in Skin Care, Sponsored

[REVIEW] ZOYA Cosmetics Lip Scrub Summer Edition

at
zoya-cosmetics-lip-scrub-summer

Permasalahan yang sering banget terjadi ketika pakai lipstik: bibir kering.  Memang nggak selalu kejadian ini terjadi, tapi untuk beberapa brand tertentu (padahal saya suka banget :\ ), karena tekstur dari lip cream-nya sendiri powdery, jadinya bikin ada crack di bibir dan pecah-pecah.  Itulah alasannya saya sekarang jadi rajin merawatnya dengan lip scrub.

Pertama kali kenal lip scrub itu setelah “terjun” jadi pembeli kosmetik Korea pada tahun 2012.  Jujur aja, karena dulu masih mahasiswa (apalagi dulu itu pakai seragam), jadi saya nggak mentingin yang namanya makeup.  Sesekali ngebadung (baca: cosplay) sih, tapi saya nggak peduli sama sekali dengan perawatan kulit.  Tahu juga karena suka window shopping di Facebook terkait kosmetik Korea, yang notebene masih sangat asing saat itu.

Karena tuntutan kerja, saya jadi selalu dandan tiap hari, termasuk pakai lipstik.  Bibir saya, sayangnya hitam karena turunan keluarga :’D, jadi kalau keluar rumah tanpa dandan selalu dianggap sakit atau pucat.  Nah masalahnya adalah, tergantung brand dan jenis lipstik, kulit bibir malah jadi suka kering banget, moletek (terkelupas) dan pecah-pecah.  Dari situ, saya mulai sadar, lip scrub bisa ngebantu untuk bikin bibir jadi mulus lagi.

 

ZOYA Cosmetics Lip Scrub Summer 

 

Buat yang suka baca blog, pasti tahu ya, saya itu punya concern ke arah brand yang cruelty free, vegan, juga halal.  Nah, untuk bisa dapat ketiga kriteria sekaligus itu susah, jadi biasanya seenggaknya salah satunya termasuk, hehe.

Makanya, excited banget waktu mendapat paket dari ZOYA Cosmetics, yaitu  ZOYA Lip Scrub.  Terima kasih pada Beautiesquad atas kesempatan yang diberikan untuk bisa nyobain ini 😊😊! Dan karena ZOYA terkenal nih berkat kosmetik halalnya, jadi tertarik dong waktu dapat kesempatan nyoba lip scrub alami ini.

Dari segi kemasannya, lucu banget!  Gimana nggak, ZOYA Lip Scrub Summer ini kayak macaroon.  Jadi pengin makanin, haha.  Nomor POM dan kedaluwarsa, tertera di bagian belakang produk, jadi kamu bisa tahu best before produk ini.

 

Ingredients

Water, Mineral Oil, Prunus Armeniaca (Apricot) Seed Powder, Cetearyl Alcohol, Glyrecyl Stearate, Polysorbate 60, Chondrus Crispus Extract, Palmitic Acid, Titanium Dioxide, PEG-100 Strarate, 1,2-Hexanediol, Saccharum Officinarum (Sugarcane) Extract, Stearic Acid, Phenoxyethanol, Sorbitan Stearate, Fragrance, Hydroxyethyl Acrylate/Sodium Acrylolydimethyl Taurate Copolymer, Dimethicone, Carbomer, Caprylyl Glycol, Triethanolamine, Squalane, Disodium EDTA, Sorbitan Isostearate, Myristic Acid, Arachidic Acid, Lauric Acid, Butryospermum Parkii (Shea Butter), Oleic Acid, Tocopheryl Acetate.

 

What You Should Know About Ingredients

Kalau kamu termasuk yang tahu cara baca komposisi produk, dan anti banget sama mineral oil, pasti syok, haha.  Karena setelah water, mineral oil adalah unsur kedua dari produk ini; bisa dibilang bahwa mineral oil merupakan komposisi terbanyak yang dipakai saat membuat lip scrub ini.

Ngeri?

Sebetulnya nggak sih.

Mitos yang mengatakan bahwa mineral oil berasal dari pengilangan minyak  bumi (crude oil) sama sekali tidak benar. Menurut Michelle dari Lab Muffin, kamu harus tahu pasti separasi dalam bahan-bahan kimia agar tahu bahwa mineral oil sesungguhnya tidak seberbahaya itu, bahkan sudah cukup umum juga digunakan dalam bahan pembuatan kosmetik. FDA bahkan menganggap mineral oil termasuk aman selama komposisinya sesuai dengan standar bahan baku.

Selain mineral oil, ada beberapa bahan yang saya highlight di sini:

  1. Tocopheryl Acetate/ Vitamin E: Fungsinya adalah untuk menjaga kelembapan bibir.  Sebagai antioksidan yang sifatnya stabil dan bisa meningkatkan jumlah SPF.
  2. Titanium Dioxide: Dikenal juga sebagai bahan aktif yang berfungsi melindungi kulit dari sinar UV
  3. Butryospermum Parkii/Shea Butter: Biasa dipakai di bahan skincare untuk melembapkan kulit dan juga mencegah kulit kering, terkelupas, dan pecah-pecah
  4. Myristic Acid, Stearic Acid, Palmitic Acid, Oleic Acid: Semua ini merupakan fatty acid yang juga menjadi antioksidan bagi kulit.  Ada banyak juga ya, yang terkandung di ZOYA Lip Scrub!

ZOYA Cosmetics mengklaim bahwa produknya tidak mengandung paraben , juga derivat sulfat.  Setelah dicek, memang keduanya tidak ada di sini!

 

What You Should Know About This Product

Teksturnya liquid banget.

Jadi serasa seperti pakai lotion ke bibir, haha.  Butiran scrub-nya bukan berbentuk gula, jadi ini lebih halus.  Namun dengan jumlah sedikit  udah cukup untuk dipakai ke bibir, soalnya bibirnya juga kecil 😀

Jejeeng, penampakan bibir.  Tolong jangan kaget, haha.

Ini adalah contoh ketika saya memakai produk ke bibir.  Bisa dilihat, sangat mudah di-blend, jadi benar-benar kayak lotion, langsung nyerap ke kulit.  Yang tersisa hanya butirannya saja.

Kebetulan saya pakai ini ketika bibirnya memang lagi kering dan kulitnya terkelupas.  Setelah coba oles dan diputar pelan-pelan dengan jari manis, saya akhirnya tahu bagaimana kinerja lip scrub merek lokal ini.

Lalu, apakah kualitasnya mumpuni?

Impresi pertama, saya rada takut produknya kemakan, jadi saya buka mulut lebar-lebar sambil mencegah bahan-bahannya kena ke gigi dan lidah. Sebetulnya aromanya menggoda banget sih, serasa kayak lagi menikmati musim panas.  Ada sedikit aroma seperti coklat putih; kaget juga sih karena awalnya sempat nyangka ini wanginya bakal jadi wangi lemon.

ZOYA Cosmetics mengklaim bahwa produk ini membantu saat melakukan soft exfoliating, jadinya tidak terasa kasar di bibir.  Masalahnya, kulit bibir saya itu agak-agak badak gimana, gitu, haha.  Jadi, buat saya butiran scrub-nya kurang banyak, jadi biasanya saya ngakalin dengan nambah produk lagi agar kulit keringnya bisa terkelupas dengan mudah.

Dan ternyata ini  dipakai buat lip mask juga bisa, lho!  Biarkan saja selama beberapa menit, baru bilas. Karena memang melembapkan, maka bibirnya akan menjadi lembut dan plumpy. 

 

Price

Harga ZOYA Lip Scrub adalah Rp 45.000 dengan isi sebanyak 8g.  Kamu bisa beli di official website-nya secara langsung. Psst, bulan ini lagi ngadain diskon, loh!

Zoya Cosmetics (Website)

Zoya Cosmetics (Facebook)

Zoya Cosmetics (Twitter)

Zoya Cosmetics (Instagram)

 

Will I Repurchase?

Pengin nyoba  yang varian lain, yaitu Matcha dan Sugar!

 

Rating 

3.5/5

Azzahra R Kamila

Her blog has a concern for cruelty free and halal products. Her skepticism makes her doing research about science behind beauty, as she wants to educate readers to carefully choose cosmetics ingredients before buying. In addition to beauty, she also likes to discuss slice of life as well as book reviews.

    7 Comments

    1. Florensia Sella

      Wah, penjelasannya lengkap banget..

      03 . Dec . 2017
      • Azzahra R Kamila

        Thank youu hehe

        03 . Dec . 2017
    2. Gracia Cita

      bener – bener..lip scrub ini soft exfoliating.. jadi gk akan luka scrub bibir pake ini 😀

      xoxo
      blossomshine

      03 . Dec . 2017
      • Azzahra R Kamila

        Iyaa soft exfoliating ini mah hehe

        04 . Dec . 2017
    3. Ekaakuncoro

      Aku mau coba sekalian jadiin lip mask deh.

      04 . Dec . 2017
    4. Rusydina Tamimi

      aku belom nyobain jadi lipmask sihh, boleh di cobainnn 😀

      05 . Dec . 2017
    5. Vina Eska

      Ner bener….. Good job banget menjelaskan masalah ingredients!

      05 . Dec . 2017

    Leave A Comment

    Your email address will not be published. Required fields are marked *