Beauty Sponsored

Apa Penyebab Jerawatmu Bandel? Kenali Hiperandrogen Lebih Dekat!

“Beauty isn’t about having a pretty face. It’s about having a pretty mind, a pretty soul, and a pretty heart.”

Pernah dengar quote macam ini?

Quote-nya enggak salah, sih.  Kecantikan perempuan memang enggak melulu memandang wajah.  Itu semua relatif.  Cantik atau tidaknya seseorang adalah penilaian subjektif, maka kita enggak bisa memukul rata mana yang cantik dan enggak.  Namun semua wanita pasti sepakat akan satu hal: penyebab jerawat bandel yang tidak diketahui bisa bikin kita frustasi!

Jerawat itu alami.  Lumrah.  Semua manusia mengalami.  Minimal sekali sebulan pasti pernah.  Mau itu jerawat di wajah, punggung, atau di bagian tubuh lainnya.  Namun, memang bisa jadi salah satu alasan kepercayaan diri kita berkurang adalah karena punya jerawat banyak, terutama jika jerawat tumbuh di area muka.  Bisa jadi kita sudah mati-matian sedemikan rupa mengobati, eh, enggak sembuh-sembuh juga.  Makin sebel enggak sih, kalau ada yang berkomentar seolah kita enggak merawat diri padahal udah nyoba berbagai macam produk kulit?

Nah, biasanya nih, kalau kita udah gemes banget pengen segera menghilangkan jerawat, kita pasti mencoba mencari sumber informasi gratis: apalagi kalau bukan Mbah Gugel.  Mbah Gugel itu udah jadi dukun kita bersama, pokoknya.  Namun perlu diketahui, simpang siur kabar tentang cara mengobati jerawat itu enggak semuanya benar.

Contoh saja nih, pernah dengar kan, penyembuhan jerawat dengan pasta gigi?  Ada kandungan tertentu bernama triclosan yang merupakan antibakteri.  Triclosan ini yang bisa membantu menciutkan jerawat.

penyebab jerawat bandel

Okelah kalau satu dua, bisa kita pakai pasta gigi kalau mau murah meriah. Tapi masa sih kalau punya jerawat semuka mau dikasih pasta gigi semua?

Saya sendiri enggak begitu menyarankan memakai pasta gigi untuk jerawat.  FDA, semacam BPOM-nya Amerika saja sudah menganggap triclosan sebagai bahan yang dilarang untuk skincare karena bisa mempengaruhi kinerja hormon.  Akan lebih baik jika kita obati dengan obat yang benar, atau datang ke dokter kulit.  Obat jerawat biasa enggak mahal, kok!

Baru-baru ini, saya mengikuti seminar yang diadakan oleh Gue Sehat & Bayer Indonesia.  Dengan tagline “Discover New Confidence”, seminar yang diadakan bersama dengan dr. Yovi Yoanita dari Klinik Seruni ini membahas mengenai kelainan yang mungkin terjadi ketika jerawatmu bermunculan di mana-mana.  Ikut seminar bareng dokter kulit, so pasti informasinya akurat, kan!

 

Apa Penyebab Jerawat Bandel?

penyebab jerawat bandel

Penyebab jerawat bandel, seperti yang sudah saya sebutkan di atas , ada bermacam-macam faktor.  Nah, yang kali ini akan saya bahas terkait penyebab jerawat akibat hormon.  Wanita sesungguhnya memiliki hormon yang dimiliki oleh pria, yang bernama androgen. Androgen ini merupakan hormon yang mempengaruhi terhadap pembentukan hormon astrogen, libido, serta pertumbuhan rambut.

Baca Juga:  Daftar pH Sabun Cuci Muka Merek Lokal dan Drugstore di Indonesia

Keberadaan androgen ini sebetulnya normal.  Namun, diketahui ternyata wanita bisa mengalami gejala berupa kelebihan androgen, yang disebut sebagai hiperandrogen. Menurut data studi, ternyata 10-20% wanita bisa mengalami yang namanya hiperandrogen.

Kelebihan androgen bisa disebabkan dua hal:

  1. Produksi atau sekresi androgen berlebihan yang dihasilkan ovarium.  Pemakaian alat kontrasepsi ternyata bisa mempengaruhi, lho.  Namun karena tidak tahu mana yang bisa menyebabkan hiperandrogen, ada baiknya konsultasikan dulu dengan dokter kandungan.
  2. Terjadi peningkatan ambang sensitif unit pilosebasea terhadap androgen.  Yang dimaksud dengan pilosebasea adalah bagian yang bertugas menumbuhkan rambut disertai minyak yang disekresi dari kelenjar sebasea. Kalau kelebihan, maka pertumbuhan rambut bisa jadi lebih banyak, misal muncul kumis dan kelebihan bulu di tangan dan kaki.

penyebab jerawat bandel

Gejalanya sendiri adalah SAHA, atau sebagai berikut:

  1. Seborrhoea atau seboraik.  Kondisi ini menyebabkan kulit kepala mengalami penebalan dan kemudian terbuang menjadi kulit kepala mati.  Kelebihan ini sifatnya tidak wajar karena akan menjadikan kepala kita memiliki flaky scalp.  Punya ketombe berlebihan? Mungkin ini yang kamu alami.
  2. Androgenetic alopecia atau mengalami gejala kebotakan.  Umumnya kan pria ya, yang mengalami di usia senja.  Gawat juga kalau kita punya, ya!
  3. Hirsutism atau penumbuhan rambut berlebih.  Wanita yang berjenggot atau berkumis memiliki hormon androgen berlebih.
  4. Acne atau jerawat.  Nah, sekarang, memang bedanya jerawat biasa dan jerawat karena hiperandrogen ini apa, sih?

Jerawat Akibat Hiperandrogen

penyebab jerawat bandel

Jerawat ini cenderung sulit diatasi dibanding jerawat biasa.  Kenapa?  Karena jerawat tipe seperti ini lebih parah dan berpotensi menimbulkan bekas luka.  Jenis jerawat ini bisa tumbuh di mana saja, tidak hanya muka.

Untuk tahu bedanya jerawat biasa dengan jerawat androgen adalah dengan melihat produksi minyak yang masih banyak meski sudah menggunakan obat oles atau topical dan oral. Ini artinya, pakai obat jerawat biasa enggak mempan buat menyembuhkan hiperandrogen!

Sebetulnya kalau cuma punya jerawat satu dua sih, enggak terlalu masalah ya, keluar rumah.  Pakai concealer sedikit bisa menutupi jerawat di wajah.  Hanya saja,  jika sudah punya banyak dan tumbuh di mana-mana… hmm, ini bakal ngaruh ke banyak hal.

Baca Juga:  [REVIEW] Face2Face Xoxo Lip Treatment dan Xoxo Lip Scrub

Sebuah studi yang sudah dilakukan di Taiwan pada tahun 2006 melaporkan hasil penelitian terhadap 47.111 pasien yang memiliki jerawat. Penelitian ini dilakukan setelah melihat penelitian sebelumnya yang menyatakan bahwa orang dewasa cnderung memiliki depresi mayor dan pemikiran untuk bunuh diri ketika memiliki jerawat.  Dari hasil data, ditemukan bahwa risiko depresi mayor bisa terjadi pada wanita yang tidak memiliki jerawat.  Sementara risiko pada wanita yang memiliki jerawat sifatnya adiktif.  Ini menandakan bahwa depresi sangat mungkin terjadi pada penderita jerawat, yang dimulai karena hilangnya kepercayaan diri[1].

Ada obatnya enggak, sih, sebetulnya?

Ada! Cara terbaik bukan dengan minum cairan obat nyamuk, ya, hehe.  Lebih baik kamu segera ke dokter kulit untuk bisa mengatasi hiperandrogen ini.  Biasanya nanti kamu akan diberikan terapi juga obat tertentu yang khusus antiandrogen.  Bayer memiliki obat yang dibuat khusus buatmu yang mengidap hiperandrogen. Obat ini nantinya bisa mengontrol androgen berlebih di tubuh.  Karena enggak bisa sembarangan dibeli di apotek, maka kamu membutuhkan resep dokter.  Kamu bisa menghubungi dr Yovi Yoanita dari Klinik Seruni untuk info lebih lanjut!

Pakai Aplikasi GueSehat, Yuk!

penyebab jerawat bandel

Sebetulnya ada cara lain lagi jika kamu ingin mendapatkan informasi akurat seputar kesehatan.  Enggak selalu informasi yang beredar di Google itu benar, lho!  Karena itu, Gue Sehat, sebuah portal kesehatan di Indonesia memulai misinya dengan menyajikan informasi seputar kesehatan.

Enggak hanya itu, kita juga bisa mencari informasi mengenai dokter, rumah sakit, klinik, gym, spa, lab, kecantikan, hingga tempat berbelanja produk-produk yang sehat bagi tubuh.  Kamu juga bisa mengecek gejala untuk bisa mengetahui langkah pertama yang dibutuhkan untuk bisa menangani penyakit yang mungkin diderita.

penyebab jerawat bandel

Disediakan juga forum khusus bagi masyarakat Indonesia yang ingin berdiskusi seputar kesehatan, informasi event di sekitar kita, serta fitur-fitur menarik untuk diet, melihat siklus haid, kehamilan, dan tumbuh kembang anak.  Super komplit, deh, pokoknya!

Keberadaan aplikasi ini memberi hawa segar buat kita yang hobi bertanya ke Mbah Gugel. Supaya enggak salah treatment, maka pastikan cek dulu di sini, ya!

Resources: 

[1]  Yi-Chien Yang et.al, Female Gender and Acne Disease Are Jointly and Independently Associated with Risk of Major Depression and Suicide: A National Population-Based Study, Biomed Research International,  Volume 2014, Article ID 504279, 7 pages.  DOI:  http://dx.doi.org/10.1155/2014/504279. 

Loading...

4 thoughts on “Apa Penyebab Jerawatmu Bandel? Kenali Hiperandrogen Lebih Dekat!”

  1. Dulu aku paling sebel kalau jerawatan, kalau ada jerawat bawaannya pengen manasin jarum trus ditusuk ke jerawatnya hahahaaa, akibatnya jadi bolong -___- untung ga infeksi, sejak mengenal kandungan skincare, penyebab jerawat, dll jadi ga pernah gegabah lagi kalau ada jerawat 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *