Beauty, Skin Care

[REVIEW] Hatomugi Skin Conditioner, Toner untuk Semua Jenis Kulit!

byAzzahra R Kamila-
review-hatomugi-skin-conditioner

Hai, semuanya!

Beberapa waktu lalu, saya mendapat paket cukup berat dari Nihonmart.  Gimana enggak, 500 ml! Tapi begitu dibuka, hati langsung meleleh.  Haha, lebay.

Well, jadi, saya cukup excited ya mencoba Naturie Hatomugi Skin Conditioner.  Bagaimana performansinya, yuk, kepoin artikel  ini sampai selesai!

Kita mengenal produk ini dengan nama Hatomugi.  Tapi sebetulnya, nama brand-nya adalah Imju Naturie.  Imju merupakan anak perusahaan dari PIAS Corp, sebuah perusahaan konglomerat Jepang yang memang memiliki anak-anak perusahaan di bidang beauty.  Tahukah kamu kalau sebetulnya di Jepang harganya 702 yen?  Ya, sebetulnya Imju ini memang termasuk produk drugstore!

Imju Naturie Hatomugi Skin Conditioner

hatomugi skin conditioner

Karena Hatomugi Skin Conditioner bukan nama brand, sebetulnya di Jepang sendiri ada beberapa brand yang juga mengusung Hatomugi sebagai bahan skincare andalan. Hatomugi itu sebetulnya nama dalam bahasa Jepang dari job’s tear yang dipakai sebagai bahan skincare ini.  Kiku-masamune adalah salah satu brand yang juga memakai job’s tear.  Namun harga produknya Imju ini jauh lebih murah di pasaran. Psst, denger denger sih Naturie Imju Skin Conditioner dupe-nya Albion Skin Conditioner, brand high-end-nya Jepang!

Botolnya sendiri agak bikin salah kaprah.  Mungkin karena transparan dan warna produknya seputih air tajin, Mama saya sempat menganggap ini mirip karbol.  Kalau karbol yang ini sih, bedanya, bisa bikin kulitnya lebih cantik!  😀 😀

How To Use

Cara menggunakan Hatomugi: Tuangkan ke telapak tangan.  Bisa diratakan langsung atau menggunakan kapas, ditotolkan ke wajah.

Ingredients

hatomugi skin conditioner

Water, Dipropylene Glycol, Butylene Glycol, Glycerin, Dipotassium Glychyrrizate, Coix Lacryma-jobi Seed Extract, Acrylates Copolymer, Alcohol, Citric Acid, Sodium Citrate, Methylparaben, Propylparaben.

What You Should Know About The Ingredients

Jadi, ada beberapa bahan produk yang saya highlight.  Di antaranya adalah manfaat Hatomugi Skin Conditioner:

hatomugi skin conditioner

  1. Glycerin:  Saya baru menyadari bahwa mulai tahun lalu, Imju menambahkan satu bahan baru, yaitu glycerin.  Jika melihat review blogger lain beberapa tahun silam, termasuk di Reddit, glycerin masih belum termasuk ke dalam bahan pembuat skin conditioner.  Ini yang membuat saya bertanya-tanya, apakah glycerin ini halal?  Setahu saya glycerin bisa jadi diproduksi dari bagian tubuh hewan.  Saya sempat mengirim e-mail pada perusahaan PIAS Jepang untuk menanyakan hal ini, tetapi tidak ada tanggapan setelah 2 minggu.  Namun demi menuntaskan rasa penasaran, akhirnya saya mencari asal negara-negara yang mengekspor ke Jepang selama tahun 2017, yaitu Indonesia, Malaysia, India, dan Filipina (source).  Hasilnya, kebanyakan memiliki standar kosher dan halal.  Jepang sendiri sebetulnya memproduksi glycerin, yang satu memiliki sertifikasi kosher, yang satu adalah syntethic glycerin.  Bisa disimpulkan bahwa glycerin dalam produk ini kemungkinan besar berasal dari vegetable atau sintetis. 
  2. Dipotassium Glychyrrizate : Ini adalah nama lain dari licorice root extract. Buat pemilik kulit kering, produk yang memiliki kandungan ini bagus banget lho buat hidrasi! Soalnya licorice root extract memiliki fungsi sebagai bahan yang bisa mengurangi flaky skin atau kulit bersisik ala ketombe, juga mengembalikan kekenyalan kulit. Ada kandungan antiiritasi dan antiinflamasi, membuat produk ini sebetulnya aman bagi pemilik kulit atopic dermatitis, rosacea, dan eczema.
  3. Coix Lacryma-jobi Seed Extract: Tidak begitu banyak data yang saya dapatkan saat mencoba mencari tahu ini. Tapi saya berhasil menemukan fakta menarik dari satu studi.  Jali-jali ternyata bisa menghambat melanogenesis.  Melanogenesis ini secara teori merupakan proses kompleks untuk memproduksi pigmen melanin.  Nah, seperti yang kita tahu, melanin adalah yang membuat warna kulit bisa bisa berbeda-beda.  Diketahui bahwa ROS atau reactive oxygen species bisa mengekspos ketika terjadi melanogenesis. ROS sendiri sebetulnya bisa terbentuk ketika ada radiasi sinar UV yang terkena ke kulit tubuh kita. Studi ini mengatakan bahwa jali-jali bisa menjadi antioksidan alami yang membantu untuk menjaga kulit kita dari radiasi sinar UV. Hmm, hopefully makin banyak ya, studi terkait jali-jali agar dimanfaatkan sebagai antioksidan alami!  Jadi jali-jali mungkin bisa menjadi antioksidan alami bagi kulit [1]. 
  4. Alcohol : Biasanya kalau udah ngomongin alcohol, pada panik, haha. Nama lain alcohol adalah ethanol.  Nah, di sini, sebetulnya alcohol tidak ada di list 5 teratas.  Saya sendiri enggak terlalu anti sama alcohol selama kandungan di dalam kosmetik tidak begitu banyak.
  5. Methylparaben, Propylparaben: Kalau mau tahu, sebetulnya inilah yang membuat Imju Hatomugi jadi murah. Paraben sendiri adalah pengawet yang masih dinilai  paling aman (kalau enggak, terus kenapa masih dipakai di pasaran?); saya juga tidak antiparaben. Tapi bagi kamu yang alergi paraben, sebaiknya hindari produk berparaben.
Baca Juga:  Rekomendasi Serum Vitamin C Untuk Kulit Selain L-Ascorbic Acid (Part 2)

Short Conclusions

  1. Glycerin yang terkandung dalam produk ini bisa jadi memiliki sertifikasi halal dan kosher, atau memiliki sifat sintetis alias tidak mengandung unsur hewani.
  2. Jali-jali memiliki “masa depan cerah” menjadi antioksidan bagi kulit yang tidak menimbulkan iritasi di kulit.
  3. Cocok bagi pemilik kulit sensitif, termasuk bagi pemilik kulit bermasalah seperti rosacea, eczema, atopic dermatitis. 
  4. Tidak perlu panik melihat alkohol dan paraben yang terkandung di sini karena persentasenya kecil. Bisa digunakan oleh semua jenis kulit.

What You Should Know About The Product

hatomugi skin conditioner

Beginilah penampakan mulut botol Imju Hatomugi Skin Conditioner. Mirip karbol kan *eh.

Namanya adalah skin conditioner.  Diklaim bisa dipakai untuk wajah dan tubuh.  Buat saya, klaimnya cukup masuk akal.  Namun penamaan produknya memang bikin bingung di awal.  Saya secara otomatis menyambungkan conditioner dengan kulit kepala, tapi itu hanyalah istilah marketing saja.

Baca Juga:  A Guide for Cruelty Free Cosmetics Products

Di Jepang sendiri, penyebutan skin conditioner atau lotion itu serupa dengan ketika orang Korea atau Amerika menyebut toner.  Produk ini memang watery banget, jadi saya sendiri merasa kalau ini lebih cocok disebut toner jika digunakan hanya untuk di wajah.  Jadi, enggak perlu bingung, ya, kenapa namanya demikian!

Saya “mencurigai”licorice root extract berikut juga job’s tear extracts sebagai biang keladi yang menyebabkan warnanya seputih air tajin.  Saya sendiri enggak masalah sih.  Seenggaknya wanginya bukan bau karbol, haha.

Sebetulnya ini sih yang bikin saya salut sama produk buatan Jepang.  Selama mencoba beberapa produk, baik itu makeup maupun skincare, saya enggak pernah mencium fragrance sama sekali.  Jadi buat yang alergi dengan fragrance, I think this product works.

Dan meski alcohol sering dianggap penyebab kulit kering, saya sendiri enggak merasakan kemarau di wajah.  Soal penetrasi ke kulit, saya anggap biasa saja, sih.  Cepat meresap, karena memang bahan utamanya adalah air. Ini memang cocok banget kalau dipadukan dengan tablet mask, jadi bisa dipakai maskeran juga. Buat badan juga bisa, jadi kalau mau ini cepat habis sekalian bisa dipakai siram buat mandi, huehehe.

hatomugi skin conditioner

Setelah mengukur dengan pH strip, diketahui bahwa toner ini memiliki pH antara 5-6.  Mengejutkan, karena ternyata toner ini pH friendly.  Tambah suka, deh, hehehe. Saya sendiri merekomendasikan Hatomugi untuk berbagai jenis kulit.  Ini adalah toner untuk kulit berminyak, kulit kering, kulit normal, kulit aging, bahkan untuk kulit sensitif juga bisa.

 

Price

Harganya cukup terjangkau untuk ukuran 500ml. Harga aslinya Rp 98.500, tapi sedang ada diskon lho, jadi Rp 88.650! Murah banget!

Would I Repurchase?

Yes, definitely!  Buat saya, produk ini cocok banget buat semua jenis kulit!

Where To Buy?

Kamu bisa membeli Hatomugi Skin Conditioner di Nihonmart.

Nihonmart || Website || Facebook || Instagram || Twitter ||

Rating

4.5/5

Resource: 

[1] Huey-Chun Huang,1 Wan-Yu Hsieh,2 Yu-Lin Niu,3 and Tsong-Min Chang, Inhibitory Effects of Adlay Extract on Melanin Production and Cellular Oxygen Stress in B16F10 Melanoma Cells, International J Molecular Sciences, 2014 Sep; 15(9): 16665–16679, DOI: 10.3390/ijms150916665

Share:

Azzahra R Kamila

Her blog has a concern for cruelty free and halal products. Her skepticism makes her doing research about science behind beauty, as she wants to educate readers to carefully choose cosmetics ingredients before buying. In addition to beauty, she also likes to discuss slice of life as well as book reviews.

    12 Comments

    1. Mutia nurul rahmah

      Yeaa, udh hampir habis ku punya ini.
      Sejauh ini g Ada masalah berarti
      Di share ke botol spray yg kecil, biar gampang dibawa kemana2.
      Perlakuannya sama kek make spray2 Evian/avenne hahaha.
      Disemprot kapan saja

      02 . Mar . 2018
      • Azzahra R Kamila

        Iya, lebih murah dari Avene atau Evian ya, haha

        03 . Mar . 2018
    2. Ekaakuncoro

      Punyaku udah mau abis ini, udah 5 Bulan pake. Buat wajah doang sih, gak dipake buat berendem .
      Aku juga bakalan beli lagi kalo abis.mungkin 2 bulan lagi.

      02 . Mar . 2018
      • Azzahra R Kamila

        Wah, bisa 5 bulan lebih ya? Fix bakal beli lagi aku juga, haha

        03 . Mar . 2018
    3. Daruma

      Saya jg pakai mba. Waktubitu nemu diaeon. Lembut bgt di kulit…
      Produk jepang emang mahal sih tp bagus

      03 . Mar . 2018
      • Azzahra R Kamila

        Yang ini murah sih Mbak, hehe, biasanya kan kita beli toner dari Korea di atas 100 ribu tapi dapetnya 100 ml, ini 500 ml harga kisaran 100 ribu, hehe

        04 . Mar . 2018
    4. uni dzalika

      yeay reviewer favorit saya akhirnya ngulas ini! penasaran mau coba tapi maju mundur karena kemasannya besar banget sementara saya cepat bosan nih. Tapi kayaknya worth to try

      unidzalika.com

      04 . Mar . 2018
      • Azzahra R Kamila

        Wih, dinotice sama Mbak Uni <3 <3 Lumayan sih Mbak ini, lama abisnya, haha. Jadi mending bagi dua kalau ada yang tertarik, aku juga cepet bosen sebetulnya

        06 . Mar . 2018
    5. Liamelqha

      aahhh, lengkap sekalii reviewnya Miaa. <3

      06 . Mar . 2018
      • Azzahra R Kamila

        Maacii Kak Liaa, hehehe <3 <3

        06 . Mar . 2018
    6. sichitsu

      Makasih kak untuk reviewnya! Oya kak, kalau suatu produk mengandung alkohol <=5% itu termasuk sedikit atau banyak ya? Dan setahuku nggak begitu berbahaya di kulit. Benar nggak sih? Hehe.

      15 . Mar . 2018
      • Azzahra R Kamila

        Iyaa, enggak seberbahaya itu sih, tapi buat kulit kering emang harus menghindari alkohol karena bisa bikin kulit makin kering 🙂

        16 . Mar . 2018

    Leave A Comment

    Your email address will not be published. Required fields are marked *