August 11, 2017 Azzahra R Kamila 0Comment

 Micellar water dan cleansing oil adalah dua cara terbaik dari sekian banyak cara untuk menghapus make up dan wajah kumal setelah beraktivitas seharian. Saya sendiri baru tertarik menggunakan cleansing oil pada akhir tahun 2016; di mana sebelumnya saya mengandalkan make up remover biasa berupa toner dan milk lotion dari Viva. Dengar-dengar sih, ini bagus buat yang punya kulit kombinasi dan berminyak.  Apa hasilnya memang sebagus itu?

Dear Klairs Gentle Black Deep Cleansing Oil

Botol cleansing oil dari Dear Klairs standar; berukuran 150 ml, langsing, dan terbuat dari plastik. Ukuran ini sebetulnya tidak begitu travel friendly.  Saya sudah memakainya selama kurang lebih 10 bulan, jadi botolnya sudah rompel bocel dan sebagainya~XD

Ada pelindung di botol ini sehingga tidak akan berceceran saat dibawa pergi.  Tapi mengingat umur botolnya yang sudah lama, saat saya bawa ke Singapore beberapa waktu lalu, botol ini sedikit berminyak di bagian atasnya.  Cap-nya tidak begitu kuat, jadi kalau misal membawa ini saat travel, disarankan bungkus lagi bagian tutupnya dengan plastik.

Ingredients

Caprylic/Capric Triglyceride, Cetyl Ethylhexanoate, Isononyl Isononanoate, PEG-7 Glyceryl Cocoate , Isopropyl Myristate, Simmondsia Chinensis (Jojoba) Seed Oil, Glycine Soja (Soybean) Oil, Sesamum Indicum (Sesame) Seed Oil , Ribes Nigrum (Black Currant) Seed Oil , Tocopheryl Acetate , PEG-20 Glyceryl Triisostearate , Polysorbate 20, Fragrance, Butyrospermum Parkii (Shea Butter) , Carapa Guaianensis Seed Oil, Vaccinium Macrocarpon (Cranberry) Seed Oil

What You Should Know About The Ingredients

Berdasarkan dari COSDNA analysis, ada 2 bahan yang kemungkinan bisa memicu alergi atau masalah kulit akibat ketidakcocokan produk pada kulit.  Dua bahan ini adalah:

  • PEG-7 Glyceryl Cocoate, formula yang didapatkan dari hasil sintetis polyethylene glycol dan fatty acids yang berasal dari coconut oil.  Sebetulnya untuk kulit dalam kondisi normal, bahan ini tidak berbahaya.  Namun jika kamu mengalami iritasi, atau inflamasi, atau masalah kulit lainnya, PEG-7 bisa menyebabkan iritasi.
  • Fragrance, atau parfum.  Ada sebagian orang yang tidak tahan saat memakai produk yang menggunakan wangi-wangian, tapi buat saya wangi awal dari produk ini tidak begitu mengganggu

Selain dua bahan tersebut, inti dari cleansing oil ini adalah sebagai berikut:

  • Black Current Seed Oil, cocok bagi pemilik kulit kering, eczema, seborrheic dermatitis, rosacea, dan psoriasis.  Jadi bagi kamu yang punya masalah kulit seperti saya :’D, produk ini cocok banget! Comedogenic rating oil ini adalah 0-1, sehingga bagi kamu yang khawatir oil ini akan menyumbat pori-pori, insya Allah produk ini aman.  Tidak mengerti tentang comedogenic rating?  Kamu bisa baca lebih lanjut di postingan saya tentang face oil.
  • Black Soybean Oilcocok untuk pemilik kulit kombinasi dan berminyak karena dapat mengontrol sebum dan melembabkan kulit.  Sampai saat ini comedogenic rating masih belum diketahui.  White soybean oil memiliki comedogenic rating 3.
  • Black Sesame Oil, mencegah dehidrasi serta penuaan dini. Merupakan antioksidan yang kaya akan beta-carotene, rinolenic acid, sesamin, sesaminol, dan tocopherol.  Sampai saat ini comedogenic rating belum diketahui. White sesame oil memiliki comedogenic rating 3.

Kesimpulan: Produk ini cocok digunakan untuk semua jenis kulit 

How To Use

  1. Tekan 1-2 pump ke tangan yang bersih, kemudian pijatkan minyak dengan lembut ke seluruh wajah. Utamakan daerah dahi, pipi, dan hidung selama 1 menit.
  2. Cuci wajah dengan air hangat.  Formula minyak akan berubah menjadi lotion creamy yang membantu untuk menghapus make up dan kotoran lainnya.  Gunakan second cleanser bila diperlukan. Tepuk wajah dengan handuk berbahan halus.

What This Product Tell Us

Produk ini memang menjanjikan apa yang dia iming-imingkan (apa sih bahasanya~XD)

Saat saya coba testing untuk membersihkan concealer, lipstik, eyebrow, lip gloss, dan eyeliner, hasilnya seperti foto berikut:

Bawah ke atas:

  • The Saem Cover Perfection Tip Concealer
  • Mizzu Velvet Matte Vaplicious Bliss 711
  • Witch’s Pouch Selfie Perfect Eyebrow Brown
  • Mizzu Perfect Wear Eyeliner Pen
  • Catrice Cosmetics Beautifying Lip Smoother
  • Jordana Cosmetics Sweet Cream Matte Tiramisu

Setelah digosok dengan cleansing oil, hasilnya seperti ini:

Yang agak susah dibersihkan adalah eyeliner, samar-samar di sini masih ada.  Tapi setelah dibilas dengan air, semuanya hilang.

Overall, SAYA SUKA BANGET SAMA CLEANSING OIL INI!  Saya pernah coba sample dari DHC, di mana tekstur oil dari DHC jauh lebih kental dan baunya sangat menyengat.  Tahu bau minyak yang keseringan dipakai untuk menggoreng tanpa diganti?  Nah, buat saya, DHC Cleansing Oil itu seperti itu.

Lalu bagaimana jika dibandingkan dengan cleansing oil lainnya?  Jujur aja, saya cuma pernah nyoba Innisfree Apple Juicy Deep Cleansing Oil, itu pun nyoba punya teman, hehe.  Harus saya akui, barang dengan harga lebih mahal memang lebih berkualitas.  Saya tetap lebih memilih Dear Klairs Cleansing Oil.

Dan ketika membandingkan dengan The Face Shop Cleansing Cream, saya tetap jauh lebih suka ini :D.  Saya orangnya pemalas, jadi lebih suka memakai benda dengan pump.  Dan meski harus saya akui bahwa The Face Shop Cleansing Cream cukup bagus dalam membersihkan make up, ketiadaan spatula bikin saya malas untuk membeli lagi.  Sekeliling jar-nya jadi cepat kotor dan jadi tidak higienis.

Dan karena teksturnya yang ringan, saya tidak merasakan oil itu berat di muka, bahkan setelah menggosok dan membilas wajah dengan air. Setelah  pakai Hada Labo Tamagohada AHA + BHA (akan di-review nanti!), justru kulit saya jadi makin terasa kenyal, lembab, dan bersih.  Pori-pori saya juga jadi menciut saat nge-zoom up wajah ke kaca (adakah yang hobi melakukan ini kayak saya~ XD).

Namun disarankan melakukan pemijitan minyak ke wajah dalam waktu cukup lama, karena pernah saya cuma beberapa detik langsung bilas, lol.  Saat pakai second cleanser, jadi tidak begitu bersih, terpaksa dibersihkan lagi dengan toner. 

Price

Rp 294.000, di Beautylink Sociolla. Belanja di sini bebas ongkir, lho!

Will I Repurchase?

Harganya mahal :’D, tapi produk ini bisa dipakai pas selama 12 bulan (di mana Klairs pun merekomendasikan pemakaian produk hanya 1 tahun).  Saya tipe orang yang sulit mengganti produk setelah suka banget dengan produk tertentu, jadi saya bakal beli lagi. Lagipula jika dibagi perbulan, kamu investas cumai Rp 24.500  sebulan.  Murah, kan? *inikah yang dinamakan mencari pembenaran di balik kalap belanja kosmetik~ XD*

Rating

5/5

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *