Beauty, Skin Care

[REVIEW] Lalawin Daily Defense Body Foundation

byAzzahra R Kamila-
review-lalawin-daily-defense

Hi semuanya, apa kabar?

Saya masih sedang berusaha beradaptasi dengan udara Semarang, dan saya sangat gembira ketika diberi kesempatan review Lalawin Daily Defense dan Matte UV Shield.  Buat yang pantau Insta Story saya (halah, wkwk) atau merupakan pembaca lama blog, pasti tahu dong kalau saat ini saya sedang mengikuti training di Venetie Van Java alias Semarang! Di sini tuh mirip mirip kayak Jakarta tapi jauh lebih lembap, dan lebih panas tentunya.  Jadi, kira-kira ampuh enggak sih sunscreen asal Thailand satu ini?

[REVIEW] Lalawin Daily Defense Body Foundation

review lalawin

Kehadiran Lalawin di Indonesia rupanya ikut meramaikan dunia skincare Indonesia.  Lalawin sendiri merupakan skincare asal Thailand yang saat ini masih mengkhususkan dalam produksi sunscreen.  Setelah saya telusuri, Aesthetic Plus Co.Ltd merupakan manufacturer dari produk ini.  Mereka sendiri mengkhususkan pada produk skincare mulai dari produk antijerawat sampai makeup.  Jadi mari kita tunggu saja kemunculan produk-produk lainnya!

Ada dua produk yang dikirim oleh Lalawin Indonesia, pertama sunscreen untuk wajah, dan kedua adalah sunscreen untuk tubuh.  Yup, mereka sengaja mendesain khusus produk wajah dan tubuh.  Kenapa bisa beda, bukannya sunscreen bisa dipakai untuk wajah dan tubuh sekaligus, ya?  Kamu bisa simak bahasan khusus Lalawin Matte UV Shield SPF 50 PA++++ di postingan yang akan datang, ya 😀

Saya agak kaget juga ketika mendapatkan Lalawin Daily Defense ini; ukurannya gede! Saya sempat menggunakan sunscreen lokal sebelumnya, yaitu Bali Breeze, namun saya agak menyayangkan fragrance-nya yang terlalu kuat.  Jadi saya tertarik sekali mencoba sunscreen dari Lalawin.

Ingredients

review lalawin

Water, Cyclomethicone, Titanium Dioxide, Triethoxycaprylylsilane, Aluminum Hydroxide, Propylene Glycol, Dimethicone, Dicaprylyl Ether, Cyclopentasiloxane, PEG-10 Dimethicone, Disteardimonium Hectorite, Dimethicone/Vinyl Dimethicone Crosspolymer, PEG/PPG-18/18 Dimethicone, Sodium Chloride, Niacinamide, Punica Granatum Fruit Extract, Hydrolyzed Collagen, Glutathione, Tocopheryl Acetate, Sodium Hyaluronate, Zinc Oxide, Polyglyceryl-3 Polydimethylsiloxyethyl Hexyl Dimethicone, Hydroxyethylcellulose, Glycerin, Talc, Disodium EDTA,  Phenoxyethanol, Chlorphenesin, Fragrance, CI 77891, CI 77492, CI 77491

What You Should Know About Ingredients

review lalawin

 

  1. Produk ini silicone based alias banyak mengandung silikon.  Fungsi silikon sendiri sebetulnya untuk membuat permukaan kulit lebih halus dan membuat kerutan halus serta pori-pori mengecil.  Kandungan silikon dalam produk ini aman dan tidak membuat kulit iritasi, namun memang silikon bisa menjadi trigger yang menyebabkan bahan lain mudah penetrasi ke kulit.  Ini yang menyebabkan timbulnya comedogenic kecenderungan pori-pori tersumbat.  Jika kulitmu sensitif dan gampang berjerawat, disarankan hindari produk mengandung silikon! (sumber: The Klog)
  2. Hanya dua jenis bahan aktif sunscreen yang terkandung, yaitu Titanium dioxide dan Zinc oxide.  Saya pernah membahas terkait keampuhan produk dengan SPF tinggi di postingan sebelumnya. Di sini tidak disebutkan berapa SPF yang terkandung dalam di Lalawin Daily Defense Body Foundation.  Titanium dioxide dan Zinc oxide merupakan dua bahan organic yang sesungguhnya cocok bagi pemilik kulit sensitif (agak kontradiktif dengan kandungan silikonnya)
  3. Hydrolyzed collagen yang dimaksud di sini terbuat dari marine, jadi insya Allah halal!  Saya sudah menanyakan hal ini pada adminnya, yang berbaik hati menjawabnya 😀
  4. Jangan terlalu senang meski produk ini mengandung niacinamide. Efek memutihkan kulit memang ada, tapi tidak kentara.  Alasannya, karena niacinamide tidak termasuk ke dalam lima bahan teratas
  5. Gluthatione pun tidak termasuk ke dalam lima teratas.  Glutathione sendiri merupakan tripeptide yang berfungsi sebagai antioksidan.  Berbeda dengan antioksidan lainnya, gluthatione mampu mendaur ulang radikal bebas! (sumber: Pubchem NCBI)
  6. Sodium hyaluronate adalah derivatif dari Hyaluronic acid.  Ukurannya jauh lebih kecil dibanding molekul Hyaluronic acid sehingga mudah penetrasi ke kulit
Baca Juga:  [REVIEW] Lalawin Matte UV Shield SPF 50 PA+++

 

Short Conclusions

Setelah melalui ingredients analyzer, didapati bahwa hampir semua bahan kosmetik ini aman.  Bisa digunakan pula untuk wanita hamil dan menyusui.  Namun jika kamu alergi terhadap fragrance, saya tidak begitu menyarankan memakai ini karena bisa menimbulkan iritasi.

What You Should Know About This Product

 

review lalawin

Ketika saya membaca penjelasan Lalawin di website, saya sempat agak bingung.  Body foundation?  Emangnya ada ya, foundation buat tubuh?

Dan ternyata… beginilah penampakan dari cream ini.

review lalawin

Warnanya memang kayak foundation!  Sayangnya ini jadi kontras ketika dioleskan ke kulit saya.  Maklum, setelah diguling guling di Pusdikhub kulit saya berubah drastis, malah makin nge-tan, lol.

Tekstur Lalawin Daily Defense Body Foundation ini cukup cair, well, tentu saja ini dipengaruhi oleh bahan utamanya yaitu air.  Jadi kamu jangan heran ya, kalau misal menemukan produk mengandung silikon yang cukup cair!  Enggak semua produk mengandung silikon itu heavy atau terlihat berat.  Meski tidak runny, tapi sunscreen ini cukup mudah dibaurkan ke kulit, kalau saja tidak…

Baca Juga:  [QUICK REVIEW] Lipstik Favorit untuk Sehari-Hari 2017

KEPUTIHAN. 

Seperti yang sudah saya mention sebelumnya, tangan saya jadi memang terlalu putih ketika diaplikasikan.  Namun alih-alih terlihat bagus, malah seperti habis pakai cat tembok ke tangan; sayangnya saya lupa foto penampakannya. Saya sempat menduga bahwa kemungkinan besar ini gara-gara ada Titanium dioxide dan masuk ke dalam urutan lima besar label kosmetik.  Titanium dioxide biasanya memang jadi “penjahat” penyebab white cast. 

Namun jika melihat klaim Lalawin, maka pembenaran atas white cast itu bisa dimaklumi:

LALAWIN Daily Defense Body Foundation 

It is a must-have body cream for instantly whiten skin and absolutely for daily use.

You can see immediate results after apply, to change color skin and protect skin from harmful UV while nourishing your skin at the same time (sumber: www.lalawin.co.id)

Jadi jika kamu memakai produk ini maka secara otomatis kulitmu akan menjadi putih!  Yep, tapi putihnya hanya instan, karena setelah pemakaian, beberapa jam kemudian akan memudar atau menyatu dengan warna kulit.  Itu juga yang saya alami ketika memakai produk ini selama beberapa jam. Jadi nggak perlu khawatir kelihatan belang banget!

Price

Buat saya ini agak pricey, Rp 250.000 namun saya belum tahu apakah klaim proteksi UVA dan UVB-nya memang sesuai.  Untuk sunscreen wajah, keterangan SPF 50 PA++++ sudah membuat saya cukup tergiur karena memang bisa membantu proteksi terhadap UVA dan UVB (kamu bisa baca postingan saya tentang seluk beluk suncreen selengkapnya di sini!)

Will I Repurchase?

Nope.  Buat saya, harganya tidak terjangkau.  Masih banyak alternatif lain jika saya ingin membeli produk di kisaran mid end dan low end. Namun saya menyarankan agar Lalawin juga menjual sample baik yang ingin mencoba terlebih dulu, jadi ketika sudah yakin bahwa produknya bagus, maka akan banyak yang membeli.

Rating 

3/5

Share:

Azzahra R Kamila

Her blog has a concern for cruelty free and halal products. Her skepticism makes her doing research about science behind beauty, as she wants to educate readers to carefully choose cosmetics ingredients before buying. In addition to beauty, she also likes to discuss slice of life as well as book reviews.

    1 Comment

    1. winda

      aku suka banget baca postingan kamu kalau lagi bahas ingredients 🙂 ilmunya jadi nambah hahahaa TFS

      18 . May . 2018

    Leave A Comment

    Your email address will not be published. Required fields are marked *