Follow:
Beautilogy, Beauty

6 Cara Menghilangkan Jerawat Tuntas dengan Skincare!

Hi, guys! Tulisan ini saya rombak habis-habisan berhubung saya sempat dapat rikwes untuk membahas jerawat.  Di sini, tepatnya, saya membuat panduan mencegah jerawat dengan skincare dan diet makanan.

Let’s go through the rabbit hole!

Ada 6 bab yang memiliki hubungan erat yaitu actives, purging dan break out,  penjelasan tentang jerawat serta urutan pemakaian skincare yang saya tulis dan bisa diakses di sini:

Bab I: Mengenal pH Kulit, AHA, BHA, dan Vitamin C Secara Jelas

Bab II: Apa Bedanya Purging dan Break Out? Apa Kaitannya dengan AHA, BHA, Vitamin C?

Bab III: 6 Cara Menghilangkan Jerawat Tuntas dengan Skincare(bab yang sedang kamu baca)

Bab IV: Mengenal AHA, BHA, PHA, Apa Persamaan dan Perbedaannya?

Bab V: 4 Tips Memilih Produk Serum Vitamin C Serta Alternatif Bagi Kulit Sensitif!

Bab VI: Panduan Mencegah Jerawat dengan Diet Makanan yang Benar

Karena postingan ini akan panjang, saya buat daftar isi.  Silakan klik salah satu daftar isi di bawah ini jika tidak ingin membaca keseluruhan.

6 Cara Menghilangkan Jerawat Tuntas dengan Skincare!

Rata-rata dari kita pasti nyari pelarian untuk mengobati jerawat dengan beli skincare.  Apalagi dengan nge-hypenya AHA BHA PHA yang dinilai ampuh tuntas menghilangkan jerawat, kita langsung meleleh, pengen beli ini itu.  Nggak sepenuhnya salah sih, tapi kalau pemikiranmu hanya skincare yang ampuh mengobati jerawat, itu salah.

Saya pun termasuk golongan yang menganggap skincare adalah dewa dari segala masalah kulit.  Well, masalahnya memang kita butuh sesuatu yang menjawab tuntas terhadap masalah kulit.  Ke dokter kulit… enggak semua orang bisa berobat begitu saja ke spKK. Bisa terbatas oleh dana atau hal lainnya. “Haduh…

tapi kan pengen ngilangin jerawat berikut bekasnya dengan cepat!  Risih gitu lho, lihat dua-duanya masih ada berbulan-bulan gitu. Jadi harus gimana?”

Emang apa aja sih, yang ngaruh banget dengan cara kita menghilangkan jerawat secara cepat?

1. Self-love  dengan sugesti

2.Sabar, sabar, sabar

4.Ganti sabun cuci muka, SEKARANG JUGA

5.Pemilihan acne treatment

6.Jaga kelembapan kulit

7.Contoh rekomendasi produk yang MUNGKIN cocok untuk kamu juga

Self-love dengan Sugesti

cara menghilangkan jerawat dengan cepat

Pengendalian emosi dan cara kita mengelola emosi sangat penting karena itu bisa mempengaruhi terhadap kesehatan kita.  Bicara soal kesehatan, tentu ini berpengaruh juga terhadap kesehatan kulit. Mau pakai skincare jutaan rupiah maupun perawatan ke dokter kulit bakal percuma kalau kamu masih belum paham keterkaitan kedua hal ini. 

Oke, tentunya buat yang memang acne prone, atau punya masalah jerawat dari zaman-remaja-tapi-kok-ya-sampai-sekarang-begini-saja… tentunya kamu sempat mengalami masa-masa sensitif ketika orang mengomentari jerawatmu.

“Kamu kok jerawatannya tambah banyak, sih?”

“Kenapa enggak pernah rawat diri, tuh lihat makanya jerawatan terus.”

Dan lain sebagainya, dan lain sebagainya.

Saya sih, jujur saja, bukan acne fighter atau acne warrior yang sesungguhnya. Saya juga sesekali jerawatan, akibat datang bulan atau breakout.  Itu pula, saya tidak begitu sering mengalami breakout. Tapi saya tahu rasanya sebal punya jerawat dan dikatain, “Gara gara pakai skincare, sih, makanya jerawatan!”

Lah -____-, gimana kalau ternyata penyebab jerawatannya bukan karena skincare? Dan balik lagi, skincare bisa jadi salah satu penyelamat kalau jerawatan.

Kamu mungkin keburu merasa dirimu rendah mendengar komentar-komentar jahat dari orang-orang tertentu; yang bisa jadi malah keluargamu sendiri!  Mengesalkan?  Tentu.  Apakah sebaiknya didengarkan?  Jika perkataan itu disertai nasehat bermanfaat, menurut saya tidak ada salahnya didengar. Namun tentu kamu harus memilah juga mana yang bermanfaat untuk kamu.  Di saat seperti ini, bersikap egois dengan tidak mempedulikan kalimat nyinyir adalah hal yang tepat untuk dilakukan.

Caranya gimana?

Kamu harus mulai mencoba mencintai dirimu sendiri. Cobalah pandangi cermin.  Mungkin kamu akan jijik saat pertama kali melihat wajahmu di cermin… jika kamu membenci jerawat-jerawat yang bermunculan tiada henti di wajahmu. Oke, sekarang, cobalah tarik napas dan embuskan kira-kira 3 kali. Make yourself comfortable. 

Sudah mulai tenang?  Oke, sekarang… cobalah sebut berkali kali “Saya cantik/saya tampan.”  Apakah ini membuatmu tidak nyaman?  Saya yakin di awal, kamu akan merasa risih menyebut dirimu sendiri cantik atau tampan. Ya… wong selama ini mungkin kamu menganggap kamu tidak menarik karena jerawatmu itu.  Tapi cobalah lakukan itu saat kamu sendirian di depan cermin.  Sugesti dirimu sendiri sambil mengingat kelebihanmu yang enggak bisa dilakukan orang lain.

Mau sekecil apa pun itu… ingat-ingatlah apa yang jadi sisi baik dari dirimu. Misalkan, kamu itu orangnya peka dengan lingkungan dan selalu berusaha menolong orang lain.  Itu adalah kebaikan kecil yang bisa jadi enggak bisa dilakukan oleh orang orang sekitarmu. Sambil bersugesti kalau kamu cantik atau tampan, ingat… itulah kecantikan atau ketampanan yang kamu miliki.

Yup, cantik atau tampan itu kan kata sifat.  Meski memang biasa diasosiasikan dengan wajah atau bentuk tubuh, cantik dan tampan itu tidak hanya terbatas pada rupa saja. Kamu bisa menjadi cantik atau tampan kapan pun kamu mau ketika kamu bisa percaya diri dan menggunakan kelebihanmu itu untuk membantu orang lain.

Ketika kamu percaya diri… kamu nanti akan tahu caranya mencintai dirimu sendiri.

Sabar

Resep satu ini sebetulnya sulit untuk diterapkan, kalau nggak mengubah mindset kamu.  Ya, saya pun awalnya sulit untuk merasa sabar sampai akhirnya beli segala macam skincare tiap bulan. Hasilnya memang ada, tapi nggak seinstan yang saya inginkan.

Karena sesungguhnya pemakaian skincare, diet, bahkan mengubah mindset untuk mengendalikan emosi selalu butuh proses.  Ini artinya, akan selalu butuh waktu agar jerawatmu membaik.  Bahkan  pergi ke engkong-engkong dukun pun nggak bikin kamu makin cantik setelah dia memuncratkan air ke wajah kamu (yang ada bukannya makin jerawatan ya?)

Karena sifatnya seperti lari maraton, yang perlu kamu lakukan adalah menjaga pace lari kamu.  Jangan perkenalkan semua skincare baru dibeli sekaligus ke kulit kamu. Sabar dan dedikasi seringkali jadi faktor yang bikin jerawatmu mengempes dan cepat hilang. Jangan berlebihan dalam membeli skincare, plus patch testing, patch testing, patch testing! 

Beruntunglah kalau kamu dianugerahi kulit yang tidak sensitif.  Bagi kamu yang punya kulit sensitif atau mudah sensitized, minimal kamu harus menunggu 1 minggu lebih telat dari yang kulit nonsensitif sebelum mencoba skincare terbaru.

Baca Juga:  [REVIEW] Get Your Daiso JAPAN Make Up Brush Cleaner only for $2 SGD!

Sel kulit kita sendiri mengalami regenerasi setiap 28 hari sekali.  Inilah sebabnya ketika kamu membeli skincare baru, kamu harus menjaga jarak 3-4 minggu sebelum mencoba mengaplikasikan ke wajah dan menambahkannya sebagai bagian rutinitas.  Ingat, kulit itu bukan tikus laboratorium. Mencoba skincare baru sah-sah saja selama tahu aturan siklus penambahan skincare baru.

Setidaknya, hasil bersabar saya membuahkan hasil. Selama 7 bulan memakai produk, ditambah makan kimchi dan sup miso, olahraga sesekali, dan mencoba memandang hidup lebih positif supaya nggak stres *apa sih Mi*, jerawat saya mulai mengempis.

cara menghilangkan jerawat dengan cepat

cara menghilangkan jerawat dengan cepat

Maafkan fotonya yang nggak bagus ;_;

Ganti Sabun Cuci Muka, SEKARANG JUGA

Nggak banyak orang paham dengan pentingnya menjaga pH kulit.  Kenapa?  Karena sampai detik ini, industri kosmetik pun kebanyakan memproduksi sabun cuci muka yang sebetulnya tidak baik untuk kulit.

Jika kamu pernah baca postingan saya terkait dengan pH sabun cuci muka (bagi yang belum klik di sini untuk baca “Mengenal pH Kulit, AHA, BHA, dan Vitamin C”), maka kamu akan tahu bahwa sabun cuci muka terbaik adalah yang memiliki pH seimbang  Ini artinya, sabun cuci muka itu tidak menghilangkan paksa sebum di kulit wajah.

Sebum sebetulnya baik bagi kulit kita, karena wajah kita membutuhkan kelembaban.  Yang bikin sebum menyebalkan itu ketika wajah kita memproduksinya secara berlebihan (bisa karena masalah cuaca, hormon, dan lain-lain).  Sebum berlebihan bisa menyumbat pori-pori.

Sabun cuci muka dengan pH seimbang cocok bagi segala jenis kulit karena sifatnya gentle dan bisa membersihkan permukaan kulit dengan baik. Kamu bisa baca Daftar pH Sabun Cuci Muka Merek Lokal dan Drugstore di Indonesia atau Daftar Merek Sabun Cuci yang Bagus dan Memiliki pH Rendah untuk Kulit sebagai panduanmu mencari sabun cuci muka.

Acne Treatment

cara menghilangkan jerawat dengan cepat

“Kalau misalkan nyoba air lemon, baking soda, dll kayak gitu buat exfoliating ampuh nggak ya, buat jerawat?  Kan lebih murah daripada beli skincare, udah gitu bahan-bahannya alami.”

Dear pembaca,

Perlu diketahui bahwa apa yang kamu baca di halaman pertama Google (yang menyarankan pakai putih telur, baking soda, dan air lemon) itu adalah informasi sesat.  Alasannya?  Karena yang satu itu super acid (pH lemon = 2) dan super alkaline (pH baking soda = 9), keduanya sama sekali tidak efektif.  Dan malah merusak kulit kamu.

“Terus apa dong, acne treatment yang bisa aku pakai dan ternyata cukup ampuh buat jerawat?”

Berikut adalah tabel singkat bahan kosmetik yang bisa jadi panduan bagi kamu dalam mencari produk khusus menangani jerawat aktif. P.S: Kamu perlu mencari tahu sendiri mana yang lebih cocok untuk kamu!

Bahan KosmetikKeterangan
Benzoyl peroxideAmpuh menuntaskan jerawat secara cepat namun bikin kulit ngeletek atau kering. Cari dengan persentase minimal 2.5% -10%
Salicylic acidLebih cocok untuk mencegah jerawat, meski di persentase tertentu bisa menuntaskan masalah jerawat. Cari produk mengandung minimal 2%
Tea Tree OilBahan natural yang dianggap bisa menandingi Benzoyl peroxide dan Salicylic acid. Jangan langsung oles tea tree oil langsung ke kulit! Pastikan sudah dicampur dengan carrier oil jika kamu pakai essential oil murni. Dianjurkan membeli produk jadi seperti The Body Shop Tea Tree Oil, atau cari produk dengan kandungan minimal 5%
Retinol/retinoidEfeknya bisa bikin kulit kering dan ngeletek. Jika kamu suka tantangan dalam pencarian skincare, kamu bisa coba retinol. Cari produk dengan kandungan minimal 0.025%
AdapaleneDerivatif vitamin A yang cukup friendly, namun tetap bisa bikin kering dan ngeletek buat sebagian besar orang. Cari produk yang mengandung minimal 0.1%
TretinoinDisarankan jika kamu memakai preskripsi dari dokter karena ini cukup keras, meski ada OTC mengandung tretinoin. Cari produk mengandung minimal 0.025%
SulfurProduk mengandung sulfur 2%-5%

Hidrasi

Tahukah kamu, sebetulnya hidrasi kulit adalah kunci dari segalanya?

Ketika kamu berjuang melawan jerawat, maka satu hal yang perlu dilakukan adalah menjaga kelembapan kulit. Loh, emang kalau kulit lembap bisa bikin jerawatnya menghilang?  Enggak begitu, sayangku sekalian. Jadi begini mekanismenya.

Kamu perlu tahu bahwa lapisan teratas kulit kita dinamakan stratum corneum.  Yup, ini adalah lapisan teratas dari epidermis. Menjaga supaya kelembapan stratum corneum terjaga itu sangat penting, mengingat di sinilah lokasi skin barrier kita.

Skin barrier kita, yaitu acid mantle, berfungsi untuk melindungi kulit.  Kalau kamu sudah main ke Bab I, pasti tahu dong, bahwa kulit kita itu normalnya berada di pH 4.2-5.5 alias asam.  Bakteri sangat senang jika skin barrier kita rusak, karena di sinilah ia bisa membuat habitat baru.  P.acnes adalah bakteri penyebab jerawat, dan bakteri menyukai wilayah dalam kondisi basa.

Menjaga kelembapan kulit itu sangat memengaruhi terhadap pH kulit.  Perubahan pH kulit bisa memengarui terhadap patogenesis penyakit kulit… salah satunya jerawat.  Maka dalam kondisi apa pun, saya sangat menyarankan kamu agar setidaknya memakai basic skincare, terutama moisturizer, yang sesuai dengan jenis kulit wajahmu. Bahasan terkait dengan kulit kering dan dehidrasi pernah lho ditulis di sini: Tips Skincare untuk Kulit Kering, Hindari Kulit Kusam dengan 7 Rekomendasi Ini!

Rekomendasi Produk

Apa yang saya pakai belum tentu cocok untuk kamu. “Terus apa nih yang kira kira cocok sama kulitku?” Kamu bertanya.  Mau enggak mau kamu harus mencobanya sendiri.  Bertanya pada saya yang awam soal kulitmu ya, salah besar.  Ketemu juga online, apalagi saya bukan dokter. Sangat disarankan tidak bertanya sama saya mana yang cocok buat kamu.

Baca Juga:  [REVIEW] COSRX Hyaluronic Acid Hydra Power Essence + COSRX BHA Skin Returning A-Sol

Tapi… bukan berarti saya pelit info. Setidaknya saya kumpulkan nih, produk mana saja yang bisa kamu beli dan cocok untuk mengobati jerawat. Ini berdasarkan pengalaman pribadi, jadi enggak semua produk jerawat yang ada di dunia ini saya list.  Panjang banget, beb. Saya sesuaikan juga dengan budget-mu, jadi kamu bisa ngira ngira sendiri mana yang sesuai dengan kantongmu.  Jadi jangan jadi pemalas lagi minta disuapin, sudah saya kasih semuanya buat kamu di postingan ini. Intip ke bawah buat lebih lanjut!

BrandKeteranganHarga
COSRX BHA Blackhead LiquidMengandung betaine salicylate 7%, ini versi mild dari salicylic acid. Cocok untuk pemula, bisa dipakai oleh ibu hamil$$
Bravura London BHA Salicylic Acid 2%Di saya tidak bikin purging, tapi belum tentu sama hasilnya di kamu. Sejauh ini, memakai Bravura London bisa mencegah kira kira di atas 70% kemungkinan jerawatan selain karena sedang berhalangan. Disarankan dipakai jika kamu sudah terbiasa dengan chemical exfoliator. Disarankan tidak dipakai oleh ibu hamil sebelum konsultasi ke dokter$$/$$$, bervariasi tiap toko
Erha Acne Spot GelMengandung 2% salicylic acid, enggak bikin kering. Disarankan tidak dipakai oleh ibu hamil sebelum konsultasi ke dokter$
COSRX AHA 7 Whitehead Power LiquidMengandung 7% glycolic acid, ini cukup bikin kering. Disarankan dipakai jika sudah terbiasa dengan chemical exfoliator$$
Avoskin Miraclous Refining SerumMengandung glycolic acid 10% dan bahan bahan lainnya. Bagus banget untuk jerawat, tapi hati hati, bisa bikin kering. Disarankan dipakai jika kamu sudah terbiasa dengan chemical exfoliator.$$
Krave Beauty KalelaluyAHAMengandung glycolic acid 5%, ini enggak bikin dry, cukup enak. Disarankan dipakai untuk pemula$$$
Alpha H Liquid GoldMengandung 5% glycolic acid, ini enggak bikin dry. Disarankan dipakai untuk pemula$$$
The Ordinary 5% Lactic Acid + 2% HAKalau kamu enggak bisa pakai glycolic acid, coba pakai yang molekulnya besar macam lactic acid. Ini mild karena pKa-nya cukup tinggi untuk lactic acid. Disarankan dipakai untuk pemula$
Glikoderm Clarifying Face Cleanser with PHA 4%Mengandung 4% PHA (glucunolactone), cocok untuk kulit sensitif dan sensitized. Adik dari AHA, sehingga cocok untuk pemula$
Glikoderm Glucunolactone 8% Moisturizing CreamMengandung 8% PHA, cream ini enggak moisturize wajah jadi perlu moisturizer tambahan. Sifatnya thick. Cocok untuk pemula$
The Ordinary Azelaic Acid Suspension 10Mengandung 10% azelaic acid. Jika mencari produk yang cukup ramah dan friendly untuk kulit sensitif, ini cocok. Sifatnya thick, perlu moisturizer tambahan. Disarankan digunakan untuk pemula$$
The Body Shop Tea Tree OilMengandung 15% tea tree oil. Kamu enggak perlu mencampurkan dengan oil lainnya karena ini sudah diformulasikan bersama carrier oil$
Klairs Freshly Juiced Vitamin DropMengandung 5% ascorbic acid. Bisa dipakai saat memiliki jerawat aktif, dan juga bisa digunakan untuk memudarkan bekas jerawat. Disarankan digunakan untuk pemula. Simpan di kulkas. Cara mengambil produk disarankan dilakukan ketika botol sudah terbuka, lalu sedot dengan pipet untuk mencegah oksidasi$$
Purito Vitamin C SerumMengandung 10% ascorbic acid. Baik dipakai saat jerawat aktif maupun untuk bekas jerawat. Disarankan dipakai jika sudah terbiasa dengan antioksidan dan chemical exfoliator dengan persentase tinggi. Simpan di kulkas$$
TIAM C Source 20%Mengandung 20% ascorbic acid. Baik dipakai saat jerawat aktif atau untuk bekas jerawat. Disarankan dipakai jika sudah terbiasa dengan antioksidan dan chemical exfoliator dengan persentase tinggi. Simpan di kulkas. Cara mengambil produk disarankan dilakukan ketika botol sudah terbuka, lalu sedot dengan pipet untuk mencegah oksidasi$$
The Ordinary 10% Niacinamide + 2% HAJika mau cari produk friendly bagi kulit untuk bekas jerawat, bisa pakai ini. Berhubung ini pH dependent, disarankan kamu memakainya setelah bahan aktif lainnya (terakhir) karena ini efektif di pH 6-7$$
Elshe Skin Radiant SerumMengandung arbutin, niacinamide, gluthatione, dan dua jenis vitamin C. Bisa untuk memutihkan kulit wajah beberapa tingkat$$
Rojukiss Enca AC Drying Pinky Powder / Mario Badescu Drying Lotion / Etude House Pink Powder SpotMengandung sulfur. Buat kamu yang ingin pilihan super aman, bisa pakai ini karena efek drying-nya hampir enggak ada$$/$$$/$$
Onsaemeein Magic Solution Skin PowderMeski tampilannya mirip dengan yang di atas, ini mengandung salicylic acid dengan persentase tidak diketahui. Tidak memberikan efek yang baik buat jerawat$$
Derma Angel Acne PatchAcne patch terbaik sampai saat ini karena merekat kuat, dan bisa ditimpa makeup. Ada day dan night yang dibedakan berdasarkan ketebalannya. Pakai saat mata jerawatmu muncul, baru ngaruh!$
COSRX Acne Pimple Master PatchKualitasnya masih di bawah Derma Angel, meski dari segi ukuran bervariasi. Pakai saat mata jerawatmu muncul, baru ngaruh!$
Nexcare Acne PatchTerlalu tebal sehingga tidak bisa menempel dengan benar, plus gampang tergeser oleh sebum. Pakai saat mata jerawatmu muncul, baru ngaruh!$

Keterangan Harga: 

$ -> Dimulai dari Rp 0 – Rp 150.000

$$ -> Dimulai dari Rp 150.001 – Rp 300.000

$$$ -> Lebih dari Rp 300.001

Bagi yang tertarik dengan produk yang saya punya (atau produk rekomendasi di atas), Sociolla, Benscrub, Tokopedia, dan e-commerce lainnya.  Kamu juga berkesempatan dapat diskon lho, kalau belanja di Sociolla dan Benscrub! Cukup pakai voucher saya yang tertera di sidebar blog, kamu bisa dapat diskon Rp 50.000.  Asyiknya belanja di Sociolla free ongkir ke seluruh Indonesia! Psst, jangan lupa intip Benscrub juga, ya!

Kalau kamu, gimana cara menangani jerawatnya selama ini?  Yuk sharing di kolom komentar!

Share:
Previous Post Next Post

You may also like

9 Comments

  • Reply Dian Restu Agustina

    Ulasan yang komplit…:) Sabar itu yang susah ya Mbak, kayaknya jerawat memang musuhan sama si sabar hihihi…But anyway..tipsnya layak dicoba semua, karena sampe detik ini saya yang udah 40 an masih jerawatan….TFS , Mbak:)

    Agustus 6, 2017 at 5:43 pm
    • Reply Azzahra R Kamila

      Makasih ya Mbak udah mampir 😀
      Saya pake gaya bahasa kasual, jadi malu hehehe. Bisa dicoba Mbak, saya beberapa minggu ini hobi bikin sup miso, ampuh juga ternyata selama PMS cuma muncul whitehead aja 😀

      Agustus 6, 2017 at 5:46 pm
  • Reply Dewi Natalia

    Saya pernah coba pakai body shop yang mahalnya luar biasa itu. Tapi ngga ada hasilnya di kulit sensitif saya. Mungkin benar ya yang mba bilang. Kita kudu jaga pola diet juga. Btw, itu kimchinya bs beli dimana mba? Pantes ya orang Korea kulitnya bagus2. Ngga ada gorengan kaya di Indo. Makannya kimchi terus >.<

    Agustus 14, 2017 at 8:53 am
    • Reply Azzahra R Kamila

      Iya Mbak, pernah tuh beli COSRX Centella Cream. Nggak ngefek juga. Ngerasa sayang buang, tapi kalo dijual juga nggak laku, haha. Orang Korea suka gorengan juga, kok, pada suka sama tempura, burger, dll. Tapi pada dasarnya budaya mereka itu budaya makan sup, daging sama sayur diolah dalam bentuk rebus, jadi memang lebih sehat.

      Kimchi di Griya juga ada kalo di kota Mbak ada Griya/Yogya/Transmart/Hypermart, supermarket yang agak besar. Tapi kalo mau beli online bisa ke Tokopedia, nama tokonya Toserda, dikirim dari Bandung. Nggak semua orang suka sama kimchi, saya juga kalo ke Mujigae kurang suka kimchinya, terlalu asem. Tapi kalo brand Ommasonmat itu bahkan yang nggak suka kimchi juga bakalan suka. Bisa dimakan sama nasi panas, bisa juga bikin sup kimchijjigae. Biasanya saya suka cemplungin aja ke air rebus, tambah tahu, tauge, sama bumbu penyedap. Kalo nggak tahan sama rasa asamnya dijadiin sup aja.

      Agustus 14, 2017 at 3:12 pm
  • Reply Sri heryani

    Kak mau tanya donk, aku masih bingung banget ini purging/bo. Masalahnya ini muncul whitehead dan jerawat di area rahang dan dahi yang selama ini ga pernah berjerawat muka saya. Setelah pakai exfoliating toner (aha/bha/pha) dlm satu produk selama 2 bulan. Untuk 1 bulan pertama itu efeknya bagus sih, kulit jadi lebih cerah dan bersih. Next ke botol ke 2 di bulan berikutnya muculah problem yang bkin sedih… Solusinya gimana ya kak? Stop dulu atau lanjutin?
    Makasih

    September 24, 2018 at 9:05 pm
    • Reply Azzahra R Kamila

      Halo, kira kira produknya apa ya? Soalnya bisa jadi bukan gara gara produk exfo juga bisa muncul jerawat, tapi mungkin di antara sela sela pergantian botol 1 ke 2 kamu pakai skincare baru. Aku gak bisa bantu banyak tapi mungkin bisa bantu mengira ngira aja 🙂

      September 25, 2018 at 3:40 pm
  • Reply leli

    Lengkap banget kak mia baru nyadar aku.

    Dulu jujur aja aku juga sombong kayak kak mia
    Lucknut sekali dalam hati ini bilang \”Untung aku nggak jerawatan\” waktu ada temen yang curhat begitu hahahaha

    Skrg aku lagi jerawatan, kalang kabut rasanya pengen beli semua skincare.
    Baca ini jadi pelan pelan menata hati, menata makan, menata niat, menata apapun termasuk pengen beli vit c nya klairs pula karena sejak erha vit c nya ganti formula jadi ga cocok pakai vit c itu haaha.

    Nah mau nanya nih, dibagian hidrasi.. kak mia pakai gambar olive oil bukan sih itu?
    Apakah pakai olive oil langsung itu oke kak buat menghidrasi kulit?

    Februari 20, 2019 at 8:44 pm
    • Reply Azzahra R Kamila

      Hmm itu tergantung orang sih sebetulnya, kalo acne prone aku gak nyaranin. Tapi sebetulnya oke kalo kulit kamu kering. Eh aku sekarang masih berusaha rendah hati, kyahaha

      Februari 27, 2019 at 3:23 pm
  • Reply Hastira

    makasih reviewnay, memang jerawat itu bikin sebel, walau hanay sebiji sudah bikin illfil

    April 23, 2019 at 2:55 am
  • Leave a Reply