Beauty, Skin Care

[REVIEW] Lacoco En Nature Intensive Hydrating Eye Serum

by Azzahra R Kamila-
review-lacoco-en-nature-intensive-hydrating-eye-serum

Saya termasuk orang yang skeptis dengan eye cream atau eye serum.  Pasalnya, saya nyoba berbagai jenis tapi enggak ada yang benar-benar menyelesaikan permasalahan saya.  Kalau mau tahu, kantong mata saya beranak (literally ada kantong mata di dalam kantong mata) dan juga mata panda.  Jadi ketika Lacoco Yogyakarta mengirim saya dua produknya Lacoco Intensive Treatment Eye Serum dan Lacoco Aloe Vera Soothing Mist, saya tertarik untuk mencobanya.

Lacoco En Nature Intensive Treatment Eye Serum 

lacoco en nature intensive hydrating eye serum

Sedikit intermezzo, bagi yang belum pernah mendengar Lacoco, sesungguhnya brand ini sudah mulai resmi diluncurkan sejak tahun 2017.  Namun pengenalan produk baru dilakukan awal Mei 2018.  Saya termasuk salah satu yang cukup beruntung bisa mencoba produk mereka terlebih dahulu 😀 . Suatu kehormatan, mengingat Lacoco En Nature sangat memenuhi kriteria saya saat membeli skincare: cruelty free (karena mereka sudah mendaftarkan diri ke PETA), halal, dan juga Israel free. 

lacoco en nature intensive hydrating eye serum

Kemasan Lacoco Skincare memang sengaja dibuat mewah.  Itulah kesan yang saya tangkap ketika mendapatkan eye serum dan face mist atau face toner.  Meski begitu, ketika saya pegang, sebetulnya eye serum ini ringan.  Ukurannya hanya 15 ml, tapi karena cuma diusap di area mata, saya yakin produk ini bisa bertahan cukup lama.

Hal yang agak saya sesalkan adalah ketiadaan tutup di bagian tube.  Saya tidak tahu dengan tujuan apa Lacoco En Nature merancang produknya seperti ini; karena meski memiliki preservative atau bahan pengawet, saya orangnya konvensional.  Rasanya lebih aman jika bagian atas produknya diberi penutup khusus.  Inilah yang membuat saya jadi bertanya-tanya, apakah Lacoco mempertimbangkan menggunakan teknologi khusus seperti Avene  Xeracalm Cleansing Oil (review bisa diklik di sini!) ketika memutuskan memakai rancangan botol seperti ini?  Itu adalah sesuatu yang hanya diketahui oleh pihak R&D brand Lacoco.

Ingredients

lacoco en nature intensive hydrating eye serum

Water, Butylene Glycol, Glycerin, Palmitoyl Hexapeptide-12, Triethanolamine, Carbomer, Pyrus Malus (Apple) Fruit Extract, Phenoxyethanol, Aloe Barbadensis Leaf Juice, Polyglutamic Acid, Ethylhexylglycerin,  Tetrasodium EDTA, Fragrance

What You Should Know About Ingredients

  1. Daftar bahan kosmetiknya tidak begitu banyak; dan saya lebih suka dengan produk yang lebih simpel semacam ini. Seperti yang bisa dilihat, no paraben, no sulfate, dan juga no alcohol (ethanol).  Mereka memakai phenoxythanol sebagai bahan pengawet kosmetik.  Sebetulnya sudah ada penelitian yang menyatakan bahwa phenoxythanol dilarang di beberapa negara, karena dibandingkan dengan paraben, kemungkinan alergi lebih disebabkan oleh bahan pengawet satu ini.
  2. Saya suka dengan terobosan baru dari skincare alami satu ini.  Sejauh yang saya amati, jarang ada produk eye cream atau eye serum lokal yang menggunakan Palmitoyl hexapeptide-12 sebagai salah satu unsur bahan pembuatan.  Palmitoyl hexapeptide-12 merupakan antioksidan.   Menurut salah satu penelitian placebo yang dilakukan terhadap 10 wanita volunteer yang mengaplikasikan produk dua kali sekali dengan konsentrasi 4%, bahan ini bisa meningkatkan elastisitas kulit, tone, serta mengencangkan area kulit tertentu [1].
  3. Satu lagi terobosan baru dari Lacoco en Nature, mereka menggunakan Polyglutamic acid.  Bahan ini merupakan unsur yang terdapat dalam fermentasi produk dari kacang seperti natto, doenjang, dan juga miso.  Penelitian menyatakan bahwa Polyglutamic acid bisa menjadi alternatif Collagen dan Hyaluronic acid karena ternyata efek hidrasinya jauh lebih baik dibandingkan Collagen [2].

Short Conclusions

  1. Eye serum ini memiliki potensi mengurangi kerutan dan kantong mata jika dipakai secara teratur yaitu pagi dan malam. Namun saya belum bisa menjamin bahwa produk ini bisa menghilangkan mata panda.
  2. Menghidrasi lebih baik dibandingkan produk mengandung Collagen dan Hyaluronic acid.

How To Use

Aplikasikan dengan menggunakan satu jari ke area mata bagian kelopak dan kantong mata dua kali yaitu pagi dan malam.

What You Should Know About This Product

lacoco en nature intensive hydrating eye serum

Ketika saya mengeluarkan isi produk, cairan eye serum ini agak thick, mirip seperti gel.  Contohnya seperti yang bisa kamu lihat di atas.

lacoco en nature intensive hydrating eye serum

Ketika saya usapkan perlahan ke kulit, produk ini bisa meresap cukup cepat.  Biasanya saya mengusapkan isi produk dengan menggunakan jari manis, diratakan ke seluruh area, kemudian saya diamkan sekitar semenit hingga meresap sendiri ke permukaan kulit.

Lalu gimana sih, performansinya?

Karena saya rada bandel (huehehe), saya lebih rajin memakai eye serum di malam hari. Pagi-pagi, saya cenderung malas memakai beragam skincare karena rangkaiannya akan menjadi sangat panjang jika disatukan dengan tahapan memakai makeup.  Intinya, saya malas pakai ini di pagi hari.  Jangan ditiru!

Nah, menurut salah satu studi yang saya pernah sebutkan di atas, jika kamu  rajin mengaplikasikan produk mengandung Palmitoyl hexapeptide-12 dengan konsentrasi 4% dua kali selama sebulan, hasilnya sebetulnya bisa langsung terlihat.  Nah, karena saya hanya memakai ini sekali sehari (dan terkadang enggak pakai kalau sudah lelah habis Tarawih), hasilnya memang enggak terlalu kentara.  Jadi bukan berarti Lacoco Intensive Hydrating Eye Serum ini enggak berfungsi lho; ini semua tergantung dengan niat dan tingkat rajinnya kamu memakai eye serum. 

Ini adalah penampakan saya sebelum memakai serum:

 

Saya sengaja foto close up agar terlihat.  See?  Saya punya kantong mata; namun mungkin karena efek gelap kerudung, hanya satu kantong mata saja yang terlihat.  Aslinya, kantong mata saya beranak.

Ini penampakan saya setelah kurang lebih 3 minggu memakai produk:

lacoco en nature intensive hydrating eye serum

Meski hasilnya tidak langsung kelihatan, saya cukup senang karena memang ada hasilnya.  Memang sih, ya, apa-apa itu memang harus ulet biar ada hasil, hehe.  Saya akan mencoba lebih rajin lagi mengaplikasikan eye serum dan akan saya perbaharui lagi postingan ini jika sudah ada hasil yang lebih signifikan!

Terus, apakah emang efek hidrasinya dapat?  Buat saya, yes! Rasanya segar banget pas saya aplikasikan eye serum di bawah mata.  Lain kali memang harus aplikasikan dua kali sehari, nih, biar dapat hasil maksimal.

Price

Harga eye serum ini adalah Rp 180.000.  Jujur saja, agak kaget juga mengetahui harganya masih cukup terjangkau untuk ukuran produk kelas mid end, mengingat produk lokal lainnya juga berada di rentang yang kurang lebih sama namun dengan ukuran yang lebih kecil.  Sayangnya saya enggak bisa nyebut merek sih, hehe; tapi yang pasti buat saya ini worth it.  Jika kamu tertarik untuk membeli, jangan lupa mampir  website atau langsung mampir Instagram.

Will I Repurchase?

Untuk saat ini saya belum bisa memutuskan.  Saya akan memperbaharui postingan jika sudah ada hasil, namun buat saya produk ini cukup menjanjikan.

Rating 

4/5

Azzahra R Kamila

Her blog has a concern for cruelty free and halal products. Her skepticism makes her doing research about science behind beauty, as she wants to educate readers to carefully choose cosmetics ingredients before buying. In addition to beauty, she also likes to discuss slice of life as well as book reviews.

    3 Comments

    1. Rusydina Tamimi

      eh ternyata Lacoco juga ngeluarin eyeserum ya? 😮
      tapi di kamu kelihatan sih hasilnya meskipun ngga terlalu jelas, tapi warna kantung mata yang gelap agak dikit memudar. harus nyoba juga ngga nih sama proudk ini T^T
      kantung mata salah satu problemku juga soalnya huhu

      08 . Jun . 2018
      • Azzahra R Kamila

        Yups, ngeluarin eye serum! Agak mendingan sih, tapi baru kerasa kalo udah di atas 6 minggu deh kayaknya XD

        09 . Jun . 2018
    2. Elnienesia Meirinza Putri Dewa

      aku suka dengan bentuk packaging si LACOCO ini. Bagus ya. Delicate!

      nonahitampahit.co

      12 . Jun . 2018

    Leave A Comment

    Your email address will not be published. Required fields are marked *