merek sabun cuci muka bagus
Beautilogy Beauty

Daftar Merek Sabun Cuci yang Bagus dan Memiliki pH Rendah untuk Kulit

Bagi yang sebelumnya pernah baca postingan saya tentang pentingnya mengenal pH Kulit, AHA, BHA, dan vitamin C (klik di sini untuk baca!), tentunya sudah hapal dengan ngeyelnya saya terkait pentingnya second cleanser yang memiliki pH rendah dan bagus.  Kenapa sih, kayaknya ngotot banget kalau udah ngomongin terkait sabun cuci muka atau facial wash?

Update! 

Bagi yang ingin tahu pH sabun cuci muka lokal atau drugstore yang mudah ditemukan di swalayan (Garnier, Pond’s, dll) bisa langsung meluncur ke sini, ya.  Saya baru melakukan uji coba terhadap 9 merek sabun cuci muka yang ada di rumah. Klik ini: pH Sabun Cuci Muka Merek Lokal dan Drugstore.

Sebelum bahas lebih lanjut, apa itu second cleanser? Second cleanser adalah facial foam atau facial milk atau facial wash (ada  banyak banget istilahnya) yang dipakai tepat setelah menggunakan first cleanser.  First cleanser bentuknya macam-macam, ada yang berupa micellar water, cleansing oil, atau yang tradisional seperti toner dan milk seperti yang banyak dikeluarkan oleh brand lokal.

Tujuannya pemakaian second cleanser itu jelas: setelah menghapus make up dengan first cleanser, second cleanser berguna untuk membersihkan sisa produk first cleanser dan menyiapkan kulit dalam pemakaian tahap skincare selanjutnya.

Hype sabun cuci muka atau facial wash yang memiliki pH rendah dimulai sejak blog Skin & Tonics mengemukakan fakta bahwa acid mantle yang ada di kulit kita melindungi dari bakteri (salah satu penyebab jerawat) yang tumbuh di kulit setelah ganti produk ke pH lebih rendah ketika kondisi kulit kita berada pada level yang pas, yaitu sekitar 5.5.  Asian Beauty Bloggers seperti Snow White and The Asian Pear, Fanserviced B, dan lain-lain, mulai melakukan penelitian terhadap sabun cuci muka apa yang memiliki pH rendah.  Mengetahui bahwa pH kulit terbaik adalah di level acid, banyak yang memilih untuk memakai sabun cuci muka dengan pH rendah.

via aliexpress.com

 Ya, selama ini kita kurang teredukasi terkait hal ini. Dan saya juga ngerti, sekalipun sudah tahu, mencari facial wash yang enak banget di kulit wajah itu sulit.  Sejak saya posting tentang pH kulit, banyak yang bertanya pada saya via Instagram dan komentar di blog.

Well, saya sendiri bukan dokter, tapi melihat minat  tahu lebih lanjut dan betapa sedikitnya yang mengerti hal ini membuat saya pikir: “Ah, apa sekalian saya searching aja sabun cuci muka yang biasa dipakai orang, terus cantumin buktinya di sini?”

Update!

Saya mendapat catatan dari sesama beauty blogger, Rahayu Savitri, mengenai penentuan pH dari cleanser.  Menurutnya, pencatutan nama brand tidak bisa menjamin bahwa brand tersebut baik atau tidak bagi kulit kita, karena kondisi kulit orang Indonesia berbeda-beda.

Kulit berminyak dipengaruhi oleh pH kulit yang terlalu asam atau acid (source: Into The Gloss).  Sementara kulit kering dipengaruhi oleh pH kulit terlalu basa (source: Elle).  Setelah mengerti kebutuhan kulit kita, dan paham bahwa pH normal kulit, maka kita bisa menentukan sikap.  Apakah mau ganti brand?  Atau cukup dengan menambahkan pH adjusting toner untuk membuat kulit kita berada pada pH seimbang? 

Semua tergantung kebutuhan individu masing-masing. 

Tujuan saya membuat daftar ini hanya untuk mengedukasi pembaca untuk mengetahui pentingnya menjaga pH kulit.  Secara teori, daftar yang dibuat adalah daftar ideal.  Secara praktek, bisa jadi nggak cocok untukmu. Jadi, daftar yang saya buat fungsinya hanya memberitahu bahwa sudah ada pembuktian bahwa brand tertentu memiliki pH sekian. Saya sendiri termasuk yang meyakini bahwa sabun cuci muka yang tepat untuk saya adalah yang memiliki pH 5.5 – 7, jadi bagi saya penting adanya daftar atau review mengenai sabun cuci muka itu penting. 

Jadi bagi yang ingin memakai daftar yang saya buat untuk menjadi acuan membeli sabun cuci muka, saya persilakan.  Namun jika merasa bahwa sabun cuci muka tak perlu diganti karena selama ini baik-baik saja, nggak masalah juga :).  

Baca Juga:  [REVIEW] Dear Klairs Gentle Black Deep Cleansing Oil

Saya sendiri sudah pernah nyoba beragam jenis mulai dari Garnier sampai COSRX Low pH.  Sempat juga nyoba French Clay Mask yang bikin muka malah jadi lebih keset dan kering. Saat ini, karena sedang malas belanja online (karena pengen cepat sampai), saya akhirnya beli dagangan adik saya yaitu Hadalabo Tamagohada AHA & BHA Make Up Remover + Face Wash.  Rencananya ini bakal saya review setelah beli kertas lakmus supaya ada bukti~XD

 Menentukan Sabun Cuci Muka yang Tepat

via mappedoutblog.co.uk

Jadi gimana sih, caranya menentukan sabun cuci muka dengan pH rendah?

Cat dari Snow White and The Asian Pear melakukan sedikit research terkait dengan pH sabun cuci muka. Tahu nggak sih, ternyata informasi dari website terkenal pun bisa sesat?

“Cleansers and toners are alkaline—hand soap typically has a pH of around 9 or 10, for example—because alkaline molecules bind to dirt and accumulated oils you want to wash off.” (kutipan diambil dari website Oprah Winfrey)

Dan nyatanya, jika suatu produk diklaim memiliki pH balanced, itu bisa jadi hanya tool marketing.  Jangan mau dibodoh-bodohi perusahaan kosmetik tanpa cari tahu terlebih dulu.  Salah satu bukti yang sudah ditelusuri oleh Tracy di postingannya yang berjudul A Review of 8 low pH Asian/ K Beauty Second Cleanser membuktikan bahwa produk-produk tertentu itu memiliki pH lebih tinggi dari yang diklaim.

Contohnya adalah COSRX Salicylic Acid Exfoliating Cleanser yang ternyata punya pH 9-9.5.  Ini masuk kategori basa, di mana itu bakal bikin muka makin gampang jerawatan dan makin sensitif!

via amazon.com

Nah, tapi sebelum ngecek pH, ada baiknya kamu mengerti terlebih dulu cara menentukan seberapa baik sabun cuci muka untuk kulit.  Para beauty guru sudah sepakat bahwa pH terbaik untuk kulit adalah pH 5.5 dan atau di bawah itu. Fakta ini tidak hanya dibuat asal-asalan, melainkan karena ada jurnal yang membahas mengenai pH normal kulit laki-laki dan perempuan.

Berapa pH normal itu? Antara 5.4-5.9, dan memiliki bakteri normal di kulit [1]  Ada juga yang mengatakan antara 4.2 – 5.6 [2]. Loh, kok tetap ada bakteri? Bakteri itu sejatinya memang akan tetap ada meski kita cuci muka berkali-kali.  Namun wajah yang dicuci dengan sabun cuci muka yang memiliki pH tinggi, dapat menyebabkan alterasi pada bakteri sehingga pH kulit tidak seimbang.

Akibatnya: bisa timbul penyakit.  Jerawat adalah salah satunya.

Wow.

Jadi apa yang harus kita lakukan saat mencari sabun cuci muka?  Coba testing dengan kertas lakmus (cleanser harus sudah ditambah dengan air), maka setelah itu kamu mendapatkan pH sebenarnya dari suatu produk.  Normalnya, pH air = 7, tetapi kondisi air tergantung dari daerah tempat tinggalmu.  Jadi pH air di setiap daerah bisa beda-beda.  pH air hujan sendiri berkisar antara 6.8 – 8.5.

Kalau misal malas beli kertas lakmus dan menguji sendiri, kamu bisa cek list yang sudah saya buat.

List Merek Sabun Cuci Muka Korea yang Bagus

List berikut adalah produk facial wash/wash off mask dari Korea (ya, karena blog ini lebih cenderung ke arah K Beauty).  Nggak menutupi kemungkinan saya bikin list facial wash dari Indonesia, Jepang, dan Barat.  Tapi karena ada banyak banget, mending dicicil dulu, ya. 

Cara mencari di desktop: Tekan CTRL + F, tulis keyword.  Untuk di gadget, klik kanan browser, lalu tulis keyword di Search Page.

BrandpHSumber Info (Blog/Website)
Missha Super Aqua Fresh Cleansing Milk5.5Asian Beauty Subreddit
Innisfree Bija Anti-Trouble Gel Cleanser4.5Fanserviced B
Secret Key Lemon D-Toc Peeling Gel3Skincare Dupes
Etude House Happy Teatime Milk Tea Cleansing Cream5Reddit
Skinfood Black Sugar Strawberry Wash Off Mask7Skin & Tonics
Tosowoong Enzyme Powder Wash5Fifty Shades of Snail
Etude House Wonder Pore Freshner5.5Posh Make Up and Stuff
COSRX Salicylic Acid Exfoliating Cleanser9.5Fanserviced B
Su:mm 37 Miracle Rose Cleansing Stick5.5Fanserviced B
Leejiham (LJH) Tea Tree30 Cleansing Foam6.5Fanserviced B
Ciracle Anti-Blemish Teatree Wash5.5Fanserviced B
Papa RE:CIPE Slowganic Cleanser - Lemon4-5Berries in The Snow
Skinfood Black Sugar Foam6Quest For The Golden Nautilus
Nature Republic The First Bubble Cleanser5Asian Beauty Subreddit & The Skincare Addiction Subreddit
Skinfood Green Tea Milk Cleansing Cream5Asian Beauty Subreddit & The Skincare Addiction Subreddit
The Face Shop Blemish Zero Bubble Foam Cleanser5.5Asian Beauty Subreddit & The Skincare Addiction Subreddit
Missha Super Aqua Oxygen Micro Visible Cleanser5.5Asian Beauty Subreddit & The Skincare Addiction Subreddit
Skinfood Steam Milk Bubbl Mask5.5Asian Beauty Subreddit & The Skincare Addiction Subreddit
The Face Shop Rice Water Bright O2 Cleansing Foam5.5Asian Beauty Subreddit & The Skincare Addiction Subreddit
Shara Shara Honey Milk Whipping Foam5.5Asian Beauty Subreddit
Su:m37 White Award Enzyme Powder Wash5-5.5Snow White and The Asian Pear
Missha Near Skin Extra Renew Cleansing Foam5.5Plain Jane Pains
Etude House Wonder Pore Whipping Foaming6Skincare Dupes
IOPE Ideal Cleansing Foam Creamy Moisturizer6Skincare Dupes
Etude House Collagen Moistfull Peeling Wash6.5Skincare Dupes
Neogen Real Fresh Green Tea Cleansing Stick7Asian Beauty Subreddit
Nature Republic Snail Solution Foam Cleanser9Asian Beauty Subreddit
COSRX Low pH Good Morning Gel Cleanser5.5Fanserviced B
It's Skin Have A Banana Cleansing Foam8Berries in The Snow
Nature Republic Fresh Green Tea Bubble Deep Cleanser6.5Our Skin Journey
It's Skin Have A Pomenegrate Cleansing Foam8Berries in The Snow
Amore Pacific Treatment Enzyme Peel Botanical Exfoliator5.5-6Beauty Finds For Me
Too Cool For School Egg Mousse Pack and Soap6-7Berries in The Snow
Innisfree Apple Juicy Liquid Foaming Cleanser7.5Love At 1st Shine
Sulwhasoo Snowise EX Cleansing Foam5Snow White and The Asian Pear
Tonymoly Nature Bubble Donkey Milk7.5Love At 1st Shine
Hanyul Artemisia Foaming Cleanser7.6Love At 1st Shine
Laneige Multi Cleanser8Love At 1st Shine
Skinfood Aloe Vera Foaming Cleanser8Love At 1st Shine
Skinfood Egg White Pore Foam8Love At 1st Shine
Skin & Lab Vita Clinic Always Vita Foam Cleanser8Love At 1st Shine
Toosoowoong Acne Cleansing Foam8Love At 1st Shine
Mizon Pore Refine Deep Cleansing Foam8Love At 1st Shine
Mizon Snail Repairing Foam Cleanser8Love At 1st Shine
Etude House Every Month Cleansing Foam8.5Love At 1st Shine
Etude House Milky You One Step Cleansing Foam8.5Love At 1st Shine
The History of Whoo Brightening Cleansing Foam8.5Love At 1st Shine
Innisfree Green Tea Pure Cleansing Foam8.5Love At 1st Shine
Etude House Baking Powder BB Deep Cleansing Foam: Moist9Love At 1st Shine
Etude House AC Clinic Daily Foam Cleanser9Love At 1st Shine
Tonymoly Clean Dew Red Grapefruit Foam Cleanser9Love At 1st Shine
Innisfree Green Barley Bubble Cleanser9Love At 1st Shine
Mizon Acence Anti Blemish Foam Cleanser9Love At 1st Shine
Skinfood Aloe Vera Foaming Cleanser9Love At 1st Shine
Etude House Happy Essential (Hyaluronic)9.5Love At 1st Shine
Innisfree Jeju Volcanic Pore Cleansing Foam9.5Love At 1st Shine
Innisfree Olive Real Cleansing Foam9.5Love At 1st Shine
HolikaHolika Daily Garden Cleansing Foam (Green Tea)10Love At 1st Shine
Mamonde Lotus Micro Mild Foam8Love At 1st Shine
Mamonde Lotus Sebum Control Cleansing Foam5Love At 1st Shine
HolikaHolika Gonyak Soft Jelly Cleansing Foam8Love At 1st Shine
Whamisa Organic Flowers Creamy Foam Cleanser5.5Love At 1st Shine
Mizon No 1 King's Berry All In One Liquid Cleanser8Love At 1st Shine
The Face Shop Myeonghan Miindo Hwan Saeng Go Gold7Love At 1st Shine
Baca Juga:  [REVIEW] Treating Eczema on Face: Dear Klairs Midnight Blue Calming Cream
Loading...

29 thoughts on “Daftar Merek Sabun Cuci yang Bagus dan Memiliki pH Rendah untuk Kulit”

    1. Iya, tapi tetep lihat kebutuhanmu juga, ya. Memang pertama kita lihat dari pH, rendah apa nggak, karena kulit muka itu cocoknya sama sabun yang pH rendah. Kalo saya lihat, Cetaphil Gentle Cleanser itu 6,2. Saya prefer nggak pake sih, karena pH ideal itu yang nilainya 5,5 ke bawah. Tapi lihat dulu, kalo jenis kulitmu berminyak, artinya terlalu acidic. Bisa jadi lebih cocok dengan sabun yang pH agak di atas 5,5, tapi di bawah 7. Tapi kalo tipe kering, saya saranin cari sabun cuci muka lain. Kulit kering artinya kulitmu basa, jadi butuh lebih banyak produk tipe acidic. Lihat juga ingredientsnya ya sebelum beli, siapa tau kamu alergi dengan jenis bahan tertentu.

    1. Aku belum nyoba sih tapi ada rencana mau ngelist dulu yang bener-bener lokal apa (Garnier bukan lokal yah), baru aku uji pake lakmus. Muka cuma satu say, jadi bakal lama nih uji cobanya, hehe

    1. Di Beautylink Sociolla ada kok, nggak selalu harus PO. Ada beberapa web yang terpercaya juga kayak Papuros Shop, Riebutik, Beauty Glowing. Itu beberapa dia antaranya aja yang aku tahu

  1. kalau kulit wajah berminyak apakah tetep pake facial wash dengan ph normal kak? kalau pake facial wash yang ph nya di atas 5,5 takutnya wajah jadi kering dan sensitif 🙁 eh tapi list facial wash merek korea yang kakak kasih, ada ph nya yang di atas 5,5. bahkan ada yang ph nya sampe 9,5 dan 10. nah gimana tuh kak?

    1. Sebetulnya kalau aku sih karena condong sama beberapa beauty blogger luar (dan salah satunya juga peraih doktor di bidang kimia), aku ngikutin mereka. Akan lebih baik jika pH sabun cuci muka itu setidaknya pH 7

  2. Kalo sabun cuci mukanya terbuat dari bahan2 alami seperti sensatia botanicals, apakah PH nya dijamin rendah alias di bawah 7? Atau masih harus diuji dulu pake kertas lakmus?

  3. Masa aku mikir kalau sabun cuci muka terbuat dari bahan2 alami udah menjamin kalo phnya rendah di kisaran angka 5 atau di bawahnya 😐 tapi sepertinya gak menjamin juga ya kak? Mesti diuji?

  4. Ngujinya pake kertas lakmus merah atau biru ya kak? Duh maaf kak nanyain pertanyaan yg mungkin terkesan konyol atau sepele soalnya dulu sma aku IPS. Gak ngerti soal kertas lakmus dan kawan2nya

  5. Kak.. aku sekarang sih lagi pakek COSRX Low PH Good morning gel yang klo sesuai list yg kk buat PH nya 5.5, nah kulit aku ni cemderung berminyak dan pori2 besar, komedo dan kadang2 agak berjerwat… kira2 masih tetep bagus di gunakan apa gimna ? Kalau mnurut saran kakak facial wash dngn kandungan PH berapa yang baik utk kulit berminyak ya? Makasih 🙂

  6. Haloo, kamu udah uji hadalabo tamagodaha nya belum? Aku selama ini pakai itu tapi nggak tau berapa Ph-nya huhuu, makasih infonya enak banget dibacaa

  7. Sist, ak lagi nyari second cleanser yg cocok buat kulitku.. Kulitku agak kering tp pori2 besar dan berkomeda, jarang berjerawat, tp warna kulitku kurang rata, jadi pengen pake skincare yg bisa mengatasi masalah kulit wajahku. Sampai saat ini ak baru coba pakai produk laniege, tp berdasar artiket yg sista tulis pH multi cleanser dr laneige cenderung basa. Kira2 menurut sista second cleanser apakah yg cocok buat kulitku? Krn aku langganan beli produk skincare di beautyglowing ada beberapa cleanser yg belum ada di list pH yg sista Mia buat di artikel seperti Sulwhasoo Gentle Cleaning Foam atau Pyunkang Yul Cleansing Foam, kira2 menurut sista Mia kedua cleansing foam itu apakah cocok untuk kulitku? Terima kasih banyak

    1. Hi, sebetulnya secara teori agar tidak ada bakteri berkembang biak di wajah yang bisa menimbulkan sebab jerawat dan permasalahan kulit lainnya itu pH memang harus 5,5 (normalnya kulit wajah kita itu kira kira segini). Wajah sis Widi (bener namanya ini?) ini dehidrasi bukan ya? Soalnya yang pori-pori besar itu biasanya kalau jenis kulitnya kombinasi/berminyak, tapi kalau kulitnya agak kering antara sis punya dehidrasi atau bisa jadi sebelumnya salah pakai produk, makanya wajahnya jadi agak kering. FYI buat yang kombinasi emang rasa susah ya, kita nggak bisa pakai produk buat oily skin karena bikin kulit jadi cenderung kering.

      Saran saya bukan sekedar cleanser saja ya, kalau kulitnya kering berarti butuh kelembapan, maka perhatikan juga selama ini skincare buat menjaga kelembapan apakah ada? Sampai sekarag produk yang mengandung HA (hyaluronic acid) direkomendasikan banget ya, cocok buat segala jenis kulit.

      Saya kurang tahu juga nih mana yang cocok, keterangan cleansing foam-nya seperti apa? Pertama sis Widi harus kenal dulu jenis kulitnya ya, baru setelah itu cari tahu Sulwhasoo dan Pyunkang Yul itu sebetulnya diperuntukkan buat jenis kulit yang mana, biar bisa cocok. Kalau mau tahu pH sabun cuci muka bisa coba pakai pH strip ya 🙂

  8. Ka mau nanya kira2 sabun pencuci muka perfect whip bagus ga sih buat muka yg kering? Terus pH nya perfect whip sekitar berapaan ka kalau setau kakak aja sih

  9. Kak, mau nanya..kalau muka saya kombinasi berminyak, pakai mizon aha bha daily toner bgmn? Itu ph nya brp ya? Sabun mukany saya pakai cosrx low ph morning. Menurut kakak bgmn?
    Dan apakah benar kalau pakai aha bha tidak boleh pakai vit c?

    Terima kasih.

  10. Hallo kak,
    Kebetulan aku lagi cari cleanser dan penjelasan tentang ph ini ngebantu bangeeeet. Btw kalo BIO-ESSENCE BIRD’S NEST + PEPTIDES PERFECT CLEANSER itu tau ga ya ka ph nya brp? aku kebingungan cari blog lain ga dapet :((

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *