Beauty

Beautiesquad April Makeup Challenge: Barbie Doll Look

byAzzahra R Kamila-
makeup-challenge-barbie-doll-look

Hi semua!  Akhir-akhir ini lumayan banyak yang dikerjain, jadi baru sempat menulis lagi.  Ngebut pula, haha. Saya ikut kolaborasi bersama dengan Beautiesquad lagi, kali ini temanya adalah Barbie  Doll Look!

Beautiesquad Barbie Doll Look

barbie doll look

Sudah dua bulan saya mangkir ikutan challenge 😛 😛 , jadi saat ikut lagi tangan saya rada kaku.  Soalnya udah lama enggak megang kuas, haha.  Brush yang paling saya sering pakai cuma foundation, powder, dan blush 😛 .

Untuk melatih diri, makanya saya ikut kolaborasi pada bulan ini. Awalnya agak bingung juga sih mau bikin kayak gimana, tapi akhirnya saya mengambil inspirasi dari Barbie Hijab.

Eh, udah tahu kan, ya, ada edisi Barbie Hijab?

Mattel baru meluncurkan Barbie Hijab tahun kemarin.  Sebetulnya ada sedikit kontroversi juga lho, terkait peluncurannya.  Jadi, boneka ini sebetulnya terinspirasi oleh Ibtihaj Muhammad, seorang muslimah yang juga atlet anggar yang memenangkan Olimpiade tahun 2016.  Nah, Mattel membuat boneka ini dalam versi serba tertutup, alias tidak menggunakan pakaian seksi yang kerap kita lihat dipakaikan pada boneka Barbie.

Kenapa sih, jadi kontroversi?

barbie doll look
via abcnews.go.com

Senior VP di Mattel ingin agar image perusahaan mereka sedikit berbeda dengan peluncuran Barbie Hijab.  Ada satu line bernama Shero Doll; line boneka ini khusus dibuat sebagai bentuk penghargaan terhadap perempuan yang bisa “menembus” batas. Memangnya apa yang dilakukan Ibtihaj sampai dibuatkan boneka penghargaan untuknya?

Dikisahkan, Ibtihaj dulunya termasuk perempuan muslimah yang selalu memakai pakaian sangat tertutup.  Agak sulit memilih olahraga yang bisa ia ikuti, karena di Amerika Serikat, seperti yang kita tahu, seragamnya cukup terbuka.  Saat melihat olahraga anggar, ibu Ibtihaj menganggap anggar bisa menjadi keahlian yang ditekuni oleh putrinya.

Baca Juga:  4 Cara Membaca Label Kosmetik, Sesuaikan dengan Kebutuhan Kulit!

Namun NY Post, koran harian New York, dan juga sejumlah narasumbernya yang  liberal menganggap bahwa itu termasuk pelecehan atau penistaan terhadap wanita.  Seandainya boneka yang diciptakan melambangkan perempuan Kristen fundamentalis, atau mungkin perempuan dari golongan Hasidic Yahudi, ini “seolah olah” menegaskan bahwa kebebasan perempuan menjadi terbelenggu akibat keharusan memakai pakaian serba tertutup.

Well, jadi intinya sih, pada feminis aliran liberal menganggap kalau serba tertutup itu pengekangan atas emansipasi yang mereka gaungkan selama ini.  So bullshit sih menurut saya, hahaha.  Soalnya ya, kalau mau tahu, kenyataan yang ditutupi kalangan feminis terkait kampanye mereka itu kayak gini sih: Posisi Perempuan: Feminisme Atau Emansipasi?

Eniwei, saya sendiri enggak menganggap memakai hijab itu pengekangan, sih.  Terlepas dari fakta bahwa saya pun memakai kerudung. Ibtihaj, dengan “keterbatasan” yang harus dipatuhinya saja bisa menang Olimpiade. Bagian mananya sih, yang sebetulnya merupakan pengekangan kebebasan ekspresi?  Kalau pengen kebebasan untuk telanjang dimana-mana, kenapa juga tidak boleh ada kebebasan untuk menutup diri serapat-rapatnya?

Makeup From Face To Lips

barbie doll look

Ok, nah, selama proses merias diri, saya butuh waktu 2 jam.  Haha, ribet, ya. Padahal kalau dilihat, makeup-nya sendiri enggak terlalu “wow” ala Barbie banget.  Ya udahlah ya, anggap aja Barbie Hijab.

Saya sendiri lebih memprioritaskan makeup mata.  Ini merupakan bagian terpenting, karena kalau Barbie tidak pakai makeup, bakalan bikin syok, haha.  Ini contoh Barbie tanpa makeup.

barbie doll look

Untuk makeup mata, saya memutuskan untuk niron atau nyontek eye makeup yang ada di Pinterest. Ini contohnya.

Baca Juga:  Beautiesquad November Makeup Challenge: Birthday Makeup Look

barbie doll look

Face

Face Recipe Vitamin Spray

Canmake Smooth Skin Primer Makeup Base

Canmake Perfect Serum BB Cream 02

Beauty Creations HD Flawless Banana Powder (saya pakai ini sebelum BB cream dan setelah BB cream.  Hasilnya nampol banget, 4-6 jam hanya bagian hidung saja yang berminyak!)

Catrice Cosmetics Multi Matt Blush On 020

Eyes 

Mineral Botanica Eyebrow Pencil (Black)

Beauty Creations Eyeshadow Palette Irresistible

Artisan Pro Eyelashes Classiques Natural

Catrice Cosmetics Glam and Doll Mascara

Silkygirl Perfect Sharp Eyeliner Pen (Black)

Lips

Catrice Cosmetics Camouflage Cream 020

The Body Shop Matte Lip Liquid Nairobi Camellia 034

Mizzu Vaplicious Velvet Matte Glee

And done!  Produk yang saya pakai enggak terlalu banyak, tapi tahapannya lumayan, haha.  Saya sendiri sebetulnya jarang full makeup, kecuali buat kondangan.

Jangan lupa cek blognya  Raden Ayu yuk, dia juga punya style makeup-nya sendiri, loh!

Style makeup temen-temen lain juga nggak kalah cantik!  Bisa dikepoin nih di sini:

barbie doll look

Buat kamu yang tertarik buat ikut makeup challenge, yuk gabung di Beautiesquad! Caranya gampang, tinggal follow Instagram, like Facebook page-nya, dan ikut komunitasnya.  Pastikan kamu punya blog ya, karena sementara ini Beautiesquad hanya menerima beauty blogger!

Fanpage: Beautiesquad 

Facebook Group: Beautiesquad

Instagram: Beautiesquad

 

 

Share:

Azzahra R Kamila

Her blog has a concern for cruelty free and halal products. Her skepticism makes her doing research about science behind beauty, as she wants to educate readers to carefully choose cosmetics ingredients before buying. In addition to beauty, she also likes to discuss slice of life as well as book reviews.

    5 Comments

    1. Dwi ningrum

      Simple barbie makeup ,

      30 . Mar . 2018
    2. Titah Ika Nurjanah

      Baru tahu kalau boneka barbie yang hijab itu beneran ada

      30 . Mar . 2018
    3. Winy

      Aahhhh suka banget

      31 . Mar . 2018
    4. Filiadev

      Sukak banget sama pembahasan mengenai Feminisme vs Emansipasi nya..

      01 . Apr . 2018
      • Azzahra R Kamila

        Sama sama 😀

        05 . May . 2018

    Leave A Comment

    Your email address will not be published. Required fields are marked *