Beauty, Skin Care

[REVIEW] Smooto Indonesia: Aloe Vera Bright Gel, Tomato Aloe Snail Jelly Scrub, dan Tomato White & Smooth Mask

byAzzahra R Kamila-
review-smooto-indonesia

Hi semuanya! Sekitar empat minggu yang lalu, Smooto Indonesia mengirim saya tiga buah produk unggulannya, yaitu Aloe Vera Bright Gel, Tomato Collagen White  & Smooth Mask, serta Tomato Aloe Snail Jelly Scrub. Smooto kayaknya lagi nge-hype banget ya, jadi saya lumayan penasaran juga nih sama skincare Thailand teknologi Jepang satu ini.  Terima kasih banyak sebelumnya untuk Beautygoers, komunitas beauty blogger dan vlogger Indonesia yang ngeksis abis di FB maupun IG. Simak bahasannya di sini, yuk!

Smooto Indonesia Aloe-E Snail Bright Gel, Tomato Aloe Snail Jelly Scrub, Tomato White & Smooth Mask

review-smooto-indonesia

Karena kurang lebih bahan bakunya mirip-mirip, jadi saya sengaja bahas produknya tidak satu persatu, alias saya tidak bedakan pembahasan masing-masing. Nah, memangnya apa saja bahan-bahan produk ini yang mirip satu sama lain?

What You Should Know About The Ingredients 

  1. Aloe barbadensis leaf extract: Jika kulitmu kering atau bersisik, cocok banget pakai produk mengandung ini karena ada unsur healing-nya!

  2. Niacinamide:  Bagus untuk antiaging dan juga brightening (brightening sama whitening beda, lho!)

  3. Sodium hyaluronate: Garam sodium dari Hyaluronic acid, molekulnya lebih kecil sehingga lebih cepat penetrasi ke dalam kulit

  4. Ascorbyl tetraisopalmitate: Derivatif vitamin C. Pembahasan lengkap vitamin C bisa dibaca di sini: 4 Tips Memilih Produk Serum Vitamin C Serta Alternatif Bagi Kulit Sensitif!

  5. Collagen:  Humektan yang berasal dari unsur hewani.  Pembahasan lengkap mengenai collagen bisa dibaca di sini: Cream Collagen untuk Penuaan Dini Hanya Mitos!

  6. Retinyl palmitate: Derivatif vitamin A atau retinol

  7. Hydrogenated lecithin: Asam amino lecithin yang sudah terpecah.  Lecithin merupakan emulsifier yang bisa berasal dari unsur hewani atau unsur botani

What You Should Know About These Products 

review-smooto-indonesia

Secara tekstur, saya hanya baru mencoba Smooto Aloe-E Snail Bright Gel saja.  Selebihnya, saya hanya menilai dari ulasan teman-teman.

Baca Juga:  Perlukah Penggunaan Face Oil Ditambahkan Pada Rutinitas Skincare?

“Nah lho, kok bisa sih, kamu enggak make sama sekali, Mi?”

Bakal saya bahas selanjutnya, ya.

Okey, mari balik lagi bicara soal tekstur! Ini sedikit lebih cair jika dibandingkan dengan Nature Republic Aloe Vera Gel yang cenderung thick dan agak lama meresap di kulit.  Kalau produk Smooto ini enak banget, gampang meresap. Tapiii, ternyata enggak cocok sama sekali di kulit saya.

Kok bisa?

Normally, menurut opini setiap orang yang pernah coba Nature Republic, mereka bisa mengalami reaksi yang berbeda-beda pula.  Ada yang kulitnya mulus enggak bruntusan lagi, ada juga yang malah bruntusan.  Usut punya usut, kemungkinan ada yang memiliki alergi terhadap alkohol atau ethanol. 

Nah, sebetulnya saya enggak menemukan unsur ethanol sama sekali di produk ini.  Namun saya melihat bahwa ada niacinamide, vitamin C, dan vitamin A sekaligus dalam satu produk.

Sebetulnya vitamin C sendiri memiliki kadar konsentrasi dan pH tertentu agar bisa bekerja dengan baik.  pH niacinamide yang stabil adalah 6.  Untuk vitamin A, dalam konsentrasi kecil pun ternyata bisa bekerja dengan baik.

review-smooto-indonesia

Saya sendiri tidak mau banyak berasumsi, karena saya bukan ahlinya. Namun bisa jadi alasan kenapa saya bisa bruntusan karena tiga unsur ini.  Saya termasuk orang yang tidak bisa pakai niacinamide dan vitamin C sekaligus, jadi saya menghentikan pemakaian produk ini.

Selain itu, alasan lain lagi lebih karena produk ini ternyata tidak sesuai dengan prinsip saya.

Baca Juga:  [CLOSED] #InsommiaDotNet 1st Year Giveaway

Jika kehalalannya masih saya ragukan, biasanya saya memilih produk vegan atau produk dengan unsur hewani yang bisa dipertanggungjawabkan.  Sayangnya, saya belum mendapat info yang cukup untuk bisa mendukung terhadap penggunaan intens terhadap ketiga produk Smooto.

Memangnya apa saja yang menghalangi saya memakai ketiga produk ini?

  1. Collagen.  Collagen bisa terbuat dari unsur hewani seperti sapi, babi, hewan laut, dan manusia

  2. Hydrogenated Lecithin. Lecithin bisa terbuat dari unsur hewani maupun unsur botani, misalkan kacang kedelai

  3. Snail extract.  Lendir siput sesungguhnya masih dibolehkan pemakaiannya selama dipakai di luar tubuh (kulit) atau untuk obat.  Namun mengingat perlu usaha ekstra untuk bisa mendapatkan lendir yang katanya berkhasiat, saya jadi agak ragu bagaimana perlakuannya terhadap siput-siput tersebut

Ketidakjelasan ini yang menyebabkan saya beranggapan produk ini termasuk golongan syubhat.  Mohon maaf Smooto Indonesia, sepertinya ketiga produk ini kurang cocok untuk saya.

review-smooto-indonesia

Jadi saya enggak tahu juga bagaimana dengan masker tomat ini.  Namun menurut review teman, kulit cari terasa lebih bersih dan cerah setelah pemakaian.

Terus bagaimana dengan Tomato Aloe Snail Jelly Scrub? 

review-smooto-indonesia

Menurut teman (lagi) produk ini enak banget untuk dipakai! Butiran scrub-nya cukup halus sehingga kulit wajah terasa lembap dan menyegarkan. Scrub ini juga tidak hanya bisa dipakai di wajah, tapi juga di siku dan bagian kulit kering lainnya.

Price

Untuk ketiga produk ini, saya mendapatkan seharga Rp 135.000. Kamu bisa cek di Instagram juga di sini: Smooto Indonesia

Will I Repurchase? 

Sampai saya mendapatkan kejelasan langsung dari admin Instagram di Thailand, saya akan stop memakai produk

Rating

2.75/5

Azzahra R Kamila

Her blog has a concern for cruelty free and halal products. Her skepticism makes her doing research about science behind beauty, as she wants to educate readers to carefully choose cosmetics ingredients before buying. In addition to beauty, she also likes to discuss slice of life as well as book reviews.

    Leave A Comment

    Your email address will not be published. Required fields are marked *