in Beauty, Skin Care

Rekomendasi Face Wash Andalan untuk Kulit Kombinasi

at
rekomendasi-face-wash-kulit-kombinasi

Halo semua!  Sejak beberapa waktu lalu dikirim Senka oleh Sociolla, sebetulnya saya sudah kepo banget pengen ngukur pH-nya. Kebetulan saya juga memutuskan (baca: akhirnya hedon) membeli Ocean Fresh yang bentuk padat atau Face Bar.  Apa jadinya setelah saya bandingkan dengan si kesayangan Hadalabo Tamagohada, ya?

Untuk yang sebelumnya belum tahu tentang pH kulit, ada kontroversi yang lumayan jadi perdebatan hingga saat ini.  Apa memangnya? pH kulit kita normalnya itu sekitar 5.5.  Namun ada yang menyebut bahwa memilih sabun cuci muka tidak memiliki pengaruh terhadap pH.   Untuk tahu faktanya, kamu bisa membaca postingan saya soal pH kulit di sini:

a. Mengenal pH Kulit, AHA, BHA, dan Vitamin C

b. Daftar Merek Sabun Cuci Memiliki pH Rendah (Korea)

c. pH Sabun Cuci Muka Merek Lokal dan Drugstore (Hadalabo dibahas di sini)

 

Shiseido Senka Perfect Whip Cleansing Foam 

rekomendasi face wash kulit kombinasi

Ketika saya ikut giveaway yang diadakan oleh Senka Indonesia, sebetulnya perlu trik khusus untuk menciptakan foam sebesar yang ditampilkan di iklan.   Sesungguhnya untuk bisa menghasilkan busa sebanyak itu, kita perlu memakai foaming net atau bisa juga dengan net yang biasa kita pakai untuk mandi.   Jadi enggak cukup pakai tangan saja.

Berbeda dengan produk face wash dari Korea, tidak ada segel di bagian tube-nya.  Begitu juga dengan Hadalabo.  Mungkin memang ciri khas produk Jepang seperti ini, ya.  Tapi buat saya sih, ini enggak berpengaruh banyak terhadap kehigienisan.

 

Ingredients

WATER (AQUA)・STEARIC ACID・PEG-8・MYRISTIC ACID・POTASSIUM HYDROXIDE・GLYCERIN・LAURIC ACID・ALCOHOL・BUTYLENE GLYCOL・GLYCERYL STEARATE SE・POLYQUATERNIUM-7・FRAGRANCE (PARFUM)・DISODIUM EDTA・SODIUM BENZOATE・SODIUM METABISULFITE・SODIUM HYALURONATE・SERICIN・CITRIC ACID・POTASSIUM SORBATE・SODIUM ACETYLATED HYALURONATE・HYDROLYZED SILK

What Should You Know About The Ingredients

rekomendasi face wash kulit kombinasi

Yang biasanya bikin kita agak soak adalah ketika membaca “alcohol.”  Enggak salah tuh ada alkoholnya?  Bukannya bikin kering? Bukannya bahaya bagi kulit?

Jadi begini.  Sebetulnya alkohol itu ada banyak ragamnya.  Kalau saya baca di daftar Senka, yang termasuk alkohol adalah: alcohol dan Butylene glycol.  Bahaya enggak, sih?  Enggak.  Alkohol yang ada di produk ini adalah solvent.  Solvent maksudnya pelarut, alkohol memiliki fungsi merubah jenis zat suatu bahan.  Masing-masing zat yang ada di produk ini biasanya hanya terkandung 0.1-1% [1].  Karena itu, sebetulnya alkohol itu aman.  Industri kosmetik biasanya punya batasan dalam penggunaannya.

Selain itu, Senka juga mengklaim bahwa di produk mereka terdapat 2 jenis Hyaluronic acid.  Di sini, yang pertama adalah Sodium hyaluronate, yang kedua adalah Sodium acetylated hyaluronate.  Keduanya adalah nama lain dari Hyaluronic acid. Bedanya apa? Hyaluronic acid molekulnya lebih besar dibanding Sodium hyaluronate.  Itulah sebabnya Sodium hyaluronate lebih mudah penetrasi ke kulit, karena molekulnya lebih kecil.

Sementara itu, ada satu jenis lagi yang sudah dipatenkan oleh Shiseido, yaitu Sodium acetylated hyaluronate [2].  Mudahnya, SH ini sudah diproses sedemikian rupa, yaitu proses asetilasi.  Proses ini sebetulnya membantu SH atau HA tidak mudah mengalami degradasi karena lifetime dari HA atau SH itu sangat pendek [3].

Nah, yang bikin saya agak bingung klaim White Cocoon Essence yang disebut di Beauty Journal Sociolla itu agak misleading.  Karena Hydrolized silk sendiri sebetulnya adalah protein.  Hydrolized silk biasa ditemukan juga di produk perawatan rambut.  Sebetulnya hydrolisis sendiri berarti molekul protein itu terpecah-pecah menjadi lebih kecil.  Menurut Perry dari The Beauty Brains, sebetulnya protein ini tidak cukup bagus juga untuk moisturizing [4].  Efeknya tidak sebagus protein yang molekulnya masih utuh, namun memang ini memudahkan protein untuk membantu dalam moisturizing. Jadi sebetulnya klaim White Cocoon Essence membantu menghasilkan lebih banyak busa itu kurang tepat.  Surfactants yang membantu produk ini menghasilkan busa lebih banyak, karena Hydrolized silk adalah protein. Bukan surfactants.

 

Baca Juga:  [REVIEW] Avene Xeracalm AD Lipid-Replenishing Cleansing Oil, Alternatif Produk Penderita Eczema?

What You Should Know About The Product

rekomendasi face wash kulit kombinasi

Keunggulan produk ini adalah busanya.  Selebihnya, mohon maaf, Hadalabo tetap di hati, haha. Alasannya simpel, selain punya kulit kombinasi, saya juga punya kulit yang mengalami dehidrasi di bagian pipi dan sekitar hidung.  Kalau sedang parah, di sekitar mulut dan sisi hidung, akan timbul seborrheic dermatitis.  Maka memilih sabun cuci muka juga harus dilakukan secara cerdas.

Karena itu, saya cenderung memilih face wash untuk kulit kombinasi yang pH-nya mendekati pH kulit manusia normal. Sementara Senka itu pH-nya sekitar 7-8 (lebih cenderung ke 8).

rekomendasi face wash kulit kombinasi

Dari segi wangi, saya rasa ini cukup karena tidak menyengat dan wangi floral.  Sebetulnya tidak semua orang cocok dengan fragrance, jadi kalau memang sensitif dengan fragrance, carilah produk yang tidak mengandung fragrance sama sekali.

Ketika saya pakai, sebetulnya produk ini cukup baik, tapi tidak sampai mengangkat makeup dan debu sekaligus.  Saya lebih suka menggunakan metode double cleansing, karena sudah terbiasa juga, hehe. Setelah pakai, kulit saya agak tertarik di bagian sekitar hidung, tapi selebihnya ini cukup bagus.  Kulit saya aja yang rada bandel, hehe.

Overall, produknya cukup oke.  Dengan harga Rp 65.000, kamu bisa mendapatkan Senka ukuran 120 g di Sociolla.  Biar dapat diskon, kamu bisa pakai kode SBNLAJGN untuk diskon tambahan Rp 50.000 untuk setiap pembelanjaan Rp 250.000.  Gratis ongkir! 

 

Ocean Fresh Natural Face Bar

rekomendasi face wash kulit kombinasi

Produknya kecil banget!  Ini ukurannya 30g, bisa dengan mudah dipegang oleh ibu jari dan jari telunjuk.  Bentuk face wash ini memang solid atau padat. Tapi tidak sepadat sabun yang kita tahu. Teksturnya cukup unik, lebih mirip agar agar dalam bentuk lebih padat, warna kekuningan.

 

Ingredients

AQUA, VCO, SUCROSE, GLYCERIN, CHITOSAN, ALGAE EXTRACT, ESSENTIAL OILS

 

What Should You Know About The Ingredients

rekomendasi face wash kulit kombinasi

SIMPEL. 

Itu adalah kata pertama yang terlintas di benak saat membaca bahan-bahan produk ini. Bahan pengawetnya adalah essential oils.  Sebetulnya produk dengan bahan pengawet seperti ini memang tidak tahan lama, itu sebabnya disebut sebagai produk natural. Bagi sebagian orang, bahan pengawet esential oils itu bikin iritasi.

Lalu Chitosan adalah biopolymer sejenis selulosa yang ditemukan terutama di tulang luar dari hewan laut seperti udang, kepiting, atau lobster.  Enggak perlu takut enggak halal.  Apalagi sudah ada logo MUI-nya!  Saya lupa foto bagian produk berlogonya, haha. Apakah bisa melawan bakteri dan juga penyebab jerawat lainnya? Ya, sudah ada tiga jurnal saya temukan yang menyatakan Chitosan ampuh melawan P.acne.  Akan jauh lebih efektif jika suatu produk mengandung Chitosan dan Benzoyl peroxide.  Bagi yang suka jerawatan, pasti cukup akrab ya, dengan produk mengandung Benzoyl peroxide! [5],[6].

Baca Juga:  [TIPS] 5 Beauty Hacks Untuk Kamu yang Malas Dandan di Pagi Hari

Satu lagi bahan yang  mengandung bioaktif dan cocok digunakan bagi penderita atopic dermatitis adalah Algae extract.  Bahan ini sudah terbukti memiliki kemampuan dalam merawat kulit aging dan juga memutihkan kulit, diuji secara in vitro dan in vivo [7].

In vivo berarti uji coba sudah menggunakan organisme hidup, sementara in vitro uji coba dilakukan dengan menggunakan sampel seperti mikroorganisme, sel, gen, dan molekul lainnya.

 

What You Should Know About The Product

rekomendasi face wash kulit kombinasi

Sejujurnya, saya sendiri belum mencoba *lalu digeplak pembaca  XD.

Ini karena Hadalabo saya belum habis.  Jadi agak sayang juga “hambur-hambur” produk lain saat sabun cuci muka kesayangan juga masih ada setengah lagi. Review akan saya update setelah mencoba. Tapi saya bisa memberitahu pembaca satu hal.

rekomendasi face wash kulit kombinasi

Berapakah pH dari Ocean Fresh? Saya tidak menyangka, ternyata ada di kisaran 7-8. Sebetulnya produk ini memang tidak mengklaim pH balanced. Tapi setelah saya uji coba sekitar dua kali, ini dengan tepat menunjukkan di kisaran 7-8, sekitar 7-7.5. Untuk lebih pastinya, lebih baik disarankan membeli kertas lakmus yang satuan, tidak seperti kertas pH yang saya beli.

 

Kesimpulan

Apakah produk dengan pH tinggi sebaiknya dihindari?  Kalau menurut saya, sebaiknya, ya.  Tapi bisa jadi kita sudah fix suka dengan produk tertentu, dan sulit menemukan penggantinya.  Sebagai contoh, saya punya teman sesama blogger yang sampai sengaja menitip ke Jepang (ketika belum dijual di Indonesia) karena suka dengan Senka.  pH Senka itu adalah 8, maka termasuk sabun cuci muka yang sifatnya alkalin.  Maka solusinya adalah dengan menambah pH adjusting toner dalam rutinitas, gunanya untuk membantu menetralkan pH kulit sebelum memakai skincare yang lain.

Karena itu jika diurutkan untuk rekomendasi face wash untuk kulit kombinasi, bisa saya urutkan seperti ini :

  1. Hadalabo Tamagohada (review bisa dibaca di postingan sebelumnya).  In favorit saya, pH antara 5-6.
  2. Ocean Fresh Natural Face Bar. pH kisaran 7-8 (saya menduga lebih ke 7).
  3. Shiseido Senka Perfect Whip Cleansing Foam. pH 8.

 

P.S: Bagi yang pernah membaca bahwa kulit berminyak berarti pH kulitnya terlalu rendah atau kulit kering berarti pH kulitnya terlalu tinggi, saya masih belum menemukan sumber yang terpercaya.  Jadi untuk sementara saya mengusulkan tetap memakai face wash atau sabun cuci muka yang pH-nya di kisaran 5.5 – 7. 

Ulasan 3 face wash ini adalah Beauty Post Collaboration di minggu ke 3 bersama teman-teman untuk collablogging KBBV atau Komunitas Beauty Blogger & Vlogger. Teman saya Sara Neyrhiza bikin ulasan tentang face wash Laneige.  Kamu bisa baca dengan klik link namanya!

Azzahra R Kamila

Her blog has a concern for cruelty free and halal products. Her skepticism makes her doing research about science behind beauty, as she wants to educate readers to carefully choose cosmetics ingredients before buying. In addition to beauty, she also likes to discuss slice of life as well as book reviews.

    9 Comments

    1. Timothy Christian

      helloo~ thank you for your beauty blog, sangat membantu aku

      26 . Jan . 2018
    2. Rani Oktavia

      Waaah 2 produk kita sama XD
      Aku juga suka banget sama Hada Labo dan Senka. Untung harganya terjangkau ya, jadi kalau beli lagi gak usah pusing urusan harga hehe

      ranioktavia.com

      27 . Jan . 2018
    3. Turquoispeachbeauty

      ini lengkap banget sih informasinya 🙂 makin penasaran sama senka krn banyak banget yang bilang bagus

      27 . Jan . 2018
    4. Sara Neyrhiza

      Dapet insight baru nih untuk cari produk dengan PH yang sesuai..
      Karna memang selama ini gak pernah ngeh dengan indikator keasaman ini. Yang penting cocok aja..

      BTW, aku pengen nyoba Senka. Tapi susah nemunya di offline store.

      28 . Jan . 2018
      • Azzahra R Kamila

        Iya, aku juga nemu yang resmi paling di Sociolla aja 😀

        28 . Jan . 2018
    5. Carnellin

      Itu perfect whip baru masuk indonesia nge hits banget yaa.

      28 . Jan . 2018
    6. Demia kamil

      Aku pengen banget nyobain yg hada labo

      28 . Jan . 2018
    7. Wahyu idah

      Thank you kak sangat bermanfaat dan membantu

      Ig = @Wahyu_idah

      28 . Jan . 2018
    8. Abby Onety

      Good share. Jadi tahu macam kosmetik yg sesuai ma pH wajah

      07 . Feb . 2018

    Leave A Comment

    Your email address will not be published. Required fields are marked *