Beauty, Skin Care

[REVIEW] Adoree Paris Rice Cream Mask, Kosmetik Lokal Rasa Prancis!

byAzzahra R Kamila-
review-adoree-paris-rice-cream-mask

Baru-baru ini, Setterspace mengirim sebuah produk dari Adoree Paris, yaitu Adoree Paris Rice Cream Mask. Awalnya saya  mengira bahwa produk berukuran 20 ml ini adalah sample.  Namun, siapa sangka bahwa ini adalah versi fullsize-nya.

Oke, jamaah beauty enthusiast pun tercengang-cengang, haha.

Sebetulnya apa sih, yang bikin kosmetik mungil ini istimewa?

Adoree Paris Rice Cream Mask 

Adoree Paris adalah brand lokal yang ikut serta memeriahkan perkancahan skincare asli buatan Indonesia.  Keren, kan! Terus maksudnya rasa Prancis itu apa?  Adoree Paris diproduksi di Prancis, satu pabrik dengan produk-produk high end asal Prancis, yaitu Dior Skincare dan Chanel Make Up.

Jadi ini lho, yang bikin Adoree dikemas mungil, harganya juga termasuk high end untuk ukuran 20 ml!

Klaimnya sih, yang saya dengar, diperuntukkan mengatasi semua masalah kulit, mulai dari kulit sensitif, oily, jerawat, kering, termasuk flek.  Ini juga alasannya saya memilih rice mask.  Kemarin, saya melakukan skin analysis di booth Shiseido, dan katanya tingkat melanin saya cukup tinggi. Agak syok juga sih sebetulnya, tapi setelah saya ingat-ingat lagi, adalah wajar jika flek bisa muncul di kulit.  Sudah berbulan-bulan saya bolak-balik ngampus pakai motor, dan kalau pulang siang biasanya malas pakai sunscreen lagi. Ribet, hehehe (jangan ditiru!)

Ingredients

 

Aqua (Water), Kaolin, Cl 77891 (Titanium Dioxide), Bentonite, Glycerin, Oryza Sativa (Rice) powder, Phenoxyethanol, PPG-26- Buteth-26, PG-40 Hydrogenated Castor Oil, Xanthan Gum, Capryly Glycol, Chlorphenesin, Saxifraga Sarmentosa Extract, Vitis Vinifera (Grape) Fruit Extract, Cyamopsis Tetragoroloba (Guar) Gum, Parfum (Fragrance), Butylene Glycol, Lactic Acid, Sodium Metabisulfite, Sodium Sulfite, Morus Bombycis Root Extract, Scutellaria Baicalensis Root Extract, Disodium EDTA, Benzyl Benzoate, Oryza sativa (Rice) Starch, Coumarin, Hydrolyzed Rice Protein, Oryza Sativa (Rice) Bran Oil, Ethylhexylglycerin, Tetrasodium Glutamate Diacetate.

What You Should Know About Ingredients

As you can see, di bagian belakang produk tidak tercantum daftar bahan penyusun rice cream mask. Ukurannya mungil, gimana juga caranya nulis disitu, hehehe. Adoree Paris mengklaim bahwa  ini merupakan skincare beras yang bisa membantu mencerahkan kulit dan meregenerasi sel kulit agar selalu muda dan cerah.

Beneran enggak, sih?

Mari kita cek seberapa bagus skincare alami satu ini!

  1. Adoree Paris Skincare mengklaim bahwa produk mereka tidak berbahan kimia sama sekali.  Perlu diralat, bahwa yang dimaksud adalah produk ini tetap mengandung unsur-unsur kimiawi.  Kita pakai contoh saja, aqua yang menjadi salah satu bahan pembuat rice cream mask merupakan hidrogen atau H2O.  Itu saja sudah jadi senyawa kimiawi!  Jadi buat saya sendiri, rice cream mask mereka tetap mengandung bahan kimia.  Namun karena Adoree Paris merupakan brand yang memiliki prinsip natural botanical skincare, maka sebagian besar bahan kosmetiknya berasal dari tumbuh-tumbuhan.  Maka akan lebih baik jika disebutkan bahwa Adoree Paris Skincare mengandung bahan-bahan botanik alami ketimbang tidak mengandung bahan kimia.  Brand juga perlu mengedukasi konsumennya dengan benar!
  2. Terdapat kaolin dan Titanium dioxide!  Whitening agent terampuh sebetulnya berasal dari sini, meski beras juga memiliki antioksidan.  Dengan adanya kaolin, maka rice cream mask ini cocok dipakai bagi segala jenis kulit, karena kaolin aman dipakai oleh pemilik kulit sensitif.  Titanium dioxide merupakan whitening agent sekaligus penyerap sinar UV.
  3.  Dari salah satu laporan kumpulan penelitian yang didokumentasikan Oryza Oil & Fat Chemical Co. Ltd, Jepang, ditemukan bahwa gamma-oryzanol yang merupakan salah satu komponen antioksidan pada beras. Jika diaplikasikan ke kulit, efek yang diberikan adalah menambah suhu temperatur kulit sehingga produk skincare dari beras cocok digunakan saat musim dingin [1].
  4. Selain itu, produk skincare dari beras juga cocok digunakan bagi penderita atopic dermatitis dan juga kulit kering karena bisa mengurangi sekresi kelenjar minyak, namun di saat yang sama mampu   mengatur fungsi kelenjar minyak agar bekerja dengan baik.  Sebum yang merupakan pelembap alami kulit akan terbentuk sehingga menjaga kelembapan kulit kering [1].
  5. Oryza sativa sebagai antioksidan?  Sebetulnya, kandungan antioksidannya sendiri lebih lemah saat dibandingkan dengan salah satu jenis vitamin C yang dianggap antioksidan terbaik selain vitamin A, yaitu LAA (L-ascorbic acid).  Jadi, meski gamma-oryzanol bisa menyerap sinar UV, zat antioksidan LAA jauh lebih baik untuk menyerap sinar UV sehingga tidak penetrasi terlalu dalam ke jaringan kulit [1].
  6.  Scutellaria Baicalensis Root Extract, merupakan salah satu bahan yang terdapat pada rice cream mask. Ini merupakan tanaman herbal asal Tiongkok yang dikenal sebagai antioksidan dan antibakteri.
  7. Morus Bombycis Root Extract, merupakan salah satu bahan yang mengandung antioksidan tinggi dan memberikan efek antiradikal yang baik.
Baca Juga:  [REVIEW] O-Degree Shampoo: Solusi Sampo Anti Ketombe Parah?

Short Conclusions 

  1. Cukup banyak unsur antioksidan dalam rice cream mask, sehingga cukup bisa menyerap sinar UV.  Namun tetap saja jangan lupa pakai sunscreen!
  2. Cocok bagi semua jenis kulit, dan cocok digunakan saat musim dingin.
  3. Setelah meneliti masing-masing bahan, saya mendapati bahwa meski Adoree belum mendaftarkan rice cream mask ke LPPOM MUI, bahan-bahan ini aman untuk vegan juga bagi muslim.

What You Should Know About This Product

Jarang sekali ada brand lokal Indonesia yang sampai seapik ini!  Byana Maharani Putri, pencetus sekaligus founder dari Adoree Paris memang sudah cukup lama bergelut di bidang distribusi kosmetik Beverly Hills.  Jadi ketika ia memutuskan untuk membuat skincare sendiri, ia memiliki presisi yang baik dalam urusan kehigienisan kosmetik. Dan karena dalam bentuk tube, jadinya kita tidak perlu mencolek keluar produknya.

Baca Juga:  Haruki Murakami: Ketika Filosofi Menulis Adalah Berlari

Seperti yang terlihat, cream ini agak cair atau liquid.  Ini tentunya dipengaruhi oleh aqua atau water yang menjadi bahan kosmetik utama di produk ini.  Namun bukan berarti sifatnya watery, lho.  Karena sudah tergabung dengan kaolin, ketika mengaplikasikannya ke kulit, secara otomatis teksturnya berubah menjadi kering. Memudahkan bagi yang enggak suka kaolin clay dalam bentuk bubuk, hehehe.

Di sini terdapat parfum atau fragrance, yang biasanya dihindari oleh pemilik kulit sensitif.  Buat saya, fragrance bukan masalah.  Wanginya justru enak banget, semacam wangi gula dari nasi pulen baru matang! Bahkan setelah saya bilas, wangi itu masih tetap menempel di wajah.  Hanya sementara saja sih, hehe.  Hasil akhirnya begini.  Di cara pemakaian, diminta untuk dibiarkan 20 – 30 menit sebelum dibilas dengan air dingin.

Hasilnya gimana, sih?  Kulitnya jadi mulus banget kayak pantat bayi! Saya baru memakai ini sekitar 3 kali dalam 2 minggu, jadi masih belum terlihat banget efek pencerahan kulit secara cepat.  Apalagi saya juga pakai serum lactic acid, jadi flek hitam di pipi kanan cukup memudar karena bantuan serum juga.  Mari kita lihat setelah 6 minggu pemakaian, akan saya update postingan ini pada akhir April!

Saya sengaja mengoleskan sedikit saja rice mask ini ke kulit (selain karena sayang juga sih, kecil produknya, hehehe), tapi untuk ukuran tadi, cukup banget buat diaplikasikan ke muka seperti foto di atas.

Price

Buat saya ini agak pricey, Rp 400.000 untuk rice cream mask ukuran 20 ml. Perkiraan saya, rice cream mask ini akan habis dalam waktu sebulan.  Saat ini mereka belum bekerja sama dengan e-commerce lain dalam penjualan produk. Kamu bisa membelinya langsung  di website Adoree Paris.

Will I Repurchase?

Nope.  Buat saya, harganya tidak terjangkau.  Masih banyak alternatif lain jika saya ingin membeli produk di kisaran mid end dan low end. Namun saya menyarankan agar Adoree Paris juga menjual sample baik yang ingin mencoba terlebih dulu, jadi ketika sudah yakin bahwa produknya bagus, maka akan banyak yang membeli.

 

Rating 

4/5

Resources:

[1] Gamma Oryzanol Food and Cosmetic Ingredient ver 2.0, Oryza Oil & Fat Chemical Co.,Ltd., April 1, 2010.

Share:

Azzahra R Kamila

Her blog has a concern for cruelty free and halal products. Her skepticism makes her doing research about science behind beauty, as she wants to educate readers to carefully choose cosmetics ingredients before buying. In addition to beauty, she also likes to discuss slice of life as well as book reviews.

    4 Comments

    1. Gita

      Haaa mati lemes aku liat harganya hahaha. Tapi emang produk-produk high end mah segitu kayaknya ya

      26 . Apr . 2018
      • Azzahra R Kamila

        Gak dikasih Adoree mah aku juga gak akanlah beli wkwkw

        05 . Mei . 2018
    2. Sinta

      Mahal gila, mending beli skinfood rice wash off mask atau cosrx rice sleeping mask

      06 . Mei . 2018
    3. Sherlytha

      Aku pakai Adore juga tapi yang tonernya, tapi kayaknya maskernya bagus juga yah <3

      28 . Mei . 2018

    Leave A Comment

    Your email address will not be published. Required fields are marked *