil ya…cleansing oil.  Bener-bener 100% minyak.

Inilah yang bikin saya langsung beranggapan: menarik!  Tapi apakah teksturnya semenarik performansinya?

althea-pore-purifying-serum-cleanser

Saya menggunakan kapas dari Watson.  Saya lebih suka kapas ini dibanding Selection.  Kebetulan kemarin lagi ada promosi buy 1 get 1, jadi saya langsung ngestok, hehehe.

althea-pore-purifying-serum-cleanser

Ki-Ka:

  1. Innisfree Smart Drawing Foundation
  2. The Bath Box Lip Pigment
  3. Wardah Instaperfect Primer
  4. Canmake Perfect Multi Eyes
  5. Catrice Cosmetics Calligraph Ultra Slim Eyeliner Pen
  6. Catrice Cosmetics Glam & Doll False Lashes Mascara

Ini hasilnya ketika saya usapkan dengan produk dari Althea:

althea-pore-purifying-serum-cleanser

Bersih total! Padahal eyeliner-nya termasuk produk waterproof.  Biasanya saya agak kesulitan untuk membersihkan maskara jika tok hanya menggunakan cleansing oil.  Namun dengan memakai ini, bener-bener bersih.

Saya pernah coba juga dengan metode cuci muka pakai ini dengan air.  Karena pertama saya sempat menyangka kalau ini semacam cleansing oil, saya bawa ini ke kamar mandi untuk cuci muka.  Rasanya jauh lebih menyenangkan pakai cleansing oil, karena rasanya sama sekali tidak kesat ketika tidak bersentuhan dengan air. Sementara ketika saya coba cuci dengan air… kok kayak ada sesuatu masih tertahan di wajah, ya?

Baca Juga:  [REVIEW] Emina 2 in 1 Scrub Mask; Apakah Walnut Scrub Bahaya?

Makanya saya lebih suka pakai kapas ketika memakai Althea Pore Purifying Serum Cleanser. Hasilnya jauh lebih bersih.  Selain itu enggak berminyak after effect-nya.  Jadi ketika kamu sudah selesai menggunakan ini, hasilnya tuh bener bener enak di kulit :’)

Terus boleh enggak sih kalau cuma pakai ini terus enggak cuci muka pakai face wash?  Kalau saya sih karena anaknya suka double cleansing, masih tetap pakai face wash.  Tapi kalau makeup kamu enggak tebal (atau cuma pakai bedak saja), pakai ini juga menurut saya cukup bersih. Tergantung maunya gimana.

Oya, sangat tidak disarankan memakai ini ke area mata.  Saya pernah nyoba sendiri ketika mau membersihkan maskara dan eyeshadow.  Hasil akhirnya perih banget 🙁

althea-pore-purifying-serum-cleanser

Beginilah penampakan tutup botolnya.  Saya pernah bawa ini saat traveling dan ternyata kurang menyenangkan.  Minyaknya masih bocor ke mana-mana, makanya jauh lebih baik kalau misalkan kamu bahwa botol sendiri, isi dengan cleanser ini.

Oya, kalau kamu bingung dengan judulnya yang ngejelimet: Althea Pore Purifying Serum Cleanser, percayalah, tim marketing berhasil membuat kamu takjub.  Buat saya ini enggak lebih dari first cleanser dengan tekstur unik yang bikin kulit kenyal.  The end. 

Price

Saya enggak menganggap Rp 120.000 untuk 150 ml mahal.  Kenapa?  Karena luv banget! Saya prediksi produk ini tahan sekitar 3-4 bulanan.  Saya beli di Althea Korea.  Ada app-nya lho!  Kamu juga bisa mampir sini biar langsung ke halaman website-nya. Kalau kamu beli sekarang, mereka lagi bagi-bagi stiker eksklusif gratis!

Will I Repurchase?

Yes!  Nunggu habis dulu.  Ini muslim friendly karena sebagian besar bahan bakunya sintetis terbuat dari tanaman.

Rating

4/5

 

Share:
Previous Post Next Post

You may also like

1 Comment

  • Reply Edwina

    Serum identik dengan tekstur yang thick dan lengket. Baru Althea yang menawarkan serum bertekstur seringan air.

    Januari 11, 2019 at 1:54 pm
  • Leave a Reply