via petrescuereport.com
Sponsored

Tips Membeli Klakson Mobil yang Bagus

Apa ada yang baru dapat SIM di sini?  Atau ada rencana untuk membeli mobil baru?  Tahu nggak sih, ternyata klakson mobil menjadi objek penting dalam kendaraan baik kendaraan roda dua ataupun roda empat. Fungsi klakson sendiri adalah sebagai alat komunikasi kendaraan dalam memberikan informasi ataupun peringatan kepada pengendara lain guna meminimalisir terjadinya kecelakaan lalu lintas berkendara.

Oleh sebab itu setiap mobil memiliki karakteristik tersendiri dalam pemilihan klakson. Ini juga sebabnya ketika kamu berencana membeli mobil, ada baiknya jika kamu memperhatikan 3 hal berikut.  Yuk perhatikan 3 tips memilih klakson mobil yang bagus sebagai berikut!

Mengetahui Peraturan yang Berlaku

via belionderdil.co.id

Sebelum menentukan klakson yang kamu pilih untuk kendaraan, sebaiknya kamu mengetahui regulasi pemerintah tentang penggunaan klason yakni setiap kendaraan wajib memiliki klakson kendaraan dengan minimal tekanan suara 83 Desibel dan maksimal 118 Desibel yang terdapat pada Pasal 69 ayat 2, tentang peraturan pemerintah No. 55 Tahun 2012.  Gimana sih cara tahunya?  Kamu bisa nanya kok ke sales yang menjual mobil di showroom terdekat.

Baca Juga:  [REVIEW] ZOYA Cosmetics Lip Scrub Summer Edition

Pemilihan Tekanan Suara Klakson

via akamaihd.com

Setelah mengetahui regulasi pemerintah, maka bisa menyesuaikan dalam pemilihan klakson untuk kendaraan. Sesuai Pasal tersebut kendaran wajib memiliki klakson dengan minimal 83 Disabel dan maksimal 118 Disabel. Maka hendaknya kamu memilih range tekanan suara tersebut.

Jika kamu memilih ukuran disabel lebih rendah maka pengguna jalan kurang mendengar suara klakson Anda. Sebaliknya, jika kamu memilih disabel yang lebih tinggi maka akan mengganggu pengguna jalan dan pengendara lain. Nggak mau kan, terjadi kecelakaan gara-gara salah milih klakson mobil? Oleh sebab itu, aturan yang berlaku lebih efektif dalam proses berkomunikasi atau memberikan peringatan kepada pengendara lain saat sedang berkendara.

Tenaga yang Digunakan

via petrescuereport.com

Untuk membunyikan suara klakson tentu membutuhkan sumber tenaga bukan? Iya, suara klakson mobil berasal dari sistem kelistrikan mobil. Oleh sebab itu, pilihlah klakson yang dapat didukung oleh sistem kelistrikan kapasitas mobil kamu. Selain itu pemasangan relay juga penting dalam pemasangan klakson pada mobil kamu. Sebab peranan relay dapat membantu mengatur menghambatnya arus besar dari aki apanila terjadi konslet pada klakson.

Baca Juga:  Jangan Ngaku Suka Kopi Kalau Belum Singgah di 5 Tempat Ngopi Terbaik di Bandung!

 

Nah, itu dia tips memilih klakson mobil yang bagus untuk Anda. Untuk model suara klakson tergantung seleramu. Lebih menyukai suara lantang atau bunyi cempreng dengan volume kecil dalam penggunaan klakson saat berkendara. Pilihlah suara klakson tidak hanya bagus melainkan sesuai dengan regulasi pemerintah guna memperlancar komunikasi dalam menyampaikan peringatan atau pemberitahuan kepada pengendara lain sesuai dengan fungsi utama klakson.

Yuk mulai terapkan berkendara aman demi keselamatanmu di jalan!

 

Bersama Matahari Mall, Insommia mempersembahkan artikel ini untuk kampanye berkendara aman 

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *