November 2, 2016 Azzahra R Kamila 0Comment

Apa kira kira hal yang terlintas di benakmu saat mendengar kata “liburan musim panas”?   Menyusuri dermaga, menjelajahi alam terbuka, snorkeling di pantai, seru-seruan di festival, serta mencicipi berbagai makanan khas ke tempat unik adalah sebagian kecil dari rencanamu saat berlibur.    Buat kamu yang ingin momen traveling tak terlupakan, coba deh kekhasan musim panas di Australia.  Di mana tepatnya? Sydney!

Sydney?  Bukannya mahal, ya?  Di musim panas, banyak backpacker dan turis yang mengarah ke The Harbour City karena pemandangannya yang otentik, keramahan penduduk pada pendatang, dan beragam atraksi dan aktivitas menarik dilakukan.  Sebagai ibukota negara bagian New South Wales, Sydney menempati posisi ketiga kota termurah untuk dikunjungi di Australia.   Memiliki banyak pantai, situs bersejarah, dan alam terbuka membuat kota kosmopolitan ini menjadi destinasi yang populer.

Tapi bagaimana cara mengelilingi Sydney hanya dalam waktu seminggu?  Gampang, kok!  Rencana perjalanan adalah hal pertama yang harus kamu siapkan. Kamu bisa menikmati berbagai sudut Sydney yang belum pernah dijelajahi orang sepanjang musim panas.

sumber: living-in-sydney.com
sumber: living-in-sydney.com

Setelah itu, tentunya kamu harus mengurus dokumen perjalanan, hotel, serta biaya selama tinggal di sana.  Ada dua cara yang bisa kamu pilih: menjadi backpacker atau jika punya cukup dana, kamu bisa menggunakan jasa travel agent.  Tapi travel agent  mana ya, yang bisa menawarkan segala hal yang kamu butuhkan?  Nggak perlu bingung. Saya pernah menggunakan jasa H.I.S Tours and Travel Indonesia saat melakukan perjalanan wisata ke Sapporo pada awal musim dingin 2016, dan hasilnya memuaskan banget!

H.I.S Tours and Travel Indonesia menyediakan layanan individual maupun group tour dengan tujuan perjalanan domestik maupun internasional serta berbagai produk guna memudahkan wisatamu.  Memilih jasa H.I.S Tours and Travel Indonesia merupakan solusi yang tepat.  Apalagi kamu bisa mengajukan pertanyaan serta melihat info terbaru secara real-time yang bisa kamu lihat di Facebook. Khusus wisata ke Australia, kamu bisa ikut group tour keliling Sydney selama 6 hari 4 malam.

sumber: his-travel.co.id
sumber: his-travel.co.id

Tapi kali ini saya akan membuat rencana liburan  hemat ke Sydney. Kamu bisa menjelajahi berbagai lokasi yang wajib yang dijajal.  Apa saja rencana yang bisa kamu lakukan selama 6 hari 4 malam?

Hari 1 – Wake Up & Bondi Beach

Wake Up merupakan salah satu hostel terpopuler di Sydney.  Letaknya yang berada di tengah kota, membuat Wake Up menjadi hostel paling strategis.  Wake Up menyediakan fasilitas yang sangat lengkap mulai dari laundry, WiFi, dapur, kamar mandi, ruang tengah yang memiliki TV dan side bar.  Ada dua jenis kamar yang ditawarkan: private dan dorm.  Untuk private, minimal sekamar berdua.  Sementara untuk dorm, kamu bisa sekamar hingga 10 orang. Harganya cukup terjangkau, mulai dari $39 – $144 semalam.

s3-564x331
sumber: wakeup.com.au

Wake Up Central Hostel 

509 Pitt St, Sydney 2000

Tempat pertama yang bisa kamu kunjungi  adalah Bondi Beach.  Letaknya hanya 41 menit dari hostel.  Mau bisa coba akses transportasi ke mana-mana tapi murah?  Pakai Opal Card! Smart card ini merupakan kartu e-money yang bisa diisi dengan nominal tertentu dan bisa kamu pakai untuk naik kereta, kapal feri, dan komuter.  Harganya cuma $60 dollar seminggu bisa kamu pakai sepuasnya.

 

Panoramic view of Bondi Beach in Sydney, at sunset
sumber: aamhinashikkar.com

Kalau kamu berkunjung ke  Bondi Beach, nggak lengkap kalau nggak berkunjung ke Aquabumps Gallery, dimana pemandangan dalam laut yang difoto oleh Eugene Tan dipamerkan. Ingin menikmati spot paling asyik saat sunrise dan sunset?  Kamu bisa berjalan kaki di sepanjang tebing batu pasir dan teluk dari Bondi ke Bronte, di pesisir sepanjang 2,5 km.

Kamu juga bisa menikmati sunset sambil mencicipi Ricotta Cake, makanan khas yang sangat ringan, seolah kamu sedang makan awan.  Kamu bisa berkunjung ke Pasticceria Papa untuk mencobanya.

eb883bb5528d720614ec5224b82b4e48
sumber: John Fottiadis

Pasticceria Papa

145 Ramsay St, Haberfield and 75 Hall St, Bondi Beach

Hari 2 –  Wild Life Zoo 

Terletak di sepanjang pantai Sydney Harbour di daerah Mosman, Wild Life Zoo merupakan kebun binatang yang paling banyak dikunjungi.  Mulai dari koala, kura-kura Galapagos, Tasmanian Devil, wombat, kangguru, sampai bilby ada di sini.

sumber: tripovo.com
sumber: tripovo.com

1-5 Wheat Rd,

Darling Harbour NSW 2000

Perlu diketahui bahwa banyak atraksi di berbagai kota di Australia yang menawarkan paket tiket.  Di Sydney, paket tiket ke Wild Life Zoo bisa dibeli bersamaan dengan tiket ke Madame Tussauds, Sea Life Aquarium, serta Sydney Tower Eye.  Dengan harga mulai dari  $65, kamu bisa datang ke 2 hingga 3 atraksi lain dalam kurun waktu maksimal 30 hari.  Asyik, kan?

Hari 3 – Ku-ring-gai Chase National Park

Objek wisata di sini merupakan napak tilas budaya Aborigin yang memiliki keindahan alam khas Sydney.  Jika bawa kendaraan, cukup bayar $12, tapi jika datang naik bus, cukup bayar $4.4 untuk dewasa dan $2.2 untuk anak-anak. Kamu bisa ikut trek jalan di Aboriginal Heritage, piknik di Bobbin Head, selfie dengan pemandangan jurang di West Head, dan menonton pertunjukan paus di Barrenjoey Lighthouse.  Buat yang kepo bagaimana isi dalam mercu suar, kamu juga bisa masuk ke dalam dan berfoto di sini. Di musim musim tertentu, ada beberapa spot bagus dimana kamu bisa meneropong paus melompat di laut.  Unik banget, kan?

barrenjoey-lighthouse
sumber: bestsydneywalks.com

 

Namun di sekitar area mercu suar, tidak ada toilet maupun yang menjual air mineral.  Sebaiknya sediakan snack serta minuman di dalam tas ransel sebelum melakukan perjalanan.  Jika ingin makan siang, kamu bisa datang ke Bobbin Inn Cafe atau Galley Foods Eatery.

Hari 4 – Madame Tussauds & Harbourside Shopping Centre

Datang ke Sydney nggak lengkap jika belum berkunjung ke Madame Tussauds.  Dengan tiket mulai dari $28, kamu bisa berkeliling sepuasnya.  Museum ini mulai buka dari pukul 09.30 – 19.00.  Catat: Museum ini punya jadwal-jadwal tertentu penutupan lebih awal, sehingga perhatikan jadwal kunjungan kamu!

sumber: kidbucketlist.com.au
sumber: kidbucketlist.com.au

Aquarium Pier (sebelah Sea Life Aquarium),

Darling Harbour, NSW

Kamu bisa berfoto dengan orang terkenal, mulai dari Wolvrine, Marylin Monroe, hingga Curtis Stone.  Jika sudah kenyang berfoto, sekitar 61 meter dari museum, kamu akan tiba di Harbourside Shopping Centre.  Shopping centre ini buka mulai dari pukul 10.00 – 21.00.  Di sini kamu bisa mencoba menjajal kafe chic dan beli suvenir untuk keluarga dan teman.

Hari 5 – Sea Life Aquarium & Chinese Garden of Friendship

Menikmati kehidupan bawah laut bisa dlakukan di Sydney Sea Life Aquarium.  Terletak di Wheat Rd, akuarium ini memiliki fasilitas super lengkap.  Kamu bisa berfoto dengan dugong, hiu, ikan pedang, juga berbagai spesies laut dalam yang menyeramkan.

sumber: zimbio.com
sumber: zimbio.com

Setelah itu kamu bisa berjalan jalan di taman rahasia di Darling Harbour.  Jika kamu ingin istirahat sejenak dari hiruk pikuk, ini tempat yang tepat!  Kamu bisa memberi makan koi, menikmati pemandangan khas peradaban Tiongkok kuno, serta menikmati makan sore dengan dim sum dan teh khas Tiongkok.  Kamu juga bisa berfoto dengan menggunakan pakaian tradisional di sini.  Cukup bayar $6 kamu bisa menikmati keindahan musim panas di Taman Tiongkok.

sumber: 4a.com.au

Hari 6 – The Rocks

Berkunjung ke Sydney belum afdol jika kamu belum ke The Rocks. Sebagai daerah urban bersejarah, di sini terdapat hidden gem lain yang tidak diketahui semua orang: Foundation Park!  Tempat ini dibangun akibat topografi The Rocks yang cukup menantang.  Kamu bisa mengakses Glucester Walk, yang akan membawamu ke jalan setapak dan pemandangan kuno yang sudah ada sejak tahun 1940.

sumber: squarespace.com
sumber: squarespace.com

Dari sini kamu bisa berjalan kaki 8 menit menuju Sydney CBD.  Pernah mencoba es krim garam laut?  Cuma di Aqua S tempatnya!  Es ini merupakan semi-frozen garam laut yang memiliki rasa serupa dengan karamel asin.  Pilih topping tambahan seperti marshmallow, pop corn, pop rocks dan fairy floss, akan menciptakan kombinasi perpaduan rasa yang menakjubkan.

sydney-must-eats-aqua-s
sumber: gourmandandgourmet.com.au

27/501 George St, 

Sydney NSW 2000

Saat pulang, kamu akan kembali singgah di Sydney Airport, bandara internasional yang terletak 8 kilometer dari pusat kota.  Wake Up juga menyediakan jasa transportasi ke sana lho, jadi nggak perlut takut ketinggalan pesawat.  Gimana gambaran perjalanan ke Sydney ini?  Meskipun baru rencana , tentunya kamu sudah mendapat gambaran backpacking di bawah $800 yang super seru!

Tapi lagi nggak ada budget, nih, terus gimana ya cara menikmati liburan musim panas di Sydney?

Tenang, HIS Tours and Travel Indonesia bekerja sama dengan Kawaii Beauty Japan untuk memperkenalkan kota di Australia.  Akan dipilih 2 orang pemenang untuk menghabiskan musim panas di kota pilihanmu!  Seru, kan?  Ayo ikutan, cuma nulis bisa jadi turis ke Australia! (Jangan lupa klik banner untuk cari tahu lebih lanjut!)

// ]]>

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *