in Blog 101

Tutorial Photoshop #1: Cara Membuat Warna Foto Jadi Colorful

at
tutorial-photoshop-1-cara-membuat-warna-foto-jadi-colorful

Hi, selamat datang di Blog 101!

Sebetulnya saya memang sudah punya resolusi pada saat ulangtahun blog saya pada Oktober kemarin ^^, rencananya saya mau buat rubrik khusus mengenai how I blog after one year, dengan tujuan berbagi ilmu.

Saya sendiri bukan expert, dan sebagian besar sebetulnya hasil otodidak sendiri.  Nah, di posting pertama kali ini, saya mau membuat tutorial bagaimana caranya membuat warna foto menjadi colorful.

Tutorial Photoshop: Membuat Foto Menjadi Colorful

Saya kadang suka bertanya-tanya, sebetulnya yang bikin sebuah foto itu menarik apa, sih?  Sebagai contoh, kamu bisa melihat ini:

via creativelive.com

Siapa yang nggak ngiler sih melihat makanan seperti ini?

Oke, sebetulnya ini makanan sehat, jadi nggak semua ngiler, lol. Tapi seperti yang kamu lihat, warna cerah ceria seperti ini mengundang otak kita bereaksi.  Mulut menjadi berliur, dan perut pun secara perlahan keroncongan.

Biasanya sih, kalau saya lagi iseng melihat foto makanan yang di-upload orang lain, ujung-ujungnya saya bakal pesan Go Food setelah itu, hahaha.

Nah, sebetulnya, rahasia untuk membuat foto menjadi colorful itu mudah.  Saya cuma mengikuti trik yang dilakukan oleh food photographer.

Cuma itu?

Yap, cuma itu! Jangan kecewa dulu, haha, soalnya saya mau ngejelasin dulu asal muasal kenapa saya memilih ciri khas untuk menonjolkan warna cerah di setiap foto yang saya bidik. Dulu saya mengkategorikan blog ini untuk macam-macam: diet, buku, travel, curhat, dan sebagian besar tentu saja, beauty.  Ini hasil bidikan saya beberapa bulan lalu:

menu diet rendah kalori

beautiesquad challenge

Oke, saya masih nggak pinter flatlay, haha, tapi belajar trik ini rupanya sangat berguna untuk membuat kita tertarik untuk melihat lebih lanjut.  Pasti pada suka dong, melihat Instagram yang feed-nya oke dan warna-warni?  Nah, kamu bisa mengikuti step by step ini agar bisa menghasilkan foto serupa seperti yang saya sering upload akhir-akhir ini di Instagram.

 

#1: Siapkan Foto 

Tidak perlu yang bagus, karena ini hanya untuk latihan.  Saya memilih foto ini untuk dijadikan percobaan. Untuk mempertajam warna, saya menggunakan Adobe Photoshop Cloud.  Kamu bisa menggunakan Adobe Photoshop manapun, nggak perlu sama :), karena trik ini sifatnya masih dasar, jadi semua jenis Photoshop pastinya punya ini.

 

#2: Atur Exposure

Apa itu Exposure?

Exposure sebetulnya mengubah pencahayaan sehingga menjadi lebih teratur.  Exposure berbeda dengan brightness karena Exposure meningkatkan semua level highlight maupun shadow di sebuah foto.

Exposure bisa kamu temukan di menu bar Layer -> New Adjustment Layers -> Exposure. Untuk di sini, sebetulnya kamu bisa mengatur Exposure tergantung kebutuhan.  Saya sendiri menggunakan Exposure +0,67 dan Offset di -0,0292.

 

#3: Atur Levels

Untuk Levels, kamu bisa temukan di menu bar Layer -> New Adjustment Layers -> Levels. Nah Levels itu apa sih? Levels fungsinya untuk mengoreksi range dari tone warna di foto, serta keseimbangan warnanya.  Nah, untuk Levels pun sebetulnya cara pengaturannya tergantung dengan kebutuhan.  Pencahayaan di rumah saya termasuk cukup baik tapi kadang berbayang, jadi saya lebih suka meningkatkan Contrast, maka saya memilih Increase Contrast 1, seperti contohnya di gambar berikut.

 

#4: Brightness/Contrast

Brightness/Contrast bisa ditemukan di menu bar Layer -> New Adjustments Layers -> Brightness/Contrast.  Bedanya apa sih sama Exposure, bukannya sama-sama mempertajam warna juga?  Beda, lho, karena ternyata fungsi brightness/contrast  meski bisa mencerahkan warna dan mempertajam, tidak semua level ditingkatkan.  Contohnya adalah foto berikut yang hanya menggunakan brightness/contrast.

Coba bandingkan dengan ini, beda banget, kan?

Nah untuk mencapai keseimbangan yang baik, saya biasanya menggunakan brightness/contrast juga untuk hasil akhir.  Contohnya adalah seperti di gambar berikut:

Dan selesai!  Gampang banget kan tutorialnya ^^, pemula juga bisa!

Sudah siap untuk membuat fotomu makin menarik?  Boleh tag saya di IG buat yang sudah mencoba tutorial ini! 🙂

Share:

Azzahra R Kamila

Her blog has a concern for cruelty free and halal products. Her skepticism makes her doing research about science behind beauty, as she wants to educate readers to carefully choose cosmetics ingredients before buying. In addition to beauty, she also likes to discuss slice of life as well as book reviews.

    6 Comments

    1. Dawiah

      Wuiisss…mantap nih. Mau praktik ah. Terima kasih ilmunya.

      23 . Nov . 2017
      • Azzahra R Kamila

        Sama sama 🙂

        23 . Nov . 2017
    2. nur rochma

      Makasih sharingnya ya. Pas banget aku lagi nyari tutorial photoshop.

      23 . Nov . 2017
      • Azzahra R Kamila

        Sama sama Mbak 🙂

        23 . Nov . 2017
    3. Judith RK Cholya

      Jago ya mainan photoshopnya ahaha.. Aku juga biasa mainin saturation, exposure, tone segala macem sih tapi cuma lewat camera 360 aja soalnya lewat hp ga ribet hahaha

      heyyyyyjudeeeee.wordpress.com

      30 . Nov . 2017
      • Azzahra R Kamila

        Tengkyuu, nggak juga sih ini tau juga dari tutorial orang lain wkwk terus dicobain deh

        30 . Nov . 2017

    Leave A Comment

    Your email address will not be published. Required fields are marked *