in Beauty, Make Up

[REVIEW]Perbandingan BB Cushion Korea: Innisfree vs Iope vs Laneige

at
perbandingan-bb-cushion-korea-innisfree-vs-iope-vs-laneige

Saya tahu, kayaknya telat banget gitu deh baru bahas IOPE Air Cushion Matte Longwear sekarang!  Yup, cushion ini sebetulnya diluncurkan tepat pada tahun 2016, digadang sebagai generasi keempat, menggantikan versi tahun 2015.  Saya sendiri baru tertarik nyoba tahun ini, setelah cushion Laneige saya habis. Lalu, apa bedanya dengan cushion-cushion sebelumnya?

via beautyboxkorea.com

Packaging tentu saja berubah seiring berganti generasi.  Jika dibanding dengan generasi sebelumnya, bentuk cushion ini cenderung lebih bulat, dengan ukuran cushion dan puff yang sama-sama mengecil. Bentuk sponge untuk tahun 2016 seperti sarang lebah, sementara yang terdahulunya plain abis, persislah ya kayak versi Laneige tahun 2014.  Ada 4 jenis cushion yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan kulit, yaitu moisture lasting, natural glow, matte longwear, dan intense cover. Catridge IOPE tahun 2015 memiliki bentuk yang persis dengan generasi Laneige tahun 2016.  Ini sebabnya kamu nggak akan bisa beli refill-nya aja kalo mau nyoba, nggak akan ngepas  (harus diakui strategi marketing Amore Pacific emang ngeselin).

via elinviana.com

Saya sendiri sudah cukup lama kepo dengan IOPE, karena brand ini salah satu pelopor BB cushion. Banyak yang mengklaim hasilnya yang sangat bagus di kulit.  Sebagai cewek yang kemakan iklan   udah pasti saya pengen nyoba jenis cushion-cushion lainnya, dong! 

Tapi berhubung  udah basi (^^;) saya lebih tertarik membahas perbandingan shade dari setiap brand yang cocok dengan warna kulit saya, yaitu NC 30, warm tones.  Buat yang masih bingung menentukan skin tone, bisa lihat pembahasannya di sini:

Do You Have Warm or Cool Undertones? Here’s How To Tell What Colors Look Best On You

Atau bisa lihat contoh foundation dari gambar berikut:

via lipsnberries.com

IOPE Air Cushion Matte Longwear  

bb cushion korea

Versi Laneige yang saya punya adalah Snow BB Cushion.  Yup, jadul banget, dan udah nggak diproduksi lagi sejak Laneige Pore Control BB Cushion diluncurkan tahun 2015. Dulu saya beli gara-gara didiskon 50% di La*ada (yang kampretos abis, berhubung saya baru tahu masa kadaluarsa cushion yang nggak dibuka ternyata 3 tahun).  Jadi saat saya beli cushion itu tahun awal 2016, sebetulnya itu udah mendekati masa kadaluarsa.  Cushion berikut refill-nya hanya bisa bertahan sekitar 6-8 bulan untuk saya pakai.  Di awal tahun 2017, muka saya jadi penuh jerawat gara-gara barang kadaluarsa .  Sejak saat itu kapok banget belanja murmer di sana.

Cushion yang saya beli adalah shade N23.   IOPE memiliki 4 jenis shade, yaitu: 13, 21, 23, 31 di mana shade tersebut memiliki 3 jenis tone: cool, neutral, warm. Saya nggak pakai acara mikir dulu pas beli , begitu lihat warna 23 langsung aja beli.  FYI, untuk NC30, shade yang cocok dari  IOPE adalah W21 dan W23.  Nah, terus kenapa saya beli N23?  Karena dicari ke mana-mana, yang dijual itu N21 dan N23.  Bahkan di Althea pun yang dijual hanya dua shade ini.

bb cushion korea

Tapi setelah saya coba nggak begitu kayak topeng, sih.  Lucunya, justru muka saya jadi kelihatan bersih banget setelah nyoba satu layer .  Nggak ngerti juga apa ini pertanda bagus atau bukan, lol.

bb cushion korea

What I Think

Saya suka banget sama cushion ini!  Wajarlah ya kalau sampai disebut juara di antara cushion (seenggaknya yang dijual di Indonesia).  Walaupun rada kuciwa nggak ada yang khusus untuk warm tones, seenggaknya nggak  zonk. Untuk kulit kombinasi, saya rekomendasiin ini karena beneran tahan di kulit dengan hanya sedikit berminyak sekitar 6-8 jam (untuk tempat tinggal dengan suhu 21 – 28 derajat Celcius).

Tapi untuk coverage ini light banget, jadi bekas jerawat saya yang cystic susah ketutup.  Dan berhubung hidung saya adalah sumber dari segala kejahatan (baca: seborrheic dermatitis), saya masih perlu concealer buat nutupin kemerahan di sekitarnya. Untuk bekas jerawat biasa (yang ada mata), masih bisa tertutup cukup baik.

Comparison: IOPE vs Laneige vs Innisfree

bb cushion korea

Perbandingan ini adalah antara Laneige No 23: Sand Beige, IOPE N23, dan Innsifree N23.

 Innisfree Longwear Cover Cushion N23IOPE Air Cushion Matte Long Wear N23Laneige Snow BB Cushion / Pore Control BB Cushion No. 23 Sand Beige
CoverageLight - medium. Kurang bisa menutup bekas jerawat cystic dan lingkar kantong mata. Saat touch up tidak tampak cakey.Light - medium. Kurang bisa menutup bekas jerawat cystic. Cukup bagus untuk menutup lingkar kantong mata. Saat touch up tidak tampak cakey.Light - medium. Kurang bisa menutup bekas jerawat cystic. Cukup bagus untuk menutup lingkar kantong mata. Saat touch up tidak tampak cakey.
Formula/ShadeTidak memiliki wangi khas. Shade cushion kurang menyatu, agak lebih terang dari warna kulit. Hasil matte.Punya wangi mirip sampo anti-dandruff ^^;. Shade cushion agak lebih terang dari warna kulit. Hasil matte.Wangi khas parfum bunga. Shade cushion sama dengan warna kulit. Hasil matte cenderung satin.
PackagingBentuk catridge cenderung flat. Terbuat dari plastik sehingga permukaan catridge kurang mulus. Puff agak keras sehingga sulit diaplikasikan.Bentuk catridge memiliki lekukan. Lebih mulus sehingga enak dipegang. Puff yang kecil memudahkan dalam aplikasi.Bentuk catridge dilapisi kaca. Lebih besar dari versi sebelumnya. Puff cukup bagus untuk aplikasi.
PriceLow end, cukup terjangkau. Kisaran Rp 220.000 - Rp 270.000. Tidak termasuk refill.Mid end. Kisaran harga Rp 350.000 - Rp 450.000. Termasuk 1 refill.Mid end. Kisaran harga Rp 350.000 - Rp 450.000. Termasuk 1 refill.

bb cushion korea

Untuk IOPE dan Innisfree.

bb cushion korea

Saya ngefotonya agak sore sih jadi nggak begitu kelihatan perbandingannya . Dari tabel tersebut, udah pasti IOPE juaranya bagi saya ^0^

Price

Saya beli IOPE cushion tanpa refill seharga Rp 299.000 di Drezz Code, Tokopedia. Yup, mahal abieez. Tapi berhubung saya bisa awet make ini sekitar 8-9 bulan, nggak ada salahnya sih investasi #ngeles

Will I Repurchase?

Saya masih nyari cushion dengan coverage oke dan cocok dengan kulit kombinasi sekaligus murah (banyak amat maunya, haha).  Ada satu cushion yang lagi saya incar, yaitu Lalavesi.  Kalau lihat review super lengkapnya di sini, Lalavesi juaranya buat semua jenis kulit!  Tapi rada susah nyarinya, karena Althea masih belum menyediakan Lalavesi di daftar produk (ditambah lagi belum yakin ini no animal testing; kriteria saya beli produk emang banyak maunya ). Saya sempet nemu di Blanja.com, harganya kisaran IOPE sama Laneige, lumayan mahal 

Saya bakal repurchase setelah nemu shade W21 atau W23. Laneige sebetulnya lebih cocok buat saya dari segi shade, tapi karena ini dan itu (alias tukang nyoba), saya pengen berburu lagi yang lebih bagus.

Rating

4.5/5

Share:

Azzahra R Kamila

Her blog has a concern for cruelty free and halal products. Her skepticism makes her doing research about science behind beauty, as she wants to educate readers to carefully choose cosmetics ingredients before buying. In addition to beauty, she also likes to discuss slice of life as well as book reviews.

    8 Comments

    1. Chie

      Mau nanyaa..bedanya iope yang matte long wear dan natural glow apa yah? Makasihhhh

      29 . May . 2017
      • Azzahra R Kamila

        Bedanya lebih ke arah finishingnya sih, mau yang gimana? Kalo kulit glowingnya orang Korea itu pake natural glow. Tapi sejauh ini aku prefer matte berhubung kombinasi. Setelah make, yang berminyak itu bagian hidung aja yang paling keliatan ^^
        Kalo mau coveragenya bagus banget belinya Intense Cover Finish

        30 . May . 2017
    2. herlina

      nice review….sy lagi bingung beli laneige/iope…soalnya muka sy berminyak bgt…ada saran sis?

      23 . Jul . 2017
      • Azzahra R Kamila

        Laneige sama IOPE sama-sama bagus, sis, tapi kalo di Indonesia agak susah nyari yang W23. Adanya itu yang dijual N23. Kalo misal sis kulitnya kayak saya, tipe NC30 warm undertones lebih disaranin pake Laneige soalnya ada shade-nya yang cocok, yaitu shade 23.

        23 . Jul . 2017
        • herlina

          yg IOPE ini jadinya lebih matte ya sis ketimbang laneige?

          24 . Jul . 2017
          • Azzahra R Kamila

            Nggak juga sih, dua duanya ada versi matte. IOPE yang matte itu namanya Matte Longwear, kalo Laneige yang matte itu Laneige Pore Control. IOPE rada susah di pasaran, termasuk yang cocok sama warna kulit orang Indonesia. Kalau agak putihan nggak apa apa coba IOPE N23 atau Laneige 21, tapi kalo lebih sawo matang, mending beli Laneige 23 aja. Soalnya lebih gampang didapat.

            24 . Jul . 2017
            • herlina

              oke sis,,makasiiy ya sarannyaa…

              24 . Jul . 2017
            • Azzahra R Kamila

              Sama sama 🙂

              24 . Jul . 2017

    Leave A Comment

    Your email address will not be published. Required fields are marked *