in Beauty, Make Up

[REVIEW] Catrice Even Skin Tone Beautifying Foundation 030 Even Sand

at
review-catrice-even-skin-tone-beautifying-foundation-030-even-sand

Udah lama banget saya nggak review makeup!  Saya memang lebih excited bicara tentang skincare dibanding makeup ^^.  Tapii, ada satu produk yang saya rasa sayang banget kalau nggak saya coba kenalkan di posting kali ini, yaitu foundation dari Catrice!

Buat yang pernah lihat story atau IG saya, pasti tahu kalau saya itu kayaknya maniak Catrice, haha.  Bukan apa-apa, sih harganya affordable >.<, bikin nggak tahan pengen ngoleksi.  Walaupun beberapa di antaranya memang so-so, Catrice entah kenapa mampu menyihir saya untuk nyoba lagi beli produknya.

Salah satu yang sedang jadi favorit saya adalah Catrice Even Skin Tone Beautifying Foundation.  Sebetulnya sih, awal mulanya saya pengin beli yang matte-nya, tapi setelah tanya sama mbak counter, yang ini juga bisa dipakai oleh pemilik kulit kombinasi.  Apa memang daya tahannya memuaskan?

Catrice Even Skin Tone Beautifying Foundation 030 

Saya  jatuh cinta dengan Catrice.   Selain karena harganya yang terjangkau, seluruh produknya itu cruelty free!  Bahkan perusahaan utamanya, yaitu cosnova Beauty GmBH dinyatakan sebagai perusahaan yang mendukung gerakan cruelty free.  Kamu bisa lihat buktinya di sini.  

Buat kamu yang merupakan pembaca lama, pastinya tahu dong, alasannya kenapa saya memilih membeli cruelty free products. Selain karena saya adalah mama dari 4 kucing di rumah, saya menentang penggunaan hewan sebagai percobaan untuk menguji kosmetik.  Toh teknologi sudah semakin canggih, bukannya metodologi uji coba juga sudah ada yang sifatnya lebih aman buat manusia dan hewan?

Tapi sebetulnya yang juga nggak kalah penting adalah:  gimana sih performansi dari produk ini sendiri?

Ingredients

 

IngredientFunctionUVAcneIrritantSafety 
Aqua
‧Solvent
1
Cyclopentasiloxane
‧Solvent
‧Emollient
3
Ethylhexyl methoxycinnamate
‧Sunscreen  
6
Isohexadecane
‧Solvent
‧Emollient
1
Caprylic/Capric Triglyceride
‧Fragrance
1
Aluminum starch octenylsuccinate
‧Viscosity Control
2
Talc
1
3
Polyglyceryl-4 isostearate
‧Emulsifier
1
Cetyl PEG/PPG-10/
1 dimethicone
‧Surfactant
‧Emulsifier
3
Silica
‧Viscosity Control
Hexyl Laurate
‧Emollient
1
Cyclohexasiloxane
‧Solvent
‧Emollient
2
Potassium cetyl phosphate
‧Surfactant
1
Propylene Glycol
‧Solvent
‧Viscosity Control
‧Moisturizer
3
Glycerin
‧Solvent
‧Moisturizer
2
Aluminum/
magnesium hydroxide stearate
‧Viscosity Control
1
Sodium chloride
‧Viscosity Control
1
Cera alba
‧Viscosity Control
‧Emollient
‧Emulsifier
0-20-2
1
Xanthan Gum
‧Viscosity Control
1
Disodium EDTA
1
PPG-15 Stearyl Ether
‧Emollient
1
Salicylic Acid
‧Exfoliator
‧Whitening
4
Ethylhexylglycerin
‧Moisturizer
1
Triethoxycaprylylsilane
1
Punica Granatum Bark Extract
‧Fragrance
‧Plant extract
1
Vaccinium Myrtillus Leaf Extract
‧Astringent
Malva Sylvestris Flower/
leaf Extract
Diacetyl Boldine
‧Whitening
1
Tocopherol
‧Antioxidant22
1
Lecithin
‧Moisturizer
‧Antioxidant
‧Emollient
‧Emulsifier
1
BHT
‧Preservative
6
Ascorbyl Palmitate
‧Antioxidant2
1
Citric Acid
‧pH Adjusters
2
Phenoxyethanol
‧Preservative
4
Sodium Benzoate
‧Preservative
3
Potassium Sorbate
‧Preservative
3
Benzyl Alcohol
‧Preservative
‧Solvent
‧Fragrance
5
Parfum
‧Fragrance
1
~
4
CI 77491
‧Pigment
1
~
2
CI 77492
‧Pigment
1
CI 77499
‧Pigment
2
CI77891
‧Pigment
‧Sunscreen
   1-3

source: CosDNA

What You Should Know About The Ingredients

catrice cosmetics beautifying foundation

Jadi, sebetulnya foundation satu ini mengklaim bisa memutihkan wajah atau meratakan warna kulit yang tidak sama.  Nah, bisa dilihat ya, ada salicylic acid dan diacetyl boldine di sini, yang katanya sih bisa memutihkan kulit.  Ini dia bahan-bahan yang perlu kamu tahu lebih lanjut:

  • Salicylic Acid:  Kita mengenalnya sebagai salah satu dari BHA.  Sebetulnya ada beberapa lagi derivatif yang juga bisa dikategorikan BHA, tapi salicylic acid yang paling terkenal.  Info lebih lanjut terkait BHA bisa di baca di sini. 
  • Diacetyl Boldine: Merupakan bahan yang memiliki fungsi untuk mencerahkan wajah. Penelitian di lab Bremenn membuktikan bahwa sebayak 25% peserta yang memakai ini selama 2 bulan berturut-turut bisa mencerahkan kulit [1]
  • Ethylhexyl methoxycinnamate: Bahan aktif yang memiliki fungsi untuk mencegah sinar UV melakukan penetrasi ke kulit.  Ethylhexyl methoxycinnamate juga dapat melindungi produk kosmetik agar lebih tahan lama ketika terpapar ke sinar UV [2]
  • CI77891 atau titanium dioksida: Ketika digunakan sebagai pigmen, maka namanya berganti menjadi CI77891. Memiliki fungsi sebagai suncreen. 

What This Product Tell Us

catrice cosmetics beautifying foundation

Kemasan Catrice foundation rata-rata memakai botol kaca, jadi sebagai orang yang ceroboh, saya hati-hati banget jangan sampai pecah -XD.  Bedanya dengan yang lain, bentuknya lebih seperti tabung, sementara yang matte lebih seperti botol balok. Untuk masing-masing foundation, semuanya memakai pump; buat saya ini lumayan enak karena bisa ngontrol berapa jumlah liquid foundation yang keluar dan lebih higienis.

Satu botol ini sepertinya bakal habis dalam waktu lama, karena ukurannya sebanyak 30 ml. Saya pakai hanya sebesar biji jagung, sudah bisa cover seluruh wajah!

catrice cosmetics beautifying foundation

Untuk Catrice Cosmetics Beautifying Foundation terdapat 4 jenis pilihan, secara berurutan mulai dari paling terang ke gelap:

  • Catrice Cosmetics Even Skin Tone Beautifying Foundation 005 Even Ivory
  • Catrice Cosmetics Even Skin Tone Beautifying Foundation 010 Even Vanilla
  • Catrice Cosmetics Even Skin Tone Beautifying Foundation 020 Beige Rose
  • Catrice Cosmetics Even Skin Tone Beautifying Foundation 030 Even Sand

Ketika dipakai, rasanya ringan, seperti tidak pakai apa-apa. Tone saya lebih mendekati NC 30 kekuningan, saya pilh yang nomor 030.  Hasilnya setelah saya pakai adalah seperti ini:

catrice cosmetics beautifying foundation

No filter.  Ini saya foto pakai kamera HP LG Magna H502F. Setelah 6 jam pemakaian (saya foto pukul 06.30), hasilnya menjadi begini:

catrice cosmetics beautifying foundation

Hinyay to the nyay, haha.

Sebetulnya saya bisa memprediksi bakal jadi hinyay atau berminyak khususnya di daerah T-zone.  Hasil akhirnya sendiri setelah pemakaian itu satin, kalau misalkan di foto pertama terlihat matte, itu karena saya pakai primer + bedak tabur + bedak padat.  Well, nggak nyangka juga ternyata formula foundation yang paling mempengaruhi terhadap kehinyayan ini.

Besoknya, saya iseng nge-blend dengan Sulwhasoo Perfecting Cushion Brightening:

catrice cosmetics beautifying foundation

Sulwhasoo yang saya beli itu memiliki warna No 23. Medium Beige.  Jika kamu tertarik beli dengan warna sama namun harga lebih miring, Laneige adalah satu-satunya sister brand yang punya sistem pewarnaan yang mirip dengan Sulwhasoo.  Jika skintone kamu sama seperti saya, kamu bisa beli yang warna No 23. Sand Beige untuk Laneige.

Setelah saya bandingkan dengan Catrice, hasilnya lumayan mengejutkan:

catrice cosmetics beautifying foundation

Ki-Ka: 

  • Catrice Cosmetics
  • Sulwhasoo

Yap, ternyata warnanya lebih muda dibanding Catrice!  Sementara warna kulit saya sendiri lebih cocok dengan warna foundation dari Catrice.  Cara pemakaian blend antara BB dan foundation, dengan urutan seperti ini:

  • Catrice Cosmetics Prime and Fine Pore Refining Anti-Shine Base Mattifying Longlasting Oil-Free
  • Catrice Cosmetics Even Skin Tone Beautifying Foundation 030 Even Sand (di-blend dengan foundation brush dari Beauty Creations)
  • Sulwhasoo Perfecting Cushion Brightening (hanya di arena T-zone)
  • Innisfree No Sebum Blur Powder (hanya di arena T-zone)

catrice cosmetics beautifying foundation

Yang cukup mengejutkan, ternyata hasilnya kok flawless ala-ala airbrush -XD, nggak mirip sih, tapi kulitnya jadi kelihatan lebih bagus dibanding pemakaian foundation di hari sebelumnya.  Setelah 6 jam, hasilnya menjadi seperti ini:

catrice cosmetics beautifying foundation

Cuaca Bandung lagi mendung, jadi pencahayaan pun seadanya.  Tapi dibanding yang kemarin, saya lebih suka yang ini.  Meski area T-zone mengeluarkan sebum, setidaknya tidak separah yang kemarin dan tinggal memakai bedak tabur, hasilnya bakal bagus lagi.

Saya lebih menyarankan untuk blending dengan matte foundation yang memang teruji kehandalannya jika mau memakai ini.  Untuk coverage cukup baik, medium sampai full, tapi emang bekas jerawatnya bandel, jadi saya tutupin lagi pakai concealer dari Catrice (yak, kelihatan banget maniaknya, lol). Jangan lupa pakai bedak tabur.  Ketahanannya bisa mencapai 6 jam sebelum perlu touch up lagi.  Foundation ini tidak mudah pudar (selain karena saya juga tidak berkeringat), setelah pemakaian 8 jam hasilnya masih tetap bagus.

Price

Rp 108.000 di counter resmi. Saya beli di Makeupuccino seharga Rp 120.000.  Sayangnya di   Sociolla, produk ini belum terdaftar, tapi kamu bisa beli coba 24H Made To Stay Make Up, All Matt Plus Shine Control Make Up,12 H Mousse Make Up,  dan HD Liquid Coverage Foundation.  Harga bisa berbeda di toko lain.

Will I Repurchase?

Saya pengin nyoba yang seri matte.  Rasanya sayang banget kalau nggak nyoba yang lain!

Rating

3.5/5

Review ini merupakan hasil kolaborasi dengan KBBV (Komunitas Beauty Blogger & Vlogger) untuk posting foundation drugstore di bawah Rp 200.000! Tiap minggunya, KBBV mengadakan kolaborasi tulisan dengan tema berbeda-beda.  Kalau kamu tertarik untuk jadi bagian KBBV, boleh lho kepoin Facebook dan Instagramnya 🙂

Saya merekomendasikan ini buat pemula yang ingin belajar makeup.  Buat referensi lain, yuk lihat foundation kece di bawah Rp 200.000 dari Mbak Eka!

Share:

Azzahra R Kamila

Her blog has a concern for cruelty free and halal products. Her skepticism makes her doing research about science behind beauty, as she wants to educate readers to carefully choose cosmetics ingredients before buying. In addition to beauty, she also likes to discuss slice of life as well as book reviews.

    17 Comments

    1. Ekaakuncoro

      Aaaaa jadi pengen beli ini . Aku suka hasil yang dewy agak sedikit minyakan gitu,soalnya kulitku agak kering.

      14 . Nov . 2017
      • Azzahra R Kamila

        Kayaknya di Mbak Eka cocok, aku kombinasi soalnya 😀

        15 . Nov . 2017
    2. Tami Oktari

      Jadi pengen coba foundie nya Catrice nih^^

      14 . Nov . 2017
    3. antung apriana

      waa hasilnya kayaknya oke banget yaa

      14 . Nov . 2017
      • Azzahra R Kamila

        Bagus sih ^^

        15 . Nov . 2017
    4. Nindy - Silver Treasure

      Foundie-nya Catrice tuh shade-nya nggak ada yang masuk kulitku di counter. Kudu beli online tapi jadi males hahaha

      Btw, fotonya cakep! ^^

      15 . Nov . 2017
      • Azzahra R Kamila

        Kebalikan yaa haha ^^ ini bagus sih sayangnya gampang hinyay wajahnya teh, haha

        Foto-foto Nindy juga baguus, aku kadang jadiin inspirasi juga 😀

        15 . Nov . 2017
    5. Ainun

      aaaw pengen cobain juga 😀

      ainunamelia.blogspot.com

      15 . Nov . 2017
    6. Azzahra R Kamila

      Lumayan banyak sih, baru tahu juga ini nggak ada di Sociolla 😀

      17 . Nov . 2017
    7. Azzahra R Kamila

      Aduh aslinya sih ada bekas jerawatan, concealernya menyelamatkan muka, hehehe

      17 . Nov . 2017
    8. Zahwa

      Bagusss ya hasilnya kaya pake filter kamera mekaplesss gitu smoooth, duh jadi pingin coba. Sayangnya yg ini di guardian nggak ada deh.

      zahwaaldila.blogspot.co.id

      17 . Nov . 2017
      • Azzahra R Kamila

        Iyaa hasilnya emang oke sih :D, makanya lumayan suka juga sama yang ini

        17 . Nov . 2017
    9. Judith RK Cholya

      Padahal udah shade paling gelap itu yaak, tp aku masih merasa itu keputihan di kulitku deh ahaha

      Heyyyyyjudeeeee.wordpress.com

      17 . Nov . 2017
      • Azzahra R Kamila

        Shade-ya nggak terlalu banyak sayangnya, cuma ada 4 gitu sih haha

        18 . Nov . 2017
    10. Liz

      Aku udah punya foundation ini, tapi formulanya krg cocok di aku hehe

      lizjuelita.com

      20 . Nov . 2017
    11. Ayurifa

      Wah, ada BHA nya yah, jadi penasaran, mampir guardian ah, semoga nemu ^^

      26 . Nov . 2017
      • Azzahra R Kamila

        Ternyata ada,mungkin masuk kategori active ingredients kali ya di sini ^^

        28 . Nov . 2017

    Leave A Comment

    Your email address will not be published. Required fields are marked *