in Beauty, Skin Care

[REVIEW] Avene Xeracalm AD Lipid-Replenishing Cleansing Oil, Alternatif Produk Penderita Eczema?

at
review-avene-xeracalm-cleansing-oil

Coming back with new post!  Buat yang kemarin ngikutin story saya, pasti tahulah ya, blog in sempat bermasalah karena keimpulsifan saya sendiri~ XD.  Untungnya setelah mencoba berbagai macam setting, blog ini bisa kembali up seperti semula, dan hopefully nggak akan ada masalah lagi ke depannya.  Nah, yang akan saya bahas kali ini adalah produk yang saya dapatkan dari Clozette Indonesia, Avene Xeracalm Cleansing Oil!

Sebetulnya, Avene sendiri statusnya bukan brand cruelty free.  Bertolak belakang banget sama misi yang saya usung di sini.  Tapi karena saya mendapatkan ini sebagai surprise treasure, ditambah lagi Dear Klairs Gentle Black Deep Cleansing Oil (klik di sini buat review!) saya udah abis, mumpung gratisan, pakai sajalah.

Avene sendiri mengklaim bahwa mereka sudah berhenti melakukan tes pada hewan, tapi kenyataannya, produk mereka masih dijual di China.  Sudah jadi rahasia umum bahwa pemerintah China menerapkan aturan bahwa kosmetik yang masuk ke sana perlu diuji ulang ke hewan, sehingga bisa dipastikan, kosmetik apapun yang masuk ke China, tidak bisa disebut cruelty free.  FAQ Avene bisa diakses di sini.

Avene Xeracalm Cleansing Oil 

Lalu bagaimana kesan pertama saya memegang botol ini?

Berat~XD.

Ini karena Avene Xeracalm Cleansing Oil sendiri memiliki bobot 400 ml, buat saya generous sekali, sih.  Sementara Dear Klairs Gentle Black Deep Cleansing oil hanya sekitar 100 ml.

Dalam panduan katalog yang saya dapatkan, Avene mengklaim produk ini cocok untuk:

  • Pemilik kulit hipersensitif
  • Kulit yang terasa gatal-gatal saat memakai produk lain
  • Sebagai stimulasi bagi pertahanan kulit
  • Penderita eczema dan atopic dermatitis, pemakaian di wajah dan tubuh

Jika kamu adalah pembaca lama, maka tentu ingat kenapa saya uring-uringan banget sepanjang Desember tahun lalu.  Ya, nggak tahu kenapa cuaca Bandung mendadak jadi panas banget, sampai 30 derajat Celsius!  Kulit saya sendiri termasuk yang rentan dengan perubahan cuaca, alhasil mendadak dehidrasi, bersisik, dan terasa gatal sekitar mulut dan hidung.  Saya mencoba COSRX  Hyaluronic Acid Hydra Power Essence dan COSRX BHA Returning A Sol untuk mengembalikan kondisi kulit.

Ingredients

AVÈNE THERMAL SPRING WATER, GLYCERIN, PEG-7 GLYCERYL COCOATE, DISODIUM LAURETH SULFOSUCCINATE, SODIUM COCOAMPHOACETATE, PEG-25 HYDROGENATED CASTOR OIL, CETEARETH-60 MYRISTYL GLYCOL, PEG-200 HYDROGENATED GLYCERYL PALMATE, LAURETH-3, COCO-GLUCOSIDE, AQUAPHILUS DOLOMIAE EXTRACT, ARGININE, CAPRYLYL GLYCOL, CITRIC ACID, EVENING PRIMROSE OIL, SORBIC ACID, TOCOPHEROL.

What You Should Know About The Ingredients

Berdasarkan COSDNA analysis, maka hasilnya adalah sebagai berikut:

avene xeracalm cleansing oil
via cosdna.com

 

Di sini ada beberapa bahan produk yang perlu di-highlight: 

  • Evening Primrose Oil, sejak dulu carrier oil ini dikenal sebagai bahan yang “ramah wanita.”  Buat yang PMS, ngalamin sakit di bagian payudara (biasanya akibat PMS), menopause, termasuk yang punya jerawat hormon dan punya kulit dehidrasi, cocok banget menggunakan carrier oil ini sebagai terapi [1]Carrier oil sebelumnya sudah saya bahas  di sini.
  • PEG-25 Hydrogenated Castor Oil, diproduksi dari castor oil dan castor oil yang sudah dihidrogenasi, proses ketika gas hidrogen digunakan untuk mengubah minyak nabati cair menjadi keras, atau lebih padat. Di India, castor oil digunakan sebagai praktek dari Ayuverda, digunakan untuk mengobati kulit serta memiliki kandungan antimikroba [2].
  • Caprylyl Glycol, bahan yang dikenal bisa menjadi pencegah mikroba berkembang biak di kulit [3].
  • Arginine, kita mengenalnya sebagai asam amino. Arginine bisa ditemukan di daging merah (sapi), daging ayam, ikan, dan produk susu. Arginine memiliki fungsi sebagai antiaging, memperbaiki dan mengencangkan kulit, serta mempercepat proses penyembuhan di kulit.
  • Tocopherol, atau kita mengenalnya sebagai vitamin E.
  • Citric Acid, berguna sebagai penetral pH kulit.

How To Use

  1. Tekan 1-2 pump ke tangan yang bersih, kemudian pijatkan minyak dengan lembut ke seluruh wajah. Utamakan daerah dahi, pipi, dan hidung selama 1 menit.
  2. Cuci wajah dengan air hangat.  Formula minyak akan berubah menjadi lotion creamy yang membantu untuk menghapus make up dan kotoran lainnya.  Gunakan second cleanser bila diperlukan. Tepuk wajah dengan handuk berbahan halus.

What This Product Tell Us

Sejujurnya, buat saya ini nggak bisa disebut cleansing oil. 

avene xeracalm cleansing oil

Dari pengalaman saya mencoba cleansing oil buatan Jepang dan Korea, tekstur dari Avene Xeracalm Cleansing Oil malah mirip dengan sabun.  Kalau saya bandingkan dengan Klairs, maka sejak awal teksturnya lebih ke arah lotion creamy yang kental.  Sehingga ketika bercampur dengan air, maka cleansing oil ini berubah fungsinya menjadi sabun berbusa.

Sementara ketika memakai Klairs, tekturnya memang  minyak.  Jauh lebih ringan dibanding Avene, dan saat ditemplok ke muka tidak terasa berat.

Avene menyatakan bahwa mereka menggunakan teknologi tinggi yang dinamakan dengan  DEFI system, yaitu pengemasan yang membuat isi dari kemasan itu tidak langsung terkontaminasi dengan udara.  Sebagaimana yang kita tahu, suatu produk memiliki jangka waktu kedaluwarsa lebih cepat ketika kontak dengan udara.

Bentuknya sendiri seperti ini:

 

avene xeracalm cleansing oil
via cosmeticsdesigneurope.com

DEFi system sendiri terbagi menjadi empat bagian.  Dilengkapi dengan struktur pump yang fleksibel, pump bisa diputar kanan-kiri untuk membuka dan menutup saat hendak memakai produk.  Jadi harusnya sih lebih higienis.  Apa iya?

Saya sendiri tidak tahu apakah klaim ini benar atau tidak, namun memang disebutkan bahwa Avene merupakan salah satu produk yang mematuhi regulasi kosmetik Eropa.  Regulasinya sendiri apa?  Yaitu preservative-free, sehingga dibutuhkan wadah yang sesuai agar bisa mencegah isi produk kedaluwarsa terlalu cepat.

Jadi, mungkin itu juga alasannya kenapa botol ini berat banget! Tapi jujur aja, menurut pandangan awam, saya kurang suka dengan pump-nya yang pendek.  Jika saya bandingkan dengan Klairs, pump-nya jauh lebih enak karena tinggi, jadi ketika mengeluarkan produk tidak meleber ke mana-mana.

avene xeracalm cleansing oil

Apakah pada saat dipakaikan ke muka berkhasiat?  Buat saya sih iya.  Klaim bahwa Avene dapat membantu eczema sekaligus kulit dehidrasi memang benar.  Setidaknya, kulit saya terasa agak lebih lembut setelah memakai ini, sebelum memakai second cleanser. Hasilnya cukup wow, sih, hampir setara dengan Klairs.  Buat saya, formula Avene agak sedikit lebih baik, mungkin karena ada kandungan thermal water-nya yang terkenal banget itu?

Lalu saya pun coba testing ke beberapa kosmetik yang saya punya:

avene xeracalm cleansing oil

 

Ki-ka:

  • Catrice Cosmetics The Modern Matt Collection Eyeshadow Palette
  • Mizzu Vaplicious Velvet Matte Glee 712
  • Catrice Cosmetics Ombre Two Tone Lipstick 010 Rockabily Rosewood 
  • Catrice Cosmetics Glam & Doll Volume Mascara
  • Etude House Drawing Show Brush Eyeliner Brown
  • Catrice Cosmetics Longlasting Brow Definer 030 Chocolate Brownie
  • Mizzu Perfect Wear Eyeliner Pen Black 
  • Catrice Cosmetics Beautifying Lip Smoother Cake Pop

Hasilnya setelah dihapus seperti ini:

avene xeracalm cleansing oil

Ternyata ketahanan Mizzu liquid lip matte dan Catrice Cosmetics lipgloss itu luar biasa!  Perlu ekstra usaha buat ngegosok sampai benar-benar hilang.

avene xeracalm cleansing oil

Price

Dengan Rp 638.000,  kamu bisa mendapatkan Avene sebanyak 400 ml.  Saya pakai sejak Agustus, kemungkinan habisnya itu sekitar 6 bulan.  Hitung-hitung investasi kira-kira 100 ribuan *kedip-kedip*.  Kamu bisa mendapatkannya di  Sociolla. Dengan voucher SBNLAJGN, kamu bisa mendapat potongan Rp 50.000 setiap pembelanjaan di atas Rp 250.000, tidak berlaku kelipatan.  Belanja di sini bebas ongkir, lho!

Will I Repurchase?

Karena gratis, saya akan menghabiskan sampai benar-benar kosong.  Alasan saya tidak membeli bukan karena produk ini nggak enak dipakai, tapi Avene masih menerapkan animal testing, sehingga lebih baik saya dukung brand yang memang cruelty free. 

Rating

4.5/5

Azzahra R Kamila

Her blog has a concern for cruelty free and halal products. Her skepticism makes her doing research about science behind beauty, as she wants to educate readers to carefully choose cosmetics ingredients before buying. In addition to beauty, she also likes to discuss slice of life as well as book reviews.

    6 Comments

    1. Zeilla Mutia Devi

      Aku termasuk yang lebih memilih cleansing oil untuk membersihkan make up. Biasanya aku pakai Cleansing Balm The Body Shop atau Hada Labo. Kalau merek Avene ini belum pernah coba sih, kelihatannya bagus banget untuk angkat sisa make up tapi sayangnya pricey banget haha.

      26 . Oct . 2017
      • Azzahra R Kamila

        Iyaah, aku juga kalo nggak gratis mungkin nggak belii haha

        26 . Oct . 2017
    2. winda

      Avene itu salah satu brand favorit aku loh, dan aku baru tau kalau dia ada cleansing oil juga, selama ini pakai facial mist dan sunblock nya doank hahahaa

      26 . Oct . 2017
      • Azzahra R Kamila

        Ada Mbak hehe, aku juga baru tahu. Lumayan sih ini enak sebetulnya, sayangnya nggak cruelty free

        26 . Oct . 2017
    3. Soviavinda

      Kapan yah aku bisa nyobain itu

      30 . Oct . 2017
      • Azzahra R Kamila

        Nabung dulu 100ribu perbulan wkwkwk, buat aku pun mahal

        30 . Oct . 2017

    Leave A Comment

    Your email address will not be published. Required fields are marked *