July 14, 2017 Azzahra R Kamila 2Comment

Sebelumnya, saya sudah pernah posting mengenai Korean Skincare Routine of Layering dalam versi bahasa Inggris. Melihat minat pembaca Indonesia terkait actives  (yang kadang mungkin males nerjemahin bahasa Inggris di otak pas baca artikel, kayak saya ^^;), saya memutuskan membuat posting tentang urutan pemakaian skincare untuk perawatan wajah versi bahasa Indonesia.

Perbedaan antara postingan sebelumnya dengan postingan sekarang tidak hanya terletak dari bahasanya saja, tapi juga dari jenis skincare yang saat ini saya punya. FYI, ini akan menyerempet juga pada rutinitas pemakaian skincare saya sehari-hari.  Tujuannya untuk memberi contoh dalam pemakaian skincare, terutama bagi yang memiliki jenis kulit kombinasi dan atau kombinasi-dehidrasi.

Ada 4 bab terkait seputar actives, purging dan break out,  penjelasan tentang jerawat serta urutan pemakaian skincare yang saya tulis dan bisa diakses di sini (langsung klik link-nya):

Bab I: Mengenal pH Kulit, AHA, BHA, dan Vitamin C Secara Jelas

Bab II: Apa Bedanya Purging dan Break Out? Apa Kaitannya dengan AHA, BHA, Vitamin C?

Bab III: Urutan Pemakaian Skincare  untuk Perawatan Wajah yang Tepat (yang saat ini sedang kamu baca)

Bab IV: Kenali Jerawatmu!  Cara Lain untuk Mengobati Jerawat Tanpa AHA BHA

 

 

Urutan Pemakaian Skincare

via fanserviced-b.com

Acuan ini saya ambil dari Snow White and The Asian Pear.  Jadi menurut Cat, kita harus memulainya dengan produk yang memiliki pH terendah.  Jika diurutkan, maka akan menjadi sebagai berikut:

a. Cleanser: merupakan pembersih muka pertama, biasanya berupa oil cleanser dan second cleanser (face wash)

b. Actives: Vitamin C (L-AA atau L-ascorbic acid, magnesium ascorbyl phosphate a.k.a water-soluble  derivative vitamin C, ascorbyl tetraisopalmitate solution a.k.a oil-soluble derivative vitamin C)  AHA, BHA, PHA, Vitamin B3 (niacinamide), Vitamin B5 (D-panthenol), Vitamin A (retinol, retinoid), Vitamin F (linoleic acid, oleic acid, linolenic acid, tocopherol), hyaluronic acid (dengan tingkat konsentrasi tinggi), benzoyl peroxide, avobenzone atau octinoxate, azelaic acid, etc.

c. Hydrators: Merupakan produk yang berfungsi untuk melembabkan kulit.  Urutannya adalah first essence, hydrating toner, serum, essence, ampoule, lotion, milk, skin, cream, balm, dan oil 

d. Occlusives: Produk lanjutan seperti night masks, sleeping packs dan spot treatment 

e. Treatments/Protection: Produk akhir dalam tahap skin care seperti sunscreen atau sunblock. Jika kamu memakai AHA, sebaiknya pastikan kamu selalu memakai sunscreen setiap hari meski  tidak keluar rumah.  Pengguna AHA  rentan dengan photosensitivity akibat terpapar sinar matahari

Aturan Lain yang Perlu Diketahui

“Kok kayaknya ribet banget sih, Mi, layering banyak banget.  Harus ada jeda saat pakai vitamin C, terus lanjut AHA dan BHA. Udah gitu harus pakai sunscreen.  Nggak ada yang lebih singkat?  Pusing bacanya!”

Ladies, sekilas saat kamu membaca postingan ini pasti bakal terasa ribetnya.  Tapi kalau dicermati baik-baik, ada alasan kenapa aturannya ada banyak banget ^^, tujuannya udah pasti supaya kulit kita mendapat hasil maksimal tanpa break out! 

Sebelumnya saya pernah bahas soal mitos penggunaan skincare 20 menit vitamin C dengan AHA dan BHA di BAB I, perbedaan purging dan break out di BAB II, juga hal-hal umum yang perlu diketahui oleh pemula supaya kulitmu nggak gampang break out di BAB II.

Terus mau bahas apa, nih, di BAB III? Aturannya ada lagi, nih?

1) Layering yang tepat adalah dimulai dari skincare dengan bahan water based ke oil based.  Selain itu, selalu pakai skincare sesuai urutan yang sudah saya tulis di atas, karena pemakaian yang tepat dimulai dari yang memiliki konsistensi thinnest (cair) hingga thickest (padat), pH terendah hingga pH tertinggi. 

Water based skincare adalah: toner, mist, essence, serum, ampoule, lotion, milk, dan cream/moisturizer yang memiliki keterangan oil free

Oil based skincare adalah: face oil, balms, dan cream/moisturizer yang tidak memiliki keterangan oil free

Ada alasannya kenapa sebaiknya memakai water based skincare terlebih dulu. Agar produk berbasis air terserap oleh kulit dengan maksimal, maka skincare jenis ini selalu didahulukan.  Jika penggunaannya tidak sesuai urutan, dikhawatirkan tidak akan memberikan hasil terbaik bagi kulit, sehingga kamu tidak akan merasakan perubahan yang semestinya didapatkan. Namun, kamu bisa mencampur moisturizer dengan face oil (baca keterangan lebih lanjut mengenai Penggunaan Face Oil pada Rutinitas Skincare di sini.)

2) Actives sesungguhnya merupakan drug atau obat-obatan, sehingga tidak bisa sembarang pakai. Namun actives juga bisa mengacu pada bahan tertentu yang memainkan peran penting agar produk tersebut berkhasiat (sumber: The Beauty Brains).

Oleh karena itu, tidak semua orang bisa memasukkan actives ke dalam rutinitas skincare-nya.  Dan tidak semua orang perlu memasukkan actives ke rutinitas skincare. Bahkan Jude Chao dari Fifty Shades of Snail menyarankan pemakai actives adalah yang memiliki kriteria sebagai berikut:

a. Pada dasarnya kulitmu sehat, dan tidak mengalami over exfoliate dan punya kondisi medis tertentu yang menyebabkan tidak boleh pakai sembarang body care dan skincare,

b. Punya masalah tertentu yang spesifik, seperti jerawat, penuaan kulit, dan lain-lain,

c. Sudah mengenal skincare dan tahu toleransi jenis-jenis bahan yang cocok bagi kulit,

d. Bukan pemilik kulit sensitif,

e. Bukan yang malas atau tidak rutin memakai skincare sesuai anjuran 😀

Rutinitas Skincare Pertengahan 2017

Bisa dipastikan, saya selalu beli skincare hampir tiap bulan.  LOL.  Nggak, bukan waktunya ketawa sih ^^; ada banyak alasan (dan godaan) yang membuat saya menimbun skincare.  Sejak awal Januari 2017 kemarin, cystic acne menyerang, ditambah lagi saya cukup sering bolak-balik Jakarta akhir tahun lalu.  Kulit saya yang sensitif terhadap cuaca harus dirawat dengan super intens dan telaten.

Yup, kondisi kulit saya yang mendadak timbul flaky skin saat cuaca terlalu panas atau terlalu dingin inilah yang bikin saya harus pintar-pintar cari solusi.  Dan masalah saya bukan cuma itu, jenis kulit saya kombinasi.  Ini artinya, saya harus mencari produk non comedogenic supaya kulit tidak tersumbat pori-pori.

Iya, jadi saya tuh super ribet.

Makanya saya mendadak jadi skincare junkie yang selalu mencari penjelasan sains di balik beauty, karena dengan mengetahui bahan-bahan yang terkandung dalam skincare, saya tahu jenis mana saja yang tepat untuk keperluan saya. Skincare yang saya pakai akan saya urutkan berdasarkan pemakaian.

Cleanser & Scrub

a) Oil Cleanser: Dear Klairs! Gentle Black Deep Cleansing Oil. Bisa dibeli di: Beautylink Sociolla

b) Second Cleanser: COSRX Low pH Good Morning Gel Cleanser.  Bisa dibeli di: Beautylink Sociolla

c) Face Scrub: Dear Klairs! Gentle Black Sugar Scrub. Bisa dibeli di: Beautylink Sociolla

d) Face Scrub: Daiso Moisture Almond Peeing Gel. Bisa dibeli di: DAISO

e) Nose Pack: Innisfree Jeju Volcanic 3 in 1 Nose Pack. Bisa dibeli di: Tokopedia

f) Lip Scrub: Beauty Treats Lip Scrub Vanilla. Bisa dibeli di: Tokopedia

Actives

g) pH adusting toner (jika malas ganti sabun cuci muka dengan pH rendah, disarankan pakai ini): COSRX Natural BHA Returning A-Sol. Dipakai pagi dan malam hari. Butuh review? Klik di sini. Bisa dibeli di: Beautylink Sociolla 

h) Vitamin C (L-AA):  Dear Klairs! Freshly Juiced Vitamin Drop. Dipakai pagi hari. Bisa dibeli di: Beautylink Sociolla

i) BHA:  COSRX Blackhead Power Liquid. Dipakai malam hari. Bisa dibeli di: Beautylink Sociolla

j) AHA: COSRX AHA 7 Whitehead Power Liquid. Dipakai malam hari. Bisa dibeli di: Beautylink Sociolla

k) Essence:  COSRX Hyaluronic Acid Hydra Power Essence. Essence ini memiliki kandungan hyaluronic acid cukup tinggi, itu sebabnya saya memakai ini berbarengan dengan actives.  Normalnya essence dipakai setelah toner. Butuh review? Klik di sini. Bisa dibeli di: Beautylink Sociolla.

l) Vitamin B3 (niacinamide):  The Ordinary Niacinamide 10% + Zinc 1%. Dipakai malam hari. Bisa dibeli di: Beautylink Sociolla

Hydrators

m) Hydrating Toner: Kose Nature & Co Pure White Lotion Light. Dipakai pagi dan malam hari. Bisa dibeli di: Tokopedia

n) Moisturizer (oil free): Innisfree Green Tea Balancing Cream. Dipakai malam hari. Bisa dibeli di: Tokopedia

o) Face Oil: Indoganic Rosehip Oil. Dipakai malam hari. Bisa dibeli di: Beautylink Sociolla

p) Sheet Masks:   Etude House Skin Moisturizing Hyaluronic Acid & Daiso Sheet Mask. Menurut tahap pemakaian skincare versi Fanserviced B, sheet mask dipakai setelah toner -> essence-> ampoule-> serum.

Occlusives

q) Eczema Treatment: Dear Klairs! Midnight Blue Calming Cream. Dipakai malam hari. Butuh review? Klik di sini. Bisa dibeli di: Beautylink Sociolla

r) Acne Treatment: Rojukiss Enca AC Drying Pinky Powder. Dipakai malam hari. Butuh review? Klik di sini.

Protection

s) Sunscreen: Etude House Sunprise Must Daily SPF 50+. Dipakai pagi hari. Bisa dibeli di: Tokopedia

Hentikan Pemakaian Jika…

Menurut Jenni, natural lifestyle blogger, kamu harus tahu kapan sebaiknya stop dan memilah kembali skincare (baik bagi pengguna actives dan tidak) jika terjadi hal-hal berikut:

Kulitmu Terlalu Asam, Menyebabkan: 

1.Terlalu oily setelah membersihkan muka

2. Moisturizer menjadi terlalu greasy 

3. Sensitif dan reaktif terhadap produk

4. Rawan terkena break out 

5. Mengalami iritasi dan kemerahan

Kulitmu Terlalu Basa, Menyebabkan: 

1. Terasa kencang dan kering setelah membersihkan muka

2. Butuh moisturizer lebih banyak dari biasanya

3. Ada dry patches atau flaky skin

4. Terlihat kusam, terdapat garis kerut tampak jelas

5. Terasa sengatan setelah memakai produk

6. Jarang terlihat berkilau (plump, dewy)

2 thoughts on “Urutan Memakai Skincare Actives untuk Perawatan Wajah yang Tepat

  1. Aku mau comment di rosehip oil tapi kok ga bisa yah. hehe
    Btw, aku mau baca review tentang Klairs Gentle Black Deep Cleansing Oil dong, kok aku ga nemu page nya mia? 🙂

    1. Wah kok gak bisa ya. Lagi ada masalah kayaknya, ntar dicek. Err itu, draft belum selesai , udah lengkap sih tapi suka males ngedit foto. Nanti dikabarin kalo udah ada reviewnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *