Beauty, Skin Care

[REVIEW] Lalawin Matte UV Shield SPF 50 PA+++

byAzzahra R Kamila-
review-lalawin-matte-uv-shield

Bulan ini saya lumayan ngebut karena ada begitu banyak produk yang ingin saya review, tapi enggak ada waktunya, haha.  Salah satunya adalah Lalawin Matte UV Shield SPF 50 PA+++.  Jika kamu membaca postingan saya sebelumnya, Lalawin Daily Defense Body Foundation, saya mendapatkan kedua produk skincare asal Thailand di minggu-minggu awal Mei.  Saking excited-nya mencoba (karena sunscreen saya kebetulan dua tube sudah habis), maka saya memutuskan untuk mencari tempat untuk photo styling product di salah satu kafe murah Semarang, Tekodeko Koffiehuis. Gimana sesungguhnya performansi produk ini?

[REVIEW] Lalawin Matte UV Shield SPF 50 PA+++

review lalawin matte uv shield

Ketika mendengar kata “matte” saya langsung tertarik, karena bayangan saya produk ini bisa membuat kulit saya smooth tanpa sebum berlebih selama beberapa jam.  Yes, jenis kulit saya adalah dry oily (yang dikenal sebagai kombinasi); bagian T-zone termasuk oily, sementara area lainnya dry cenderung dehyrated. Cukup sulit mencari referensi produk yang cocok karena saya punya dua-duanya :’)

Lalu bagaimana dengan klaimnya Lalawin?

review lalawin matte uv shield

 

Face Protect+Makeup Primer

12 Hours long lasting oil control

It’s mousse, ultra-lightweight texture and non sticky forms an invisible yet powerful film, making it ideal for application over your regular day care. Even the most well-cared-for skin requires protection from environmental aggressors that accelerate the aging process.

Applied after moisturizer, LALAWIN Matte UV Shield SPF5o PA+++ forms an invisible shield that protects skin from the appearance of dark spots and future aging.

_________________________________________________

  • Physical Sunscreen

Formulated with titanium dioxide and zinc oxide.

Effective in reflecting radiation UV is higher than other substances, can go out to the sun without waiting.

Jadi sesungguhnya produk ini merupakan sunscreen sekaligus makeup primer dijadikan satu.  Selama ini saya memakai produk secara terpisah; yang saat ini saya gunakan adalah Canmake UV Mermaid Gel dan Canmake Smooth Skin Primer SPF 18 PA++.  Dua produk ini sudah menjadi favorit banget dan rasanya enggak akan pernah mau ganti, jadi saya cukup penasaran dengan Lalawin.

Baca Juga:  [REVIEW] Adoree Paris Rice Cream Mask, Kosmetik Lokal Rasa Prancis!

Ingredients

review lalawin matte uv shield

Cyclomethicone, Dimethicone Crosspolymer, Cyclopentasiloxane, Titanium Dioxide, PEG-10 Dimethicone Alumina, Methicone, Water, Simethicone, Acrylates/Dimethicone Copolymer, Phenyltrimethicone, Zinc Oxide, Tocopheryl Acetate, Simmondsia Chinensis (Jojoba) Seed Oil, Hexyldecanol, Pyrus Malus (Apple) Seed Extract, Caprylic/Capric Triglyceride, Diacetyl Boldine, Disteardimonium Hectorite, Silica, Polymethulsilsequioxane, Nylon-12, Talc, Vinyl Dimethicone/Methicone Silsesquioxane Crosspolymer, DMDM Hyandatoin, Iodopropynyl Butylcarbamate, CI77492, CI 77491

What You Should Know About Ingredients

  1. Good news buat pemilik kulit berminyak dan sensitif! Lalawin hanya menggunakan inorganic sunscreen alias bahan yang tidak mengandung bahan karbon.  Titanium dioxide dan Zinc oxide berasal dari mineral bumi sehingga aman bagi kulit.
  2. Meski mengandung Tocopheryl acetate alias vitamin E, sebetulnya urutannya tidak berada di lima teratas sehingga efek antiagingnya tidak begitu kentara.  Bisa tahu dari mana sih?  Kamu bisa simak 4 Cara Membaca Label Kosmetik di sini
  3. Actually,  produk ini cukup heavy karena saya menghitung ada  9 jenis silikon terkandung di sini.  Bahaya enggak, sih?  Sebetulnya untuk makeup, produk yang mengandung silikon cocok untuk pemilik kulit dry oily sampai oily, karena silikon memiliki fungsi untuk menjadi filler jika kamu memiliki pori-pori besar.  Sembilan silikon di sini masuk dalam kategori safe, jadi enggak perlu takut!
  4. DMDM Hyantoin adalah preservative atau bahan pengawet yang menjadi kontroversi karena dianggap berbahaya akibat komponen formaldehyde, yang katanya sih, bisa menyebabkan kanker.  Namun CIR (Cosmetic Ingredients Review), sebuah lembaga yang dibentuk untuk mengkaji keamanan bahan kosmetik menganggap DMDM Hyantoin aman selama digunakan dengan persentase rendah

What You Should Know About Products 

Salah satu yang saya sukai dari produk ini adalah terdapat segel, sehingga sunscreen sekaligus makeup primer ini dalam kondisi baik. Produk ini bisa bertahan selama 1 tahun setelah segel dibuka.

Dari segi tekstur, seperti yang bisa dilihat, beneran padat!  Jadi memang seperti mousse.  Ketika dioleskan ke kulit, akan terasa adanya lapisan seperti lilin yang membuat kulit menjadi lebih lembut dan smooth.  Penggunaan sembilan jenis silikon dan Nylon-12 mempengaruhi terhadap hasil yang smooth dan bisa menjadi filler untuk garis halus di wajah.

Baca Juga:  [REVIEW] Nauli Cosmetics Setting Spray, Glow Me Up!

Terus dari segi performansinya gimana?  Dengan suhu 31 derajat Celsius dan kelembapan mencapai 59%, sebetulnya Lalawin Matte UV Shield SPF 50 PA+++ ini bisa bertahan cukup baik.  Berikut adalah foto ketika saya memakai Lalawin Matte UV Shield SPF 50 PA+++ , Wet n Wild Photofocus Foundation Cream Beige (No SPF), dan Beauty Creations Banana Powder (No SPF).  Saya aplikasikan sejak pukul 07.30 pagi.  Saat berangkat ngantor, saya sampai di lokasi pukul 08.40 pagi.

Dan inilah muka hinyay setelah selesai rapat.  Mukanya udah bete pengin pulang, padahal baru pukul 1 siang, hahaha.

Saya menggunakan Xiaomi Mi A1 tanpa diedit.  Kalau diperhatikan, sebetulnya mukanya asli berminyak banget.  Area yang paling oily adalah hidung dan dahi, sementara untuk pipi dan dagu tidak terlalu berminyak. Jika ditotal, maka waktu pemakaian tidak mencapai 12 jam bebas kilap, tetapi 5-6 jam saja.  Mungkin akan berbeda hasilnya jika dipakai di kota yang memiliki suhu cukup dingin dan kelembapan rendah.

Price

Harga aslinya Rp 350.000.  Sounds pricey? Namun jika harga sunscreen Canmake  dan makeup base saya ditotal, jumlahnya memang mencapai kurang lebih Rp 300.000.  Jadi dengan produk 2 in 1 macam ini sebetulnya masih affordable. Sebetulnya jika Lalawin berinovasi dengan mengeluarkan versi mini dari produk ini, saya yakin cukup banyak yang tertarik untuk mencoba.   Untuk saat ini Lalawin lagi ada promosi sampai 30 Juni.  Beli sunscreen untuk wajah dan tubuh didiskon 50%, jadi beli dua cukup dengan Rp 299.000!

Will I Repurchase?

Jika menilai produk ini sebagai sunscreen, saya lebih suka memakai Canmake.  Namun jika kamu cenderung malas mengaplikasikan sunscreen dan makeup primer kamu bisa mencoba produk sunscreen wajah satu ini.  Saya cukup suka dengan sunscreen dan makeup primer dari Lalawin, tapi saya masih mikir-mikir kalau harus beli sendiri.   Mungkin kalau ada diskon lagi saya beli, haha.

Rating

4/5

Azzahra R Kamila

Her blog has a concern for cruelty free and halal products. Her skepticism makes her doing research about science behind beauty, as she wants to educate readers to carefully choose cosmetics ingredients before buying. In addition to beauty, she also likes to discuss slice of life as well as book reviews.

    2 Comments

    1. Hastira

      makasih reviewnya

      03 . Jun . 2018
      • Azzahra R Kamila

        Sama sama 😀

        03 . Jun . 2018

    Leave A Comment

    Your email address will not be published. Required fields are marked *