in Beauty, Body Care

[REVIEW] Perbandingan Sampo The Bath Box Rose&Mary & Surprise Honey!

at
perbandingan-sampo-the-bath-box

Nyari sampo khusus penderita seboraik dermatitis susah susah susah . Padahal saya udah nemu alternatif untuk perawatan wajah, tapi perjalanan mencari sampo holy grail rupanya masih butuh waktu panjang.  Yup, bahkan setelah nyoba sampo dari The Bath Box  pun masih belum begitu puas.

sampo handmade

Untuk yang belum tahu apa itu seboraik dermatitis, itu adalah kondisi di mana kamu mengalami suatu kondisi kronis di kulit kepala, telinga, wajah (sekitar mulut dan hidung) mengalami kulit kemerahan dan kulit kering kayak ketombe.  Banyak ahli yang sepakat bahwa ketombe di kepala pun sebetulnya merupakan SD yang ringan.

Bedanya dengan ketombean, saya nggak ngerasa gatal-gatal di kulit kepala sama sekali.  Dan saya orangnya cukup rajin keramas, bisa sampai 3-4 kali seminggu.  Terus apa, sih, alasannya bisa terus-menerus ada flaky skin di kulit kepala?  Para ahli berpendapat bahwa ini disebabkan oleh jamur Malasezia yang beranak pinak dan menyebabkan timbulnya ketombe.

Sebelumnya saya sudah review The Bath Box , yaitu Oat Series, tapi karena kepo dengan sampo-sampo lainnya, maka saya sengaja beli Surprise Honey!  dan Rose&Mary.  Untuk Rose&Mary kebetulan saat beli di awal April 2017 ada kemasan kecil, jadi saya memutuskan untuk testing dulu apakah cocok atau tidak.

Surprise Honey!

sampo handmade

Saya udah terlanjur cinta dengan Oat Series, sayangnya karena itu untuk mengembangkan rambut agak kurang cocok. Secara formula, sampo dari Oat Series lebih bisa menghaluskan rambut.  Pertanyaannya:  apakah Surprise Honey!  juga serupa?

Dari segi kemasan, ukuran terbesar untuk sampo Surprise Honey! maupun Rose&Mary hanya 230 ml.  Mengingat bahwa The Bath Box hanya memproduksi sampo handmade langsung saat ada yang memesan, agak wajar sih nggak sampai 300 ml atau 500 ml seperti sampo-sampo buatan pabrik.

Ingredients

Water, Linum Usitatissimum Mucilage, Sodium Laureth Sulfoacetate, Cocamidopropyl Betaine, Citrus Medica Limonum Juice, Wheat Amino Acids, Soy Amino Acids, Arginine HCl, Serine, Threonine, Pelargonium Graveolens, Rosa Demascena Oil, Lavandula Officinalis Oil, Propylene Glycol, Diazolidinyl Urea, Iodopropynyl Butylcarbamate.

Saya nggak akan bahas panjang lebar terkait ingredients, karena sudah pernah dilakukan di sini. Alasan terbesar kenapa saya membeli ini karena tipe rambut dan kulit kepala saya kering, jadi beranggapan bahwa Suprise Honey! mungkin jawabannya.

How To Use

sampo handmade

Ambil secukupnya dan usapkan ke rambut, gosokan ke rambut sampai berbusa, lalu bilas hingga bersih.

Namun berhubung ini sampo handmade, maka agak tricky untuk membuatnya berbusa.  Supaya mengeluarkan busa, maka perlu keramas dua kali. Saya hanya keramas sekali karena sudah terbiasa memakai metode no-poo shampoo. 

What This Product Tell Us

Kamu punya rambut yang sangat kering dan rusak? Jangan sedih, sayang! Karena kami punya kejutan untuk kamu dalam sebotol madu calliandra yang lezat! Shampo ini diformulasikan secara khusus untuk membuat dan memelihara rambut agar tetap kuat dan berkilau, serta menjaga agar kulit kepala tetap sehat. Madu sangat bermanfaat untuk rambut, madu bisa dengan lembut membilas rambut dan memberikan tubuh yang kuat untuk rambutmu, serta menambah kilau dan kelembaban. Diperkaya dengan jus lemon yang dapat menghilangkan ketombe dan merawat kulit kepala yang gatal, keratin untuk melindungi rambut dari kerusakan, dan campuran minyak esensial geranium, lavender, mawar untuk memberikan energi untuk rambut kamu serta menambah aroma menggoda untuk rambut. 

Ini saya kopas dari website-nya.  Apakah sesuai dengan deskripsi?  Kalau buat saya sih, nggak.

Tipe rambut saya memang tipe kering, tapi rasanya sampo ini memang khusus untuk yang benar-benar memiliki rambut rusak.  Pasalnya, setelah saya keramas pakai ini, beberapa hari kemudian rambut saya malah jadi jauh lebih kering dari biasanya.  Dan sama sekali nggak mengatasi masalah seboraik dermatitis, malah makin “deras” aja turun dari rambut.  Yup, sayang sekali.

Berhubung harganya agak mahal, meski kecewa tetap saya pakai selama kurang lebih 4 bulan.  Saya beli Surprise Honey!  pada Desember 2016.  Dengan intensitas keramas 3-4 kali sehari, sampo ini habis pada April 2017.

Price

Untuk ukuran sampo hanya 230 ml ini mahal banget!  Saya beli seharga Rp 150.000 langsung di website The Bath Box.

Will I Repurchase?

Nope, karena benar-benar nggak cocok.

Rating

1/5

Rose&Mary Series

sampo handmade

Berhubung sangat kecewa dengan pendahulunya, inilah yang membuat saya memutuskan untuk membeli tester-nya terlebih dulu. Ukurannya mini, hanya 50 ml.  Saat saya lihat-lihat website, Rose&Mary saat itu dijual bersama dengan conditioner, jadi saya memutuskan untuk mencoba kedua-duanya.

sampo handmade

Ingredients Rose&Mary Shampoo

Water, Linum Usitatissimum Mucilage, Sodium Laureth Sulfoacetate, Mel, Cocamidopropyl Betaine, Babassu Oil Glycereth-8 Esters, Oryza Sativa Extract, Hydrolyzed Oats Protein, Hydrolyzed Wheat Protein, Citrus Sinensis Oil, Rosmarinus Officinalis Oil, Pelargonium Graveolens Oil, Lavandula Officinalis Oil, Cananga Odorata Flower Oil, Benzyl Alcohol, Benzoic Acid, Dehydroacetic Acid.

Ingredients Rose&Mary Conditioner

Water, Behentrimonium Methosulfate, Cetyl Alcohol, Ribes Nigrum Seed Oil, Simmondsia Chinensis Seed Oil, Butylene Glycol, Mel, Citrus Sinensis Oil, Rosmarinus Officinalis Oil, Pelargonium Graveolens Oil, Lavandula Officinalis Oil, Cananga Odorata Flower Oil, Benzyl Alcohol, Benzoic Acid, Dehydroacetic Acid.

Agak-agak mirip dengan Surprise Honey!, bedanya untuk sampo ini  memiliki kandungan rosemary oil.  Rosemary oil sendiri sangat bermanfaat bagi yang memiliki ketombe, karena memiliki sifat antibakteri dan antijamur.  Apakah memang sesuai dengan iklannya?

How To Use

sampo handmade

Sampo: Ambil secukupnya dan usapkan ke rambut, gosokan ke rambut sampai berbusa, lalu bilas hingga bersih.

Conditioner: Setelah keramas, oleskan kondisioner ke seluruh rambut kamu, terutama pada bagian ujung. Bilas sampai bersih dan selesai!

Sama seperti Suprise Honey!, bagi yang belum terbiasa sebaiknya keramas 2 kali.  Teksturnya sama dengan sampo Surprise Honey! agak lebih cair dari sampo biasa.  Namun yang ini warnanya agak bening, dan baunya agak lebih bisa ditolerir daripada Surprise Honey! yang baunya mirip minyak nyong nyong .

sampo handmade

Sementara untuk tesktur conditioner-nya agak lebih thick.  Oya, karena cara menuangkannya bukan pump seperti model sampo Surprise Honey!, maka perlu menekan tutup botol sampai terbuka. Untuk mengeluarkan sampo relatif gampang, tapi saat mencoba mengeluarkan conditioner susahnya minta ampun.  Saya sampai harus buka tutup botolnya dan kocok-kocok macem ngocok botol sambal baru sampai isinya bisa tumpah ke tangan.

What This Product Tell Us

Jika alam semesta terdiri dari 5 elemen agar menjadi seimbang, shampoo ini terdiri dari 5 minyak esensial (rosemary, jeruk manis, lavender, geranium dan ylang – ylang) yang dapat membantu menyeimbangkan rambut kamu! Ros & Mary Shampo ini juga diformulasikan dengan wild honey, minyak babassu dan linseed mucilage yang dapat menambah kelembaban dan kilauan pada rambut kamu sekaligus menjaga kulit kepala agar tetap sehat sepanjang hari. Minyak esensial membantu memperkuat rambut, dan formula bebas silikon pada shampoo ini membantu untuk menghaluskan serat rambut dan memperbaiki rambut yang rapuh dari akar sampai ke ujung. Sambutlah rambut bersinar menyilaukan, kuat dan juga halus!

Ini saya kopas dari website-nya.  Apakah sesuai dengan deskripsi?

Buat saya sampo Rose&Mary ini agak jauh lebih baik daripada yang terdahulu.  Setidaknya saat saya coba pakai selama beberapa hari, nggak bikin rambut jadi kering banget.  Lebih karena terbantu dengan pemakaian conditioner, karena kalau nggak rambut saya nggak akan jadi smooth.  Malah saya jauh lebih surprise dengan conditioner-nya yang menurut saya asik banget dipakai!

Tapi apakah mengatasi masalah seboraik dermatitis? Hmm, setidaknya agak jauh lebih baik daripada Surprise Honey!, namun ini tetap bukan sampo holy grail saya.  Mesti cari lagi.

Saat saya pakai keduanya, saya mulai dari awal April hingga akhir April 2017.  Saya pakai hanya 2-3 kali seminggu berhubung ngehemat .  Tapi dengan tester seperti ini, untuk tipe rambut pendek cukup untuk 1 bulan.  Untuk tipe rambut semi panjang hanya 2 minggu, sementara yang rambutnya panjang sepunggung seminggu juga kayaknya bakalan abis .

Price

Untuk ukuran sampo dan conditioner 50 ml, lagi-lagi termasuk mahal. Saya beli seharga Rp 100.000 langsung di website The Bath Box. Yap, jadi masing-masing seharga Rp 50.000.

Will I Repurchase?

Sejauh ini saya lebih berminat membeli lagi conditioner-nya.

Rating

2/5 untuk sampo dan 3.75/5 untuk conditioner

Azzahra R Kamila

Her blog has a concern for cruelty free and halal products. Her skepticism makes her doing research about science behind beauty, as she wants to educate readers to carefully choose cosmetics ingredients before buying. In addition to beauty, she also likes to discuss slice of life as well as book reviews.

    Leave A Comment

    Your email address will not be published. Required fields are marked *