June 4, 2017 Azzahra R Kamila 2Comment

Siapa yang malas olahraga buat diet?

Tenang aja, saya termasuk.

Siapa yang sudah ngerem kebiasaan ngemilnya?

Tenang aja, saya termasuk.

Siapa yang ingin bisa turun berat badan secara instan?

Tenang aja, saya termasuk.

“Terus maksudnya kamu ngomongin itu, apa Mi?  Yakin ada tips simpelnya?  Kok aku gak turun-turun?”

Sejujurnya saya kaget banget waktu menimbang berat badan minggu ini.  Berat saya turun 2 kg!  Padahal ini baru hari ke 7 puasa.  Sebelum puasa, saya pernah punya program target turun berat badan sekitar 5 kg selama 6 bulan.  Tujuannya satu, saya nggak ingin lingkar perut di atas 80 cm.  Lingkar perut di atas 80 cm menandakan tubuh kamu memiliki lemak berlebih dan bisa terkena risiko penyakit yang aneh-aneh.   Saya sempat turun 1,8 kg sebelum akhirnya naik lagi sekitar 0,3 kg karena euforia berhasil turun BB ^^;.

Saya tahu, pasti banyak yang penasaran dengan cara yang saya lakukan ^^.  “Yang bener, Mi, jangan bohong!”  Nggaklah ya, lagi puasa ngapain bohong, hehe. Sebetulnya nggak banyak dan nggak heboh.  Saya tetap sahur dan berbuka seperti biasa.  Nah, tapi di sinilah letak perbedaan yang bikin berat badan saya gampang turun, 3 hal yang saya lakukan ini ternyata berpengaruh terhadap cara menurunkan berat badan dengan cepat!

Pola Pikir Dirubah

tips menurunkan berat badan

Banyak perempuan berlomba-lomba menurunkan berat badan demi terlihat cantik atau lebih kurus.  Ada beragam macam diet yang bisa kita coba dan memiliki hasil yang baik.  Contohnya adalah diet mayo.  Saya sempat dengar, kenalan teman saya berhasil turun 13 kg hanya dalam waktu 2 minggu!

Nah, masalahnya, setelah turun berat badan lalu apa? Setelah merasa kurus, kita akan melupakan diet dan kembali makan dengan pola biasa.  Di sini letak yang bikin kita frustasi ^^, karena pola biasa itu akan menaikkan kembali berat badan.  Percuma dong dietnya :’D

tips menurunkan berat badan

Dulu saya berdiet untuk lebih kurus sehingga bisa pakai baju yang dahulu sempat muat.  3 tahun saya coba, gagal terus.  Berat saya tidak turun banyak, dan setiap kali turun pasti naik lagi dengan cepat :’D

Apa pasalnya?

Karena saya tidak berdiet demi hidup yang lebih sehat, hidup lebih baik.  Inilah yang bikin saya gagal terus. Setelah searching, artikel How To Eat Healthy dari Authority Nutrition dan Livestrong membuka mata *ceilah* terhadap pentingnya diet untuk kesehatan (klik sini untuk lihat postingan saya tentang diet sehat!).   Jadi tujuan saya diet sekarang bukan buat kurus, tapi supaya gaya hidup  dan pola makan saya berubah lebih baik ^^

Olahraga Teratur

tips menurunkan berat badan

Ini klise, tapi males banget ngejalaninnya, ya, nggak, sih?

Apalagi pas puasa kayak gini, kita bakal makin malas karena olahraga itu = mengurangi kalori.  Sementara tubuh memerlukannya karena selama seharian pencernaan “diistirahatkan.”   Dari mana asal asupan selama puasa?  Dari makanan yang kita makan selama sahur dan berbuka puasa.

Perdebatan waktu olahraga yang tepat saat puasa sampai sekarang masih terjadi.  Tapi kalau saya pribadi lebih suka olahraga pagi-pagi, biar nggak tidur lagi setelah sahur. Olahraga yang saya lakukan simpel.  Dengan menggunakan aplikasi, saya bisa melakukan olahraga super ringan di dalam rumah.

tips menurunkan berat badan

 Ada beberapa aplikasi di smartphone yang bisa dimanfaatkan untuk olahraga di rumah.  Intensitas olahraga pun bisa diatur. Menurut Marketing Manager Fitness First Indonesia, Julia Nurdin, ada beberapa tahap yang bisa diikuti.  Olahraga sebaiknya dilakukan dua sampai tiga kali setiap minggu dengan waktu 20-30 menit persesi.

Minggu pertama misalnya, sebaiknya gerakan olahraga fokus pada gerakan sederhana yang menggunakan bobot tubuh sebagai beban. Minggu kedua ketika tubuh sudah mulai beradaptasi, lakukan latihan dengan alat.  Bisa menambahkan frekuensi dan mengurangi waktu istirahat di antara set latihan.  Minggu ketiga, program fokus pada latihan koordinasi.  Minggu keempat, frekuensi latihan diturunkan karena kebutuhan energi untuk mempersiapkan Lebaran.

Pola Makan yang Sehat

tips menurunkan berat badan

Puasa biasanya akan bikin lapar mata.  Sahur kita makan sampai terlalu kenyang, menyebabkan ngantuk dan tidur setelah Subuh.  Sebelum Tarawih, kita berbuka dengan beragam menu, menyebabkan kita tidak konsentrasi saat salat berjamaah.  Duh, jangan sampai gini, deh!

Selain membuat kita tidak cepat lelah, pola makan sehat juga membantu mengontrol keinginan kita mengonsumsi makanan berlebih.  Secara langsung, tentu ini membuat diet kita berhasil di bulan puasa.  Pun saat Lebaran, akan mengontrol kita untuk tidak makan berlebihan yang menyebabkan berat badan naik kembali.  Jadi diet pun berjalan sukses ^^

tips menurunkan berat badan

Jenis makanan yang dikonsumsi ternyata menentukan keberhasilan menurunkan berat badan, lho!  Makanan untuk diet bisa kita makan saat sahur dan berbuka. Apa saja, sih, yang perlu dimakan?

Sahur 

  • Saat sahur, sebaiknya konsumsi jenis makanan yang lama dicerna agar cepat kenyang namun tidak membuat lapar sampai siang seperti karbohidrat kompleks (nasi merah, jagung, sereal gandum, granola, dan lain-lain.
  • Protein rendah kalori seperti daging ayam tanpa kulit, tempe, tahu, telur, dan ikan
  • Serat seperti sayur-sayuran
  • Bisa juga ditambah dengan ngemil buah-buahan campur granola, yogurt, dan biji-bijian (favorit saya nih XD!)

Buka Puasa

  • Berbuka dengan yang manis-manis.  Disarankan buah-buahan seperti kurma, pisang, apel, berries, dll dalam bentuk utuh atau sudah dijus.  Bisa dipadu dengan yogurt, granola, biji-bijian
  • Setelah Maghrib bisa memakan yang lebih berat.  Namun sebaiknya dibatasi dengan mengonsumsi protein dan serat supaya tidak mudah mengantuk saat Tarawih

Tapi gimana nih kalau ternyata buka puasanya terpaksa di jalan, belum bisa pulang karena macet?

Nah, untungnya saja ada cemilan yang mudah dibawa ke mana-mana, Heavenly Blush TummYogurt Drink and Bar! Yap, kesukaan saya ngemil buah-buahan terjawab oleh Heavenly Blush :’D, apalagi kalau lagi malas potong buah, hehe.  Bar ini rendah kalori dan lemak (low fat), cuma 95 kkal perbar!  Gimana nggak makin senang ngemil ini?

tips menurunkan berat badan

Saya pernah ngemil ini setelah sahur, dan ini cukup untuk menahan lapar sampai siang, lho!   Fresh yogurt ini mengandung buah dan sayur (fruit and veggie yogurt) berserat tinggi (high fiber) dan multi grains.  Ngemil ini membantu melancarkan pencernaan selama puasa.  Bikin kita sehat, juga pas banget buat yang tidak terlalu suka makan buah dan sayuran 😀

Untuk TummYogurt Bar terdiri dari rasa Berries dan Lemon.  Favorit saya Lemon karena rasanya tidak seasam Berries ^^, tapi dua-duanya saya suka!

tips menurunkan berat badan

Yang bikin saya kaget, dibanding dengan bar lain yang pernah saya coba, biji-bijiannya ada banyak banget dalam 1 bar, seperti chia seed, pumpkin seed, sunflower seed, black sesame, dan white sesame.  Rasa asam dari yogurt yang membalutnya bikin makin yakin ini memang alternatif snack sehat yang membantu diet.  Enak bangeet :9.  Tapi buat saya lebih afdol kalau TummYogurt Bar sudah bersertifikasi MUI.  Semoga secepatnya yaa~~

tips menurunkan berat badan

Sementara TummYogurt Drink memiliki 3 rasa, yaitu Blueberry Redbeet, Mango Carrot, serta Raspberry Broccoli. Nah, yang perlu digarisbawahi adalah cukup sulit mencari TummYogurt di minimarket, sehingga jika ingin mencobanya harus ke supermarket dulu.  Saya sendiri menemukan Raspberry Brocolli ini dari supermarket di dekat rumah.

Saya mencobanya saat buka puasa, rasanya cukup enak!  Nggak begitu brokoli (siapa tahu ada yang nggak suka sayur, hehe). Lebih kerasa raspberry-nya, membuat TummYogurt untuk Raspberry Brocolli menjadi asam manis.

tips menurunkan berat badan

Masing-masing punya fungsinya, lho, seperti Mango Carrot untuk kesehatan mata serta meningkatkan imun dan antioksidan, Blueberry Redbeet untuk menurunkan lemak berlebih, serta Raspberry Broccoli untuk mengontrol tekanan darah serta detoks (sumber: Heavenly Blush Yogurt).

tips menurunkan berat badan

Pingin diet berhasil?

Yuk, mulai dengan tiga langkah ini.  Jangan lupa dengan alternatif ngemil sehatnya, setelah diet pun harus tetap makan dengan pola yang benar ^^.  Selamat mencoba!

Where to Buy

tips menurunkan berat badan

tips menurunkan berat badan

 

Keterangan lebih lanjut bisa lihat di:

Facebook : Heavenly Blush Yogurt

 

2 thoughts on “3 Tips Simpel Bagi Pemalas Menurunkan Berat Badan Ketika Puasa, Terjamin!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *