Follow:
Beauty, Skin Care

[REVIEW] Manfaat Vitamin C dengan TMYS Iconic Brightening Essence

Sebagai pengguna serum vitamin C, saya sudah merasakan manfaat vitamin C untuk kulit secara  nyata. Pertama kali saya menggunakan vitamin C adalah Dear Klairs Juiced Vitamin Drop, dengan jenis vitamin C berupa ascorbic acid dengan konsentrasi 5%.  Setelah itu saya mencoba beragam jenis vitamin C seperti Votre Peau Vitamin C serum, Erha21 10% Vitamin C serum, lalu ini. Masing-masing produk memiliki jenis vitamin C yang berbeda-beda, termasuk TMYS Iconic Brightening Essence. Apakah produk vegan asal  Thailand ini bagus?

Rasakan Manfaat Vitamin C dengan TMYS Iconic Brightening Essence!

TMYS Thailand merupakan brand vegan.  TMYS singkatan dari To Make You Smile; mungkin objektifnya supaya kita senang ya gara-gara wajahnya jadi cerah habis pakai ini, hehe. Bentuk botol dari produk vitamin C biasanya gelap untuk mencegah oksidasi.  Jadi sebetulnya saya agak heran juga kenapa Klairs membuat botolnya transparan, walaupun hal ini bisa diakali dengan menyimpannya di kulkas. Nah, yang menarik dari TMYS Thailand ini tidak hanya mengandung vitamin C saja (MAP), tapi juga vitamin B3 (niacinamide) dan juga hyaluronic acid.

Ingredients

Aqua, Hydroxyethyl Urea, Niacinamide, Sodium Hyaluronate, Silanediol Salicylate, Hydrogenated Ethylhexyl Olivate, Hydrogenated Olive Oil Unsaponifiables, Magnesium Ascorbyl Phosphate, Citrus Reticulata (Tangerine) Peel Extract, Saccharide isomerate, Ammonium Acryloydimethyltaurate/VP Copolymer, Aloe Barbadensis Leaf Powder, Citrus Aurantium Bergamia Fruit Oil, Citrus Aurantium Dulcis Oil, Rosmarinus Officinalis (Rosemary) Leaf Oil, Cedrus Atlantica (Cedarwood) Wood Oil, Acacia Senegal Gum, Xanthan Gum, Phenoxyethanol, Benzyl Alcohol, Potassium Sorbate

What You Should Know About The Ingredients

  1. Magnesium Ascorbyl Phosphate (MAP) merupakan salah satu jenis vitamin C yang stabil.  pH dari MAP yang baik digunakan berada di kisaran 7 dengan konsentrasi 10%.  Sementara untuk produk ini, tingkat konsentrasi 2%, jadi sangat mild, alias bisa kamu pakai setiap saat. Karena vitamin C itu sifatnya pH dependent, maka urutan pemakaian sangat penting.  Jadi seandainya kamu memakai produk rangkaian skincare, pastikan pH dari setiap masing-masing skincare kamu sebelum memakai MAP. Secara teori, manfaat vitamin C bisa kamu dapatkan ketika kamu memakainya setelah skincare dengan pH 5.5.  Jadi teori vitamin C -> BHA -> AHA bisa dibalik menjadi BHA -> AHA -> vitamin C.  Lebih lanjut tentang jenis-jenis vitamin C bisa kamu baca di -> Tips Produk Serum Vitamin C

  2. Vitamin B3 atau niacinamide, tentunya seperti yang kita semua tahu, merupakan brightening agent.  Nah, tentunya kamu pernah mendengar rumor bahwa vitamin C sebaiknya tidak dipakai bersamaan dengan niacinamide.  Namun ternyata produk vitamin C bisa dikombinasikan juga dengan niacinamide, jadi rumor itu tentu saja terbantahkan!  Konsentrasi B3 adalah 5%.  Kamu bisa baca lebih lanjut tentang niacinamide di sini -> The Ordinary Niacinamide 10% + Zinc 1%.

  3. Key ingredients lainnya adalah Hyaluronic acid. Tentunya kamu tahu bahwa ini jenis humektan yang banyak dieluk-elukan karena bagus untuk menjaga kulit agar terhindar dari dehidrasi. Tingkat konsentrasi HA pada produk ini adalah 3%

  4. Jika kulitmu sensitif terhadap essential oil, saya tidak begitu menyarankan untuk memakai produk ini karena terdapat dua jenis essential oil, yaitu:  Citrus Aurantium Dulcis Oil, Rosmarinus Officinalis (Rosemary) Leaf Oil

  5. FUNGAL ACNE FREE!  Jadi buat kamu yang punya fungal acne, ini safe banget!

How To Use

Pastikan kulitmu sudah dalam kondisi bersih dengan double cleansing. Setelah itu, teteskan di beberapa titik wajah. Usapkan perlahan-lahan.  Perlu diingat bahwa sebaiknya kamu memakai urutan BHA -> AHA -> vitamin C untuk produk TMYS Thailand agar manfaat vitamin C bisa kamu dapatkan. Tidak ada aturan tertentu apakah harus pagi atau malam hari, sehingga bisa kamu pakai tergantung kebutuhan.  Hal yang pasti adalah selalu gunakan sunscreen setelah menggunakan vitamin C.

What You Should Know About This Product

Seperti yang kamu lihat, teksturnya cukup thick atau kental. Karena konsentrasinya rendah, sebetulnya ini bisa jadi good news dan bad news. Good news, buat kamu yang baru pertama kali pakai vitamin C, ini aman.  Enggak bikin cekit-cekit dan bisa kamu pakai setiap hari. Namun karena MAP baru bisa bekerja di pH 7 dengan minimal konsentrasi 10%, maka manfaat vitamin C mungkin tidak akan sebagus itu.

Baca Juga:  Intip Rekomendasi 3 Set Kuas Makeup Halal dan Murah!

Lho, padahal udah pakai sesuai urutan di how to use, kok bisa sih manfaat vitamin C enggak setara dengan vitamin C (ascorbic acid atau AA) pada umumnya?

Dari hasil penelitian yang saya baca (selanjutnya bisa kamu baca di sini: 4 Tips Memilih Serum Vitamin C) sebetulnya MAP itu baik untuk kulit sensitif.  Hanya saja, jika kita bicara terkait kemampuannya dalam melindungi terhadap sinar UV, AA jauh lebih baik dibanding MAP.  Dalam hal stimulasi kolagen, dalam arti stimulasi pertumbuhan kolagen untuk menjaga kulit kenyal, AA jauh lebih baik dari MAP. MAP tidak bisa dipakai untuk melawan jerawat, sehingga kamu perlu pelengkap.

Jadi sebetulnya bagus enggak sih produk ini?  I would say, it is so-so.  Manfaat vitamin C kurang terasa, namun memang benar bahwa TMYS ini bisa membantu terhadap mencerahkan kulit.  Ini juga termasuk pada menyamarkan bekas jerawat dan sun spot. Saya pakai ini sejak bulan Oktober 2018 lalu hingga pertengahan November 2018, cukup baik.  Perlu diingat bahwa perlu waktu kurang lebih 3 bulan untuk merasakan manfaat niacinamide.

Baca Juga:  [REVIEW] Emina Cosmetics Aqua Infused Sleeping Mask vs Laneige Water Sleeping Mask

Lalu karena mengandung HA, maka ya, memang bikin kulit terasa kenyal setelah pakai ini. Jadi enggak perlu takut kulit terasa kering karena mengandung vitamin C, konsentrasi HA di sini cukup besar!

Kelebihan lainnya adalah produk ini vegan dan paraben free.  PAO dari sejak produk berukuran 30 ml ini adalah 12 bulan atau setahun sejak dibuka.

Price

Harga produk ini adalah 990 Baht, atau setara dengan Rp 440.000. Cukup mahal?  Banget.  Ada yang jauh lebih murah dan lebih ngefek, jika kamu ternyata lebih mencari manfaat vitamin C.  Ini memang bukan serum vitamin C, jadi agak kurang tepat ia menyebut sebagai Super Booster C.  Cara belinya kamu langsung website TMYS dengan menggunakan Paypal.  Tahukah kamu bahwa kita bisa pakai Jenius untuk membuat Paypal?

Will I Repurchase?

Sudah jelas enggak.  Produk ini saya dapatkan gifted. 

Rating

2.5/5

Share:
Previous Post Next Post

You may also like

2 Comments

  • Reply Edwina

    Wow, saya terkejut saat baca bagian harga, hehehe. Nggak nyangka harga produk asal Thailand ini semahal itu. But still thank you for sharing.

    Desember 13, 2018 at 9:09 am
    • Reply Azzahra R Kamila

      Yup, mahal banget :(, aku gak akan beli lagi sih haha

      Desember 13, 2018 at 10:31 am

    Leave a Reply