in Sponsored

Ini 4 Tips Mencari Kerja Relatif Mudah dan Cepat, Praktekin Sekarang!

at
tips-cari-kerja-relatif-mudah-cepat

Apakah kamu masih bingung bagaimana mendapatkan kerja yang layak dengan cepat? Memang sih, yang namanya cari kerja itu sulit banget.  Saya juga sempat mengalami masa-masa terpuruk mencari kerja karena quarter life of crisis.

Tapi jangan berpikir bahwa lowongan yang baik tidak begitu mudah untuk ditemukan. Pada zaman yang sangat kompetitif ini, ada bermacam-macam cara bagaimana  kamu dapat dengan cepat dan mudah menemukan pekerjaan impian. Selama kamu kreatif dan terus berusaha, bisa kok kita mendapatkan kerja.  Yuk simak beberapa tips berguna dari saya dan tim Jooble tentang cara efektif mencari lowongan kerja!

Jangan Terburu Buru  Resign

Kamu perlu menyadari bahwa sangat berbahaya untuk resign sebelum diberi pekerjaan baru. Bukan rahasia lagi bahwa sebelum berhenti kerja kamu perlu memikirkan dampaknya supaya tidak terjebak dalam situasi yang sama sekali tidak menyenangkan. Tawaran di tempat lain bisa jadi lebih menggiurkan, tapi jangan sampai salah langkah! Oleh karena itu, ketika kamu mulai merasa sudah tidak nyaman lagi dan mau berhenti kerja, kirimkan CV kamu dan resign setelah menemukan pengganti.

Manfaatkan Teman dan Kenalan

Jangan pernah takut dan malu bertanya kepada rekan di kantor, klien atau teman tentang informasi lowongan kerja atau suatu proyek di mana Anda dapat mendemostrasikan keterampilan dan pengetahuanmu. Disinilah manfaatnya memiliki kenalan yang baik. Pasti nanti ada saatnya ketika mereka akan membutuhkan bantuan. Namun, kamu perlu tetap ingat bahwa waktu bertanya tentang lowongan kerja  harus terlihat semakin elegan dan sopan, supaya tidak membuat kesan bahwa kamu sangat membutuhkan pekerjaan.

Job Fair

Bisa jadi kamu merasa malu mengunjungi job fair karena merasa tidak selevelnya. Akan tetapi, sebenarnya kamu tidak perlu mengabaikan job fair dan acara-acara serupa. Sangat mungkin bahwa di sana kamu dapat menemukan pekerjaan yang sudah lama dicari.

Head Hunter

Luar biasa mempunyai teman yang bekerja sebagai head hunter! Jika kamu memang adalah salah satu yang beruntung, coba memanfaatkan pertemanan tersebut dengan bertanya kepada kenalan tentang lowongan kerja terbaru. Mungkin saja lowongan ini akan membutuhkan keterampilan dan pengalaman yang dimiliki. Salah seorang teman saya pernah mencoba jasa ini saat ia masih freshgraduate.  Kini dia sudah bekerja di salah satu perbankan Jepang ternama di Jakarta.  Jadi jangan minder hanya karena kamu baru lulus kuliah, dicoba saja!

Jangan ragu Melamar

Kadang-kadang kamu tidak usah menunggu lama ketika perusahaan yang  diminati akan membuka lowongan kerja baru. Coba lamar sendiri, apalagi jika yakin bahwa profil kamu sangat cocok dengan industri bisnis perusahaan tersebut.

Buatlah CV yang Eye Catching

CV yang baik adalah bagian dari kesuksesan  dalam mendapatkan pekerjaan impian. Surat lamaran yang akurat dan teliti tentu saja akan menjerat hati pemberi kerja. Lagipula, jika kamu mempunyai keterampilan yang dicari, tentu saja perusahaan akan dengan bulat hati akan menerima lamaran kamu tanpa menunggu lama.

Tunggu apa lagi? Yuk, segera manfaatkan Jooble untuk mencari kerja!

 

Bersama Jooble, Insommia mempersembahkan artikel ini untuk menjadi penyemangat mencari kerja

Azzahra R Kamila

Her blog has a concern for cruelty free and halal products. Her skepticism makes her doing research about science behind beauty, as she wants to educate readers to carefully choose cosmetics ingredients before buying. In addition to beauty, she also likes to discuss slice of life as well as book reviews.

    Leave A Comment

    Your email address will not be published. Required fields are marked *