Follow:
Beauty, Skin Care

[REVIEW] Botanic Farm Grain Ferment Cleansing Sherbet

Hi, lama enggak berjumpa! Kali ini saya mau review cleansing balm saya yang kedua setelah Heimish, Botanic Farm Grain Ferment Cleansing Sherbet.  Review Heimish sudah pernah saya upload di Instagram feed, jadi kamu bisa ceki ceki ya.

[REVIEW] Botanic Farm Grain Ferment Cleansing Sherbet

Kalau kamu sudah baca review saya soal Heimish Cleansing Balm (klik sini untuk baca review lebih lanjut) , kamu bakalan tahu kalau saya enggak begitu huwow dengan produk satu itu. Oke sih, tapi ya B aja gitu. Gimana dengan yang satu ini?

Omong omong, Botanic Farm sendiri merupakan brand indie Korea yang akhir akhir ini cukup sering wara wiri juga di online shop dan Instagram.  Parent company-nya adalah Emily yang mengusung konsep natural dan organik… enggak pernah dengar, kan? Saya berkesempatan mencoba cleansing sherbet yang sebetulnya adalah cleansing balm untuk dicoba.

Kalau dilihat sekilas, jarnya ini kokoh dalam bentuk plastik. Kamu perlu memutar tutup untuk membukanya, berbeda dengan Heimish yang tinggal tarik penutup langsung terbuka.  Kemasannya cukup higienis karena masih terdapat penutup tambahan untuk mencegah bakteri dan mikroba lain “berkembang biak” semakin luas selagi produknya tidak dipakai. Ada spatula juga!

Ingredients

Cetyl Ethylhexanoate, Caprylic/Capric Triglyceride, PEG-20 Glyceryl Triisostearate, Polyethylene, PEG-10 Isostearate, Trihydroxystearin, Fragrance (Parfum), Tocopheryl Acetate, Rice Ferment Filtrate (Sake), Saccharomyces/Rice Bran Ferment, Lactobacillus/Soybean Ferment Extract, Butylene Glycol, Phenoxyethanol

What You Should Know About The Ingredients

  1. Setelah saya bandingkan dengan review Fiddysnail, sebetulnya enggak ada perubahan bahan baku dari 5 tahun lalu sejak Botanic Farm Grain Ferment Cleansing Sherbet diluncurkan. Masih simpel, dan saya suka dengan komposisi yang enggak terlalu muluk muluk

  2. Keberadaan bahan fermentasi di sini enggak begitu ngaruh karena sedikit banget, hanya 100 ppm.  Selain itu karena Botanic Farm Grain Ferment Cleansing Sherbet ini adalah rinse off product, sebetulnya kamu enggak akan mendapatkan efek apa apa dari hasil fermentasi itu yang katanya bisa mencerahkan wajah dll

  3. Jangan pakai ini kalau kamu ada alergi dengan coconut oil dan kacang kedelai.  Seperti biasa, saya enggak pernah menyarankan cleansing oil dan cleansing balm jika kamu punya fungal acne

  4. Botanic Farm merupakan brand yang berkomitmen menggunakan bahan bahan natural.  Setelah saya melakukan tanya jawab dengan PR, semua produk Botanic Farm insyaAllah muslim friendly! Satu satunya produk yang vegan adalah Botanic Farm Grain Ferment Cleansing Sherbet

How To Use

Biasanya saya menggunakannya cukup satu sendok spatula, diratakan ke seluruh wajah. Setelah itu saya pijit wajah hingga Botanic Farm ini lumer sekitar 1 hingga 2 menit. Setelah itu saya bilas dan memakai sabun cuci muka sebagai second cleanser.

Baca Juga:  Perbandingan 8 Sunscreen Terbaik Brand Lokal dan Drugstore

What You Should Know About This Product

Ini adalah hasil pemakaian saya setelah satu bulan digunakan secara rajin untuk membersihkan wajah. Karena saya sedang ada program untuk mengurangi pemakaian kapas (meski saya tetap pakai), saya lebih suka cleansing balm.  Selain itu saya suka sensasi akhir setelah menggunakan cleansing oil atau cleansing balm yang lembut kimochi. Perkiraan saya sih ini bisa habis sekitar 3-4 bulan, tergantung seberapa banyak yang kamu butuhkan saat cuci muka.

Nah, ini adalah percobaan yang saya lakukan untuk mengetahui seberapa bagus Botanic Farm Grain Ferment Cleansing Sherbet.  Heimish memiliki tekstur lilin padat yang tidak begitu menyenangkan saat ditemplok ke wajah.  Sementara Botanic Farm tidak sepadat itu, namun lumer dengan cara yang lebih menyenangkan. Kamu coba deh baca baca review Fiddysnail di link sebelumnya.  Saya kaget juga karena ternyata formula lima tahun lalu jauh lebih oke dibanding Banila Co. Namun karena saya enggak nyoba racikan teranyar Banila Co yang baru baru ini mengubah formulanya, saya belum bisa bilang mana lebih bagus.

Baca Juga:  [REVIEW] LACOCO En Nature Aloe Vera Soothing Mist

Rasanya menyenangkan karena sensasi tekstur Botanic Farm Cleansing Sherbet lebih… balm.  Sementara Heimish itu lebih waxy karena keberadaan shea butter. Jelas sih Botanic Farm lebih juara.

Oya, saya menggunakan primer, foundation, concealer, lip gloss, lip matte, lip tint, eyeliner, dan waterproof mascara untuk menguji seberapa bersih ketika kamu menghapus dengan produk ini.  Hasilnya huwow!  Bahkan waterproof mascara juga sebetulnya bisa dibersihkan, asal digosok lebih kuat saja. Saya pernah coba oles sedikit cleansing balm di kapas untuk menghapus makeup mata dan bisa terangkat dengan baik.

Sejauh ini, saya lebih suka Botanic Farm ketimbang Heimish.  Agak heran juga karena brand ini kurang terdengar… jadi terkesan underrated.  Saya sendiri malah baru tahu brand ini ada pas disamperin PR buat nyoba, wkwk. Overall, buat saya cleansing balm ini juara.  Tapi saya kan baru nyoba dua. Jadi perjalanan saya untuk mencari holy grail masih panjang.

Price

Untuk harganya sebetulnya lumayan mahal ya, $30 alias kisaran Rp 400.000 kalau di website resminya, Botanic Farm.  Tapi kalau lihat lihat onlines shop kayak Tokopedia dan Shopee, harganya malah kisaran Rp 150.000 sampai Rp 250.000. Hmm… apakah ini artinya produk ini dijual lebih mahal untuk market negara maju?

Will I Repurchase?

Yang jelas, Botanic Farm lebih mahal dibanding Heimish, karena ini hanya kisaran 100ml, sementara Heimish itu 120ml.  Saya sih karena lebih suka Botanic Farm, bakalan lebih memilih beli ini lagi. Saya tertarik buat nyoba produk lain dari Botanic Farm karena pengalaman saya dengan cleansing balm ini sebagus itu.

Rating

4.5/5

Share:
Previous Post

You may also like

2 Comments

  • Reply Erny Kurnia

    Mia, aku juga pakai cleansing balm ini. Andalanku banget untuk membersihkan makeup. Soalnya dia daya angkatnya baguuus ya.

    November 3, 2019 at 12:05 am
  • Leave a Reply