Beauty Skin Care

[REVIEW] Ingin Menghilangkan Bekas Jerawat? Cobain The Ordinary Azelaic Acid Suspension 10%!

Sudah cukup sering saya mendapat request cara menghilangkan bekas jerawat membandel. Yup, saya juga termasuk salah satu orang yang kesel banget sama bekas jerawat, haha.  Dulunya, ketika jerawatan, bekas jerawat itu bisa memudar dalam hitungan minggu. Sekarang kok kayaknya lama banget, lol.

Nah, saya sempet denger “gosip” di dunia skincare enthusiast, katanya sih The Ordinary Azelaic Acid Suspension 10% bisa buat melawan bekas jerawat, dan hiperpigmentasi!

The Ordinary Azelaic Acid Suspension 10%, Cara Menghilangkan Bekas Jerawat 

“Nah, sebetulnya azelaic acid itu apa, sih?  Kok kayaknya kamu mengagung-agungkan banget, Mi?”

Untuk kamu yang doyan banget nyari produk yang bisa membantu mengatasi jerawat plus menghilangkan bekas jerawat, ini adalah solusinya.  Serius!

Azelaic acid sendiri bukan chemical exfoliator seperti AHA-BHA-PHA. Namun ia memiliki fungsi yang sama untuk melawan jerawat.

Ingredients

Aqua (Water), Isodecyl Neopentanoate, Dimethicone, Azelaic Acid, Dimethicone/Bis-Isobutyl PPG-20 Crosspolymer, Dimethyl Isosorbide, Hydroxyethyl Acrylate/Sodium Acryloyldimethyl Taurate Copolymer, Polysilicone-11, Isohexadecane, Tocopherol, Trisodium Ethylenediamine Disuccinate, Isoceteth-20, Polysorbate 60, Triethanolamine, Ethoxydiglycol, Phenoxyethanol, Chlorphenesin. 

How To Use

Cara mengaplikasikan Azelaic acid sebaiknya dilakukan setelah Vit C (ascorbic acid) -> BHA -> AHA -> Azelaic acid.  Gunakan hydrator setelah semua langkah dilakukan. Jika tidak punya salah satu (misalkan vit C atau BHA atau AHA, boleh di-skip). Namun jika kamu baru pertama kali memakainya, biasanya akan terasa agak menyengat dan panas.  Kamu bisa mencoba mengaplikasikan moisturizer terlebih dulu sebelumnya, lalu menggunakan Azelaic acid.  Setelah kulitnya terbiasa, sangat disarankan untuk diaplikasikan sesuai dengan urutan di atas.

What You Should Know About The Ingredients 

  1. Azelaic acid merupakan produk yang efektif untuk melawan jerawat. Kalau kamu termasuk orang yang selalu jerawatan, tentunya tahu bahan aktif bernama Benzoyl peroxide.  Nah, bahan aktif ini memang sudah terbukti ampuh melawan jerawat dengan sangat cepat, namun bagi sebagian besar orang, bahan ini bisa membuat kulit iritasi. Namun Azelaic acid 15% sama saja efektifnya dengan Benzoyl peroxide 5%.

  2. Azelaic acid bisa menghilangkan bekas jerawat. Perlu diketahui bahwa bekas jerawat itu merupakan salah satu dari kategori kondisi kulit hiperpigmentasi,  yaitu post-inflammatory hyperpigmentation (PIH).  Nah, Azelaic acid termasuk salah satu alternatif yang bisa kamu coba untuk menghilangkan segala jenis PIH, mulai dari bekas jerawat, bintik-bintik karena efek terkena sinar UV, hingga melasma.

  3. Azelaic acid baru bisa bekerja secara efektif di pH 4.9.  Yup, sifatnya pH dependent, jadi itu alasannya mengapa saya menekankan perlunya diaplikasikan sesuai dengan pH.  Azelaic acid baru bisa bekerja di kulit secara optimal ketika ada jeda waktu untuk masing-masing acid. Hal ini untuk mencegah agar tidak terjadi netralisasi antar masing-masing produk.

  4. Azelaic acid ternyata akan lebih optimal jika bekerja di konsentrasi 15-20%.  Namun karena biasanya produk Azelaic acid 15% ke atas dijual di apotek, sangat disarankan untuk membelinya dengan resep dokter.  Nah, karena itulah kita bisa membeli produk ini yang dijual bebas; kadar persenannya di bawah konsentrasi optimal, membuat The Ordinary Azelaic Acid Suspension 10% memiliki sifat mild, memiliki efek namun hasilnya tidak akan langsung kentara terlihat.

  5. Sayangnya, saya sama sekali enggak menyarankan produk ini dipakai jika kamu memiliki riwayat fungal acne.  Adanya Polysorbate 60 atau stearic acid membuat produk ini akan menjadi musuh untuk fungal acne.

What You Should Know About This Product

Kalau kamu ingin menghilangkan bekas jerawat secara instan, belilah air raksa dan siram ke muka.

Baca Juga:  [REVIEW] Naruko Purifying Clay Mask and Cleanser in 1

Serius deh, wkwk.  Terlalu banyak dari kita yang ingin segera menghilangkan noda di wajah dalam waktu beberapa hari, padahal skincare yang instan itu enggak ada.  Meski hiperpigmentasi sesungguhnya wajar, namun kita suka sebal sendiri saat melihat di cermin: Pokoknya pengen segera hilang dan enggak pakai concealer! 

Namun dibutuhkan waktu agar proses pemudaran bekas jerawat ini berjalan cukup baik.  Saya sendiri mengalami masalah sun spot dan bekas jerawat.  Pembelian pertama saya adalah Juni 2018.  Produk habis saat awal September 2018.

Ini adalah produk kedua yang saya beli preloved dari @khoirurrosida.  Selama kurang lebih 3 bulan, ada perubahan yang cukup baik di kulit muka saya.  Bekas jerawat dari bulan-bulan yang lalu memudar, bahkan menghilang.  Sayangnya sih karena diakumulasi dengan jerawat-datang-setiap-haid, jadinya kayak enggak ngurang jumlahnya :’)

Baca Juga:  Beautiesquad x PAC Cosmetics Make Up Challenge: Two Faces Make Up

Cream-nya sendiri cukup thick, karena tidak mengandung unsur humektan atau occlusive.  Keduanya berfungsi untuk menjaga kadar air di kulit dan  melembapkan wajah. Jadi sangat disarankan setelah ini kamu memakai moisturizer. 

Ini hasilnya ketika saya usapkan ke tangan.

Menurut saya cara menggunakan produk ini cukup higienis karena dalam bentuk tube.  Dan karena plastik, tentunya tidak mudah pecah.

Oya, perlu diketahui bahwa untuk menghilangkan bekas jerawat yang umurnya cukup lama itu enggak mudah.  Sebelumnya, saya memang punya bekas jerawat yang nyebelin dan kayak enggak hilang.  Memakai ini bisa memudarkan bekasnya.  Tapii, jangan selalu dipantengin tiap hari gimana perubahannya, karena akan membutuhkan waktu lebih dari 3 bulan.

Untuk hiperpigmentasi sendiri seperti sun spot memudar; tapi belum menghilang.  Kalau tidak diperhatikan baik baik, tidak akan ada yang tahu bahwa saya punya banyak  sun spot. Ini pun masih dalam program pemulihan.  Tapi sejauh ini saya hanya perlu memakai concealer saja.  Sudah beberapa kali saya mencoba memakai concealer khusus di area hiperpigmentasi saja, dan sejauh ini cukup perfect.  Bye, foundation!

Saya belum pernah mencobanya langsung saat jerawatan, jadi belum bisa mengatakan bahwa ini cukup ampuh melawan jerawat. Biasanya saya masih menggunakan acne spot gel atau cream di titik-titik jerawat. Namun berdasarkan jurnal yang saya baca, bisa disimpulkan seperti inilah cara kerja Azelaic acid: Azelaic acid memiliki fungsi anti-keratinizing, artinya bisa mencegah penumpukan sel-sel kulit mati yang bisa membuat pori-pori tersumbat.  SO, YES, azelaic acid bisa mencegah jerawat!

Price 

Standar price berbeda-beda tergantung di mana kamu membelinya.  Namun biasanya di kisaran sekitar Rp 170.000 – Rp 250.000.

Will I Repurchase?

Unfortunately because Deciem, their parent company is being funded by Estee Lauder, I’m thinking hard what kind of other skincare I could use as a substitute. Namun karena ini masih ada, jadi saya akan habiskan dulu.  Mari kita lihat tiga bulan lagi apakah hasilnya bikin bekas jerawat hilang total?

Rating

4.5/5

 

Loading...

5 thoughts on “[REVIEW] Ingin Menghilangkan Bekas Jerawat? Cobain The Ordinary Azelaic Acid Suspension 10%!”

  1. Siram air raksa ke muka!! Hihihi. Bekas jerawat hilang, tapi muka malah kena luka. >.<

    Setuju banget. Dulu kayaknya bekasnya gampang hilang, sekarang malah agak susah tuh hilangnya.

  2. Aww jadi tertarik Aku punya beberapa bekas jerawat, gak gede tapi lumayan banyak tersebar di beberapa titik wajah
    Thanks reviewnya! Sangat membantu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *