in Body Care, Sponsored

[UNBOXING] #TemukanCantikmu dengan Surprise Box Natur-E Indonesia

at
unboxing-surprise-box-nature-e-indonesia

Sudah lama juga nggak nulis terkait unboxing produk!  Sebetulnya saya sudah dapat paket ini bulan lalu, tapi karena kesibukan (plus kalau ada waktu luang pengennya leyeh-leyeh, huehehe), jadi saya baru niat ada kesempatan membuka box cantik dari Natur-E Indonesia.

[UNBOXING] Natur-E Indonesia

Saya mendapat paket berupa dua buah body lotion dan satu kotak berisi 4 strip kapsul vitamin E.  Siapa sih yang nggak senang dikasih body lotion!  Saya sendiri punya masalah dengan kulit kering di siku dan sekitar ruas jari-jari kaki, jadilah saya sekarang rajin pakai body lotion. 

Oya, saya sempat terkejut juga sih pas tahu ternyata Natur-E diproduksi oleh PT. Cosmax Indonesia.  Cosmax sendiri merupakan perusahaan asal Korea yang terkenal karena memproduksi Etude House, Tony Moly, Lancome cushion (iyah, saya serius), Mamonde, dan lain-lain.  Sementara PT. Cosmax Indonesia sendiri diawasi langsung oleh Cosmax Korea, dimana selain Natur-E, mereka juga memproduksi kosmetik seperti My Beauty Story dan Moko Moko.

Apa aja sih, yang saya dapatkan dari Natur-E?  Ini dia!

Ada dua jenis body lotion yang saya dapatkan, yaitu Daily Nourishing Revitalizing dan Daily Nourishing Energizing. Bedanya apa, sih? Natur-E Daily Nourishing Revitalizing mengandung pink pomelo extract yang memiliki kandungan vitamin C cukup tinggi.  Kita sendiri tahu sebelumnya dari hasil riset di postingan ini (klik di sini untuk mencari tahu lebih lanjut jenis-jenis serum vitamin C terbaik!)  bahwa vitamin C membantu memproduksi kolagen.  Kulit kita akan menjadi lebih elastis.  Dan ternyata kolagen  bisa membantu menjaga kesehatan gusi dan gigi, lho!

nature-e
via theherbalhealth.com

Sementara Natur-E Daily Nourishing Energizing mengandung fire tulip extract dan riboxil. Fire tulip sendiri terkenal sebagai bahan yang mengandung antioksidan, mengurangi antiinflamasi, serta juga sebagai antimikroba.  Fire tulip merupakan tumbuhan yang berasal dari Afrika, dan baru sedikit sekali ekstraknya yang dipakai untuk kosmetik.

Riboxil atau riboxyl merupakan senyawa yang berasal dari karbohidrat (yang ini berasal dari biji jagung) yang dapat meningkatkan elastisitas kulit dan mengurangi tampilan kerutan.

via maveridge.com

Lalu bagaimana sih dengan teksturnya?

Ini merupakan Natur-E yang mengandung fire tulip extract dan riboxyl.  Warnanya jingga muda, dengan sedikit bintik-bintik keoranyean.

Ini merupakan Natur-E yang mengandung pomelo extract.  Warnanya pink, dengan sedikit bintik-bintik kemerahan. Beda dengan body lotion yang pernah saya pakai sebelumnya, tekstur lotion ini jauh lebih liquid.  Begitu diusapkan ke kulit, langsung meresap tanpa membuat lengket.  Oh, ya, keduanya memiliki wangi yang berbeda.  Saya pribadi lebih suka yang pomelo extract, karena dari dulu saya nggak terlalu suka wangi yang mirip-mirip sitrus, hehe.

Terus gimana sih, dengan kapsulnya sendiri?

Sempat ada pro kontra ya, dulu ketika Natur-E (katanya) belum berlabel halal.  Seperti yang kita tahu, kapsul Natur-E sendiri merupakan kapsul lunak, dimana kapsul ini dibuat dari gelatin.  Kebanyakan gelatin itu dibuat dari derivatif kulit babi.  Tapi nggak perlu khawatir!  LPPOM MUI meloloskan produk Natur-E sehingga produk ini aman dan halal untuk dikonsumsi.

Jika baca keterangan berikut, kita disarankan untuk meminumnya 1 kapsul sehari.  Di dalam 1 kapsul, terkandung 300 IU atau setara dengan 300 x 0.67 mg = 201 mg.

Untuk konversi IU (International Units) sendiri sebetulnya tidak sesimpel itu, jadi ini hanya perhitungan perkiraan saja. I.U sendiri sesungguhnya merupakan jumlah yang udah diatur dosisnya sesuai dengan nutrisi yang dibutuhkan untuk menghasilkan efek biologis. Kalau ingin kulitmu terjaga dari dalam dengan benar, sebaiknya ikuti saja aturan pakainya!

Nah, kamu mungkin pernah dengar juga ya, ada pro kontra lagi terkait kapsul vitamin E.  Apa sih akibatnya kalau kita rutin mengonsumsi tiap hari?  Apakah akan ada masalah pada tubuh kita? Boleh nggak sih, mengaplikasikan vitamin E dalam kapsul langsung ke kulit kita?

Sejauh ini belum ada penelitian terkait yang mengatakan bahwa mengaplikasikan  vitamin E oil dari kapsul itu berbahaya.  Seperti yang kita tahu, vitamin E bekerja untuk melindungi kulit dari radikal bebas dan sinar UV, meski tidak sehebat vitamin C.  Karena itu biasanya kandungan vitamin E dan C akan tergabung ke dalam produk skincare untuk menghasilkan efek terbaik.

Namun, tingkat toleransi kulit itu berbeda-beda.  Tekstur dari vitamin E oil sendiri sangat kental dibandingkan dengan carrier oil lainnya  (ya, kalau kamu sadar sesungguhnya vitamin E oil itu merupakan carrier oil.  Apa itu carrier oil?  Lihat penjelasannya di sini!).  Oil ini  tidak akan langsung terserap ke dalam kulit. 

Ini artinya apa?

Kamu sebaiknya mengaplikasikan vitamin E oil berbarengan dengan produk skincare yang bersifat lebih liquid, misalkan saja moisturizer atau night cream.  Tujuannya jelas: agar produk itu bisa ikut terserap ke dalam kulit. Bagi sebagian orang yang tidak memiliki tingkat toleransi yang baik terhadap vitamin E oil malah bisa jadi bermasalah.

 Contohnya apa?

Comedogenic rating vitamin E (tocopherol) adalah 2.  Rating itu sendiri dimulai dari 0-5.  Semakin tinggi, maka kemungkinan breakout akibat pori-pori tersumbat semakin besar.  Disarankan bagi pemilik kulit kombinasi dan berminyak tidak langsung mengaplikasikan vitamin E oil di wajah jika memakai produk lain yang belum tentu lulus dari kategori noncomedogenic. 

Jadi, apakah artinya aman dikonsumsi?

Kadar penerimaan tiap orang pun berbeda-beda.  Dulu ketika saya masih mengonsumsi Blackmores Evening Primerose Oil, banyak yang mengatakan bahwa produk itu memang bekerja dengan baik ketika mengonsumsi 3 kapsul (yang disarankan) sampai 4 kapsul. Ada juga yang mengatakan bahwa justru jerawatnya makin menjadi, bahkan malah jadi pusing karena mengonsumsinya.

Saya sendiri merasakan manfaatnya karena ini merupakan cara terakhir saya mengempeskan cystic acne (bisa baca di sini terkait keberhasilan saya menghentikan cystic acne).

via chemistwarehouse.com

Kesimpulannya, jika tertarik mencoba konsumsi vitamin E boleh banget ^^, apalagi karena sudah terjamin kebaikannya berkat label halal. Tapi akan lebih baik juga jika diimbangi dengan makanan sehat yang baik juga bagi kulit.  Contohnya adalah yogurt (untuk yang ingin menyembuhkan jerawat), ikan (antiaging), apel dan dark chocolate (elastisitas kulit), dan lain-lain.

Nah, sudah siap merawat kulitmu agar lebih sehat? Kamu bisa mendapatkan ketiga produk ini dengan harga terjangkau, dan mudah pula karena ada di toko-toko terdekat ^^

Share:

Azzahra R Kamila

Her blog has a concern for cruelty free and halal products. Her skepticism makes her doing research about science behind beauty, as she wants to educate readers to carefully choose cosmetics ingredients before buying. In addition to beauty, she also likes to discuss slice of life as well as book reviews.

    Leave A Comment

    Your email address will not be published. Required fields are marked *