Beauty, Make Up

[REVIEW] Nauli Cosmetics Setting Spray, Glow Me Up!

byAzzahra R Kamila-
review-nauli-cosmetics-setting-spray-glow-me-up

Hi, readers!  Happy Ied Al Fitr 1439 H, mohon maaf lahir dan batin 😀

Di kesempatan kali ini, saya menguji coba Nauli Cosmetics Setting Spray yang dikirim beberapa minggu yang lalu.  Thank you banget sebelumnya, Beautygoers! Sebetulnya saya sudah pernah pakai ini selama saya ngantor di Semarang, tapi sejauh ini karena saya selalu berada di dalam ruangan alias kena AC terus, jadilah saya belum tahu bagaimana performansinya jika saya pakai keluar rumah.  Apakah hasilnya sebagus itu?

Nauli Cosmetics Setting Spray 

nauli cosmetics setting spray

Saya belum pernah pakai setting spray after makeup sampai akhirnya saya dikirim contoh produk Nauli Cosmetics.  Yup, Nauli Cosmetics ini setting spray lokal asal Bali!  Kehadiran produk skincare asli Indonesia ini membuat saya excited sekaligus penasaran.

How To Use

Kocok botol, kemudian semprotkan setting spray setelah mengaplikasikan makeup. Pegang botol sekitar 15-20 sentimeter dari wajah dan semprot membentuk huruf X dan T sebanyak dua hingga empat kali.

Ingredients

Aqua, Glycerin, Ethanol, Rosa Canina Extract, PEG-40 Hydrogenated Castor Oil, Sorbitol, Mica, Tween, Citrus media limonum, Menthol, Sodium benzoate, Titanium dioxide (CI 77891)

What You Should Know About The Ingredients

nauli cosmetics setting spray

  1. Ada ethanol a.k.a alcohol!  Biasanya nih, kita cenderung takut dengan ethanol karena biasanya ini menyebabkan kulit kering dan memiliki dampak iritasi. Tapi sejujurnya sejauh ini belum ada kejadian apapun ketika saya memakainya selama kurang lebih dua minggu. Kulit saya tidak kering dan mengalami iritasi. Sejauh ini, fungsi ethanol adalah untuk membantu melarutkan bahan-bahan kosmetik (solve), sehingga jika dipakai dalam persentase yang diperbolehkan untuk keperluan membuat kosmetik, maka seharusnya tidak masalah [1]. Namun lain halnya jika kamu alergi dengan ethanol; sangat mungkin kulitmu cukup sensitif sehingga tidak bisa memakai produk mengandung ethanol atau alkohol.  Mengenai hukum penggunaan ethanol menurut bisa dibaca di sini. 
  2. Glycerin adalah humektan yang berfungsi untuk mengontrol kelembapan kulit ini berasal dari tumbuhan.   Tahu dari manakah saya?  Kebetulan saya kenal  dengan founder Nauli Cosmetics, Christy Siahaan, jadi bisa saya tanya-tanya, hehe.
  3. Sorbitol juga merupakan humektan, namun ini berasal dari  alkohol gula yang berasal dari jagung, buah-buahan, atau bisa juga rumput laut. Saya pun sudah menanyakan ini pada founder dan ia memastikan bahwa sorbitol yang dipakai berasal dari tumbuhan.
  4. Mica merupakan unsur mineral yang harus menjadi hero pada produk ini, karena title “Glow Me Up” berasal dari mineral silikat satu ini.  Karena sifatnya yang sheer, maka memang mica sering dipakai di produk mineral powder untuk membuat kulit lebih glowy. 

Short Conlusions

Insya Allah produk ini aman dipakai oleh muslim dan juga vegan.  Namun jika kamu punya alergi dengan ethanol, ada sebaiknya kamu menghindari karena dikhawatirkan alergi kulitmu kambuh.

Baca Juga:  [REVIEW] Perbandingan Sampo The Bath Box Rose&Mary & Surprise Honey!

What You Should Know About The Product

nauli cosmetics setting spray

It didn’t feel like I’m adding a subtle shimmer to my skin, as I found out that the very finished outcome was smooth.  For short, saya anggap kulit saya tidak begitu glowy  pakai ini karena hasilnya natural.  Tapi kalau diperhatikan baik-baik, shimmer-nya itu sebetulnya ada, hanya saja dalam bentuk partikel-partikel yang kecil.

Jadi tergantung dengan preferensi kamu; apakah suka dengan hasil kulit glowy yang sehat, atau glowy banget ala artis Amerika?

Buat saya sendiri, fungsi citrus atau lemon yang tercantum di produk ini hanya berfungsi sebagai fragrance.  Namun wanginya enggak menyengat, jadi saya cukup suka karena wajah jadi terasa segar.  Ketika disemprotkan ke muka, mist yang keluar dari botol enggak seperti Lacoco En Nature Aloe Vera Soothing Mist; alih-alih seperti diperciki air, wajah saya lebih seperti diperciki kabut. Semprotannya lebih gentle maksudnya, lol.

Untuk ketahanannya sendiri gimana, sih?  Ini adalah foto saya ketika pergi silaturahmi pada hari Lebaran beberapa waktu lalu:

nauli cosmetics setting spray

Lalu ini adalah foto sekitar 7 jam kemudian:

nauli cosmetics setting spray

No filter; saya memakai kamera depan Xiaomi Mi A1.  Di sini saya enggak pakai primer sama sekali, hanya sunscreen, Laneige Layering Cushion, dan bedak. It was slightly oily on the nose and under eyes tapi untuk selebihnya masih bisa saya tolerir.  Maksudnya, enggak pakai primer pun hasilnya oke, lho!

Baca Juga:  [REVIEW] Lacoco En Nature Intensive Hydrating Eye Serum

Sebelum itu saya juga pernah pakai glowing setting spray ini ke kantor.  Saya lupa foto, tapi ketika itu saya pakai primer, sunscreen, Wet n Wild Photo Focus Foundation, dan bedak.  Karena kantor ber-AC, maka saya bisa bilang ketahanannya antara 7-8 jam sebelum kulit saya mulai bersebum berlebih.

Namun dibalik performansinya, sesungguhnya Glow Me Up Setting Spray ini punya kekurangan juga.  Bentuk pump ini sebetulnya membuat produknya lebih mudah dipakai, kalau misalkan pump itu enggak keras.  Sayangnya, pump dari setting spray lokal ini cukup keras.  Saya perlu menekannya beberapa kali agar produknya keluar.

Satu hal lagi, produk ini paraben free; jadi buat kamu yang enggak suka produk mengandung paraben, setting spray ini bisa kamu pakai.  Nauli Cosmetics menggunakan Sodium benzoate sebagai bahan pengawet kosmetik (and honestly, sebetulnya ethanol juga punya fungsi sebagai pengawet).

Namun tidak tercantum kapan produk ini kedaluwarsa, sehingga bagi yang awam seperti saya tidak akan tahu berapa lama sesungguhnya ketahanan produk ini ketika penutup pump dibuka. Namun setelah konfirmasi ke founder, ternyata setting spray ini bisa bertahan hingga 1 tahun sejak produk mulai digunakan.  Saya harap untuk ke depannya tanggal kedaluwarsa dicantumkan juga!

Price

Harga setting spray murah ini beneran terjangkau,  Rp 80.000!  Kamu bisa mendapatkannya langsung ke IG di Nauli Cosmetics atau jika kamu orang Bandung, bisa main langsung ke Makeupuccino!  Tersedia juga di online store-nya.

Would I Repurchase?

Meski buat saya produk ini oke dan bisa membantu makeup tahan lebih lama, rasanya saya tidak begitu perlu membeli setting spray.  Soalnya saya suka buru-buru banget pas pagi-pagi, boro-boro inget pakai setting spray, haha. Namun saya bisa merekomendasikan ini buat kamu jika ingin makeup tahan lebih lama.

Rating

3.75/5

Suka makeup dan skincare? Pengin join komunitas buat ikutan collab?  Yuk mampir sini!

FB: Beautygoers

IG: Beautygoers

Azzahra R Kamila

Her blog has a concern for cruelty free and halal products. Her skepticism makes her doing research about science behind beauty, as she wants to educate readers to carefully choose cosmetics ingredients before buying. In addition to beauty, she also likes to discuss slice of life as well as book reviews.

    2 Comments

    1. Demia KamiL

      Aku udah nyobain yang warna putihnya, jadi penasaran pengen nyoba yang kemasan nya item, untung udah ada di Makeupucino <3

      XOXO
      Demia from Kembanggularoom

      18 . Jun . 2018
    2. Oliv

      Beb ku suka banget sama analisa ingredientsnya kamu ,fave dah

      19 . Jun . 2018

    Leave A Comment

    Your email address will not be published. Required fields are marked *