Travel

[REVIEW] Mau Ke Kafe Murah Meriah Semarang? Cobain ke Tekodeko Koffiehuis!

byAzzahra R Kamila-
review-kafe-murah-meriah-semarang

Selamat menjalankan ibadah shaum, readers!  

Saya di sini bukan buat menggoda iman kalian, ya 😀  , ketika posting kafe murah meriah Semarang.  Saya merasa harus berbagi *halah* info bagi siapapun yang menyempatkan stay di sini beberapa hari atau bulan (kayak saya), kamu wajib datang ke Tekodeko Koffiehuis! 

Kafe Murah Meriah Semarang:  Tekodeko Koffiehuis

review kafe murah meriah semarang

Saya iseng nyari kafe sebetulnya lebih karena ingin mencari tempat untuk foto-foto produk, hehehe.  Jadi ceritanya, di minggu yang sama, saya menerima paket dari Lalawin berupa Lalawin Daily Defense Body Foundation dan Lalawin Matte UV Shield SPF 50 PA++++.  Pas banget momennya ketika saya ingin jalan-jalan sendirian Kamis lalu, saat ada libur wafat Isa Almasih.  Kebetulan, di waktu yang sama, saya ingin jalan-jalan seputar Kota Lama atau Kota Tua Semarang.  Dari yang saya dengar saat itu, daerah Kota Tua sedang dipugar agar bisa dijadikan destinasi wisata.  Wuih, seru banget, kan!

Letak Kota Tua sendiri ternyata sangat dekat dengan kantor saya di Johar, jadi setelah mengambil paket yang dititipkan di pos satpam, saya berjalan kaki menuju kafe yang dituju.  Awal mulanya saya ingin ke Noeri’s Cafe, yang ternyata sudah tutup satu tahun lalu 🙁  . Saya sedih bukan karena kafenya tutup, tapi karena saya baru tahu informasi itu setelah sekitar 30 menit protap (berjalan kaki) dari Johar sampai ke Jalan Nuri, hahaha.

Nah, akhirnya teman saya menyarankan untuk datang ke Tekodeko.  Jadi, bukan karena saya memang iseng ingin ke sini.  Letak kafe yang dibuka sejak tahun 2015 ini berada sekitar 400 meter dari Gereja Blenduk.  Jika kamu sudah menemukan  Taman Srigunting, jalan saja terus ke arah kiri.  Setelah itu, kamu akan menemukan kafe dengan nuansa rustic ala Eropa.

Baca Juga:  One Day Trip To Jakarta: Dari Kota Tua Sampai Kemang

review kafe murah meriah semarang

Tersedia parkir motor di sini, tapi jika kamu membawa mobil, akan lebih baik jika kamu memarkirnya di dekat Spiegel.  Letak kafe ini dengan Spiegel tidak begitu jauh, kok.

review kafe murah meriah semarang

Jika kamu tidak tahu jalan, sebetulnya gampang, tinggal naik kendaraan yang bisa dipesan online.  Harap diingat, ketika ingin memesan kendaraan online, jangan sampai kamu menulis “Kota Tua”, karena kamu malah sampai ke kuburan, bukan kafe.  Kata driver Go Car, sebaiknya kamu menuliskan “Kota Lama”, maka kamu akan dibawa jalan-jalan ke tempat yang benar.

Atau kamu bisa menaiki BRT (Bus Trans Semarang).  Ada dua jalur, yaitu Koridor I (jalur biru) dan Koridor II (jalur merah).  Kamu bisa naik dari Terminal Terboyo (untuk Koridor II) dan berhenti di Terminal Stasiun Cawang.  Untuk Koridor I, kamu bisa transit di Terminal SMA 5 Semarang, kemudian ganti  ke Koridor II, dan berhenti di Terminal Stasiun Cawang.  Namun karena saya cukup penasaran (dan kurang kerjaan), akhirnya saya jalan kaki.  Kurang lebih jaraknya sekitar 1,7 kilometer.

review kafe murah meriah semarang

review kafe murah meriah semarang

Nuansa kafenya agak gelap tapi cukup asyik buat nongkrong.  Bagi yang pengin apatis, atau yang jomlo, jangan khawatir.  Kamu bisa berlama-lama sendirian  di kafe tanpa risih.  Di sini ada mushola berukuran kecil, jadi bagi muslim bisa shalat di sini. Letak mushola ada di belakang, setelah ruang tamu.  Selain itu tersedia colokan bagi yang membawa laptop atau ingin charge batre handphone, juga ada fasilitas WiFi.  Mau sampai malam juga boleh!  Asal pesan makan dan minum di sini 😀

Nah, karena saya sudah makan sebelumnya di angkringan dekat gereja, maka saya di sini cuma mampir untuk ngopi dan foto-foto.  FYI, saya enggak suka ngopi.  Jadi mohon maaf kalau penjelasan tentang kopinya sekedarnya saja, haha. Di sini menu utamanya sudah pasti: all about coffee.  Mulai dari jenis ala-ala bule, juga beragam signature coffee khas Semarang!

Baca Juga:  Surat Cinta untuk Jepang: 5 Hal yang Membuatku Sulit Move On Darimu

review kafe murah meriah semarang

review kafe murah meriah semarang

review kafe murah meriah semarang

Karena saya anaknya enggak biasa minum kopi, paling mentok saya pesan cappucino.  Itu pun harus pakai gula, lol.

review kafe murah meriah semarang

Untuk harga kopinya masih standar dan affordable. Secangkir cappucino dihargai Rp 25.000 (Mei 2018). Buat saya yang enggak ahli kopi, mau itu instan atau bikinan sendiri, rasanya sama saja, haha.  Mohon ampun para pecinta kopi, maafkan review saya yang ngasal ~ XD .

Selain kopinya, saya juga pesan dessert yaitu hazelaffogato ice cream.  Harganya pun sama, Rp 25.000 (Mei 2018).  Saya cuma menuangkan sedikit affogato-nya, karena lagi-lagi, saya enggak kuat menyeruput atau memakan sesuatu yang pahit.

review kafe murah meriah semarang

Sayangnya saya lupa foto menunya saking sibuk fotoin produk, lol.  Untuk menu makan ada penganan ringan seperti salad dan french fries, ada juga yang berat seperti masakan Indonesia dan Barat.  Tidak begitu banyak jenis makanan yang ditawarkan di sini.  Bahkan untuk dessert pun hanya ada sekitar 3-4 jenis es krim.  Untuk range harga dimulai dari Rp 20.000 – Rp 50.000.  Jika makan berat dan minum di sini, total harganya enggak akan sampai Rp 100.000!

review kafe murah meriah semarang

Selain itu, ada satu spot dimana Tekodeko menjual pernak-pernik dan juga kopi khas Semarang.

review kafe murah meriah semarang

Bagi kamu pecinta kopi, udah pasti dimanjain banget, deh.  Kabar baiknya adalah tidak ada tax sama sekali!  Jadi untuk dua menu, saya cukup membayar Rp 50.000.  Hmm, tempat mainnya murah meriah, nih, untuk ukuran kafe!

Buat saya, Tekodeko adalah kafe recommended yang cukup terjangkau untuk jajan cantik.  Jadi, sudah siap menjelajah kafe murah Semarang?

Share:

Azzahra R Kamila

Her blog has a concern for cruelty free and halal products. Her skepticism makes her doing research about science behind beauty, as she wants to educate readers to carefully choose cosmetics ingredients before buying. In addition to beauty, she also likes to discuss slice of life as well as book reviews.

    7 Comments

    1. Turis Cantik

      Wow tempatnya instagramable banget yaaa..cakep!

      01 . Jun . 2018
      • Azzahra R Kamila

        Iyaa, tempatnya asik buat foto foto 😀

        03 . Jun . 2018
    2. nur rochma

      Wah tempatnya instagrammable. Nggak kuat nahan deh kalau ke tempat kek gini pasti pengen foto-foto.

      02 . Jun . 2018
      • Azzahra R Kamila

        Setuju Mbak!

        03 . Jun . 2018
    3. Lucky Caesar Direstiyani

      tempatnya nyaman dan cantik buat foto yaa mbaak, apalagi harganyaa juga terjangkaau di kantong 😀 boleh nih di bookmark kalau pas jalan-jalan santai ke semarang. tfs yaa mbak 😀

      02 . Jun . 2018
      • Azzahra R Kamila

        Sama sama Mbak 😀

        03 . Jun . 2018
    4. Hastira

      wah naman banget ya, bisa jadi catatan untuk ke sana

      03 . Jun . 2018

    Leave A Comment

    Your email address will not be published. Required fields are marked *