Follow:
Beauty, Skin Care

Daftar pH Sabun Cuci Muka Merek Lokal dan Drugstore di Indonesia

ph sabun cuci muka

Nah, sebelumnya saya memang pernah janji ingin share hasil temuan saya terkait pH sabun cuci muka merek lokal.  Janji ini udah saya buat dari Agustus 2017, baru kesampaian sekarang, lol.  Maafkan, meski mudah didapat, saya  suka lupa beli pH strip. Nah, daripada diperpanjang, yuk kita kenalan dulu sama pH kulit!

Kenapa sih, perlu banget kita tahu pH sabun cuci muka kita?

Ada beberapa ulasan terdahulu yang akan saya tulis lagi di sini, untuk menyegarkan kembali ingatan terkait pH kulit.  Saya buat daftar singkat (yang bisa kamu klik sesuai dengan yang ingin kamu baca saja).

 

Mengapa Menjaga pH Kulit Wajah Penting?

pH normal kulit kita adalah antara 5.4-5.9, dan sesungguhnya kulit kita memiliki bakteri normal yang bertumbuh [1].  Ada juga yang mengatakan antara 4.2 – 5.6 [2]. Loh, kok tetap ada bakteri? Bakteri itu sejatinya memang akan tetap ada meski kita cuci muka berkali-kali.  Namun wajah yang dicuci dengan sabun cuci muka yang memiliki pH tinggi, dapat menyebabkan alterasi pada bakteri sehingga pH kulit tidak seimbang.

Apa sebabnya jika pH kulit  tidak seimbang?

  1. Gampang jerawatan
  2. Kerut di sekitar mata dan area rawan lainnya
  3. Kulit jadi sangat sensitif
  4. Inflamasi atau radang dan iritasi

Bukan berarti kamu akan langsung mendapatkan 4 gejala sekaligus begitu memakai sabun cuci muka tertentu, ya.  Tolong digarisbawahi, bahwa jika kamu tidak mengatur pH kulit supaya seimbang, 4 hal itu bisa terjadi lebih mudah karena acid mantle, yang berfungsi untuk melindungi kulit agar kelembapan terjaga, terkikis karena pengaruh banyak faktor.  Acid mantle sendiri fungsinya adalah agar mencegah bakteri, polusi, kotoran, dan racun agar tidak menempel dan meresap ke kulit.

Maka itulah alasannya, kenapa kita perlu menjaga keseimbangan pH wajah di kisaran 5.5, karena acid mantle bekerja dengan baik di pH 5.5.

Apakah Memakai Merek Sabun Tertentu Berpengaruh Terhadap pH Kulit Wajah?

Iya, bisa jadi.  Tapi tolong dimengerti bahwa ini tidak mutlak.  Secara teori, dianjurkan jika pH sabun cuci muka kita adalah di kisaran 5.5.  Namun jika kamu membaca postingan Fanserviced B terkait investigasinya terhadap 8 sabun cuci muka Asia yang katanya low pH, maka kamu akan tahu bahwa selama kisaran sabun cuci muka itu 5.5-7, sebetulnya masih cukup baik untuk wajah kita.

Dan kenyataannya, banyak juga yang kasih embel-embel low pH, nyatanya malah di atas pH 7.  Padahal pH 7 netral, lho.  Air yang bagus sebetulnya berada di pH 7.  Bayangkan jika setelah bercampur dengan air, pH sabun cuci mukamu ada di atas 7, alias sifatnya menjadi basa.  Ini yang bisa menimbulkan risiko negatif berupa kulit terlalu kencang, kering, kerut timbul di muka, dan mudah ada inflamasi. Ini nggak selalu terjadi ya, tapi sangat mungkin terjadi. 

Baca Juga:  [QUICK REVIEW] Lipstik Favorit untuk Sehari-Hari 2017

 

Perbandingan Merek Sabun Cuci Muka Korea

Ini tidak semuanya saya uji coba sendiri, kebanyakan saya ambil datanya dari beberapa sumber yang memang sudah mengujinya menggunakan kertas lakmus.  Nah, kalau mau kepoin, silakan lihat ini: Daftar Merek Sabun Cuci Bagus dan Punya pH Rendah.

 

Cara Menguji Sabun Cuci Muka dengan pH Strip

Saya menggunakan pH strip versi ini.  Sebetulnya ada juga yang hanya 1 warna (untuk setiap tingkatan pH ada warna tersendiri), tapi saya lebih suka memakai ini.  Harganya nggak mahal kok, cuma Rp 40.000.

 

How To Use 

Saya mengujinya dengan menggunakan air AQUA.  Iya, air merek AQUA yang kita kenal itu.  Saat saya mencoba menguji air ledeng rumah, pH-nya ternyata antara 5-6.  Sementara air Aqua itu antara 6-7.  Karena lebih mendekati pH netral, saya memakai AQUA untuk menguji 9 jenis sabun cuci muka merek lokal dan drugstore.  Gambar di atas adalah hasil uji coba dengan merek AQUA.

Caranya sebetulnya simpel, sih.  Pertama, campur air dengan cairan sabun cuci muka.  Aduk rata dengan menggunakan sendok.  Baru setelah itu celupkan pH strip selama beberapa detik hingga warnanya berubah.

Setelah itu, goyangkan pH strip sampai semua cairan yang menempel turun semua.  Segera bandingkan dengan contoh list pH yang ada di tabung, karena jika dibiarkan terlalu lama, pH strip akan mengering dan akan lebih sulit lagi mengidentifikasi pH dari sabun cuci muka.

 

P.S: Saya hanya menguji coba produk yang ada di rumah (tidak sengaja beli).  Jadi saya harap untuk tidak meminta saya menguji produk yang tidak ada di sini.  Kamu bisa mencoba sendiri setelah tahu cara mengujinya seperti di atas.  Tapi terima endorse kalau ada yang mau ngirimin contoh sabun cuci mukanya *eh

 

Daftar Sabun Cuci Muka Merek Lokal dan Drugstore yang Diuji

  1. Mineral Botanica Brightening Facial Foam
  2. Dove Beauty Moisture Facial Foam
  3. Pond’s White Beauty Spotless Rosy White Daily Facial Foam
  4. Biore Glowing Bright Facial Foam
  5. Pond’s White Beauty Sun Dullness Removal Daily Facial Foam
  6. Garnier White Complete Light Speed Brighitening Foam
  7. Clean&Clear Deep Action Daily Pore Cleanser
  8. Hadalabo Tamagohada Mild Peeling AHA + BHA Makeup Remover+Face Wash
  9. Innisfree Green Tea Facial Foam (saya lupa foto produk karena bentuknya sample)

Didapatkan hasil sebagai berikut:

Baca Juga:  [TUTORIAL] Make Up Bibir Hitam: Duck Lips dengan Lipstik Sariayu Marunda 3

pH Innisfree antara 6-7.  Jika dilihat di data daftar sabun cuci muka merek Korea yang pernah saya share, kisarannya ada di angka 9, data dari tahun 2016.  Ada kemungkinan bahwa kandungan atau ingredients dari sabun cuci muka ini berubah (karena tidak selalu sama), jadi mungkinkah ini yang membuat pH sabun cuci muka Innisfree jadi cukup ideal?

pH Pond’s yang warna pink ada di kisaran 6-7.  Good news buat yang lebih suka beli sabun cuci muka terjangkau di toko swalayan atau minimarket!

Saya pakai Hadalabo setelah merek ini menjadi rekomendasi dari Cat dan Jude, dua beauty blogger favorit saya.  Mereka pernah mengukurnya di tahun 2015, kisaran pH adalah 5.5.  Bahkan setelah tahun 2017, pH ada di kisaran 5-6!

Clean & Clear juga ternyata memiliki pH 5-6.  Wow!

Nah, sayangnya, belum tentu satu merek kadar pH-nya bisa sama, lho.  Karena setelah dibuktikan, pH Pond’s warna ungu berada antara 8-9.

Sayang sekali, Garnier warna kuning ini pH-nya di kisaran 7-8, berarti sifatnya basa!

Good news, pH Biore yang Glowing Bright ada di kisaran 5-6.  Berarti masih aman untuk wajah.

Jika kamu melihat klaim pada produknya, Mineral Botanica mengatakan bahwa produk mereka pH balanced.  Setelah diuji, pH sabun cuci muka ini ada di kisaran 6-7.

Terakhir, Dove.  Saya mendapatkannya sebagai sample.  Yang warna biru sebetulnya lebih cocok untuk yang kulit kering; karena di saya sabun ini malah bikin kulit jadi keset. Tapi ada di kisaran 5-6, maka cocok juga dengan pH kulit wajah!

 

Rangkuman pH Sabun Cuci Muka

NoMerekKadar pH
1Mineral Botanica Brightening Facial Foam 6-7
2Dove Beauty Moisture Facial Foam 5-6
3Pond's White Beauty Spotless Rosy White Daily Facial Foam 6-7
4Biore Glowing Bright Facial Foam 5-6
5Pond's White Beauty Sun Dullness Removal Daily Facial Foam 8-9
6Garnier White Complete Light Speed Brighitening Foam 7-8
7Clean&Clear Deep Action Daily Pore Cleanser5-6
8Hadalabo Tamagohada Mild Peeling AHA + BHA Makeup Remover+Face Wash 5-6
9Innisfree Green Tea Facial Foam6-7

 

Nah, itu dia hasil temuan saya kali ini ^^.  Di lain waktu kalau saya punya yang baru lagi bakal saya review kok, hehe.  Jadi mohon bersabar, ya.  Oya, hasil di atas ini sebetulnya tidak bisa jadi patokan bahwa sabun cuci muka merek A atau B itu lebih unggul dari yang lain, ya.  Hanya saja, ini bisa jadi salah satu patokan ketika kamu mencari sabun cuci muka yang cocok.  Sebaiknya cari yang pH-nya masih di bawah basa dan sesuai dengan kebutuhan jenis kulit!

Share:
Previous Post Next Post

You may also like

27 Comments

  • Reply Antung apriana

    Wah nggak ada merk nivea ya. Tapi ini membantu banget nih buat aku beli sabun muka kalau yang ada habis nanti

    Desember 11, 2017 at 9:49 am
    • Reply Azzahra R Kamila

      Beluum hehe, soalnya nggak ada. Kalo sengaja beli nggak akan kepake juga :’D, tapi kalo nanti ada kesempatan bakal ditambah lagi kok.

      Desember 11, 2017 at 2:22 pm
  • Reply Rani Oktavia

    Aku selalu tutup mata dengan cleanser yang gampang ditemuin di drugstore Indonesia. Pernah mengalami pengalaman buruk soalnya dengan mereka hehe. Ternyata ada juga yang phnya mendekati ph kulit wajah ya. Jadi kepengen cobain langsung hehe

    ranioktavia.com

    Desember 11, 2017 at 8:27 pm
  • Reply Intan Rastini

    Dulu aku pakai Garnier dan rasanya lebih keset setiap abis cuci muka tapi sekarang udah pindah pakai Pond’s pink. Untung pH Pond’s pink lebih rendah 🙂 thanks for the pH test

    Desember 15, 2017 at 8:20 am
  • Reply domokyun

    Thank you kak udah buat postingan ini, sangat membantu apalagi buat diriku yang selalu skeptis dengan produk skincare OTC lokal hehe :”) Will stick to Hadalabo Tamagohada since I prefer to use cleanser with pH ranged from 5-6. Much love <3

    Januari 12, 2018 at 9:43 pm
  • Reply Fitria

    Halo, terima kasih atas postingannya yg nambah awareness saya mengenai ph yang ada di produk yg saya pakai.
    Saya mau nanya nih, apa Hada Labo Tamagohada itu boleh dipake tiap hari ya? Saya selama ini pakenya ganti2an sama Acnes karena takut over exfoliate. Terima kasih sebelumnya!

    Februari 24, 2018 at 8:49 pm
    • Reply Azzahra R Kamila

      Hi Fitria,

      Persentase AHA-BHA di Tamagohada itu setahu saya enggak nyampe 2-4%. AHA-BHA itu baru bisa efektif kalau persentasenya sekitar segitu, nah kalau aku lihat ingredients-nya sih enggak nyampe segitu. Aman kok dipakai tiap hari

      Februari 25, 2018 at 4:22 pm
  • Reply rezita

    fix kakak keren banget! blog nya bagus banget, makasih info2nya kak! btw boleh review tentang aloevera ga kak kaya perbandingan beberapa brand gitu.. sama kalo boleh update terus skincare routine nyaa ya kak hehe thankyouu xoxo

    Maret 2, 2018 at 12:58 pm
  • Reply Vina

    Terimakasih kk atas infonya sangat membantu….pantesan jika saya memakai salah 1 facial foam diatas muka saya jadi keset banget+kering jadinya. Ternyata karena ph nya ya. Terimakasih atas infonya, nice

    Maret 23, 2018 at 4:05 pm
    • Reply Azzahra R Kamila

      Sama sama :D, tapi sebetulnya bikin keset bisa jadi karena bahan juga sih

      Maret 24, 2018 at 7:09 am
  • Reply Dina Hadfina

    Kak. Ini semuanya cruelty-free brands? Setahuku seperti Garnier, atau Dove yang produk Unilever itu not cruelty free (cmiiw).

    Juni 5, 2018 at 12:11 pm
    • Reply Azzahra R Kamila

      Nggak cruelty free, so its your own choice mau pakai atau nggak. Kebetulan orang rumah sukanya sama produk drugstore. Kalau aku punya sabun cuci muka sendiri, hehe. Paling yang mungkin dibeli itu Mineral Botanica ya

      Juni 7, 2018 at 8:33 am
  • Reply Tami

    Bacanya deg-degan macam liat pengumuman kelulusan hahaha krn sabun muka saya ada di urutan terakhir. Thks for sharing yaa kak. Ntar nyoba beli kertas pengukur pH ahh

    Juni 23, 2018 at 6:26 pm
    • Reply Azzahra R Kamila

      Loh, kok deg degan XD. Iya sih tapi jadi bertanya tanya juga ada di urutan mana. Sip, cobain beli kertas pH!

      Juni 26, 2018 at 12:46 pm
  • Reply Asti

    Sebelumnya thankyou ya kak atas infonya <3
    btw kalo Pond's acne solution brp ya pH nya?

    Agustus 6, 2018 at 10:44 pm
    • Reply Azzahra R Kamila

      Aku udah nulis ya Say sebelumnya di blogpost, karena banyak banget cleanser di dunia ini, gak mungkin satu satu aku coba :D. Bisa kamu tes sendiri

      Agustus 12, 2018 at 3:50 pm
  • Reply esti

    postinganmu yang aku cari2 selama ini. bagus banget, meng influence sekaligus mengedukasi :). makasih ya

    Agustus 29, 2018 at 4:23 pm
  • Reply lisa

    Ka. acnes itu baik ga? kok gak termasuk yang diatas ya 🙁 cuci muka yang bener bener dapat menghilangkan jerawat komedo dll serta aman buat kulit remaja itu apa?

    September 27, 2018 at 11:43 am
    • Reply Azzahra R Kamila

      Gak masuk soalnya aku emang nggak ngukur pH, Say, jadi kurang tahu. Tapi menurutku kalau emang dikhususkan jerawat harusnya disesuaikan sama kebutuhan, jadi pH kemungkinan kisaran yang cocok sama kulit.

      Sebetulnya semua jenis sabun cuci muka aman, kok, makanya beredar di pasaran. Bisa dipakai semua usia juga. Tapi disesuaikan sama kebutuhan kamu apa. Yang jelas aku lebih merekomendasikan sabun cuci muka yang pH friendly, dan daftar ini aku buat supaya kamu bisa mudah nyari yang sesuai. Emang belum lengkap, tapi semoga nemu, ya

      September 27, 2018 at 11:47 am
  • Reply Tya

    Wah selama ini gak ngerti aku tuh yang beginian, makasih kak riview nya, trus yg untuk saran face wash dengan ph rata2 5.5 sangat membantu makasih kak

    Oktober 13, 2018 at 9:01 am
  • Reply Uge Pram

    hai! tolong ukur pH merk sampo lokal donk! seperti Pantene, Dove, H&S, dll… 🙂 salam dari Madiun.

    Desember 4, 2018 at 12:31 am
    • Reply Azzahra R Kamila

      Halo, maaf ya, kalau misal cara minta tolongnya begini agak susah. Sebetulnya request kamu menarik, tapi daripada nunggu aku mending kamu beli strip pH aja buat ngukur sendiri 🙂

      Desember 4, 2018 at 2:57 pm
  • Reply Meliesa

    Clean&Clear the best buatku pribadi. Sabun cuci muka lain bikin jerawat.
    Terimakasih edukasi nya 😀 really helpful

    Februari 16, 2019 at 4:48 pm
  • Leave a Reply