in Miscellanous

Low Calorie Recipe: Turkish Menemen

at
low-calorie-recipe-turkish-menemen

Di mana-mana, cewek usia 20-an sudah mulai sadar dengan yang namanya penampilan ^^; terutama bagian-bagian yang menimbun lemak.  Ya nggak, sih?  Itu sebabnya banyak yang secara sadar memulai diet -atau sejenisnya (dalam arti diet tergantung mood )

Sebagai salah satu pelaku diet, saya juga mulai memperhatikan makanan yang dikonsumsi.  Berhubung saya pelaku diet rendah kalori, jadi saya cenderung masih jadi omnivora.  Hanya saja jadi lebih suka masak sendiri ketimbang beli. Acara berburu resep enak tapi mengenyangkan dan rendah kalori jadi ajang menarik yang biasa saya lakukan saat sedang scanning isi kulkas .

Salah satu resep favorit saya adalah Turkish Menemen.  Menemen adalah masakan tradisional Turki, yang kini menjadi street food atau makanan pinggir jalan yang sangat populer.  Saya sendiri baru tahu ini dari Tom’s Istanbul Delight dan tertarik bikin karena gampang banget! Di sana, menemen biasa disajikan langsung di wajan atau teflon.  Ukurannya cukup besar karena menemen biasa dimakan bersama dengan keluarga atau teman.

Turkish Menemen

Prep Time: 10 minutes

Cook Time: 25 minutes

Total Time: 35 minutes

Serving Size: Medium

Calories per serving: 222

Turkish Menemen

Ingredients

  • 2 sendok makan minyak zaitun/mentega
  • 1 bawang bombay, diiris tipis
  • 1 bawang putih, cincang halus
  • 1 paprika merah/hijau/kuning, diiris tipis
  • 1 cabai merah besar, buang biji dan diiris tipis
  • 200 g tomat, buang biji dipotong dadu
  • 1/2 sendok makan gula pasir
  • 1 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh merica
  • 2 telur
  • Sejumput keju cheddar
  • Sejumput oregano bubuk (opsional, bisa dibeli di supermarket)
  • Sejumput basil bubuk (opsional, bisa dibeli di supermarket)
  • 1 sendok makan yogurt (opsional)

Instructions

  1. Panaskan minyak pada teflon. Tumis bawang bombay, bawang putih, dan cabai merah sampai layu. Tambahkan tomat dan gula, aduk rata.
  2. Masukkan paprika, masak sampai agak matang. Tunggu hingga semua air di teflon menguap. Tambahkan garam, merica, dan yogurt. Dengan sendok kayu, buat 2 celah dan masukkan telur di celah-celah tersebut.
  3. Tambahkan sejumput oregano, basil, dan keju. Lalu tutup teflon dengan tutup kaca. Biarkan selama 1 menit hingga matang.

Notes

Paprika bisa diganti dengan sayur lain, misalkan wortel diiris tipis (julienne). Bisa tambahkan daging atau sosis (masukkan sebelum sayuran)

http://insommia.net/low-calorie-recipe-turkish-menemen/

Resep Asli: Turkish One Pan Eggs and Peppers Menemen

Share:

Azzahra R Kamila

Her blog has a concern for cruelty free and halal products. Her skepticism makes her doing research about science behind beauty, as she wants to educate readers to carefully choose cosmetics ingredients before buying. In addition to beauty, she also likes to discuss slice of life as well as book reviews.

    10 Comments

    1. Rach Alida Bahaweres

      Halo mba
      Aku belum pernah sih mencoba makanan ini. JAdi penasaran pengen mencoba 🙂

      26 . Mar . 2017
      • Azzahra R Kamila

        Silakan Mbak dicoba resepnya 🙂
        Memang masih asing, saya juga tahu karena kepo sama tayangan TV. Kalo nggak suka yogurt sama rempah rempah nggak perlu ditambah. Rasanya tetep enak kok.

        26 . Mar . 2017
    2. Elisabeth

      Terlihat step-stepnya ga banyak dan menunyagak mainstream boleh nih dicobaaaa~

      Elisabethgultom.blogspot.co.id

      26 . Mar . 2017
      • Azzahra R Kamila

        Iya Mbak, menunya gampang diikutin ^^, silakan dicoba

        27 . Mar . 2017
    3. sinta

      menunya sepertinya gampang ya mba

      belum pernah mencoba makanan turki sebelumnya..

      thanks for sharing ya

      28 . Mar . 2017
      • Azzahra R Kamila

        Sama sama Mbak, silakan dicoba 🙂

        28 . Mar . 2017
    4. Astin Astanti

      Keknya gampang dibikin ya, kebetulan ada keju di rumah. Paprika juga ada di pasar dekat rumah. Kapan-kapan pingin coba nih menemennya.

      28 . Mar . 2017
      • Azzahra R Kamila

        Ayo bikin Mbak, hehe 🙂

        28 . Mar . 2017
    5. Winda Carmelita

      Mbak daku br pertama kali main ke sini dan aku suka sama blognya! Resep2nya juga asyik. Laff!

      28 . Mar . 2017
      • Azzahra R Kamila

        Makasih ya Winda 🙂

        29 . Mar . 2017

    Leave A Comment

    Your email address will not be published. Required fields are marked *