in Beauty, Make Up

[TUTORIAL] Make Up Bibir Hitam: Duck Lips dengan Lipstik Sariayu Marunda 3

at
make-up-bibir-sariayu-marunda

Perlu saya akui, penggunaan lip tint dan sejenisnya sama sekali nggak ampuh buat yang punya bibir hitam.

Pada dasarnya, bibir hitam ini memang turunan keluarga.  Jadi mau saya gosok pakai ampelas juga nggak akan mendadak jadi merah merekah ala Geum Jan Di dari Boys Before Flowers.

Dulu saya kira bibir Geum Jan Di  itu bibir asli, merah yang bikin dia makin terlihat imut. Belakangan, saya berkenalan dengan Tony Moly lip tint warna merah (saya lupa serinya apa). Lip tint pertama saya harganya masih affordable, seharga Rp 35.000.  Isinya cair berwarna merah gelap.  Ekspetasi: bakal kelihatan imut ala Geum Jan Di.

make up bibir hitam
via pinterest.com

Nyatanya, pas saya pakai, serasa baru aja ngisep darah orok :’D

Tapi saya nggak kapok.  Selama sekitar  2 tahun saya gonta-ganti brand lip tint namun belum nemu yang sangat pas.

Baru sekitar setahun lalu saya mulai tertarik menggunakan lipstik.  Awalnya saya skeptis dengan lipstik, karena dengar kabar simpang siur bahwa lipstik justru bikin bibir hitam.  Namun kehadiran berbagai lipstik kece dengan variasi warna yang menarik membuat keimanan goyah.  Saya jadi beli beragam lipstik dengan macam-macam warna.  Yup, cewek emang nggak bisa cuma punya 1 lipstik!

Sariayu Marunda 3

make up bibir hitam

Saya sendiri termasuk yang loyal dengan lipstik lokal.  Bukan apa-apa, lipstik impor mahal, bo :’D.  Selain itu, saya juga yakin bahwa brand lokal tidak jauh beda dengan brand luar negeri.  Yang saya coba ini merupakan Sariayu Marunda 3, saya dapatkan dari tim Yuk Cobain.  Yup, sayangnya nggak bisa request, kekeke~

Lipstik ini sendiri merupakan salah satu dari varian 15 lipstik keluaran Sariayu tahun 2017.  Warna berbagai lipstik diberi nama sesuai dengan nama daerah di Indonesia. Sariayu Marunda sendiri memiliki 2 varian, yaitu Marunda 2 dan Marunda 3.  Warna Marunda 2 lebih ke arah pink magenta.

make up bibir hitam

Saya nggak tahu darimana dapat ide untuk menamakan Marunda, jadi saya pun coba googling.  Saya baru tahu bahwa Marunda merupakan nama kelurahan di Jakarta ^^ Namun sepertinya asal usul nama Marunda ini lebih pada sifat filosofis warga Jakarta tempo dulu yang merendah, yang akhirnya disebut dengan nama populernya: Marunda.  Apakah memang ini asal usul penamaan lipstiknya, saya pun nggak begitu tahu 😀

Ketika barang ini dikirim ke rumah, saya nggak nyangka warnanya bakalan merah cabe.  Well, lihat dari foto sih memang merah, tapi nggak begitu terlihat merah cabe.  Saya sendiri bukan penyuka lipstik yang ngejreng, jadi agak ragu awalnya saat mencoba.

make up bibir hitam

Ini adalah hasil swatch di tangan. Berbeda dengan penampilannya, warnanya justru merah agak oranye.  Saya coba gosok secara iseng dengan air.  Wow, ternyata cukup bandel juga.  Warnanya sendiri baru hilang ketika saya gosok agak keras dengan telunjuk.

Ingredients

Ricinus Communis Seed Oil, Ethyhexyl Palmitate, Euphorbia Cerifera Wax, Oleyl Alcohol, Cetyl Alcohol, Myristyl Alcohol, Arachidyl Alcohol, Lauryl Alcohol, Paraffin, Glycol Montanate, Synthetic Wax, Hydrogenated Microcrystalline Wax, Lecithin, C10-30 Cholestrol/Lanosterol Esters, Lanolin, Prunus Amygdalus Dulcis Oil, Elaeis Guineensis Oil, VP/Hexadecene Copolymer, Flavor, Tocopheryl Acetate, Octyldodecanol, Aluminium Starch Octenylsuccinate, Bisabolol, Farnesol, Phenoxyethanol, Ethylhexyl Methoxycinnamate, Zinc Stearate, Decylene Glycol, Cera Alba, Pentaerythrityl Tetra-di-t-butyl Hydroxyhydrocinnamate, Colophonium.

May contain: CI 77891, CI 45410:2, CI 12085, CI 77491, C 45380, CI 15850, CI 77499, CI 77002, CI 17200, CI 15985.

What This Product Tell Us

Saya mencoba memakai ini saat berpergian seharian.  Untuk ketahanannya tanpa makan dan minum (karena saya sedang puasa) cukup bagus, 6 jam di luar masih stay di bibir.  Ada sedikit bolong di bagian tengah bibir, tapi buat saya sih nggak masalah, sebagian besar lipstik yang pernah saya pakai pun seperti ini.

Nah, untuk ketahanannya saat makan dan minum seperti apa?  Ketika dicoba, buat saya sih warnanya langsung bubar, terutama kalau makan yang berminyak.  Kecuali tahu cara makan secara anggun (walaupun saya juga nggak tahu ini gimana caranya ^^;) saya kira mempertahankan lipstik saat makan dan minum agak sulit. Kamu harus mengaplikasikan lagi setelah mengelap bibir dan memakai lagi lip balm.

Saya sendiri penyuka lipstik matte, karena saya nggak terlalu ingin kelihatan pakai lipstik.  Sementara Sariayu Marunda 3 ini lebih glossy.  Tapi meski glossy nggak kelihatan alay kok, buat saya sih masih cukup bagus.

Tutorial Duck Lips

Beberapa minggu lalu saat nonton dorama Hito wa Mitame ga 100%, saya tertarik dengan tutorial make up bibir hitam yang dijelaskan secara rinci pada dorama tersebut.  Sebetulnya tren “ahiru guchi” atau duck lips di Jepang sudah ada sejak tahun 2012.  Meski sekarang tidak lagi booming, teknik ini masih populer dilakukan di kalangan wanita Jepang. Katanya sih, biar terlihat imut ^^

Terus, gimana sih, tutorial duck lips ala Jepang?

make up bibir hitam

1. Poleskan concealer di sekitar bibir.  Bagi pemilik bibir tebal, sebaiknya poles seperti foto di atas.  Namun bagi pemilik bibir tipis, poles sedikit di sekeliling bibir.

2. Ratakan dengan menggunakan beauty blender.  Lebih disarankan dengan beauty blender karena hasilnya lebih baik dan lebih rata. Seperti yang terlihat, garis bibir atas dan bawah menjadi samar karena penggunaan concealer.

3.Poles lipstik ke bibir.  Hasil akhir dari polesan ini adalah bentuk bibir yang terlihat lebih tipis dan lebih kecil.

4. Tambahkan sedikit lip gloss di bagian tengah bibir bawah.  Ratakan dengan jari sehingga memperoleh kesan bibir terlihat segar.  Done!

 

P.S: Gambarnya agak pecah karena salah format ppi, tapi karena malas jadi nggak diperbaiki lagi, maafkan ;_;

Jangan lupa pose selfie seperti ini, agar duck lips makin terlihat.

make up bibir hitam
via gzh.so

Hasilnya memang nggak akan seperti bibirnya Kylie Jenner yang sempat booming tahun 2015 kemarin ^^, karena tujuannya adalah untuk membentuk bibir terlihat lebih kecil dan imut.

Price

Harga lipstik Sariayu varian ini adalah Rp 52.800.  Masih terjangkau! Tapi saya mendapatkan free sample dari Tim Yuk Cobain. Bagi yang tertarik membeli, bisa langsung meluncur ke toko online Martha Tilaar Shop atau datang ke counter Sariayu terdekat.

 

Will I Repurchase?

Saya lebih tertarik dengan warna-warni lain yang ditawarkan oleh Sariayu dengan warna lebih nude.  Tetap saja nggak bisa pakai warna ngejreng ^^;

 

Rating

3/5

Azzahra R Kamila

Her blog has a concern for cruelty free and halal products. Her skepticism makes her doing research about science behind beauty, as she wants to educate readers to carefully choose cosmetics ingredients before buying. In addition to beauty, she also likes to discuss slice of life as well as book reviews.

    Leave A Comment

    Your email address will not be published. Required fields are marked *