in Miscellanous

Low Calorie Recipe: Sup Labu Sehat

at
low-calorie-recipe-sup-labu-sehat

Saya punya obsesi tertentu dengan Masterchef Australia , yang membuat saya selalu nonton tayangan setiap season-nya. Itu juga yang bikin saya cukup akrab dengan istilah-istilah teknik asing yang hampir tidak dipraktekkan untuk memasak makanan Indonesia, seperti sous-vide, confit, dan lain sebagainya.

Melihat para peserta masak, saya seringkali ingin sok-sok nyoba membuat sesuatu yang sederhana.  Simpel alasannya, karena kepo.  Kalau saya lihat, menu savory atau masakan gurih mereka seringkali terdiri dari protein berupa daging atau ikan-ikanan, sayur sesuai musim, saus, sup, puree, dan sebagainya.  Sering banget saya dengar tentang puree, atau makanan dari sayur dan buah yang dilembutkan dengan blender atau grinder.  Kayaknya nggak afdol kalau nggak ada puree setiap kali mereka bikin sesuatu dari bahan daging.

Saya nggak bisa masak seribet itu, tapi adalah salah satu bahan yang bikin saya tertarik.  Yap, labu!  Selain dibikin jadi candil, saya nggak pernah makan labu.  Kecuali tumis labu siam .  Beberapa kali nyoba bikin saya suka banget sama sup labu ala orang Barat.

via iamfoodblog.com

Terus apa hubungannya antara sup labu dan puree?

Dari beberapa resep yang saya baca, sup labu itu terbuat dari puree labu.  Sebetulnya akan jauh lebih enak labu itu ditaruh di tray, diberi minyak zaitun, dan dioven dulu selama beberapa menit.  Rasa manisnya akan lebih keluar.  Masalahnya karena dapur rumah saya nggak dilengkapi dengan oven (ada juga oven jadul yang harus ditaruh di atas kompor), saya ubah sedikit resepnya dengan cara saya.

Low Calorie Recipe: Sup Labu Sehat

Prep Time: 15 minutes

Cook Time: 1 hour

Total Time: 1 hour, 15 minutes

Category: Appetizer

Cuisine: Western

Serving Size: 2 servings / 2 porsi

Calories per serving: 206 kalori

Low Calorie Recipe: Sup Labu Sehat

Ingredients

  • 250 g labu madu (butternut squash)
  • 1/2 siung bawang bombay, potong dadu
  • 1 sdm mentega
  • 3 sdm minyak zaitun
  • 150 ml susu skim
  • 150 ml rebusan kaldu ayam
  • Garam secukupnya
  • Lada secukupnya

Instructions

  1. Potong semua labu hingga berbentuk kotak. Sisihkan bijinya. Panaskan minyak zaitun di Happy Call (jika tidak ada bisa pakai teflon bertutup), masak labu dengan api kecil sampai kulit labu bisa ditusuk dengan mudah.
  2. Tiriskan labu kira-kira 10 menit. Sambil menunggu, tumis bawang bombay dengan mentega hingga kecoklatan, matikan api. Iris kulit labu sehingga terpisah dari buahnya, masukkan labu, kaldu ayam, dan bawang bombay ke dalam blender. Lembutkan bahan-bahan hingga halus.
  3. Tuangkan puree labu ke teflon, masak dengan api kecil hingga mendidih. Tambahkan susu, garam, dan merica. Sup labu siap dihidangkan bersama roti panggang.

Notes

1. Bisa memakai labu apa saja jika tidak menemukan labu madu

2. Susu skim bisa diganti dengan susu full cream

http://insommia.net/low-calorie-recipe-sup-labu-sehat/

 Gimana, mudah, kan?  Menu ini cocok bagi yang sedang diet rendah kalori .  Selamat mencoba!

Tags: , ,
Share:

Azzahra R Kamila

Her blog has a concern for cruelty free and halal products. Her skepticism makes her doing research about science behind beauty, as she wants to educate readers to carefully choose cosmetics ingredients before buying. In addition to beauty, she also likes to discuss slice of life as well as book reviews.

    4 Comments

    1. untari

      Duh enak bgt inih, kudu beli labu ah buat dipraktekin. Btw gambarnya keren mb

      29 . Apr . 2017
      • Azzahra R Kamila

        Sip, coba Mbak, enak kok. Makasih ya udah mampir 🙂

        29 . Apr . 2017
    2. Ikrom

      aku lama gak liat MC Aussy
      kalorinya lumayan, duh pingin cobaa

      01 . May . 2017
      • Azzahra R Kamila

        Silakan coba 🙂

        01 . May . 2017

    Leave A Comment

    Your email address will not be published. Required fields are marked *