in Beauty, Skin Care

[REVIEW] Indoganic Rosehip Oil: Cara Ampuh Menghilangkan Bekas Jerawat dalam 2 Minggu

at
rosehip-oil-bekas-jerawat

Momen paling ngegemesin pasca atau saat menstruasi adalah ketika jerawat bermunculan karena faktor hormon kewanitaan meningkat. Ya, nggak, sih?  Bahkan nih, bagi yang nggak gampang bruntusan atau jerawatan aja udah jadi hal paling nyebelin.  Alasannya udah pasti: gara-gara bekas jerawat yang bikin histeris kebanyakan perempuan!

Sejak dulu, saya sebetulnya bukan tipe orang yang mudah jerawatan.  Dan kalaupun iya, entah kenapa bekas jerawat itu lebih cepat memudar.  Apa dulu karena kulitnya masih kenyal akibat masih remaja  ?  *wahai masa remaja, kembalilah pada saya, plis* usap kulit usia 20-an *

Saya nggak begitu ngerti, sih, tapi semakin tambah umur, entah kenapa saya vs jerawat itu rasanya jadi pertarungan yang lebih “dahsyat” dari sebelumnya.  Dulu boro-boro punya nodula, sekarang dua-duanya lebih sering muncul saat pra atau pasca menstruasi.  Saat itu, pembelaan saya, kemungkinan besar saya sampai dapat sekitar 4 nodula atau jerawat yang tumbuh di bawah permukaan kulit dalam sekali waktu karena sedang stres, atau baru melewati masa stres menyelesaikan tesis.

Terlepas dari kenapa-sih-kulit-menua-makin-bikin-kudu-beli-skincare-ini-itu atau gyaa-ini-jerawat-muncul-buat-ngurangin-dosa-apa-cobaan-hidup; tetap saja saya harus move on untuk nggak mencet jerawatnya supaya nggak membekas. Saya harus cari cara menghilangkan bekas jerawat secepat mungkin.  Itu alasannya saya memutuskan berbagi ilmu dan membuat postingan tentang jenis dan penggunaan face oil (klik di sini!) untuk mencari face oil yang tepat bagi wajah.

Jika ingin tahu lebih lanjut cara menghilangkan dan mencegah jerawat secara cepat, bisa baca postingan saya: Cara Mudah Menghilangkan Jerawat dengan Cepat, Kenali Dulu Jerawatmu!

FYI, bahkan saat saya nggak pencet pun tetap selalu ada bekasnya, dan cukup lama pudarnya =_=, that’s my reason waste my money to buy another skincare.  Guess what, I bought this rosehip oil!

Indoganic Rosehip Seed Oil 

cara menghilangkan bekas jerawat

Rosehip oil, brand apapun itu, selalu dikemas dalam bentuk botol berpipet, sehingga kamu bisa menghemat penggunaannya.  Iyak, memang harus hemat, karena rata-rata rosehip oil di pasaran memang nggak semurah itu.

Omong-omong, sebetulnya rosehip oil itu apa, sih?  Menurut Dr. Axe, rosehip oil  berasal dari variasi mawar yang disebut sebaga Rosa rubiginosa atau Rosa moschata yang banyak tumbuh di Chili.  Rosehip oil didapatkan setelah memanen biji-bijian dari semak mawar yang kemudian diperas hingga terbentuklah minyak alami yang mengandung banyak vitamin, asam lemak, dan antioksidan.

Ingredients

cara menghilangkan bekas jerawat

Rosa Eglanteria, cold pressed.

Jika kamu pernah membeli carrier oil atau essential oil sebelumnya, pasti pernah mendengar kata cold pressed.  Cold pressed merupakan suatu proses untuk menghasilkan minyak dengan cara memeras buah atau biji-bijian dengan steel press modern.  Dengan metode ini, aroma, rasa, serta kandungan nutrisinya masih tetap terjaga dan bisa digunakan tidak hanya untuk keperluan masak, tapi juga skincare ^^

How To Use

cara menghilangkan bekas jerawat

 

pH balancing toner (optional*) -> hydrating toner -> essence -> vitamin C (optional*) -> moisturizer -> atau moisturizer + rosehip oil

Di postingan sebelumnya, saya pernah membahas mengenai tahapan memakai skincare.  Karena minyak memiliki tekstur yang berbeda dengan air, maka dahulukan selalu kosmetik atau skincare berbasis air (water based).  Tahapan di atas adalah tahapan yang selalu saya lakukan, jadi bagi yang tidak memiliki kulit kombinasi-dehidrasi, tahapan pemakaian skincare  berbasis air atau water based bisa jadi berbeda.  Saya biasa memakai rosehip oil pada malam hari. Tiga tetes cukup banget untuk diulek bersama moisturizer atau langsung ke muka.

What This Product Tell Us

cara menghilangkan bekas jerawat

Perlu diketahui bahwa dalam rosehip oil terkandung vitamin A, C, dan E serta asam lemak yang berfungsi untuk:

  • Antiaging, dimana antioksidan dan vitamin A berfungsi untuk mengurangi kerutan di wajah dan meningkatkan kekenyalan wajah
  • Pengobatan bekas luka, bekas jerawat, yang terbantu berkat adanya asam lemak yang merupakan emolien.  Emolien dapat meningkatkan fleksibilitas dan memperbaiki kulit
  • Terhindar dari efek paparan sinar matahari, dimana sinar UV-A dan UV-B bisa menyebabkan kerusakan pada kulit.  Kandungan vitamin A, C, dan E mampu membantu dalam hal pigmentasi, meningkatkan tekstur kulit, dan meningkatkan produktivitas kolagen [1]

Jadilah saya surprise.  Banget.  Ternyata kombinasi Dear Klairs Freshly Juiced Vitamin C Serum dan Indoganic Rosehip Oil bisa bikin bekas jerawat hilang dalam waktu cukup cepat.  Saya nggak bilang bisa cepat banget, ya, karena kulit setiap orang berbeda-beda, jadi efeknya pun bisa jadi berbeda.

Nah, terus kenapa judul postingan ini bilang efeknya bisa terlihat dalam waktu 2 minggu?  Untuk jenis bekas jerawat bukan nodula, atau biasa disebut sebagai papula, efeknya memang bisa terlihat dalam waktu singkat.  Bekas jerawatnya cenderung memudar lebih cepat dari waktu normal, yang bisa memakan waktu lebih dari 2 minggu. Apa itu papula?  Papula merupakan jenis jerawat berupa benjolan merah yang berisi cairan dan minyak.  Lebih gampangnya, papula itu adalah jerawat yang memiliki mata, yang bikin kita pengen iseng memencet jerawat sampai meletus (lalu keluarlah cairan plus darah, huahaha). 

Terus gimana nih, buat jenis jerawat yang nggak muncul di permukaan alias nodula?  Yang ngendap di balik lapisan kulit, yang warnanya ungu, apa kira-kira ngaruh? Saya sendiri butuh waktu sekitar 3 bulan agar bisa memudar. Saya beli rosehip oil pada Maret 2017, dan hasilnya bisa dilihat seperti gambar di bawah ini.

cara menghilangkan bekas jerawat

Apa efeknya pada jerawat?  Di botol ini, sebetulnya diperingatkan bahwa sebaiknya bagi orang yang memiliki wajah tipe acne-prone dan oily sebaiknya tidak memakai rosehip oil.  Namun saya iseng memakai rosehip oil ini untuk pengobatan nodula, yang ada di pipi kanan (iya emang menjijikan gambarnya).

Saya punya nodula ini sejak Januari 2017, dimana mulai agak mengempes setelah rutin memakai serum vitamin C pada Februari 2017.  Ini adalah foto Mei 2017, dan kombinasi antara serum vitamin C dengan rosehip oil mengurangi jendolan nodula ini.

Tapi, bukan berarti apa yang saya lakukan ini terbukti benar. Untuk kasus saya, penggunaan rutin ini memang membantu meredakan nodula.  Sejauh ini saya ubek Google, saya hanya menemukan fakta  bahwa rosehip oil memang membantu meredakan PIH (Post Inflammatory Hyperpigmentation), atau bekas jerawat yang normal.  Jadi risiko ditanggung sendiri kalau mau coba mengobati nodula yang masih aktif pakai rosehip oil 

Selain buat bekas jerawat, sebetulnya manfaat rosehip oil itu apa aja, sih?  Bagi ibu hamil, pemakaian rosehip oil yang teratur dapat memudarkan bekas stretch marks, bekas operasi, juga selulit [2].  Selain itu, rosehip oil juga bagus bagi yang memiliki eczema, rosacea, seborrheic dermatitis, dan psoriasis. Lebih sederhananya, cocok banget bagi pemilik kulit dehidrasi! [3]

Saya juga sempat memanfaatkan rosehip oil untuk meredakan iritasi kemerahan atau erythema yang disebabkan ketidakcocokan saat memakai tea tree essential oil untuk mengobati jerawat, dan hasilnya dalam waktu 2 hari langsung sembuh! 

Oya, di awal saya agak terganggu dengan baunya yang mirip dengan minyak wangi mawar dari Arab.  Tapi lama kelamaan setelah saya ulek bersama moisturizer, saya jadi agak terbiasa.  Jangka waktu maksimal pemakaian rosehip oil setelah dibuka adalah 6 bulan, tapi di sini tertera keterangan bahwa masa kadaluarsanya adalah Agustus 2018.  Tapi sebaiknya memang cepat dihabiskan sebelum mendekati masa kadaluarsanya.

Price

Harga rata-rata rosehip oil di pasaran memang agak mahal karena harus impor.  Indoganic Rosehip Oil ini saya beli dari Beauty Link Sociolla.  Harganya masih cukup bersaing, dengan ukuran 30 ml, rosehip oil ini dijual seharga Rp 159.000 (Maret 2017).  Lebih murah dari  sejenis yang dijual di B*nscrub.  Buat yang ingin belanja diskon, bisa nih pakai kode voucher ini:

cara belanja online

Jangan lupa sebelum checkout masukkan kode SBNLAJGN.  Mudah, kan?

Will I Repurchase?

Pasti!

Rating

5/5

Azzahra R Kamila

Her blog has a concern for cruelty free and halal products. Her skepticism makes her doing research about science behind beauty, as she wants to educate readers to carefully choose cosmetics ingredients before buying. In addition to beauty, she also likes to discuss slice of life as well as book reviews.